CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
[JALUR AUZOU] Konflik Militer Sporadis CHAD vs Libya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/535e62fd8f07e7b01c8b4569/jalur-auzou-konflik-militer-sporadis-chad-vs-libya

[JALUR AUZOU] Konflik Militer Sporadis CHAD vs Libya

Konflik Militer Sporadis CHAD vs Libya


[JALUR AUZOU] Konflik Militer Sporadis CHAD vs Libya


[LEFT]Konflik perbatasan antara Chad-Libya sesungguhnya merupakan sebuah konflik militer sporadis yang terjadi di wilayah bagian utara Chad yang berbatasan langsung dengan wilayah Negara Libya, daaerah ini dikenal dengan jalur Aozou. Konflik ini berlangsung selama kurang lebih sepuluh tahun, mulai dari tahun 1978 sampai tahun 1987. Akar permasalahan konflik perbatasan ini adalah Perang Saudara Chad di Chad utara pada tahun 1968, dimana terdapat intervensi Libya yang cukup signifikan. Perang saudara ini terjadi antara kaum muslimin dan kaum nasrani Chad. Intervensi Libya didorong oleh adanya rasa solidaritas atas nama kesamaan etnis dan agama, Libya memberikan dukungan dan bantuan kepada muslim Chad yang mendominasi jalur Aozou. Tidak sekedar ingin mendukung, dalam perkembangannya ternyata Libya mulai berupaya mengklaim jalur Aozou. Tak pelak konflik mulai meluas menjadi pertikaian dan perang antara dua Negara, Chad-Libya.

Latar belakang militer dari perang ini digambarkan pada tahun 1978, dengan Libya memberi bantuan pelindung, artileri, angkatan udara dan infantri, dan mengambil bagian terbesar dalam mengamati dan berperang. Latar belakang ini akhirnya berubah pada tahun 1986, saat perang akan berakhir, ketika semua pasukan Chad yang melawan Libya merebut Chad utara dengan persatuan yang tidak pernah dilihat sebelumnya di Chad. Ini menghilangkan kebiasaan infantri pasukan Libya, terutama saat mereka melawan tank, mereka telah menyediakan anti-tank dan anti-misil, namun melemahkan kekuatan senjata api Libya. Yang terjadi selanjutnya adalah Perang Toyota. Pasukan Libya dapat dikalahkan dan dipukul mundur oleh Chad, dan juga mengakhiri konflik ini.

Pada tanggal 31 Agustus 1989, Chad dan Libya bertemu di Aljazair untuk menegosiasikan Kerangka Pesetujuan dalam Perdamaian atas Perselisihan Teritori. Gaddafi setuju untuk mendiskusikan dengan Habré tentang jalur Aouzou dan untuk membawa hal ini ke Mahkamah Internasional untuk menjamin kekuasaan jika pembicaraan bilateral gagal. Setelah setahun atas pembicaraan yang tidak meyakinkan, kedua belah pihak memasukan hal ini pada bulan September tahun 1990 kepada Mahkamah Internasional.

Relasi Chad-Libya menjadi lebih baik ketika Idriss Déby yang didukung Libya menggantikan Habré pada tanggal 2 Desember. Gaddafi adalah kepala negara pertama yang mengakui rezim baru, dan ia juga menandatangani perjanjian persahabatan dan kooperasi dalam berbagai tingkat, tetapi Déby menyatakan bahwa ia akan tetap bertempur untuk menjaga jalur tersebut jauh dari tangan Libya.

Permasalahan Aouzou diakhiri dengan baik pada tanggal 3 Februari 1994 ketika hakim di Mahkamah Internasional dengan jumlah 16 banding 1 membuat Jalur Aouzou menjadi milik Chad. Pengadilan atas kasus tersebut dilaksanakan tanpa gangguan, keduanya menandai pada tanggal 4 April sebuah persetujuan berisi tentang implementasi pengadilan. Dengan diawasi oleh pengamat internasional, mundurnya tentara Libya dari jalur ditandai pada tanggal 15 April dan selesai pada tanggal 10 Mei. Transfer terakhir terjadi pada tanggal 30 Mei ketika kedua belah pihak menandatangani sebuah deklarasi gabungan yang menyatakan bahwa mundurnya pasukan Libya telah berhasil.


Sumber

emoticon-KissSEMOGA BERMANFAAT...!!!!emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss

Thanks Yang Udah Kasih Cendol

[JALUR AUZOU] Konflik Militer Sporadis CHAD vs Libya
Diubah oleh abdulrazakr80
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
ada yang mau kirim bata ke ID TS. ????
Quote:


loh kenapa gan?? boleh minta saran??
Quote:

baca peraturan dulu....

Quote:

baca peraturan dulu....biar gak kaget

Diubah oleh Kconkxxx

manasin mesin dolo ah ............. emoticon-Cool
Quote:


sekarang apa masih ada yang salah ??
ane baru di kaskus...

Quote:


cantumkan link sumber nya juga gan
kadang penghuni sini juga suka galak-galak klw nyantumin sumber gak jelas seperti dari blog orang yg sumbernya sendiri diragukan seperti jkgr emoticon-Big Grin
Quote:


Thanks gan atas masukannya..
baguslah kalau sekarang sudah damai!
@ts, tambahin pic2 technicalnya dong emoticon-Big Grin
cerita bagus keep posting buat TS. mungkin bisa ditambahkan gambar dan strategi militernya, pergerakan pasukan, dll. biar makin keren emoticon-thumbsup
mantap TS....lanjutkan
Quote:


Iya nih makasih atas masukannya....
tadinyaaa TS mau gua Bata !!!!!emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Belajar dari kesalahan Gan... hehe..
TOYOTA STROONGemoticon-I Love Indonesia (S)

kalo dimari avansa strong
Quote:


Hilux strong emoticon-Cool
Lahh jadi ngomongin MOBIL???emoticon-Bingungbingung
Quote:


Lah memang begitu kok, Chad-Libyan War akhirnya dikenal dengan sebutan Great Toyota war, karena peran besar Toyota Hilux dan Toyota Landcruiser versi Pickup sebagai Technical dalam mengalahkan Libyan Armed Forces yang didukung kendaraan lapis baja macam T-55 dan BTR series

[JALUR AUZOU] Konflik Militer Sporadis CHAD vs Libya

Thread-nya dibagusin, update dengan artikel lainnya. Bakalan jadi menarik kok. Welcome to Formil BTW, gak usah kaget yach, disini banyak rule-nya, baik yang tersirat maupun tersurat.
Quote:


Siap Komandan..emoticon-I Love Indonesia (S)
Ane bagusin lagi ni thread...
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di