CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
ATM bank BNI mudah dibobol, dapat digunakan untuk transaksi tanpa input PIN!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53578d7ccc07e731088b45b2/atm-bank-bni-mudah-dibobol-dapat-digunakan-untuk-transaksi-tanpa-input-pin

Kartu Debit bank BNI mudah dibobol, dapat digunakan untuk transaksi tanpa input PIN!

Hati-hati pengalaman pribadi, kartu ATM BNI saya pada hari rabu, 2 april 2014. Tas saya yang berisi berbagai dokumen termasuk kartu ATM BNI telah dicuri dari mobil saya di parkiran basement mangga dua mall dan digunakan untuk transaksi di "arthur collection tangerang". Hal ini sangat aneh karena PIN saya diyakinin tidak tertebak. Setelah ditanyakan ke pihak bank BNI, ternyata dijelaskan bahwa ATM Bank BNI memang dapat digunakan untuk transaksi di MERCHANT tanpa perlu melakukan input PIN!

Hal ini sangat mengganggu karena:

1) Bank BNI membuat prosedur yang sangat rawan dan tidak masuk akal dengan memperbolehkan ATM didebet di merchant tanpa menginput PIN yang mana seharusnya merupakan basis pertahanan apabila kartu dicuri seperti pada kasus saya. Sebagai perbandingan setelah saya check di bank BCA dinyatakan tidak mungkin dapat dilakukan transaksi dimerchant tanpa input PIN ATM karena BCA mempunyai mesin EDC nya sendiri. Tentu apabila saya tahu bahwa ATM BNI dapat dilakukan transaksi tanpa menginput PIN maka saya tidak akan mau menyimpan uang di bank BNI.

2) Bank BNI terindikasi sengaja menyembunyikan fakta bahwa ATM bank BNI dapat digunakan untuk transaksi di merchant tanpa perlu menginput PIN ATM dengan tidak pernah memberitahukan kepada pelanggan mengenai kerentanan sistem ini dan berlindung bahwa nasabah telah menandatangani dokumen yang menyatakan hal tersebut ketika nasabah membuka rekening, indikasi kesengajaan ini tentu saja didasari bila kerentanan sistem ini membuat tidak ada yang mau menabung di bank BNI.

3) Walaupun sudah mengetahui bahwa transaksi tersebut merupakan transaksi pembobolan, bank BNI menolak pemblokiran transaksi di arthur collection tangerang walaupun saya sudah menjelaskan situasi, menyampaikan keberatan, dan meminta pemblokiran secara lisan pada tanggal 3 april 2014.

Update: Ada user lain yang juga dicuri dan digesek di ARTHUR COLLECTION TANGERANG
Quote:
Diubah oleh whicrv
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 4
udah lama ini gan,, dari dulu ane juga tau klo BNI g usah pakek PIN klo belanja.. karena itu duit di ATM gw sering berkurang tiba2 bersamaan baju baru adik gw. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Turut Berduka

TS sodara dari TS di thread ini?
http://m.kaskus.co.id/thread/5350d084a1cb1754348b4590/tak-adanya-perlindungan-nasabah-dari-bank-dan-modus-pembobolan-mobil

Udah banyak yg komentar di sana, sudah dijelaskan kalau semua kartu atm debit dgn logo Visa dan Mastercard pada semua bank akan diperlakukan seperti kartu kredit kalau digesek di mesin bukan milik bank itu cukup minta tanda tangan. Kalau digesek di mesin bank yg sama baru pakai pin.

Kok setelah tahu ada transaksi di tangerang dan dapat penjelasan dari bank, TS baru blokir kartu? Apa ada jeda waktu lama antara kecurian dan kartu dipakai transaksi terus TS blokir? Kenapa ga langsung lapor polisi dan blokir kartu2 bank?
maaf mod, double post emoticon-Malu (S)
Diubah oleh TheLostSoul
serius an tanpa atm bisa emoticon-Hammer
Quote:


ya ga bisa lah tanpa kartu atm emoticon-Hammer
silahkan komplain ke Gubernur Bank Indonesia kang agus marto
emoticon-Traveller
Trima email dari kartu kredit bni katanya juni ini mau pakai sistim pin di setiap transaksinya. Entah pin berlaku hanya di edc bni atau semua bank emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh teke29
Udah sejak lama gan begitu...

Makanya langkah pencegahan ketika kartu hilang adalah nelpon CS BNI untuk blokir kartunya segera... temen ane gara2 kelamaan blokirnya raib duit buat bayar semesteran...
Lapor kartu hilang ga lebih 24jam?

Kartu debit yg punya logo VISA bisa tanpa PIN, ga cmn BNI aja..
Quote:


kamsud ane seriusan bisa tanpa pin atm emoticon-Hammer emoticon-Big Grin
gw udh telepon BNI Call, jadi

jika debit dengan kartu BNI di mesin EDC BNI maka tetap harus memasukan PIN, sedankan
jika debit dengan kartu BNI di mesin EDC BUKAN / SELAIN BNI maka bisa transaksi debit TANPA PIN hanya tanda tangan saja emoticon-Hammer

lgsg gw pindahin smua dana gw dari BNI ke BTN (pdhl cuma buat KPR) emoticon-Embarrassment

masalahnya tabungan gw semua ny di BNI.. sedangkan untuk tarik tunai transaksi dll BCA, bisa amsyong klo BNI gw ilang emoticon-Frown

Quote:


Ya, tidak tau sudah pernah dibuat surat pembaca di kaskus

Saya taunya ada transaksi baru ketika ada sms dari bank mandiri pada jam 12.30 ada penggesekan kartu kredit saya, setelah itu ketika mengecek kemobil saya baru tahu tas saya telah dicuri dan segera telp blokir kartu kredit mandiri, mengumpulkan bukti bahwa saya berada di mangga dua dan mengurus laporan ke kepolisian

Baru sore harinya jam 5 setelah sampai rumah dan check via internet banking baru disadari telah terjadi transaksi pada ATM BNI. Hal ini tentu tidak disangka-sangka karena seharusnya ada pengamanan PIN untuk mencegah terjadinya transaksi bila ATM dicuri.

Quote:


Agan taunya dari CS bank BNI bahwa atm bisa dipakai transaksi tanpa pin atau karena temen ente kebobolan juga?

Quote:


Kurang dari 24 jam, kejadian sekitar jam 11-12 pagi, baru disadari ada transaksi pembobolan pada ATM jam 5 sore dan langsung minta blokir karena urus pembobolan kartu kredit dulu (tidak disangka kartu ATM juga bisa dibobol karena seharusnya aman dengan adanya PIN)
Diubah oleh whicrv
Quote:


Sama aja,
kartu debit BTN dipake di EDC lain juga tanpa PIN. emoticon-Malu (S)

emoticon-Traveller
Quote:
setau saya sih semua bank nasional yang kartu atmnya visa gitu bisa debet tanpa pin.

jadi TS melakukan tuduhan serius terhadap bank besar yakni BNI.
sebelum tergesa2 menuduh, sebaiknya check your facts! jangan sampe jadi senjata makan tuan.

poin nomor 3 ini aneh, BNI tau darimana ini transaksi pembobolan? pertanyaan ini jawabannya tergantung pertanyaan ini : transaksi pembobolan ini terjadi SETELAH atau SEBELUM laporan kartu hilang?

mandiri juga gitu kyknya
gesek di edc doank, tanpa pin
Quote:


waduh bni dan mandiri juga ckckc.... nice info gan...
Quote:


koreksi...
..dijelaskan bahwa. kartu ATM Bank BNI memang dapat digunakan untuk transaksi di MERCHANT tanpa perlu melakukan input PIN!

kalau bawa atm nya berat...


Umumnya..
1. kalau di merchant ada yang pakai pin kalau mesin EDC dari bank yang sama.
2. kalau di merchant menggunakan mesin EDC dari bank lain, umumnya perlu membubuhkan tanda tangan. tidak akan pakai pin

khusus no. 2, kemaren waktu ke Mcdonalds Jordania lawatan ke israel, anehnya tidak perlu tanda tangan...weird...

Bahwasannya..
langsung blok kartu setelah kartu hilang, penundaan hanya akan merugikan, karena kalau baca hak dan syarat waktu membuat kartu, bank tidak mengganti kehilangan sebelum laporan ada,.

BNI mempunyai batas maksimal transfer 50 juta untuk kartu standar terbawah jauh lebih tinggi daripada bank lain. waspadalah waspadalah..

kalau mau buat atm aja, cari yang non visa, non mastercard kaya simpedes.
Diubah oleh realbabilu
Quote:


Memang bank BNI terindikasi menyembunyikan fakta kerentanan sistem ini karena tidak pernah memberitahukan kepada saya mengenai bisa dibobolnya kartu ATM tanpa menggunakan input PIN. Kalau saya diberitahukan mengenai celah keamanan ini tentu saya tidak akan mau menjadi nasabah bank BNI.

Point no 3, dengan pernyataan saya sebagai pemilik rekening seharusnya sudah cukup untuk dilakukan melakukan pending transaksi sampai penyelidikan polisi selesai, karena tetapi disesalkan itu tidak dilakukan oleh bank BNI.

Sebagai perbandingan di bank BCA adalah bisa untuk memblock transaksi via telephone bila ada indikasi pembobolan dengan waktu 48 jam setelah meminta pemblokiran transaksi korban dapat melengkapi dokumen2 ke cabang BCA asal (Karena sistem proteksi yang berjalan inilah banyak korban penipuan online di kaskus sempat memblokir transaksi dan rekening pelaku penipuan dan mendapatkan uangnya kembali).

Quote:


Saya sudah block kartu sesegera mungkin, itupun terlambat karena penggesekan ATM bank BNI dilakukan pada jam 12.20 an, sedangkan baru ketahuan hilang ketika menerima SMS adanya penggesekan kartu kredit mandiri pada jam 12.37.

Walaupun penggesekan sudah terjadi seharusnya bank BNI masih bisa memblock transaksi setelah menerima laporan saya namun ditolak.

Sebagai perbandingan di bank BCA adalah bisa untuk memblock transaksi via telephone bila ada indikasi pembobolan dengan waktu 48 jam setelah meminta pemblokiran transaksi korban dapat melengkapi dokumen2 ke cabang BCA asal (Karena sistem proteksi yang berjalan inilah banyak korban penipuan online di kaskus sempat memblokir transaksi dan rekening pelaku penipuan dan mendapatkan uangnya kembali).
Diubah oleh whicrv
hm rawan ya...thanks for share
Halaman 1 dari 4
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di