agan2 udah tau blum apa itu MPJR?? berikut artikel tentang MPJR, mari sama2 Cekibrot...
MPJR atau Mesin Perawatan Jalan Rel adalah sarana perkeretaapian yang berfungsi untuk merawat jalan rel dari banyak hal. MPJR ini sangat sangat dibutuhkan keberadaannya pada transportasi kereta api. Jika tidak ada alat ini, maka kemungkinan akan sering terjadi kereta anjlok, terguling, dan lainnya. Maka dari itu MPJR pasti ada di setiap Negara yang memiliki moda perkereta-apian.
Dari segi fisik, MPJR memang beda dari lokomotif ataupun kereta-kereta yang lainnya, rata-rata warna body warna kuning cerah atau warna-warna yang tidak biasa dipakai oleh lokomotif atau kereta yang lain.
Fungsi: memadatkan batu-batu di bawah bantalan rel, Merapikan susunan batu batunya, mengelas rel, memasang rel dll
Berikut beberapa macam mesin MPJR :
Spoiler for Ballast Bed Cleaning Machine:
Quote:
Secara harfiah, ballast bed cleaning machine adalah mesin pembersih fondasi ballast, sebelum batu ballast ditebar, terlebih dahulu dibuat fondasi atau lapisan ballast atas yang terdiri dari kerikil halus, kerikil sedang, atau pasir kasar. Fungsiya adalah sebagai lapisan pembatas antara lapisan ballast atas (yang menjadi tempat bantalan dan rel) dengan lapisan ballast bawah yang berada di paling bawah. Lapisan ballast atas harus mampu meluluskan air.dapat mengalirkan air agar tidak terjadi genangan dipermukaan yang bisa berakibat berubahnya geometri jalan rel.
Quote:
Fungsi dari mesin ini adalah membersihkan ballast atas yang kotor. Kotor disini artinya sudah tercampur dengan berbagai partikel kecil (misalnya pasir, pecahan ballast) yang mengakibatkan struktur ballast bawah memadat dan tidak mampu meluluskan air sehingga air bisa menggenang.
Apabila ada genangan air, struktur diatasnya pasti berubah, yang asalnya rata pasti ada sedikit amblesan, dan tentunya dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan kereta api yang lewat. Disamping untuk membersihkan ballast bawah, mesin ini juga bisa membersihkan ballast atas. Untuk tipe-tipe tertentu bisa melakukan pembersihan lapisan ballast atas dan bawah dalam sekali beroperasi.
Spoiler for Stabilisation and Consolidation Machine:
Quote:
Mesin ini punya peranan yang penting untuk perawatan jalan rel, apalgi di Negara yang punya KA Super cepat seperti Prancis, Jepang, dan negara lainnya. Tanpa mesin ini kemungkinan besar kereta-kereta disana tidak bisa lari full speed sampai ratusan kilo perjam
Fungsi mesin ini yaitu memadatkan struktur ballast dengan menggunakan alat Track Stabilizer yang dilengkapi trolley (roda kecil) dan roller pemandu/guilding roller yang ditekan kearah rel dan menggunakan vibrasi (getaran) horizontal.
Spoiler for Ballast Distributing and Profilling Machine:
Quote:
Ballast Distributing and Profilling Machine jika diartikan secara kasar berarti mesin pendistribusi dan pengatur struktur batu ballast. Mesin ini juga bisa dibilang “tukang cukur” batu ballast karena tugas-tugas dari jenis mesin ini antara lain merapikan, membentuk struktur, dan membersihkan sisa-sisa ballast setelah penebaran ballast yang dilakukan rangkaian kereta barang pengangkut batu ballast supaya tidak ada yang ketebalannya melebihi permukaan bantalan. Semua mesin ini dilengkapi “sayap” yang berguna untuk merapikan ballast yang melenceng dari badan rel dan sikat yang berguna membersihkan ballast yang ada di atas permukaan bantalan, beberapa tipe yang ada belakangan ini sudah dilengkapi dengan bak penanpung kelebihan ballast, computer, CCTV, sound proof cabin, track stabilizer.