CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5350ac2c0f8b4669658b477c/manusia-zaman-dahulu-besar-empat-alasan-meruntuhkannya

Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;

Tampilkan isi Thread
Halaman 37 dari 50
Quote:

Sekali lagi, bahkan rangka exoskeleton juga ada batas ukuran maksimal, lebih dari itu cm jd beban.

Sama dgn manusia, rangkanya gak mampu nyangga bobot ratusan ton. Kecuali agan bicara makhluk bukan manusia

Quote:

Planet jovian berkarakter bumi sama gak masuk akalnya dgn manusia raksasa

Quote:

Ekor diwarisi dr moyang primata, bukan titan. Sdh hilang dr era moyang kera besar

Quote:

Not that 'ancient astronot' again...

Quote:

200 ton?
Agan lg bicara super robot, bukan manusia
Diubah oleh shinhikarugenji
Quote:

Semua makhluk bumi mah berbasis karbon. Tp gak ada yg namanya 'full carbon'

Quote:

cm ngikut versi kanon

Quote:

Evolusi manusia mah dr quadrupedal ke bipedal, dr kecil jd seukuran sekarang. Bukan titan jadi connie
manusia setinggi 60 hasta itu gak pernah ada, bahkan sampai sekarang belum ditemukan fosil manusia setinggi itu.
Bahkan manusia zaman sekarang yang tingginya di atas 130 cm saja susah berjalan dan umurnya rata-rata pendek, karena itu tidak normal.
Quote:

Koreksi, 230 cm kali emoticon-Smilie

Mayoritas orang dewasa mah tingginya di atas 130 cm emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Berarti agan tidak sedang membicarakan manusia emoticon-Smilie
Quote:

T-rex, atau kerabatnya yang lebih gede macam giganotosaurus, itu gak berjalan tegak. Dan mereka juga bukan semi dua kaki.
Mereka harus membungkuk dengan kepala sejajar atau lebih rendah dari pinggul, karena dengan demikian mereka gak membebani tulang punggung dan pinggul mereka dengan bobot tubuh atas secara langsung.
Quote:


Oh iya. emoticon-Malu

Quote:


T-rex pun tingginya tidak sampai 30 meter, paling hanya 4 meter. Yang tingginya mustahil itu godzilla

Manusia Zaman Dahulu Besar? Empat Alasan Meruntuhkannya;

Omong-omong di kitab suci kan diceritakan bahwa anak nabi Adam pernah menyembelih domba, apakah domba zaman dulu juga tingginya belasan meter? Karena kalau ukurannya seperti sekarang mustahil manusia 30 meter bisa menyembelihnya, harus pake mikroskop menyembelihnya, bahkan bagi manusia 30 meter lebih praktis langsung dimakan seperti makan kacang tak perlu disembelih. dahulu
Quote:

Abel beternak, Kain bertani.
Nah, tanaman Kain juga kira-kira tanaman apa?
Padi? gandum? Jagung? Emang tanaman begitu bisa mencapai tinggi sekian meter?
ini trit yang sangat menarik dan memberikan bahan diskusi yang saya sendiri penasaran. beberapa orang memang menanggapi dengan tidak terlalu serius tapi itu bisa dimasukkan dalam ignore list, hmm.. disini saya cuma mau bilang saya sebenarnya mau saja setuju dengan pendapat yang menyatakan bahwa manusia raksasa itu ada, cuman dengan fakta yang saya miliki dan kemampuan saya yang sangat jauh dari cukup saya tidak bisa menyatakan hal tersebut. jadi kesimpulannya ya saya masih percaya dengan kesimpulan bahwa manusia raksasa dengan tinggi lebih dari 3 meter itu tidak ada.

di halaman" pertama ada diskusi tentang struktur karbon atau entah apalah namanya antara agan pi-one sama matatabi(salah kayaknya tapi ada gambar kucingnya jadi matatabi aja deh ya ganemoticon-Blue Guy Peace )
yang menjadi perkaranya tentang masa yang ditopang oleh sistruktur yang berton" (nggak nyampe 100 sih..) dua"nya sama" menarik menurut saya, cuma saya masih kurang sreg dengan penjelasannya agan matatabi ini

berdasarkan post #364 dithread ini, saya tertarik untuk mencobanya. disini saya tidak membaca isi post tersebut secara keseluruhan namun saya melihat di postingan tersebut ada sesuatu yang berkaitan dengan gravitasi, dan saya lihat memang massa benda yang menjadi perdebatan disini.

kalo saya bikin analogi kayak gini bisa nggak gan? jika manusia tersebut berada di bumi maka gravitasinya akan tetap sama dan berubahnya tidak akan jauh (ane baca dari awal sampe sini ada yang menyebutkan sebelum big bang itu gravitasinya 9,7 ane ambil itu aja)
jika manusianya pindah ke gravitasi yang 10kali dari gravitasi bumi maka massa yang ditopangnya menurut saya kurang lebih sama dengan manusia raksasa yang hidup dibumi.

misalkan ane:
F=m.g ; F=60x9,8 ; F=588 N
terus si Raksasa beneran(lupa namanya siapa) yang 2,7m disebutin di thread ini beratnya 199kg
F=m.g ; F=199x9,8 ; F=1950,2 N
itu kalo dibumi dengan gravitasi sekarang kalo misalnya manusia tersebut berada di planet dengan gaya gravitasi 10 kali bumi
F=m.g ; F=60x98 ; F=5880 N. artinya manusia tersebut harus punya kekuatan sekitar 3~5x manusia normal untuk bisa bertahan di gravitasi 10 kali bumi, dan hal itu juga menurut saya bisa diaplikasikan ke manusia raksasa kalau dia ada.

Pertanyaan ane : dengan struktur tulang yang sekarang ini manusia bisa menopang sampe berapa newton sih? terus susunan struktur tulang manusia ini komposisinya apa aja sih selain kalsium gitu(maksudnya elemen pembentuknya)? terakhir mau nanya beban hidup sama beban mati ada yang bisa menjelaskan nggak?

please CMIIW btw nice thread nih TS jarang" ane mau mikir

dan kalo ada yang tertarik untuk menyanggah monggo, dan kalo mau lanjut fiksinya hayok aja kita baca bareng the last questionnya asimov. soalnya kita belom sampe tahap menyediakan cahaya makanya kita belom bisa jawab masalah ini kalo udah baca pasti ngerti sih.
Tidak ada bukti nyata yg menunjukkan manusia setinggi 30 m tidak bisa berjalan/berdiri/berlari seperti manusia jaman sekarang.

Makanya itu jgn dismakan struktur tulang manusia setingi 2 meter dgn manusia setinggi 27 meter..

Kalo manusia bisa setinggi 27 meter berarti sewaktu tingginya masih 2 meter jgn diasumsikan sudah dewasa
Jadi harus diubah cara berpikirnya, karena selama manusia masih mengalami pertumbuhan fisik berarti belum dewasa. Otomatis tulang akan menyesuaikan agar mampu berdiri, berlari, dan berjalan dengan bobot 236 ton tersebut..

jadi kesimpulannya manusia sanggup hidup normal dgn berat tubuh sebesar itu

lo ga bisa berpikir ilmiah.. pikiran lo masih terkurung dgn asumsi jaringan tubuh manusia dewasa tuh harus sama dgn tubuh manusia dewasa saat ini. Tolong diubah dulu mindset-nya kalo manusia setinggi 27 meter, berarti sewaktu masih memiliki tinggi 2 meter itu belum dewasa


Kalo manusia dewasa sekarang tingginya cuma 20 cm, apakah manusia setinggi 2 meter mampu berdiri/berlari?

Jumlah tulang bayi sama dewasa tuh beda lho, lebih sedikit tulang manusia dewasa...

kemungkinan kalo manusia setinggi 27 m, jumlah tulang semakin sedikit, mungkin tinggal beberapa puluh, jadi sangat kuat sekali

==========================================

nih ya itungan yg bener:

Manusia Sekarang

Diketahui : Tinggi 170 cm
Massa = 70 kg

Volume = tinggi x lebar samping x lebar depan/belakang = 1,7m x 0,2 m x 0,4 = 0,132 m3

massa jenis manusia = 70 kg : 0,132 m3 = 530,3 kg/m3

==============================
Manusia dengan tinggi 27 m

27 m : 1,7 m = 15,88, Jadi tinggi, lebar samping, lebar depan/belakang semua dikali 15,88
Tinggi = 1,7 x 15,88 = 27 m
lebar samping = 0,2 x 15,88 = 3,176 m
lebar depan/belakang = 0,4 x 15,88 = 6,352 m

Volume manusia dgn tinggi 27 m = tinggi x lebar samping x lebar depan/belakang = 27 m x 3,176 m x 6,352 m = 544,69 m3

Jadi berat manusia dgn tinggi 27 m = massa jenis manusia x Volume manusia dgn tinggi 27 m = 544,69 m3 X 530,3 kg/m3 = 288849,107 kg = 288, 85 ton

================================

Itu kalo massa jenisnya tetap segitu, tapi kita ga tahu berapa massa jenis manusia setinggi 27 m. Siapa tahu massa jenisnya berkurang 90%. Jadi kesimpulannya kita harus mengujinya dgn sebuah eksperimen membuat seorang manusia menjadi setinggi 27 m untuk mengetahui fakta sebenarnya

Jadi untuk sekarang belum bisa ditentukan apakah manusia setinggi 27 bisa hidup normal atau tidak..

Dari pihak yg pro belum bisa menunjukkan bukti
Pihak yang kontra juga belum bisa menunjukkan bukti

Lebih bijak jika kita mengambil kesimpulan manusia setinggi 27 m mungkin bisa berdiri/berlari/berjalan
Diubah oleh l4d13put
Quote:

ya ya.
Manusia raksasa bergerak dengan beringsut/merayap, biar bobotnya gak membebani rangkanya emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Lu bicara manusia atau makhluk lain? emoticon-Ngakak (S)


Quote:

Otomatis?
Otomatis ngakak dengarnya emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Sudah dikoreksi emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Sel-sel tubuh menua dan akhirnya mati aja masih dituduh belum dewasa emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Yup.
Masih dalam rentang toleransi bobot yang bisa disangga strukturnya.

Quote:

Dan manusia dewasa ya dewasa, mau lu khayalkan ke raksasa tulangnya berubah lagi? Lu benaran bicara manusia atau makhluk antah-berantah? :ngakkas

Quote:

Sangat kuat sekali.
Dan bergerak kaku, bisa terbang dengan thruster di punggung dan kaki, bisa menembakkan sinar maut dari dada, bisa... oops, itu super robot emoticon-Malu

Quote:

Berkurang 90 persen?
Lu ngoceh soal titan di Attack on Titan? emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Sudah dikoreksi emoticon-Cool
Diubah oleh shinhikarugenji
Quote:

Film sains yang paling mendekati rill apa gan? lagi pngn nyari film yg qualified nih. Sori OOT.
Quote:

Cosmos: The Space Odissey emoticon-Malu (S)
Bukan film hiburan atau film bioskop sih... emoticon-Ngakak (S)

Kalau film bioskop yang mendekati asli, mungkin Apollo XIII.
Entah bisa dianggap film sains atau gak...
Quote:


Contact (Jodie Foster), mudah2an cocok.
Trid yg menarik..
Ane sebenarnya heran aja dengan begitu kukuhnya para kaum pro evolusi menolak kemungkinan adanya manusia. Sepertinya mereka matian2 menolak karena di agama ada info yg menyatakan manusia zaman dahulu bertubuh besar..

Padahal sampai sejauh ini belum juga ada yg ngasih perhitungan teknis, sebenarnya kekuatan tulang manusia itu sanggup menopang beban sekuat apa??
Semua yg disampaikan hanya perhitungan menggunakan asumsi

Quote:

Apa hubungannya dengan yang dikatakan agama?
Jika secara ilmiah gak memungkinkan, dan tak ada bukti manusia raksasa eksis, maka itulah yang diungkapkan ilmuwan. Sains gak bergantung agama tertentu, gak bergantung pandangan filosofis agama tertentu.

Dasar untuk menyatakan 'manusia raksasa gak mungkin' sudah lama ada.
Justru theis-kreasionis yang mati-matian menolak, demi penafsiran mereka atas apa yang diungkap agama mereka.

Quote:


Secara ilmiah nya bagaimana keberadaan manusia raksasa gak mungkin gan??
Apa agan udah menghitung sendiri berapa beban maksimal yg bisa ditopang oleh struktur tulang saat ini..?
Apa agan sudah mempelajari segala kemungkinan yg ada ?
Quote:

Struktur rangka.
Manusia itu hominid bipedal, dimana bobot tubuh di atas disangga lurus oleh bagian tubuh di bawahnya. Beda dengan quadrupedal (binatang berkaki empat) atau bipedal macam dinosaurus theropod yang gak tegak lurus. Distribusi bobot yang disangga oleh makhluk lain berbeda dengan hominid bipedal.

Bahkan untuk manusia sekarang saja, sudah jadi satu-satunya vertabrata yang menghadapi ancaman sakit punggung. Gimana kalau malah tambah gede?

Jika dibalik, kondisi logis apa yang membuat manusia raksasa jadi mungkin?
-Tulang tambah gede dan tebal? Berarti justru makin besar bobot yang ditanggung. Jika dibuat kurva antara kekuatan struktur tulang dan tinggi badan yang bisa ditanggung, kurvanya sudah berpotongan jauh sebelum manusia mencapai tinggi belasan meter.
-Tulagn rawan memiliki kekuatan yang lebih lemah dari tulang keras. Jika dipaksa nyangga bobot besar, bisa-bisa tulagn rawan robek.
-Tulang gak terbuat dari kalsium? Atau mungkin tulang raksasa itu terbungkus adamantium? emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Adakan ikan yg dapat hidup di laut kedalaman 4 km.?


Secara hitungan kasar..tekanan yg ditahan oleh tubuh ikan itu adalah 400 bar.
Manusia untuk bikin pipa atau reaktor yg sanggup menahan tekanan segitu besarnya menggunakan baja, carbon steel yg tebal. Tekanan segitu sama debgan kita menaruh beban 400 kg pada permukaan 1 cmpersegi.
Dan buktinya bisa aja tuh ikan itu hidup.
Lalu kenapa manusia gak bisa punya bobot yg lebih berat??
Halaman 37 dari 50


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di