alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5350451b5acb1762450001f0/benjolan-di-bawah-rahang-sebelah-kiri
Benjolan di bawah rahang sebelah kiri
Hai gan.. Perkenalkan, ane seorang perempuan berumur 21tahun.
Gini gan, belakangan ini ane baru sadar sama apa yg terjadi sama anggota tubuh ane. Lebih tepatnya bagian kepala. Di bawah rahang bagian kiri ane nemuin kayak benjolan yang kayaknya lumayan gede, kalo ane pegang/teken/pencet sakit banget, kayak bisa digerak-gerakin gitu, oh iya terkadang kalo dipegang juga berasa rahang ane yg ada benjolan itu anget gitu gan beda sama rahang bagian kanan.
Seinget ane sih dulu waktu ane SMA atau SMP pernah ngerasain adanya benjolan ini, tapi kata nyokap wajar jadi ga ane urusin. Tapi dulu ga segede ini.

Belakangan ini ane browsing tentang yg ane rasain, kok hasilnya nyeremin semua ya gan? Mulai dari tumor, kanker kelenjar getah bening, terus apalagi gitu..

Kalau ada yg mengerti tentang keadaan ane ini, kira-kira ane kenapa ya gan? Ini gejala sakit apa ya gan?
> bahaya ga?
> kalo ane ke dokter bagusnya ke dokter umum dulu atau langsung ke dokter spesialis ya?

Buat yang mau jawab, makasi banyaaak...ini bakalan jadi panduan ane buat berobat. Semoga Allah membalas semuanya, maaf ane blm bisa kasih cendolemoticon-Frown
udah pernah diperiksakan atau konsultasikan ke dokter spesialis bedah gan?
bagusnya sih langsung datang ke rumah sakit atau klinik
karna nanti bisa akan dilanjutkan dengan pemeriksaan yang lainnya

kalau dulu ada pemeriksaan yang namanya BAJAH, Biopsi Aspirasi Jarum Halus di laboratorium...ga tau sekarang masih ada atau ga emoticon-Hammer (S)

kalau keganasan pun kita ga bisa perkirakan karena belum melihat bentuk dan besar kecilnya benjolan itu

ya pada umumnya...benjolan udah biasa disebut tumor

periksakan aja ya gan....
hai gan ane balik lagi...

jadi gini, ane udah periksa ke dokter beberapa kali..

pertama, ane periksa ke dokter umum di RS.M*t*a Ke*****a Bekasi Barat di dokter umum, kata dokternya itu infeksi doang malah dia bilang itu karna mau flu abis itu dikasih antibiotik sama vitamin doang dan ga sampe seminggu (kira-kira 5harian) obatnya udah habis dan ane ga ada perubahan, benjolan itu masih ada malah makin membesar, makin keras dan leher makin kaku..

obat udah habis, yg ane rasain benjolan di leher makin ga enak, makin keras, makin membesar, dan leher berasa kaku banget buat nengok aja susah banget dipegang juga sakit.

ga lama dari situ ane ke dokter lagi, kira-kira 1-2mingguan dari situ ane ke dokter di RS. B**L* Bekasi, distu juga ke dokter umum, itu dokter bilangnya kelenjar getah bening dan dijelasin panjang lebar dan disuruh screening kelenjar dan di rujuk ke dokter bedah. karna hari itu dokter bedahnya ga ada, ane ke dokter bedahnya besoknya.. si dokter bedah ini abis liat catatan medical record dari dokter yg sebelumnya dokternya langsung bilang mau dioperasi langsung atau mau diobatin pakai obat dulu? dokternya ga banyak omong, beliau langsung ngomong gitu dan ga menyarankan screening kelenjar kayak dokter umum yg sblmnya. akhirnya ane pilih pakai obat dulu.. ane dikasih obat antibiotik sama nonflamin, tapi ini pun ga ada perkembangan. okay agak enakan sih, leher ga terlalu kaku dan ga terlalu sakit kalo abis minum obatnya, tapi kayaknya dari efek obatnya deh ane rasanya mual terus.. ga ada perubahan banyak dari dokter yg ini.. sebenernya ane disuruh balik lagi ke dokter bedah ini, tapi krn waktunya ga sempet terus akhirnya ane lama bgt ga kontrol lagi.

dari situ ane ga sempet ke dokter, meskipun rasanya ga enak banget ane cuekin aja rasa sakitnya.. sekarang leher udah agak enakan sih leher jg ga kaku-kaku banget, cuma kalo lg kumat rasa sakitnya berasa nyeri banget. dan sekarang ga cuma 1 benjolan, tapi ada dua. yang satu belakang kuping, agak bawahan dikit

kemarin, akhirnya ane ke RS*M Ke*c*na, disini ane tanya-tanya dan dapet info kalo yg ane rasain ini dirujuknya ke dokter dokter penyakit dalam sub. metabolik endokrin, disini dokternya ngecek leher ane kanan dan kiri. dokter tanya seputar gigi, gigi ane ada yg bermasalah atau engga, ane bilang engga, akhirnya dokternya ini ngecek mulut ane sendiri dan dokternya bilang mulut ane bersih dan ga bermasalah. ane langsung disuruh cek darah dan ct scan nasofaring. cek darahnya sih udah tapi blm keluar hasilnya scr tertulis tp denger dari org bagian lab yg tlp ke hp katanya hasil cek darahnya bagus sih. ct scan nya blm baru bsk hari jumat.

menurut agan-agan disini yang berpengalaman, keadaan ane tuh gimana ya? sebenernya tuh sakit apa ya? terus ct scan nasofaring itu buat apa?

oh iya, ane jg sering kepala nya tau-tau sakit entah kadang sebelah ataupun seluruhnya.. badan jg sering lemes banget kadang kalo sampe saking lemesnya ane sampe pingsan.

oh ya ada obat herbalnya kah?
Bantu jawab gan, benjolan di daerah kelenjar getah bening (limfadenopati, kalo ada rasa nyeri & panas jadi radang limfadenitis) itu kemungkinan memang dari infeksi atau tumor, makanya awal dikasih obat dulu antibiotik, kalo memang infeksi dikasih antibiotik 2 minggu harusnya kempes.

Kemungkinan infeksi lain: TBC kelenjar, biasanya sifatnya kecil2 & bergerombol jadi besar, bukan 1 - 2 biji besar gitu.

Kemungkinan dari tumor: tumor nasofaring, tumor darah, dan berbagai tumor lainnya. Diminta CT scan nasofaring sepertinya untuk memastikan ada tumor di daerah nasofaring atau nggak.

Mudah-mudahan lekas ketahuan penyebabnya ya gan. Kalau diperlukan sekali coba tanyakan kira2 apakah bisa dibiopsi dengan jarum halus (BAJAH) atau perlu biopsi terbuka (operasi).
Quote:Original Posted By Brudzinski
Bantu jawab gan, benjolan di daerah kelenjar getah bening (limfadenopati, kalo ada rasa nyeri & panas jadi radang limfadenitis) itu kemungkinan memang dari infeksi atau tumor, makanya awal dikasih obat dulu antibiotik, kalo memang infeksi dikasih antibiotik 2 minggu harusnya kempes.

Kemungkinan infeksi lain: TBC kelenjar, biasanya sifatnya kecil2 & bergerombol jadi besar, bukan 1 - 2 biji besar gitu.

Kemungkinan dari tumor: tumor nasofaring, tumor darah, dan berbagai tumor lainnya. Diminta CT scan nasofaring sepertinya untuk memastikan ada tumor di daerah nasofaring atau nggak.

Mudah-mudahan lekas ketahuan penyebabnya ya gan. Kalau diperlukan sekali coba tanyakan kira2 apakah bisa dibiopsi dengan jarum halus (BAJAH) atau perlu biopsi terbuka (operasi).


ini udah kira-kira 2bulanan gan, belum sembuh juga.. bolak-balik ganti dokter, ganti jenis obat antibiotik dan obat-obat lain yg diresepin dokter tapi ga ada perubahan. kmrn ke dokter sp, penyakit dalam sub metabolik endokrin ga dikasih obat apa-apa malah, tapi disuruh cek darah sama ct scan nasofaring. oh gitu ya gan, makasih gan doa nya...

wah biopsi apa lagi tuh gan? kalo tau, itu biasanya biaya nya brp ya gan? kalo udah ct scan nasofaring masih perlu biopsi ga?
serem juga bolak balik dokter gtu gan
yg bahaya malah salah diagnosis awal udh dikasi macem2 obatnya,salah diagnosis bsa2 mlh bahaya obat kn racun klo ga tepat penyakitnya...

ane jg kerasa ada semacem benjolan bola kecil di dket rahang bawah kanan klo di pegang pake tangan baru kerasa ...
tp ga sakit selama ga mengganggu dan sakit mendingan didiemin aja jgn di pegang2

serem juga kalo tumor ato kanker dll

cepat sembuh moga cpt ketahuan pnyakitnya untuk pengobatan lbh lnjutemoticon-Kiss
Quote:Original Posted By teddybearlovers


ini udah kira-kira 2bulanan gan, belum sembuh juga.. bolak-balik ganti dokter, ganti jenis obat antibiotik dan obat-obat lain yg diresepin dokter tapi ga ada perubahan. kmrn ke dokter sp, penyakit dalam sub metabolik endokrin ga dikasih obat apa-apa malah, tapi disuruh cek darah sama ct scan nasofaring. oh gitu ya gan, makasih gan doa nya...

wah biopsi apa lagi tuh gan? kalo tau, itu biasanya biaya nya brp ya gan? kalo udah ct scan nasofaring masih perlu biopsi ga?


Kalo soal biaya ane kurang paham gan. Agan kan uda CT Scan nasofaring? Tunggu aja dulu liat hasilnya gimana. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By teddybearlovers
Hai gan.. Perkenalkan, ane seorang perempuan berumur 21tahun.
Gini gan, belakangan ini ane baru sadar sama apa yg terjadi sama anggota tubuh ane. Lebih tepatnya bagian kepala. Di bawah rahang bagian kiri ane nemuin kayak benjolan yang kayaknya lumayan gede, kalo ane pegang/teken/pencet sakit banget, kayak bisa digerak-gerakin gitu, oh iya terkadang kalo dipegang juga berasa rahang ane yg ada benjolan itu anget gitu gan beda sama rahang bagian kanan.
Seinget ane sih dulu waktu ane SMA atau SMP pernah ngerasain adanya benjolan ini, tapi kata nyokap wajar jadi ga ane urusin. Tapi dulu ga segede ini.

Belakangan ini ane browsing tentang yg ane rasain, kok hasilnya nyeremin semua ya gan? Mulai dari tumor, kanker kelenjar getah bening, terus apalagi gitu..

Kalau ada yg mengerti tentang keadaan ane ini, kira-kira ane kenapa ya gan? Ini gejala sakit apa ya gan?
> bahaya ga?
> kalo ane ke dokter bagusnya ke dokter umum dulu atau langsung ke dokter spesialis ya?

Buat yang mau jawab, makasi banyaaak...ini bakalan jadi panduan ane buat berobat. Semoga Allah membalas semuanya, maaf ane blm bisa kasih cendolemoticon-Frown


biopsi jarum halus itu nama trendnya adalah FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsi)
itu pake jarum kecil untuk menarik jaringan atau cairan dari benjolan tersebut nah nanti jaringan atau cairannya akan dilakukakn pemeriksaan secara mikroskopik di bagian Patologi Anatomi oleh spesialis patologi anatomi apakah ditemukan sel keganasan atau tidak atau ditemukan sel infeksi atau tidak jadi nanti ketauan sifat dari bejjolan tersebut

kalau CT scan itu adalah untuk mencari tahu apakah ada sumber dari tempat lain yang dapat menimbulkan benjolan kelenjar getah bening di rahan agan tersebut karena benjolan di daerah rahang tersebut biasa disebabkan oleh karena kelenjar getah bening membesar atau infeksi fokal di daerah tersebut menjadi abses

dengan CT scan nasofaring akan terlihat jelas daerah kepala,leher dan dibalik tengkorak wajah daerah hidung jg gan

cek darah nya saya kurang tau cek apa yang dimaksud namun jika cek darah lengkap (Hb,Ht,Leukosit,Trombosit,LED,Hitung Jenis) kemungkinan dokternya ingin mengetahui apakah terdapat proses infeksi tidak pada agan dan sifat infeksinya apakah oleh karena virus atau bakteri

Semoga Bermanfaat

Regards
Hollowfict
Gan gimana keadaannya skr soal benjolan di leher kirinya? Saya juga ada gan siapa tau bisa sharing utk kesehatan bersama..
Quote:Original Posted By teddybearlovers
Hai gan.. Perkenalkan, ane seorang perempuan berumur 21tahun.
Gini gan, belakangan ini ane baru sadar sama apa yg terjadi sama anggota tubuh ane. Lebih tepatnya bagian kepala. Di bawah rahang bagian kiri ane nemuin kayak benjolan yang kayaknya lumayan gede, kalo ane pegang/teken/pencet sakit banget, kayak bisa digerak-gerakin gitu, oh iya terkadang kalo dipegang juga berasa rahang ane yg ada benjolan itu anget gitu gan beda sama rahang bagian kanan.
Seinget ane sih dulu waktu ane SMA atau SMP pernah ngerasain adanya benjolan ini, tapi kata nyokap wajar jadi ga ane urusin. Tapi dulu ga segede ini.

Belakangan ini ane browsing tentang yg ane rasain, kok hasilnya nyeremin semua ya gan? Mulai dari tumor, kanker kelenjar getah bening, terus apalagi gitu..

Kalau ada yg mengerti tentang keadaan ane ini, kira-kira ane kenapa ya gan? Ini gejala sakit apa ya gan?
> bahaya ga?
> kalo ane ke dokter bagusnya ke dokter umum dulu atau langsung ke dokter spesialis ya?

Buat yang mau jawab, makasi banyaaak...ini bakalan jadi panduan ane buat berobat. Semoga Allah membalas semuanya, maaf ane blm bisa kasih cendolemoticon-Frown


gmn keadaannya sekarang gan?
ane juga ada gan di rahang kiri bawah. Apa ini karana infeksi ya soalnya gigi ane yg kiri berlubang, atau mungkin kanker, soalnya ane perokok berat. Waah jangan kanker dong!!!
Quote:Original Posted By teddybearlovers
Hai gan.. Perkenalkan, ane seorang perempuan berumur 21tahun.
Gini gan, belakangan ini ane baru sadar sama apa yg terjadi sama anggota tubuh ane. Lebih tepatnya bagian kepala. Di bawah rahang bagian kiri ane nemuin kayak benjolan yang kayaknya lumayan gede, kalo ane pegang/teken/pencet sakit banget, kayak bisa digerak-gerakin gitu, oh iya terkadang kalo dipegang juga berasa rahang ane yg ada benjolan itu anget gitu gan beda sama rahang bagian kanan.
Seinget ane sih dulu waktu ane SMA atau SMP pernah ngerasain adanya benjolan ini, tapi kata nyokap wajar jadi ga ane urusin. Tapi dulu ga segede ini.

Belakangan ini ane browsing tentang yg ane rasain, kok hasilnya nyeremin semua ya gan? Mulai dari tumor, kanker kelenjar getah bening, terus apalagi gitu..

Kalau ada yg mengerti tentang keadaan ane ini, kira-kira ane kenapa ya gan? Ini gejala sakit apa ya gan?
> bahaya ga?
> kalo ane ke dokter bagusnya ke dokter umum dulu atau langsung ke dokter spesialis ya?

Buat yang mau jawab, makasi banyaaak...ini bakalan jadi panduan ane buat berobat. Semoga Allah membalas semuanya, maaf ane blm bisa kasih cendolemoticon-Frown



TS Gimana kabarnya ?
Ane dulu smp/sma juga ada benjolan kayak gitu di bawah rahang..dlu emang agak nyeri2 gimana gitu sih..tapi ane acuh aja ga ane peduliin..skg ane cek alhamdulillah ilang sendiri..
agan gimana kabarnya, saya juga begitu tapi dibagian kanan.. ada benjolan kecil.. gak sakit klo di pegang *kecilkloditekenbanget, karna ane penasaran.. saya searching² kok serem, moga aja ga kenapa2
ane jg ada benjolan di bwah rahan kiri nih.. kalo di pegang agak nyeri...

gimana gan udh sembuh?

Udh sembuh gan?
Uasdah sembuh gan ? Ane juga mgalamin nih tpi dileher kiri dan blum sempet cek ... ane takut ampe parno klo search di google m