Pada Selasa (25/03/2014) kemarin. Facebook kembali mengakuisisi perusahaan yang sedang berkembang pesat. Setelah sebelumnya mengambilalih What’s Upp. Perusahaan sosial media tersebut mengumumkan pembelian perusahaan headset virtual reality HMD Oculus Rift, Oculus VR, sebesar dua milliar dollar AS. Sebelumnya, pada Game Developer Confrence (GDC) 2014, Selasa (18/03/2014) lalu. Sony PlayStation juga meluncurkan prototipe headset virtual reality mereka yang disebut Proyek Morpheus. Tidak seperti Oculus Rift yang hanya bisa dipakai dengan PC. Headset VR HMD Sony ini juga dapat digunakan dengan perangkat saudaranya yaitu PlayStation 4.
Spoiler for oculus rift:
Spoiler for morpheus:
Virtual Reality atau Realitas Maya merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan komputer, sehingga seseorang dapat bereksplorasi dan berinteraksi. Pengguna juga menjadi bagian dari dunia maya yang dibuat oleh komputer . Pengalaman visual lingkungan tiga dimensi tersebut ditampilkan oleh Head Mounted Display (HMD) ataupun kacamata dengan sistem streoskopis2 khusus yang dipakai oleh pengguna.
Spoiler for bentukhmd:
Beberapa sistem juga memungkinkan pengguna untuk mengalami tambahan sensorik, misalnya suara melalui speaker atau headphone.
Penggunaan teknologi heptic atau heptics dalam VR ,memungkinkan pengguna merasakan umpan balik dari apa yang mereka sentuh. Rangsangan mekanik tersebut membantu proses penciptaan virtual objek. Teknologi ini biasa digunakan dalam aplikasi medis, permainan, dan militer. Selain itu, VR juga mencakup komunikasi jarak jauh yang memfasilitasi kehadiran virtual pengguna dengan konsep-konsep telepresence3 dan telexistence4 atau Virtual Artefak (VA). Dengan melalui penggunaan perangkat input standar seperti keyboard dan mouse. Atau melalui perangkat multimodal5 seperti sarung tangan kabel, Polhemus6 dan omnidirectional treadmill7.
Spoiler for heptics:
touchscreen salah satu contoh penggunaan teknologi heptics
Sejarah VR
Spoiler for 1:
VR mulai berakar dari tahun 1860 melalui seni mural perspektif yang dibuat oleh seniman Prancis, Baldassare Peruzzi dengan judul Sala delle Prospettive.
Spoiler for lukisan:
.
Spoiler for 2:
Pada tahun 1920, mulai diperkenalkan simulator kendaraan.
Spoiler for simlator:
Spoiler for 3:
Kemudian pada tahun 1950, Morton Heilig membuat alat yang dapat mencakup semua indera secara efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan pada layar. alat itu disebut Sensorama.
Spoiler for sensorama:
Spoiler for 4:
Pada tahun 1968, Ivan Sutherland, dengan bantuan dari muridnya Bob Sproull, menciptakan alat VR pertama dengan sistem augmented reality8 (AR) HMD. Bentuk alat VR tersebut digantungkan di langit-langit menginspirasikan sebutannya The Sword Of Damocles.
Spoiler for hmd1:
Spoiler for the sword of Damocles:
mirip gk gan
Spoiler for 5:
Istilah VR mulai terkenal pada tahun 1980-an. Jaron Lanier, Pioner dari istilah VR, merupakan pendiri perusahaan penelitian VPL pada tahun 1985, yang mengembangkan dan membuat "kacamata dan sarung tangan" untuk sistemnya dalam dekade itu. Namun pada tahun 1990, VPL bangkrut. Dan pada tahun 1999 ,Sun Microsystems membeli semua hak paten VPL. Tetapi pada akhirnya perusahaan tersebut diakuisisi Oracle Corporation pada tahun 2010. Terakhir pada tahun 1991, Antonio Medina, ilmuan NASA, menggunakan sistem Computer-Simulated Teleoperation9 untuk menjalankan mars rover dari bumi. Sistem tersebut merupakan perkembangan VR yang termutakhir abad itu.
Spoiler for sarung tangan dan kacamata:
Kegunaan VR
Spoiler for fungsi:
Spoiler for 1:
Latihan militer
Spoiler for 2:
Konser musik 3D
Spoiler for 3:
Presentasi proyek atau manufaktur
Spoiler for 4:
Tema buku dan film fiksi Matrix salah satu film bertemakan virtual reality yang paling sukses yang ini mah anime lovers pasti tau
Spoiler for 5:
Penataan dan pembangunan kota
Spoiler for 6:
Game (pastinya) videonya gan
Sayangnya
Spoiler for v:
Dalam penerapannya, VR sangat sulit untuk diciptakan dengan ketajamaan/ketelitian yang tinggi. Keterbatasan teknik pada pengolahan daya , resolusi gambar dan komunikasi bandwidth merupakan tantangan bagi siapa saja yang ingin menyokong teknologi dunia. Teknologi yang semakin efektif dan dahsyat, demi masa depan dunia.
Mungkin ada beberapa kata yang sulit dimengerti, tapi santai aja gan ane kasih bantuan
Spoiler for bantuan:
1.Head Mounted Display (HMD) : Sebuah perangkat penampil gambar berberbentuk helm
atau kacamata. Terdapat optik kecil didepan salah satu atau kedua lensa mata.
2.Streoskopis : Teknik untuk menciptakan atau meningkatkan ilusi kedalaman pada foto dengan cara melihat dengan kedua mata secara bersamaan.
3.Telepresence : Teknologi yang memungkinkan seseorang merasa seolah-olah mereka hadir di tempat lain, dengan memberikan tampilan sesuai dengan keadaan mereka saat itu walaupun lokasinya berbeda.
4.Telexistence : Teknologi umum yang memungkinkan manusia untuk memiliki sensasi di waktu sebenarnya namun berada di tempat lain selain di mana ia benar-benar ada, dan mampu berinteraksi dengan lingkungan yang jauh, yang mungkin nyata, virtual, atau kombinasi keduanya.
5. Multimodal : Teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan beberapa mode dengan sebuah system .
6.Polhemus : Sistem pengukuran elektromagnetik 3D yang digunakan untuk mencatat gerakan dan digitalisasi 3D.
7.Omnidirectional treadmill : Sebuah alat yang memungkinkan seseorang untuk melakukan gerakan secara lokomotif dalam beberapa arah.
8.Augmented Reality (AR) : Sistem yang membuat suatu objek maya seolah-olah menjadi objek yang berada di dunia nyata yang dapat terlihat dengan menggunkan perangkat tertentu seperti smartphone. ini tread yang ngebahasnya gan tread
9.Computer-Simulated Teleoperation : Sebuah simulasi komputer dari sistem nyata atau imajiner yang
memungkinkan pengguna untuk melakukan operasi pada sistem simulasi dan menunjukkan efek sesuai masa itu.
Mungkin kelihatannya repost tapi 100% isinya berbeda