CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ujian Nasional, Nilai Kejujuran Siswa dan Guru yang Memprihatinkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/534c86d4ffca17dc038b46bd/ujian-nasional-nilai-kejujuran-siswa-dan-guru-yang-memprihatinkan

Ujian Nasional, Nilai Kejujuran Siswa dan Guru yang Memprihatinkan

Quote:


Lantas, kalau kenyataannya seperti di atas, apakah tulisan di bawah ini artinya benar? emoticon-Hammer

Quote:
Halaman 1 dari 5
reserved
sekolah negri perusak bangsa
Quote:


benarkah? Jangan-jangan ini adalah generalisasi saja emoticon-Matabelo
Diubah oleh heane
Prihatin Dengan Kualitas Pendidikan Disini Apalagi Pas Ujian
Quote:


apalagi kalau ada berita bahwa yang memberikan bocoran kunci jawaban adalah gurunya sendiri emoticon-Hammer (S)
kenapa sich gan UAN ko di jaga aparat, padahal kalau luluskan belum tentu dapat kerja, ko di persulit, kasihan dapat tekanan
emoticon-Ngakak tenang ganti pemerintahan baru

bakalan ada aturan baru...

kenapa tidak seperti dulu aja mengandalkan STTB

selanjutnya tinggal ujian UMPTN dan ujian pada saat mau tes kerja

dari pada habisin duid banyak untuk pengadaan soal dan kertas emoticon-Ngakak
Quote:


justru akan terlihat seperti tahanan politik kalau dijaga aparat, semakin menakutkan dan siswa dapat lebih tertekan emoticon-Ngakak (S)

boleh juga idenya gan, tapi... nanti tambah biaya lagi buat bayar aparat emoticon-Hammer
Quote:


aturan baru sepertinya akan selalu ada gan emoticon-Ngakak (S)

Ada sisi positif ada pula negatifnya, tergantung dari sisi mana menilai
Quote:


semoga lebih banyak sisi postifnya

tapi kalau mencontek atau membocorkan kunci jawaban jelas itu negatif (pake banget) emoticon-Hammer (S)
Yang bikin siswa tukang nyontek kan kurikulumnya...hafalan.

Materi harus diinget2 menjelang dan selama ulangan/ujian, bukan dimengerti dan tetap di otak sampai kapanpun.

Yang ga bs menghafal dan ingatannya lemah ya curang, nyontek.
Quote:


kenapa menyalahkan hafalan, kalau memang gak kuat hafalannya harusnya belajar.

bandingkan dengan sekolah jaman dulu yang mengandalkan hafalan saja karena cara belajarnya dengan sabak, dimana tidak ada namanya catatan. setelah belajar, menulis di sabak itu kemudian dihapus tanpa ada jejak, sehingga dipaksa hafalanlah yang harus kuat.
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:


Ada pelajaran-pelajaran tertentu yang emang butuhnya hafalan
kayak sejarah mau dimengerti bijimanapun ya butuhnya emang hafalan

di sini siswa dituntut menguasai SEMUA mata pelajaran
kurang pas sih sebenernya karena masing2 siswa punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri yang bisa berbeda satu sama lain

tapi kalo soal kejujuran
asli gurunya kadang2 lebih parah
cuman karena prestise sekolah ada yang malah mengajarkan berbuat tidak jujur. emoticon-Hammer
ane dukung guru yang memberikan kunci jawaban aja gan. emoticon-Ngakak

biar siswanya lulus ujian nasional.. emoticon-Ngakak

kenapa kelulusan hanya ditentukan dengan nilai ujian nasaional aja??
guru jgn pernah lelah memberikan contekan, bs via email, bbm whatapp line tnggl pilih aja
Quote:


pengakuan dari guru2 montesory
tetap saja metoda montesory ga bisa dipraktekkan full karena para ortu pun bersikeras anaknya mesti bisa semua

emang mesti dirubah pola pikir ortunya
yg lebih cepat itu gak melulu lebih pinter
dan anak jgn dipaksain bisa semua/jago semua hal

namun pola pikir ortu itu juga karena sistem pendidikan kita jg

walaubgmnpun ditingkat atas ortu kepingin anaknya masuk negri

dan anak2 yg dididik dengan cara montesory jgn harap bisa lolos masuk sekolah negri

tetep aja harus ngikutin sistem...

kecuali kalo siap ngelepasin sistem pendidikan kita hingga di jenjang akhir
kalo mau ga bisa nyontek, sebaiknya soal2 ujian diacak 20 paket.. sekarang kan udah bisa pake barcode. dan setiap peserta masing2 mendapatkan 2 lembar jawaban LJK (yang ada barcodenya). satu untuk cadangan.. nanti setelah selesai ujian, kedua LJK harus dikumpulkan..

atau kalau mau lebih mantep lagi, satu ruangan diisi cuman 1 orang, ga boleh bawa apapun, sebelum ujian wajib ganti baju pake yg disediakan, alat ujian juga disediakan. wkwkwkwk (oke yg ini gw cuman becanda)
Diubah oleh HayateAyasaki
Ujian Nasional, Nilai Kejujuran Siswa dan Guru yang Memprihatinkanemoticon-Paw

yang penting ane kagak dah gan
kynya emg udah terlanjur membudaya, jd klo mo diberantas perlu usaha ekstra keras emoticon-Malu (S)
jd inget berita dulu yg sekeluarga diusir dr desa apa gt gr2 si anak ngasi tau klo pas ujian disuru mencontek aja ama gurunya
bingung malah susah jd org jujur emoticon-Berduka (S)
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di