alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533d0bb582cf17517400005d/lounge-anak-pariwisata-perhotelan-se-indonesia--all-about-tourism
[Lounge] ANAK PARIWISATA/PERHOTELAN Se-INDONESIA | All About Tourism
[LOUNGE] ANAK PARIWISATA/PERHOTELAN Se-INDONESIA | All About Tourism

emoticon-I Love Kaskus (S) TUJUAN emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:1. Sebagai tempat bertukar informasi terkait institusi pariwisata/perhotelan.
2. Sebagai ajang silaturahmi/perkenalan sesama insan pariwisata/perhotelan se-Indonesia.
3. Sebagai fasilitas diskusi tentang dunia pariwisata/perhotelan baik di Indonesia maupun di Dunia.


emoticon-I Love Kaskus (S) PERATURAN emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Quote:Budayakan:
1. Tunduk dan patuh terhadap General Rules Kaskus dan Forum Education
2. Saling menghormati antar sesama insan pariwisata/perhotelan.
3. Memberikan info terbaru terkait dunia pariwisata/perhotelan.
4. Berdiskusilah secara sehat.
5. Menggunakan bahasa yang santun dalam berforum ria.
6. Menggunakan PRIME ID.
7. Mengisi data terlebih dahulu ketika pertama kali posting disini.
8. Mencemarkan nama baik institusi/sesama kaskuser.
9. Cantumkan sumber apabila posting artikel atau berita


Quote:Dilarang:
1. Memancing keributan/flame.
2. Posting ngejunk.
3. Posting hanya emoticon.
4. Posting gambar yang tidak senonoh (sebaiknya di forum DP).
5. Berjualan dan beriklan.
6. Hindari debat kusir.
7. Mewek disini.
8. Memperbesar ukuran font sehingga menyilaukan mata


Quote:Sanksi:
1. Teguran dan peringatan.
2. BRP/BATA.
3. Request Momod agar disunat postingannya.
4. Request Momod agar dibanned.


emoticon-I Love Kaskus (S) FORMAT PERKENALAN emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Quote:1. Nama Panggilan:
2. Domisili:
3. Tempat Sekolah/Kuliah
4. Angkatan:
5. Prodi:
6. E-mail:

Quote:Thread ini juga terbuka bagi siapa saja yang berkecimpung di dunia pariwisata/perhotelan seperti staff pengajar (guru/dosen), pelaku pariwisata/perhotelan (pengusaha tour&travel, hotel, restoran, dsb), guide pariwisata, staff pemerintahan pariwisata/kemenparekraf, pengamat pariwisata/perhotelan, pengelola destinasi pariwisata, dan lain sebagainya.


Quote:Demi kelangsungan thread ini, saya selaku TS menerima segala bentuk pujian, sanjungan, kritik, saran, hinaan, caci-maki terkait thread ini. Agar kedepannya thread ini menjadi lebih baik lagi. emoticon-rose

[LOUNGE] ANAK PARIWISATA/PERHOTELAN Se-INDONESIA | All About Tourism
LIST MEMBER:

Spoiler for list:
LIST NAMA PERGURUAN TINGGI

Spoiler for list perguruan tinggi:


LIST PROGRAM STUDI
Quote:Diploma I (D.1/A.P.Par)
1. Food & Beverage Service
2. Food Production (Pastry)
3. Food Production (Kitchen)
4. Bartending/Bartender
5. Barista
6. Cruise Line
7. Room Division

Diploma II (D.2/A.Ma.Par)
1. Spa Therapist
2. Tata Hidangan
3. Tata Boga
4. Tata Graha
5. Kantor Depan (Front Office)
6. Food & Beverage Service
7. Food Production (Pastry)
8. Food Production (Kitchen)

Diploma III (D.3/A.Md.Par)
1. Usaha Perjalanan Wisata
2. Manajemen Tata Boga
3. Manajemen Spa
4. Manajemen Perhotelan
5. Manajemen Tata Hidangan
6. Manajemen Tata Boga
7. Manajemen Divisi Kamar
8. Manajemen Patiseri

Diploma IV (D.4/SST.Par)
1. D4 Pariwisata
2. Manajemen Kepariwisataan
3. Administrasi Perhotelan
4. Manajemen Akuntansi Hospitaliti
5. Manajemen Bisnis Pejalanan
6. Manajemen Konvensi dan Perhelatan
7. Manajemen Destinasi Pariwisata
8. Manajemen Bisnis Pariwisata

Strata-1 (S.1/S.Par)
1. Destinasi Pariwisata
2. Industri Perjalanan Wisata
3. Bisnis Hospitaliti
4. Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
5. Studi Akomodasi dan Katering
Quote:INDEX

PARIWISATA
Konsep CBT
Mengapa CBT itu penting?
Tantangan & Hambatan CBT
Wisata Perdesaan 1

PERHOTELAN
-

PERJALANAN
-

TIPS MENGENAI BISNIS PARIWISATA
Memulai Usaha Tour & Travel dengan Biaya Minim Tapi Hasil Maximum
Bisnis Voucher Akomodasi/Hotel/Villa dan Tour

Reserved for update emoticon-rose
Biodata TS emoticon-rose
Spoiler for buka:



Let's discuss here emoticon-Angkat Beer

perkenalan

barusan ada yang manggil ane pake menyan nih,,
well,, sebuah forum menuju kearah yang positif demi berkembanganya insan" akademisi pariwisata di Indonesia,,
sekalian perkenalkan semuanye ye....

1. Nama Panggilan: Ringga/Rintis/Angga/boleh diantara ketiganya
2. Domisili: Denpasar
3. Tempat Sekolah/Kuliah : Pariwisata UNUD
4. Angkatan: 2011
5. Prodi: Industri Perjalanan WIsata
6. E-mail: pagi.ringga@gmail.com

kalo mau lebih,,, japri aja yee emoticon-Malu (S)
1. Nama Panggilan: kitz
2. Domisili: kalsel saat ini
3. Tempat Sekolah/Kuliah : STP bandung
4. Angkatan: 20**
5. Prodi: Manajemen Tata Hidang
6. E-mail: pm for info

selamat terbentuknya wadah bagi kaskuser "pariwisata dan perhotelan"
semoga bisa bermanfaat dan saling share bersama.
itu sudah emoticon-Selamat emoticon-Shakehand2
wah TS nya udah post ribuan emoticon-Belo

anyway, salam kenal ya buat anak pariwisata se indonesia raya.
pariwisata ini kedepan-nya sangat potensial banget, terutama untuk membangun wajah bangsa indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)

oh ya lupa memperkenalkan diri emoticon-Malu (S)

Quote:1. Nama Panggilan: ****** emoticon-Malu (S)
2. Domisili: Denpasar
3. Tempat Sekolah/Kuliah: Univ. Udayana
4. Angkatan: 2011
5. Prodi: Destinasi Pariwisata
6. E-mail: on request emoticon-Malu (S)


Salam Sapta Pesona emoticon-Ngakak (S)
@h4mst3r, VodkaCeria, aviep, classicaways selamat bergabung, ditunggu sharingnya emoticon-shakehand


Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism)

1. CBT (skala kecil) vs Mass tourism (skala besar); enclave and all inclusive (Leslie, 2012; Hatton, 1999; Jenkins, 1982)
Skala Kecil
a. Secara fisik menyatu dengan ruang kehidupan masyarakat lokal
b. Pembangunan kawasan wisata bersifat spontan dan tumbuh atas inisiatif masyarakat lokal.
c. Partisipasi aktif masyarakat lokal dalam pembangunan pariwisata.
d. Interaksi terbuka dan intensif antara wisatawan dengan masyarakat lokal.
Skala Besar
a. Secara fisik terpisah dari komunitas lokal, namun efektif dalam membangun citra kuat dalam rangka promosi.
b. Pembangunan kawasan melalui perencanaan yang cermat dan profesional (well-planed).
c. Investor dengan jaminan internasional sebagai pelaku utama usaha kepariwisataan.
d. Interaksi sangat terbatas antara wisatawan dengan masyarakat lokal.

2 Partisipasi masyarakat (Telfer and Sharpley, 2008; Timothy and Boyd, 2003; Garrod et all., 2002; Murphy, 1985). Berikut ini adalah jenis-jenis partisipasi masyarakat dalam CBT.
a. Manipulative participation; adanya keterwakilan masyarakat dalam kelembagaan pariwisata, namun tidak memiliki kekuasaan.
b. Passive participation; masyarakat hanya diinformasikan hal-hal yang sudah diputuskan atau kejadian yang sudah berlangsung.
c. Participation by consultation; dengan menjawab pertanyaan yang diajukan pihak eksternal.
d. Participation for material incentives; masyarakat memberikan sumber daya dan kemudian mendapat kompensasi material berupa pekerjaan, uang dan insentif materi lainnya.
e. Functional participation; pihak eksternal menginisiasi keterlibatan masyarakat dengan membentuk kelompok untuk menentukan tujuan bersama dan terlibat dalam pengambilan keputusan.
f. Interactive participation; masyarakat difasilitasi untuk membuat analisis, merumuskan program dan penguatan institusi lokal setempat.
d. Self mobilization; masyarakat sepenuhnya mempunyai inisiatif sendiri.
Kenapa pariwisata tepat bagi pembangunan masyarakat?
a. Produk pariwisata dikonsumsi di destinasi pariwisata, sehingga akan meningkatkan peluang untuk diversifikasi ekonomi masyarakat.
b. Pembatasan akses sektor yang bersifat tradisional terhadap pasar internasional, tidak berlaku dalam transaksi pariwisata.
c. Sumber daya alam dan budaya adalah potensi wisata dan merupakan aset yang dimiliki oleh masyarakat.
d. Pariwisata merupakan sektor ekonomi padat karya (banyak menyerap tenaga kerja baik sektor formal/informal)
e. Pariwisata membuka peluang partisipasi masyarakat, karena adanya kaitan yang luas dengan sektor-sektor lainnya?
Tantangan CBT (Scheyuens, 2002)
1. Masyarakat terbagi dalam berbagai faksi atau golongan yang saling mempengaruhi yaitu.
a. Paling berhak (privilege) sehingga rentang terjadinya konflik
b. Dominasi elit dalam pariwisata berbasis masyarakat lalu memonopoli manfaat pariwisata.

2. Pariwisata kurang dipahami sebagai suatu strategi
a. Cenderung dieksploitasi; masyarakat pada umumnya tidak cukup hanya mempunyai informasi; sumber daya dan kekuatan dalam hubungannya dalam pengambilan keputusan.
b. Masyarakat sulit mengidentifikasi manfaat pariwisata.


Hambatan CBT (Tosun, 2000)
a. Operasional; sentralisasi administrasi publik, lemahnya koordiasi dan minimalnya informasi pariwisata.
b. Struktural; sikap pelaku pariwisata, terbatasnya tenaga ahli, dominasi elit masyarakat, aturan hukum yang belum tepat, sedikitnya jumlah sumber daya terlatih dan minim akses ke modal finansial.
c. Kultural; terbatasnya kapasitas terutama pada masyarakat miskin dan apatis atau rendahnya kesadaran masyarakat lokal terhadap pariwisata.
ane bkn ane par sih, tp anak pertanian cm punya rencana mau buka travel dan pariwisata gtu ...
nah rencana pngen kursus bgituan
kirakira ada gak tmpat kursusnya ya gan, bkn tmpt sekolah tp kelamaaan soalnye emoticon-Big Grin
emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By ridho.refresh
ane bkn ane par sih, tp anak pertanian cm punya rencana mau buka travel dan pariwisata gtu ...
nah rencana pngen kursus bgituan
kirakira ada gak tmpat kursusnya ya gan, bkn tmpt sekolah tp kelamaaan soalnye emoticon-Big Grin
emoticon-Malu (S)


Menurut hemat ane, daripada kursus gitu mending kerja aja dulu gan di tour & travel, cari2 dulu ilmunya disana, sekalian dapet duit juga soalnya. Belajar nyusun itinerary, mengenali karakteristik destinasi wisata, jenis atraksi, karakteristik wisatawan dll.
Rata2 temen ane yang jual paket tour dulunya kerja di tour & travel. disini bro h4mst3r sempet kerja di tour & travel, mungkin dia berkenan sharing ilmunya disini.

Sekarang berkembang tuh wisata alternatif, ada 3 yaitu:
1. Wisata spiritual
2. Wisata perdesaan
3. Wisata perkotaan

Nanti berikutnya ane jabarin disini 3 jenis wisata alternatif diatas emoticon-I Love Indonesia (S)

Wisata Perdesaaan

Kondisi yang dirasa
Pada umumnya masyarakat dibuat tidak mampu berperan aktif dalam pengambilan kepuusan tentang tta ruang adan kebijakan pengelolaan sumberdaya yang dimiliki sehingga uncul berbagai ancaman terhadap kelestarian lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya, akibatnya selalu berada pada posisi yang dirugikan/dikorbankan/terpinggirkan.

Hal yang perlu dilakukan
1. Masyarakat desa harus mengetahui potensi/kekayaan sumberdaya alam dan permasalahannya.
2. Kemudian membuat perencanaan berdasarkan potensi dan masalah tersebut.

Peluang baru untuk desa: UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa
1. Sebagai titik utama/kata kunci: prakarsa, kemadirian, kesetaraan, partisipasi masyarakat desa, keberlanjutan.
2. Mengakui secara khusus keberadaan desa adat dan Kesatuan Masyarakat Hukum Adat, setara dengan desa
3. Desa adat yang sudah tertata, terpola, terstruktur tersistem (seperti desa pakraman di Bali): akan ditetap oleh Pemkab/Kota
4. Kesatuan Masyarakat Hukum Adat yang belum tertata, terpola, terstruktur dan tersistem: akan ditata dan ditetapkan oleh Pemkab/Kota, mengalami revitalisasi dengan UU desa.
5. Dengan disahkannya UU Desa ini, masyarakat diharapkan mengemban tanggung jawab dan kendali atas urusan desanya, dalam upaya pemenuhan kebutuhan pembangunan. Musyawarah tahunan masyarakat desa akan menjadi forum tertinggi dalam pengambilan keputusan
wiw wiw lungnya nongol jgemoticon-Belo

1. Nama Panggilan: eka
2. Domisili: Depok
3. Tempat Sekolah/Kuliah: STP Sahid Pondok Cabe Jakarta
4. Angkatan: 2012
5. Prodi: D IV Hotel Management
6. E-mail: PM bae

salken yah semua emoticon-Shakehand2
gan ane ank perhotelan nih, dpt tugas ribet nih, pemasaran pariwisata,kli agan2 disini mw bntu ane ngerjain tugas ane emoticon-Malu (S)

nih tugasnya

Spoiler for tugas 1:


Spoiler for tugas 2:


bntuin ane gan,ribet emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By dagangjujurbos
gan ane ank perhotelan nih, dpt tugas ribet nih, pemasaran pariwisata,kli agan2 disini mw bntu ane ngerjain tugas ane emoticon-Malu (S)

bntuin ane gan,ribet emoticon-Sorry


itu bukannya sudah termasuk soal ya ? tinggal ngikutin aja emoticon-Malu (S)

bawah ane barangkali lebih tau emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By VanRuud
wiw wiw lungnya nongol jgemoticon-Belo

1. Nama Panggilan: eka
2. Domisili: Depok
3. Tempat Sekolah/Kuliah: STP Sahid Pondok Cabe Jakarta
4. Angkatan: 2012
5. Prodi: DIV Hotel Management
6. E-mail: PM bae

salken yah semua emoticon-Shakehand2


Akhirnya ada anak STP Sahid juga dimari emoticon-Angkat Beer
Salken gan emoticon-shakehand
Sila dishare jurus2 pamungkasnya emoticon-Angkat Beer