CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Sepenggal Refleksi Kondisi Pendidikan Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5336b571fbca17c96c8b46c9/sepenggal-refleksi-kondisi-pendidikan-indonesia

Sepenggal Refleksi Kondisi Pendidikan Indonesia

Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh warrenroland
Halaman 1 dari 60
emoticon-ToastAYOOOO AGAN & SISTA emoticon-Toast
IKUTI LOMBA DESIGN KAOS & JAKET STK-REVOLUTION
BANYAK HADIAHNYA LHO!!
LOMBA DIMULAI TANGGAL 27 MARET - 27 APRIL 2014
emoticon-Selamat emoticon-Selamat

KLIK BANNER UNTUK KE TKP
>>> Sepenggal Refleksi Kondisi Pendidikan Indonesia <<<

Sepenggal Refleksi Kondisi Pendidikan Indonesia
Diubah oleh warrenroland
Reserped Juga emoticon-I Love Indonesia (S)
trit apaan neh?

panjang bener emoticon-Matabelo
ayo majukan pendidikan indonesia jadi lebih baik emoticon-I Love Indonesia
anjir miris sekali ane liat chart nya itu

Indonesia siswanya bodoh dan bahagia

kemungkinan dia bahagia karena jarang belajar

atau bahagia karena pendidikannya kurang ketat

jadi masih sempat untuk main sana sini

dan yang ga bisa sekolahpun masih banyak, kurang perhatian dari negara emoticon-Berduka (S)

itu singapore negara tetangga kayaknya paling bagus ya di chart Happy, apa karena popolasinya sedikit dan jumlah siswanya jg dikit, jadi presentase Happy nya jadi tinggi emoticon-Bingung (S)
Miris memeang sekarang gan emoticon-Berduka (S)
kalo menurut ane di indonesia pelajaranya telat gan, karenan kurikulum masih pakai yang lama dan ngga ikut perkembagan karena sadar ngga sadar emang harus di upgrade. contoh, anak smp zaman sekarang masih dilarang bawa motor, alasan inilah itu lah padahal kan ngga bisa di pukul rata kalau anak smp ini pasti belum bisa mengendalikan motor secara baik. buktinya banyak rider rider junior ikut kejuaraan. itu cuma contoh, ya jadi intinya menurut ane harus dirombak ke kolotan selama ini gan emoticon-MatabeloCMIIW
Sepenggal Refleksi Kondisi Pendidikan Indonesia
Diubah oleh vladimirs
Trit ginian jadi HT emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh john.thor
panjang bner emoticon-Cape deeehh

mau nya TS gmna? emoticon-Cape d... (S)
Ada yang menarik dari survey PISA tentang pendidikan ini
lingkup yang disurvey adalah kemampuan berfikir dan kejiwaan dari siswa tidak memandang biografi, jumlah siswa dari negara yang disurvey. bahkan banyak opini untuk membandingkan pendidikan di indonesia dengan polandia yang notabene jumlah siswa dan letak biografi yang sangat berbeda. dan hasil dari opini itu maka negara dan kurikulum yang disalahkan.

ada yang mendasar yang harus diselesaikan oleh pendidikan di Indonesia yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain yaitu landasan hukumnya.
kurikulum di indonesia tidak boleh lepas dari undang undang dasar sehingga tujuan pendidikan di Indonesia sesuai dengan pasal 3 sistem pendidikan nasional

Quote:


jadi outputnya siswa diharapkan
1. beriman dan bertaqwa
2. berahlak mulia
3. sehat
4. berilmu
5. cakap
6. kreatif
7. madiri
8. warga demokratis yang bertanggung jawab

kemungkinan akan menghasilkan nilai survey lain jika 8 item itu di surveykan di seluruh dunia oleh PISA karena pada dasarnya pendidikan di indonesia adalah utuh.

pergantian kurikulum pun sering dikatakan salah satu penyebab ketertinggalan ini padahal pergantian kurikulum adalah perbaikan penyempurnaan dari pendidikan yang ada di indonesia.

pengkritik tidak pernah berfikir tentang pendidikan di indonesia secara utuh tentang usaha negara pada pendidikan ini. banyak kendala yang harus dilalui diantaranya
1. Letak geografi indonesia. untuk pemerataan pendidikan di indonesia terkendala oleh lokasi penduduk yang sangat luas mulai sabang hingga merauke bahkan seharusnya bisa tertanggulangi oleh otoda ternyata itupun tidak bisa diharapkan secara maksimal
2. Jumlah penduduk yang harus mendapatkan pendidikan selalu tidak sebanding dengan jumlah guru yang tersedia
3. Program negara sadar pada pendidikan baru muncul sekitar tahun 1975 dengan adanya program SD inpres yang harus ada di seluruh Desa se indonesia. itupun tidak semua tercapai karena lokasi yang sulit untuk di tembus. program SMP tiap kecamatan, dan SMA tiap kabupaten itu semua dilaksanakan dengan cara gedung dan siswa harus ada dulu baru gurunya dipersiapkan.
4. Anggaran pendidikan yang tertaih tatih merangkak agar sesuai dengan kebutuhan adalah kendala utama untuk memenuhi standar pendidikan. APBN tidak mampu untuk memenuhi 20 % secara utuh
5. Kesadaran masyarakat tentang pendidikan juga menjadi penyumbang ketidak berhasilan dunia pendidikan di indonesia.
6. Program wajib belajar 9 tahun sepertinya hanya usaha pemerintah saja dan hasilnya hanya kwantitas karena wajib bejar 9 tahun inilah sebagai perangkap yang menjadikan sekolah sulit untuk meningkatan kwalitas. istilah "haram siswa dropout" menjadikan dilema sekolah. sistem penilaian bukan berpedoman pada target kurikulum tapi menyesuaikan kemampuan siswa. sistem penilaian inilah yang menjadikan guru makan buah simalakama. islilah tidak ada siswa bodoh yang ada adalah cara guru mengajar yang salah selalui menghantui guru dalam menilai siswa. karena ada deadline yaitu kenaikan kelas tiap tahun sehingga nilailah yang harus menyesuaikan kemampuan siswa. intinya sementara ini pendidikan di indonesia masih belum taraf kwalitas karena wajib belajar ini.
7. KKM menjadi bulan bulanan kepentingan pemangku pendidikan

oleh sebab pendidikan di indonesia tidak usah terpaku pada hasil survey negara lain karena memang pendidikan di indonesia adalah utuh. yang jelas upaya untuk memenuhi tuntutan sisdiknas tetap terus di lakukan termasuk pembenahan kurikulum. cmiiw
-reserved-
Nice thread nih gan, sampe segitunya pendidikan Indonesia. emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh aldiazonator
TSnya anak pinter emoticon-shakehand

lihat avanya aja udah kelihatan emoticon-Takut (S)

nice thread gan, ane suka banget emoticon-Big Grin

dan ane gak bisa ngerjain 2 soal di atas emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh blanking
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Guru kencing berdiri murid kencing berdiri.....Pejabat korup berseri seri guru mengeri ngeri. Begitulah kira kira. Terima kasih. emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh davinof
kebanyakan miris nya gan emoticon-Mewek
tapi ada juga kok prestasinya emoticon-Big Grin
Mantabs emoticon-Ngakak
Tujuan pendidikan menurut pasal 3 sisdiknas mengambang sekali. Bagaimana cara mengukur iman, akhlak, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan demokratis?

Tujuannya abstrak, alat ukurnya ujian nasional, bagaimana bisa nyambung. Pantas saja pendidikan di Indonesia kacau balau.

Seandainya tujuan dibuat realistis, misal tamat sekolah dasar sudah mempelajari sampai tahap tertentu dan harus menguasai ketrampilan apa-apa, mungkin guru juga lebih mudah bekerja.
miris gan.. emoticon-Sorry

Semoga kedepannya pendidikan di Indonesia jadi lebih baik emoticon-I Love Indonesia
Halaman 1 dari 60


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di