- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Antre yuk....


TS
la.boujuq
Antre yuk....
Antre… satu kata yang kedengarannya mudah tapi sangat susah dijalankan. Inilah yang katanya budaya Indonesia, atau mungkin sekarang bisa dikatakan sisa budaya Indonesia. Kadang gw berpikir, seberapa susah sih buat antre? Seberapa banyak sih waktu yang kalian pangkas dengan memotong antrean?
Gw masih sebal dengan orang yang sukanya memotong antrean. Okeh saat ini gw kesampingkan budaya jawa yang mengakar di indonesia kita ini, unggah ungguh tata krama. Lho jadi gaboleh sopan santun? Bukan gitu, karena sadar atau enggak, dewasa ini yang kebanyakan suka memotong antrean adalah (maaf) orang (di)tua(kan) dan orang jawa. Gw sedikit share beberapa pola memotong antrean yg paling sering gw temukan
Permisi mas, saya lg ga ada waktu, boleh…….
Pola ini masih agak sopan, at least dia bilang. Tapi tetep aja, logikanya yang punya roda kehidupan ga Cuma dia kok, gw mungkin punya banyak waktu luang untuk ngasih dia motong antrean, tapi orang2 di belakang? Mungkin di antara mereka ada yang waktunya terbatas namun punya disiplin yang tinggi untuk rela mengantre kan jadi kesel juga…
Ngobrol ma temen/kolega, tau2 masuk dalam antrean
Ini agak kesel sih. Karena jujur gw hampir gapernah ngasih temen gw nyelak di antara antrean. Kalo dia masuk di belakang gw, itupun ga gw bantu. Usaha sendiri. Karena gw sendiri akan bt kalo depan gw tetiba diisi orang lain Cuma gegara ngobrol
Tetiba nyelip (umumnya ibu2)
Nih pola yang dirajai ibu2, dari warung ampe beli tiket polanya begini semua. bahkan kadang udah ada antrean panjang, doi tau2 ngomong ama kasirnya untuk langsung (biasanya kalo warung atau bayar karcis kek transjakarta). Dan anehnya, kalo kita tutup barisan, doi (ibu2 tsb) yang sewot “ngalah kek mas ama ibu2”. Pola pikir kek gini udah mengakar banget sepertinya.
Sebenernya masih banyak pola lain, namun tiga itu secara umum yang paling sering. Sekarang pertanyaannya, siapa yang harusnya lebih sadar? Yang memotong antrean? Yang memberi antrean? Atau kasir itu sendiri?
Disadari atau tidak, kadang sikap toleransi salah tempat ini yang jadi biang keladi. Biasanya kalo ketemu teman, atau seseorang yang lebih tinggi jabatannya.
Misal A itu atasannya si B. B lagi antre, lalu liat A lagi mau ngantre, umumnya si A akan dipanggil, ngobrol basa basi bentar dan kemudian B mempersilahkan A antre di depan dia. hal ini butuh kesadaran lebih dari si A untuk menolak diberikan potongan antrean. Iya si B memang bawahan si A, tapi dalam hal antrean, ini tidak berlaku karena orang-orang dibelakang si B belum tentu bawahan si A kan…hak mereka semua sama
Baik yang sedang mengantre ataupun yang baru akan mengantre, butuh ditimbulkan kesadaran disiplin dan saling menghargai, ini baru namanya toleransi. Jadi walaupun atasan anda yang berusaha, sebisa mungkin jangan diberi. Harusnya atasan memberi contoh yang baik doong?
Pola lain adalah antrian jamur. Entah sebutannya apa, pola seperti awalnya ada antrean 1 baris, kemudian di depan loket mulai bermunculan antrean (gerombolan) orang yang bahkan tidak mengantre, jadi antrean keliatan kek jamur. Udah panjang tetiba ada gumpalan besar di ujungnya. Yang pola kek gini nyebelin. Butuh ketegasan ekstra beberapa pihak.
- Penjaga loket/kasir yang harusnya tidak melayani mereka yang memotong antrean. Hal ini diperlukan untuk menimbulkan efek jera. Apapun alasannya! Pragmatisnya kek yang gw bilang tadi, yang punya roda kehidupan bukan dia doang kok
- Pengantre yang sudah disiplin yang tidak memberikan mereka tempat untuk menyelak. Karena kalo kalian lihat antrean yang udah berantakan, tetiba sekuriti atau petugas udah tegas tidak melayani yang tidak antre, maka orang2 yang tidak mengantre tadi akan sebisa mungkin masuk ke dalam barisan. Jadi agak maksa… nah dalam hal ini harusnya jangan diberikan ruang, kalo perlu katakan “antre dari belakang!” siapapun yang motong.
Mungkin untuk negeri seperti indonesia harus diterapkan sistem paksaan terlebih dahulu. Dengan menggunakan barrier seperti di bank, atau ketegasan petugas yang tak melayani orang yang tidak mengantre. Hal ini gw rasa butuh diterapkan agar pola pikir sedikit berubah. paling tidak menimbulkan kesadaran mengantre walau dengan paksaan. Atau sanksi sosial secara langsung, tereakin yang motong antrean. Kalo kompak bisa deh. Gw pernah nereakin kok, dan tetiba orang2 yang merasa dirugikan lainnya ikut nereakin.
Dan setelah kita lihat pola di atas, sudah ada modus memotong antrean, pihak yang dirugikan, dan pihak yang harusnya disiplin, apa yang kurang? Oknum… jadi siapa oknum yang paling sering motong antrean?
- Atasan
Sadar atau enggak, oknum ini sering motong antrean. Kadang bukan karena dia yang mau bahkan, tapi bawahannya yang memberikan “eh bapak, silahkan pak duluan” frase ini seriiing banget gw denger. Solusinya sih harus muncul (atau dimunculkan paksa) kesadaran mengantre dari atasan. Kalo diberikan ruang seperti itu, tolak halus “gapapa saya antre di belakang ajah, kasian yang lain”
- Geng/ rekanan
Selain atasan, oknum yang lebih sering memotong antrean adalah tipe ini. ngobrol ngalor ngidul tetiba masuk antrean. Dan biasanya ga Cuma satu kan sebel…. entah solusi atau engga, kenapa ga nitip aja sih? Misal satu orang lg antre tiket, trus ada 2 temannya datang dan ngobrol, instead mereka nyelak antrean orang, kenapa ga mereka nitip duit ke temannya aja buat beli 3 tiket. At least ga motong antrean, waktu yang kebuangpun ga terlalu banyak karena asumsikan aja antrean belakang ga tau yang depan bakal beli berapa. Kalo Cuma nitip lebih cepet selesai kok.
Atau yaa seperti solusi tipe sebelumnya. butuh kesadaran.. kalo ga mempan juga? Sanksi sosial instan…tereakin aja “woi ngantre doong!!” lebih ada efek jera kok, walau oknum itu ngantre sambil kedumelan.
- Orang “kepepet”
Mas saya kesiangan, mas saya buru-buru, mas mau ujian, mas mau rapat, mas kebelet banget… lalu jadi alasan untuk masuk antrean? Kasarnya ya derita lo! Kalo lo telat, kenapa bisa telat. Ya rasain sendiri efek ketelatan lo, jangan bikin susah orang. Kalo kebelet, selesein dulu aja kali kebeletnya, abis itu ngantre deh…kelar kan?
- Ibu-ibu
Tipe ini menjadi yang paling….sekali lagi PALING sering motong antrean. Masalah utama adalah sanksi apapun ga mempan. Mau ditereakin ga mempan, mau dibarikade ga mempan. Masalahnya mereka canonball, melempar diri ke sela antrean. Kalo gw sih jujur gw sikut (rerata ibu2 tingginya Cuma sebahu gw). bukan gw sikut juga sih, ibu2 itu sendiri biasanya melempar diri ke sikut gw. ga sopan ama ibu2? Ini bukan masalah kesopanan, ini disiplin.(terus jadi pertanyaan, ga sopan banget ama orang tua, bayangin nyokap lo disikut orang, lo terima ga? masalahnya nyokap gw udah biasa antre! ga motong...) Tapi apa ini nyelesein masalah? Engga juga karena umumnya ibu2 ga nyelak di tengah antrean, tapi langsung di hulunya. Nyelak langsung di depan loket atau kasirnya. Dan lebih nyebelinnya mereka jauh lebih cerewet dari yang diselak. Yang mau ga mau petugas ngelayanin dia duluan.
Ini contoh kompleksivitas. Dimana kesadaran lebih dari satu pihak dibutuhkan. Kalian yg lagi ngantre sebisa mungkin jangan sampai diselak, dan petugas hendaknya tidak melayani apapun alesannya.
Setelah uraian di atas, pasti jadi skeptis “ya kasian kali mereka buru2”, “gw sih fine2 ajah, paling rugi waktu berapa detik sih”, “kasian ibu2”, “gaenak bilangnya, ga sopan”
Ini jadi stigma yang salah, parahnya udah mengakar di masyarakat. Tata krama unggah ungguh gini budaya jawa yang udah jadi identitas sih. Agak sulit untuk dirubah, tap bukan berarti ga bisa kan?
Gw ga ngomongin satu oknum, kalkulasi mereka. karena umumnya kalo satu dah berhasil nyelak, yang laen ikutan… budaya ikut2 masi mengakar. Dan faktor laen, lo mungkin punya waktu, tapi orang2 di belakang lo?ga semua orang punya cukup waktu dan stok kesabaran buat ngadepin oknum potong antrean. Kalo lo kasian ama satu orang yang motong antrean, harusnya lo lebih kasian ama orang-orang yang antreannya memanjang karena lo ngasih oknum motong antrean. Lo egois karena ga ngasih orang buru2 motong antrean? Lo lebih egois numbalin orang2 di belakang lo yang antreannya dipotong.
Jadi buat kalian, yuk kita belajar disiplin. Belajar mengantre dan menolak dipotong antreannya. Malu dong ngaku berpendidikan tapi ngantre aja gabisa…..
sekedar share... kalo berkenaan bole laah
, kalo ga berkenan ya nuhun sorry....
cek juga ulasan lainnya
http://tobemontinue.wordpress.com/
Gw masih sebal dengan orang yang sukanya memotong antrean. Okeh saat ini gw kesampingkan budaya jawa yang mengakar di indonesia kita ini, unggah ungguh tata krama. Lho jadi gaboleh sopan santun? Bukan gitu, karena sadar atau enggak, dewasa ini yang kebanyakan suka memotong antrean adalah (maaf) orang (di)tua(kan) dan orang jawa. Gw sedikit share beberapa pola memotong antrean yg paling sering gw temukan
Permisi mas, saya lg ga ada waktu, boleh…….
Pola ini masih agak sopan, at least dia bilang. Tapi tetep aja, logikanya yang punya roda kehidupan ga Cuma dia kok, gw mungkin punya banyak waktu luang untuk ngasih dia motong antrean, tapi orang2 di belakang? Mungkin di antara mereka ada yang waktunya terbatas namun punya disiplin yang tinggi untuk rela mengantre kan jadi kesel juga…
Ngobrol ma temen/kolega, tau2 masuk dalam antrean
Ini agak kesel sih. Karena jujur gw hampir gapernah ngasih temen gw nyelak di antara antrean. Kalo dia masuk di belakang gw, itupun ga gw bantu. Usaha sendiri. Karena gw sendiri akan bt kalo depan gw tetiba diisi orang lain Cuma gegara ngobrol
Tetiba nyelip (umumnya ibu2)
Nih pola yang dirajai ibu2, dari warung ampe beli tiket polanya begini semua. bahkan kadang udah ada antrean panjang, doi tau2 ngomong ama kasirnya untuk langsung (biasanya kalo warung atau bayar karcis kek transjakarta). Dan anehnya, kalo kita tutup barisan, doi (ibu2 tsb) yang sewot “ngalah kek mas ama ibu2”. Pola pikir kek gini udah mengakar banget sepertinya.
Sebenernya masih banyak pola lain, namun tiga itu secara umum yang paling sering. Sekarang pertanyaannya, siapa yang harusnya lebih sadar? Yang memotong antrean? Yang memberi antrean? Atau kasir itu sendiri?
Disadari atau tidak, kadang sikap toleransi salah tempat ini yang jadi biang keladi. Biasanya kalo ketemu teman, atau seseorang yang lebih tinggi jabatannya.
Misal A itu atasannya si B. B lagi antre, lalu liat A lagi mau ngantre, umumnya si A akan dipanggil, ngobrol basa basi bentar dan kemudian B mempersilahkan A antre di depan dia. hal ini butuh kesadaran lebih dari si A untuk menolak diberikan potongan antrean. Iya si B memang bawahan si A, tapi dalam hal antrean, ini tidak berlaku karena orang-orang dibelakang si B belum tentu bawahan si A kan…hak mereka semua sama
Baik yang sedang mengantre ataupun yang baru akan mengantre, butuh ditimbulkan kesadaran disiplin dan saling menghargai, ini baru namanya toleransi. Jadi walaupun atasan anda yang berusaha, sebisa mungkin jangan diberi. Harusnya atasan memberi contoh yang baik doong?
Pola lain adalah antrian jamur. Entah sebutannya apa, pola seperti awalnya ada antrean 1 baris, kemudian di depan loket mulai bermunculan antrean (gerombolan) orang yang bahkan tidak mengantre, jadi antrean keliatan kek jamur. Udah panjang tetiba ada gumpalan besar di ujungnya. Yang pola kek gini nyebelin. Butuh ketegasan ekstra beberapa pihak.
- Penjaga loket/kasir yang harusnya tidak melayani mereka yang memotong antrean. Hal ini diperlukan untuk menimbulkan efek jera. Apapun alasannya! Pragmatisnya kek yang gw bilang tadi, yang punya roda kehidupan bukan dia doang kok
- Pengantre yang sudah disiplin yang tidak memberikan mereka tempat untuk menyelak. Karena kalo kalian lihat antrean yang udah berantakan, tetiba sekuriti atau petugas udah tegas tidak melayani yang tidak antre, maka orang2 yang tidak mengantre tadi akan sebisa mungkin masuk ke dalam barisan. Jadi agak maksa… nah dalam hal ini harusnya jangan diberikan ruang, kalo perlu katakan “antre dari belakang!” siapapun yang motong.
Mungkin untuk negeri seperti indonesia harus diterapkan sistem paksaan terlebih dahulu. Dengan menggunakan barrier seperti di bank, atau ketegasan petugas yang tak melayani orang yang tidak mengantre. Hal ini gw rasa butuh diterapkan agar pola pikir sedikit berubah. paling tidak menimbulkan kesadaran mengantre walau dengan paksaan. Atau sanksi sosial secara langsung, tereakin yang motong antrean. Kalo kompak bisa deh. Gw pernah nereakin kok, dan tetiba orang2 yang merasa dirugikan lainnya ikut nereakin.
Dan setelah kita lihat pola di atas, sudah ada modus memotong antrean, pihak yang dirugikan, dan pihak yang harusnya disiplin, apa yang kurang? Oknum… jadi siapa oknum yang paling sering motong antrean?
- Atasan
Sadar atau enggak, oknum ini sering motong antrean. Kadang bukan karena dia yang mau bahkan, tapi bawahannya yang memberikan “eh bapak, silahkan pak duluan” frase ini seriiing banget gw denger. Solusinya sih harus muncul (atau dimunculkan paksa) kesadaran mengantre dari atasan. Kalo diberikan ruang seperti itu, tolak halus “gapapa saya antre di belakang ajah, kasian yang lain”
- Geng/ rekanan
Selain atasan, oknum yang lebih sering memotong antrean adalah tipe ini. ngobrol ngalor ngidul tetiba masuk antrean. Dan biasanya ga Cuma satu kan sebel…. entah solusi atau engga, kenapa ga nitip aja sih? Misal satu orang lg antre tiket, trus ada 2 temannya datang dan ngobrol, instead mereka nyelak antrean orang, kenapa ga mereka nitip duit ke temannya aja buat beli 3 tiket. At least ga motong antrean, waktu yang kebuangpun ga terlalu banyak karena asumsikan aja antrean belakang ga tau yang depan bakal beli berapa. Kalo Cuma nitip lebih cepet selesai kok.
Atau yaa seperti solusi tipe sebelumnya. butuh kesadaran.. kalo ga mempan juga? Sanksi sosial instan…tereakin aja “woi ngantre doong!!” lebih ada efek jera kok, walau oknum itu ngantre sambil kedumelan.
- Orang “kepepet”
Mas saya kesiangan, mas saya buru-buru, mas mau ujian, mas mau rapat, mas kebelet banget… lalu jadi alasan untuk masuk antrean? Kasarnya ya derita lo! Kalo lo telat, kenapa bisa telat. Ya rasain sendiri efek ketelatan lo, jangan bikin susah orang. Kalo kebelet, selesein dulu aja kali kebeletnya, abis itu ngantre deh…kelar kan?
- Ibu-ibu
Tipe ini menjadi yang paling….sekali lagi PALING sering motong antrean. Masalah utama adalah sanksi apapun ga mempan. Mau ditereakin ga mempan, mau dibarikade ga mempan. Masalahnya mereka canonball, melempar diri ke sela antrean. Kalo gw sih jujur gw sikut (rerata ibu2 tingginya Cuma sebahu gw). bukan gw sikut juga sih, ibu2 itu sendiri biasanya melempar diri ke sikut gw. ga sopan ama ibu2? Ini bukan masalah kesopanan, ini disiplin.(terus jadi pertanyaan, ga sopan banget ama orang tua, bayangin nyokap lo disikut orang, lo terima ga? masalahnya nyokap gw udah biasa antre! ga motong...) Tapi apa ini nyelesein masalah? Engga juga karena umumnya ibu2 ga nyelak di tengah antrean, tapi langsung di hulunya. Nyelak langsung di depan loket atau kasirnya. Dan lebih nyebelinnya mereka jauh lebih cerewet dari yang diselak. Yang mau ga mau petugas ngelayanin dia duluan.
Ini contoh kompleksivitas. Dimana kesadaran lebih dari satu pihak dibutuhkan. Kalian yg lagi ngantre sebisa mungkin jangan sampai diselak, dan petugas hendaknya tidak melayani apapun alesannya.
Setelah uraian di atas, pasti jadi skeptis “ya kasian kali mereka buru2”, “gw sih fine2 ajah, paling rugi waktu berapa detik sih”, “kasian ibu2”, “gaenak bilangnya, ga sopan”
Ini jadi stigma yang salah, parahnya udah mengakar di masyarakat. Tata krama unggah ungguh gini budaya jawa yang udah jadi identitas sih. Agak sulit untuk dirubah, tap bukan berarti ga bisa kan?
Gw ga ngomongin satu oknum, kalkulasi mereka. karena umumnya kalo satu dah berhasil nyelak, yang laen ikutan… budaya ikut2 masi mengakar. Dan faktor laen, lo mungkin punya waktu, tapi orang2 di belakang lo?ga semua orang punya cukup waktu dan stok kesabaran buat ngadepin oknum potong antrean. Kalo lo kasian ama satu orang yang motong antrean, harusnya lo lebih kasian ama orang-orang yang antreannya memanjang karena lo ngasih oknum motong antrean. Lo egois karena ga ngasih orang buru2 motong antrean? Lo lebih egois numbalin orang2 di belakang lo yang antreannya dipotong.
Jadi buat kalian, yuk kita belajar disiplin. Belajar mengantre dan menolak dipotong antreannya. Malu dong ngaku berpendidikan tapi ngantre aja gabisa…..
sekedar share... kalo berkenaan bole laah

cek juga ulasan lainnya
http://tobemontinue.wordpress.com/
0
936
10


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan