- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Jenis-Jenis Bus yang Digunakan TRANSJAKARTA/BUSWAY


TS
the.darn.knight
Jenis-Jenis Bus yang Digunakan TRANSJAKARTA/BUSWAY
JENIS JENIS BUS YANG DIGUNAKAN TRANSJAKARTA
alhamdulillah, sepertinya bukan
Sekian dulu thrit dari ane gan.. semoga bermanfaat untuk semuanya
semoga bus transjakarta makin baik ke depannya




Sekian dulu dari ane
Ane berharap


atau




jangan dikasih
alhamdulillah, sepertinya bukan

Spoiler for no repost:
Quote:
Seputar tentang Bus transjakarta
Transjakartaatau umum disebut sebagai Busway adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Sistem ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km), serta memiliki 228 halte yang tersebar dalam 12 koridor (jalur), yang beroperasi dari 05.00 - 22.00 WIB.
Transjakarta dioperasikan oleh Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB) dibawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, yang bertanggungjawab penuh kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam operasional Transjakarta (Pramudi, Onboard/petugas bus, Barrier/petugas halte, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang.Jumlah rata-rata harian pengguna Transjakarta diprediksikan sekitar 350.000 orang
SPESIFIKASI UMUM
Semua bus Transjakarta berbahan bakar gas, dan diisi di SPBG tertentu. Bus-bus ini dibangun dengan menggunakan material tertentu. Untuk interior langit-langit bus, menggunakan bahan yang tahan api sehingga jika terjadi percikan api tidak akan menjalar. Untuk kerangkanya, menggunakan galvanil, suatu jenis logam campuran seng dan besi yang kokoh dan tahan karat.
Bus Transjakarta memiliki pintu yang terletak lebih tinggi dibanding bus lain sehingga hanya dapat dinaiki dari halte Transjakarta (juga dikenal dengan sebutan shelter). Pintu tersebut terletak di bagian tengah kanan dan kiri. Untuk bus gandeng memiliki tiga pasang pintu yaitu bagian depan, tengah, belakang kanan dan kiri. Sedangkan bus single di koridor 4 - 9 memiliki dua pasang pintu, yaitu bagian depan dan belakang kanan dan kiri.
Pintu bus menggunakan sistem lipat otomatis yang dapat dikendalikan dari konsol yang ada di panel pengemudi. Mekanisme pembukaan pintu pada bus tertentu telah diubah menjadi sistem geser untuk lebih mengakomodasi padatnya penumpang pada jam-jam tertentu, di dekat kursi-kursi penumpang yang bagian belakangnya merupakan jalur pergeseran pintu, dipasang pengaman yang terbuat dari gelas akrilik untuk menghindari terbenturnya bagian tubuh penumpang oleh pintu yang bergeser.
Setiap bus dilengkapi dengan papan pengumuman elektronik dan pengeras suara yang memberitahukan halte yang akan segera dilalui kepada para penumpang dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setiap bus juga dilengkapi dengan sarana komunikasi radio panggil yang memungkinkan pengemudi untuk memberikan dan mendapatkan informasi terkini mengenai kemacetan, kecelakaan, barang penumpang yang tertinggal, dan lain-lain. Setiap bus menampilkan informasi mengenai bus yang sedang beroperasi (Kode bus, himbauan kepada pengguna, dan call center operator bus).
Untuk antisipasi hal-hal darurat dan dalam rangka mendukung kenyamanan dan keamanan, pada tiap bus telah dilengkapi dengan alat pemecah kaca yang tersedia di beberapa bagian pada tiap bus, tombol darurat diatas pintu bus, pintu darurat (bus tertentu), serta CCTV yang terhubung dengan layar yang berada di dashboard supir bus (koridor tertentu)
JENIS BUS YANG DIGUNAKAN OLEH TRANSJAKARTA
Koridor 1 : Jakarta Kota - Blok M

Bus Yang Digunakan:
-Bus Zhong Tong (DMR)

Bus ZhongTong ini menggunakan mesin berbahan bakar gas dengan standar Euro 5 yang lebih ramah lingkungan yang diproduksi oleh Doosan Infracore (sebuah perusahaan pemasok mesin dari Korea) dan tentunya didalam bus ini juga dilengkapi kamera CCTV sesuai standar bus TransJakarta yang baru (CCTV ini juga bisa kita lihat di bus Koridor 5, 9, 10, dan 11).
Untuk di bus Koridor 5, yang memakai CCTV hanyalah bus bernomor JMT-065 (Komodo) karena sebenarnya pemakaian CCTV di bus JMT-065 tersebut hanya sebagai prototype untuk Koridor 11.

Kalau masalah suara mesin, ZhongTong masih kalah dengan bus gandeng Komodo yang punya PT. Bianglala Metropolitan (BMP) dan PT. Trans Mayapada Busway (TMB) karena menurut perasaan saya suara mesin bus gandeng ZhongTong ini masih terlalu berisik (pernah saya liat ada yang bilangnya begini: berisik kayak mau keluar sesuatu) sedangkan suara mesin bus gandeng Komodo milik BMP dan TMB sangat halus (menurut saya ya). Tapi selama perawatan (maintenance) bagus, tidak perlu khawatir mesinnya akan jebol atau rusak.

Ane juga paling suka naik bus Ini gan, AC nya dingin. Kabinnya bersih. Biarpun buatan China, tapi lebih bagus daripada yang Buatan Korea (Daewoo) dan daripada Yutong, buatan China yang baru diimpor udah bermasalah
Koridor 2 : Pulogadung - Harmoni Central Busway

Bus yang digunakan:
-Bus Daewoo biru-putih dan abu-abu
-Bus Hino kuning-merah (TB-003 dan TB-066)
-Bus gandeng Yutong (TJ)
Tepat disaat TransJakarta genap berusia 2 tahun (15 Januari 2006), Koridor 2 dan 3 diresmikan...inilah pertama kalinya bus TransJakarta menggunakan mesin berbahan bakar gas. Operator dari kedua koridor tersebut adalah PT. Trans Batavia (TB), bus-bus yang digunakan PT. Trans Batavia dalam menunjang pengoperasian Koridor 2 dan 3 adalah bus Daewoo BH115E (TB002, TB004-057, TB058 (R.I.P), TB059-065, TB067-TB117, TB118 (R.I.P), dan TB119-TB126) dan bus Hino RK (TB001 (R.I.P), TB003, dan TB066) dengan karoseri Mayasari Utama (Daewoo BH115E dan 3 sisanya Hino RK), Laksana (Daewoo BH115E), Restu Ibu (Daewoo BH115E), New Armada (Daewoo BH115E), dan Rahayu Santosa (Daewoo BH115E).
Ane Paling males ama Bus di koridor ini, busnya udah banyak yang jebol, bodinya goyang, AC nya panas pulak
. Juga sering terjadi antrian lama, apalagi di antara Halte Cempaka Mas - Senen (Jalan Suprapto)
tapi belakangan semenjak ditambah dengan bus gandeng Yutong untuk Koridor 2A (Pulogadung-BUnderan Senayan) Keluhan ini mulai agak berkurang
Koridor 3 : Kalideres - Pasar Baru

Bus Yang Digunakan:
-Bus Daewoo kuning-merah dan abu-abu (TB)
-Bus gandeng Yutong (TJ)
Koridor 3 pada awalnya melewati Daan Mogot-Letjend S Parman-Tomang Raya-Kyai Caringin-Balikpapan Raya-Suryo Pranoto-Gajah Mada-Hayam Wuruk-Juanda-Pos-Gedung Kesenian (untuk arah Kalideres tidak berhenti di Harmoni tapi bus langsung menuju Tomang setelah TL Harmoni), pada tanggal 10 Februari 2008 Koridor 3 mulai merubah rutenya yaitu Daan Mogot-Kyai Tapa-KH Hasyim Asyhari-Hayam Wuruk-Juanda-Pos-Gedung Kesenian (tapi karena 2 halte baru yang ada di Kyai Tapa yaitu halte Grogol dan RS Sumber Waras belum rampung pembangunannya, sebagian Koridor 3 masih melewati rutenya yang lama dan juga sebelum halte Harmoni selesai direnovasi...untuk transit ke Koridor 3 sementara menggunakan halte Sawah Besar dan Monas) barulah pada tanggal 10 September 2008 yakni 7 bulan setelah Koridor 3 memulai rute barunya, semua bus Koridor 3 sudah resmi melewati KH Hasyim Asyhari-Kyai Tapa karena dua halte baru di Kyai Tapa juga sudah beroperasi.

yang ada di gambar atas tersebut ialah bus TB-118 yang sudah terbakar di Grogol
Koridor 4 : Pulogadung - Dukuh Atas

Bus yang Digunakan:
-Bus Daewoo/Hyundai abu-abu (JMT)
-Bus Hino abu-abu (PP)
Bus yang sekarang dipakai di Koridor 4 adalah bus Daewoo BH115E dan Hyundai Aero Hi-Class yang dioperasikan oleh JTM dan JMT
Koridor 5 : Kampung Melayu - Ancol

Bus Yang Digunakan:
-Bus gandeng Huang Hai (JMT)
-Bus gandeng Komodo abu-abu (LRN)serta bus gandeng Ankai (TJ)
Koridor 5 memakai bus gandeng Komodo (JMT+LRN), HuangHai (JMT), dan Inobus (DMR) yang diperbantukan dari Koridor 11
Koridor 6 : Ragunan - Dukuh Atas

Bus Yang Digunakan:
-Bus Daewoo dan Hyundai (JTM)
Koridor 6 menggunakan bus yang sama seperti Koridor 4 tapi hanya dioperasikan JTM,
Koridor 7 : Kampung Rambutan - Kampung Melayu

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hino abu-abu (LRN)
Koridor 7 menggunakan bus Hino RK yang dioperasikan LRN
Koridor 8 : Lebak Bulus - Harmoni CB

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hino abu-abu (PP)
-Bus gandeng Zhong Tong (DMR)
-Bus gandeng Ankai (TJ)
Koridor 8 sudah dibangun sejak tahun 2007, namun pengoperasiannya baru bisa diresmikan pada tanggal 21 Februari 2009. Pada awalnya, Koridor 8 dioperasikan oleh LRN dengan 20 unit bus yang seharusnya dijadikan bus Koridor 7 dan bus milik PP yang seharusnya dipakai Koridor 6. Akibatnya BLU terpaksa memangkas rute Lebak Bulus-Harmoni menjadi Lebak Bulus-Daan Mogot tepatnya di halte Indosiar (walaupun sebagian sumber mengatakan halte Jelambar). Per 1 Februari 2012, semua bus PP di Koridor 4 dimasukkan ke Koridor 8 dan digantikan oleh JMT dari Koridor 7, semua bus LRN di Koridor 8 kembali ke Koridor 7...ini terjadi karena penumpukan penumpang di halte-halte transit seperti BNN, Grogol, UKI, d.l.l. Jadi rute poros Koridor 4 yaitu TU Gas-Dukuh Atas yang dulunya dilayani PP sekarang dilayani JMT. Sedangkan rute poros Koridor 8 yaitu Harmoni-Grogol 2 yang awalnya beroperasi hanya di hari kerja (saat Koridor 8 masih dilayani LRN+PP) menjadi beroperasi setiap hari (setelah Koridor 8 hanya dilayani PP) dan Koridor 8 rute full (Lebak Bulus-Harmoni) rutenya dirubah menjadi lewat Roxy untuk setiap hari bukan hanya di hari kerja (kecuali disaat pelayanan Angkutan Malam Hari, Koridor 8 tetap melewati rute aslinya yaitu Tomang).
Koridor 9 : Pluit - Pinang Ranti

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hyundai merah-kuning (BMP+TMB)
-Bus gandeng Komodo merah-kuning (BMP+TMB)
-Bus gandeng Ankai (TJ)
Koridor 10 : Tanjung Priok - Cililitan (PGC)

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hyundai merah-kuning (BMP)
-Bus gandeng Komodo merah-kuning (TMB)
Koridor 11 : Kampung Melayu - Pulogebang

Bus Yang Digunakan:
-Bus gandeng Inobus kuning-merah (DMR)
Diresmikan tanggal 28 Desember 2011, Koridor 11 yang melayani rute Kampung Melayu-Pulo Gebang ini berbeda dengan Koridor lainnya dalam desain halte. Kalau di halte-halte Koridor lain tidak ada lantai khusus penyandang cacat, di halte Koridor 11 fasilitas tersebut sudah disediakan...halte Walikota Jakarta Timur adalah halte yang paling lengkap...ada mushola, toilet, dan air mancur (tak lupa lantai khusus untuk dilewati penyandang cacat juga tetap disediakan). Operator Koridor 11 adalah Perum DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor RI), bus yang digunakan disini adalah bus gandeng Inobus sebanyak 21 unit.
us ini sudah dilengkapi kamera CCTV, GPS, dan tulisan DILARANG BERDIRI yang terletak di dekat pintu, prototype dari semua bus Koridor 11 ini ialah salah satu bus gandeng Koridor 5 milik PT. Jakarta Mega Trans (JMT) yaitu JMT-065. Terkadang bus Koridor 11 diperbantukan ke Koridor 5 karena waktu kedatangan yang sangat lama sekali.
Koridor 12 : Pluit - Tanjung Priok
Bus Yang Digunakan:
-Bus gandeng Inobus kuning-merah
-Bus gandeng Ankai kuning-merah (BMP)
Koridor 12 dengan rute Pluit-Tanjung Priok ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada tanggal 14 Februari 2013 . Kalau anda pernah melihat peta rute Koridor 12, rutenya pasti muter-muter segala lewat Kota-Mangga Dua-Kemayoran-Sunter. Salah satu halte yang desainnya mengikuti nuansa disekitarnya adalah halte Museum Fatahillah, ya sesuai namanya...halte tersebut bernuansa museum. Operator Koridor 12 adalah PT. Bianglala Metropolitan (BMP) dengan 36 unit bus gandeng yang terdiri dari 18 Unit Bus Gandeng Inobus Produksi PT. Industri Kereta Api (INKA) Dengan Karoseri Laksana, dan 18 Unit Bus Gandeng Ankai Dari China (Hanya Chassisnya Saja) Dengan Karoseri New Armada.

Koridor 12 semua busnya udah gandeng tapi masalahnya di daerah Kota Tua itu jalanannya sempit sehingga buat manuver bus gandeng terlalu susah.
Waktu tempuh Pluit-Tanjung Priok ini sekali tempuh saja bisa 1-2 jam, kalau macet bisa 2 jam lebih pasti sampainya...jadi bagi yang ingin menggunakan Koridor 12 sebaiknya mengatur waktu keberangkatannya terlebih dahulu agar tidak terlambat sampai tujuan. Koridor 12 ini sekarang busnya suka di bantuin ke Koridor 9 barengan sama 5 unit Zhongtong dari Koridor 1 karena Koridor 9 ini walaupun busnya banyak tapi gak semuanya jalan, krn Traja BMP udh banyak yang dikanibal (kalo tidak percaya silahkan berkunjung ke Poolnya di Jalan Mayjend Sutoyo)
UntukKoridor 3, Koridor 14, dan Koridor 15 masih belum dibangun gan
Ketiga koridor tersebut nantinya akan menggunakan jalan layang khusus bus TransJakarta dengan arti semua jenis kendaraan selain TransJakarta tidak diizinkan untuk mengakses jalan layang tersebut
Transjakartaatau umum disebut sebagai Busway adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. Sistem ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km), serta memiliki 228 halte yang tersebar dalam 12 koridor (jalur), yang beroperasi dari 05.00 - 22.00 WIB.
Spoiler for Peta Rute Transjakarta:

Transjakarta dioperasikan oleh Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB) dibawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, yang bertanggungjawab penuh kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam operasional Transjakarta (Pramudi, Onboard/petugas bus, Barrier/petugas halte, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang.Jumlah rata-rata harian pengguna Transjakarta diprediksikan sekitar 350.000 orang
Quote:
SPESIFIKASI UMUM
Semua bus Transjakarta berbahan bakar gas, dan diisi di SPBG tertentu. Bus-bus ini dibangun dengan menggunakan material tertentu. Untuk interior langit-langit bus, menggunakan bahan yang tahan api sehingga jika terjadi percikan api tidak akan menjalar. Untuk kerangkanya, menggunakan galvanil, suatu jenis logam campuran seng dan besi yang kokoh dan tahan karat.
Bus Transjakarta memiliki pintu yang terletak lebih tinggi dibanding bus lain sehingga hanya dapat dinaiki dari halte Transjakarta (juga dikenal dengan sebutan shelter). Pintu tersebut terletak di bagian tengah kanan dan kiri. Untuk bus gandeng memiliki tiga pasang pintu yaitu bagian depan, tengah, belakang kanan dan kiri. Sedangkan bus single di koridor 4 - 9 memiliki dua pasang pintu, yaitu bagian depan dan belakang kanan dan kiri.
Pintu bus menggunakan sistem lipat otomatis yang dapat dikendalikan dari konsol yang ada di panel pengemudi. Mekanisme pembukaan pintu pada bus tertentu telah diubah menjadi sistem geser untuk lebih mengakomodasi padatnya penumpang pada jam-jam tertentu, di dekat kursi-kursi penumpang yang bagian belakangnya merupakan jalur pergeseran pintu, dipasang pengaman yang terbuat dari gelas akrilik untuk menghindari terbenturnya bagian tubuh penumpang oleh pintu yang bergeser.
Setiap bus dilengkapi dengan papan pengumuman elektronik dan pengeras suara yang memberitahukan halte yang akan segera dilalui kepada para penumpang dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setiap bus juga dilengkapi dengan sarana komunikasi radio panggil yang memungkinkan pengemudi untuk memberikan dan mendapatkan informasi terkini mengenai kemacetan, kecelakaan, barang penumpang yang tertinggal, dan lain-lain. Setiap bus menampilkan informasi mengenai bus yang sedang beroperasi (Kode bus, himbauan kepada pengguna, dan call center operator bus).
Untuk antisipasi hal-hal darurat dan dalam rangka mendukung kenyamanan dan keamanan, pada tiap bus telah dilengkapi dengan alat pemecah kaca yang tersedia di beberapa bagian pada tiap bus, tombol darurat diatas pintu bus, pintu darurat (bus tertentu), serta CCTV yang terhubung dengan layar yang berada di dashboard supir bus (koridor tertentu)
JENIS BUS YANG DIGUNAKAN OLEH TRANSJAKARTA
Koridor 1 : Jakarta Kota - Blok M

Bus Yang Digunakan:
-Bus Zhong Tong (DMR)
Spoiler for BUS Zhong Tong:

Bus ZhongTong ini menggunakan mesin berbahan bakar gas dengan standar Euro 5 yang lebih ramah lingkungan yang diproduksi oleh Doosan Infracore (sebuah perusahaan pemasok mesin dari Korea) dan tentunya didalam bus ini juga dilengkapi kamera CCTV sesuai standar bus TransJakarta yang baru (CCTV ini juga bisa kita lihat di bus Koridor 5, 9, 10, dan 11).
Untuk di bus Koridor 5, yang memakai CCTV hanyalah bus bernomor JMT-065 (Komodo) karena sebenarnya pemakaian CCTV di bus JMT-065 tersebut hanya sebagai prototype untuk Koridor 11.

Kalau masalah suara mesin, ZhongTong masih kalah dengan bus gandeng Komodo yang punya PT. Bianglala Metropolitan (BMP) dan PT. Trans Mayapada Busway (TMB) karena menurut perasaan saya suara mesin bus gandeng ZhongTong ini masih terlalu berisik (pernah saya liat ada yang bilangnya begini: berisik kayak mau keluar sesuatu) sedangkan suara mesin bus gandeng Komodo milik BMP dan TMB sangat halus (menurut saya ya). Tapi selama perawatan (maintenance) bagus, tidak perlu khawatir mesinnya akan jebol atau rusak.
Spoiler for Bus Zhongtong:


Ane juga paling suka naik bus Ini gan, AC nya dingin. Kabinnya bersih. Biarpun buatan China, tapi lebih bagus daripada yang Buatan Korea (Daewoo) dan daripada Yutong, buatan China yang baru diimpor udah bermasalah

Koridor 2 : Pulogadung - Harmoni Central Busway

Bus yang digunakan:
-Bus Daewoo biru-putih dan abu-abu
-Bus Hino kuning-merah (TB-003 dan TB-066)
-Bus gandeng Yutong (TJ)
Tepat disaat TransJakarta genap berusia 2 tahun (15 Januari 2006), Koridor 2 dan 3 diresmikan...inilah pertama kalinya bus TransJakarta menggunakan mesin berbahan bakar gas. Operator dari kedua koridor tersebut adalah PT. Trans Batavia (TB), bus-bus yang digunakan PT. Trans Batavia dalam menunjang pengoperasian Koridor 2 dan 3 adalah bus Daewoo BH115E (TB002, TB004-057, TB058 (R.I.P), TB059-065, TB067-TB117, TB118 (R.I.P), dan TB119-TB126) dan bus Hino RK (TB001 (R.I.P), TB003, dan TB066) dengan karoseri Mayasari Utama (Daewoo BH115E dan 3 sisanya Hino RK), Laksana (Daewoo BH115E), Restu Ibu (Daewoo BH115E), New Armada (Daewoo BH115E), dan Rahayu Santosa (Daewoo BH115E).
Spoiler for Bus Daewoo BH115E dengan karoseri Mayasari Utama berwarna biru:
Spoiler for Bus Daewoo BH115E dengan karoseri Mayasari Utama berwarna kuning-orange:

Spoiler for Bus Daewoo BH115E dengan karoseri New Armada berwarna abu-abu :

Ane Paling males ama Bus di koridor ini, busnya udah banyak yang jebol, bodinya goyang, AC nya panas pulak

tapi belakangan semenjak ditambah dengan bus gandeng Yutong untuk Koridor 2A (Pulogadung-BUnderan Senayan) Keluhan ini mulai agak berkurang

Koridor 3 : Kalideres - Pasar Baru
Bus Yang Digunakan:
-Bus Daewoo kuning-merah dan abu-abu (TB)
-Bus gandeng Yutong (TJ)
Koridor 3 pada awalnya melewati Daan Mogot-Letjend S Parman-Tomang Raya-Kyai Caringin-Balikpapan Raya-Suryo Pranoto-Gajah Mada-Hayam Wuruk-Juanda-Pos-Gedung Kesenian (untuk arah Kalideres tidak berhenti di Harmoni tapi bus langsung menuju Tomang setelah TL Harmoni), pada tanggal 10 Februari 2008 Koridor 3 mulai merubah rutenya yaitu Daan Mogot-Kyai Tapa-KH Hasyim Asyhari-Hayam Wuruk-Juanda-Pos-Gedung Kesenian (tapi karena 2 halte baru yang ada di Kyai Tapa yaitu halte Grogol dan RS Sumber Waras belum rampung pembangunannya, sebagian Koridor 3 masih melewati rutenya yang lama dan juga sebelum halte Harmoni selesai direnovasi...untuk transit ke Koridor 3 sementara menggunakan halte Sawah Besar dan Monas) barulah pada tanggal 10 September 2008 yakni 7 bulan setelah Koridor 3 memulai rute barunya, semua bus Koridor 3 sudah resmi melewati KH Hasyim Asyhari-Kyai Tapa karena dua halte baru di Kyai Tapa juga sudah beroperasi.
Spoiler for Bus Daewoo BH115E dengan karoseri Rahayu Santosa berwarna abu-abu:
yang ada di gambar atas tersebut ialah bus TB-118 yang sudah terbakar di Grogol
Koridor 4 : Pulogadung - Dukuh Atas

Bus yang Digunakan:
-Bus Daewoo/Hyundai abu-abu (JMT)
-Bus Hino abu-abu (PP)
Bus yang sekarang dipakai di Koridor 4 adalah bus Daewoo BH115E dan Hyundai Aero Hi-Class yang dioperasikan oleh JTM dan JMT
Spoiler for Bus Daewoo BH115E dengan karoseri Mayasari Utama yang melayani Koridor 4:

Koridor 5 : Kampung Melayu - Ancol

Bus Yang Digunakan:
-Bus gandeng Huang Hai (JMT)
-Bus gandeng Komodo abu-abu (LRN)serta bus gandeng Ankai (TJ)
Koridor 5 memakai bus gandeng Komodo (JMT+LRN), HuangHai (JMT), dan Inobus (DMR) yang diperbantukan dari Koridor 11
Spoiler for Bus gandeng HuangHai (Made in China) yang melayani Koridor 5:
Spoiler for Bus gandeng Komodo dengan karoseri Rahayu Santosa yang melayani Koridor 5:

Koridor 6 : Ragunan - Dukuh Atas

Bus Yang Digunakan:
-Bus Daewoo dan Hyundai (JTM)
Koridor 6 menggunakan bus yang sama seperti Koridor 4 tapi hanya dioperasikan JTM,
Spoiler for Bus Hyundai Aero Hi-Class dengan karoseri Korindo yang melayani Koridor 6:

Koridor 7 : Kampung Rambutan - Kampung Melayu

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hino abu-abu (LRN)
Koridor 7 menggunakan bus Hino RK yang dioperasikan LRN
Spoiler for Bus Hino RK dengan karoseri Rahayu Santosa yang melayani Koridor 7:
http://4.bp.blogspot.com/-6tp04MKhLcI/UV63v-xq_CI/AAAAAAAAAFE/DMFHBA5Asyc/s1600/Traja+LRN+Single+Disaat+Masih+Baru+%28Tampak+Depan%29.jpg
Koridor 8 : Lebak Bulus - Harmoni CB

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hino abu-abu (PP)
-Bus gandeng Zhong Tong (DMR)
-Bus gandeng Ankai (TJ)
Spoiler for BUs Zhongtong:

Koridor 8 sudah dibangun sejak tahun 2007, namun pengoperasiannya baru bisa diresmikan pada tanggal 21 Februari 2009. Pada awalnya, Koridor 8 dioperasikan oleh LRN dengan 20 unit bus yang seharusnya dijadikan bus Koridor 7 dan bus milik PP yang seharusnya dipakai Koridor 6. Akibatnya BLU terpaksa memangkas rute Lebak Bulus-Harmoni menjadi Lebak Bulus-Daan Mogot tepatnya di halte Indosiar (walaupun sebagian sumber mengatakan halte Jelambar). Per 1 Februari 2012, semua bus PP di Koridor 4 dimasukkan ke Koridor 8 dan digantikan oleh JMT dari Koridor 7, semua bus LRN di Koridor 8 kembali ke Koridor 7...ini terjadi karena penumpukan penumpang di halte-halte transit seperti BNN, Grogol, UKI, d.l.l. Jadi rute poros Koridor 4 yaitu TU Gas-Dukuh Atas yang dulunya dilayani PP sekarang dilayani JMT. Sedangkan rute poros Koridor 8 yaitu Harmoni-Grogol 2 yang awalnya beroperasi hanya di hari kerja (saat Koridor 8 masih dilayani LRN+PP) menjadi beroperasi setiap hari (setelah Koridor 8 hanya dilayani PP) dan Koridor 8 rute full (Lebak Bulus-Harmoni) rutenya dirubah menjadi lewat Roxy untuk setiap hari bukan hanya di hari kerja (kecuali disaat pelayanan Angkutan Malam Hari, Koridor 8 tetap melewati rute aslinya yaitu Tomang).
Koridor 9 : Pluit - Pinang Ranti

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hyundai merah-kuning (BMP+TMB)
-Bus gandeng Komodo merah-kuning (BMP+TMB)
-Bus gandeng Ankai (TJ)
Spoiler for Bus Hyundai Aero Hi-Class dengan karoseri Restu Ibu yang melayani Koridor 9:

Spoiler for Bus gandeng Komodo dengan karoseri Rahayu Santosa yang melayani Koridor 9:
Koridor 10 : Tanjung Priok - Cililitan (PGC)

Bus Yang Digunakan:
-Bus Hyundai merah-kuning (BMP)
-Bus gandeng Komodo merah-kuning (TMB)
Spoiler for Bus Hyundai Aero Hi-Class dengan karoseri Trisakti yang melayani Koridor 10:

Spoiler for Bus Hyundai Aero Hi-Class dengan karoseri Korindo:
Koridor 11 : Kampung Melayu - Pulogebang

Bus Yang Digunakan:
-Bus gandeng Inobus kuning-merah (DMR)
Diresmikan tanggal 28 Desember 2011, Koridor 11 yang melayani rute Kampung Melayu-Pulo Gebang ini berbeda dengan Koridor lainnya dalam desain halte. Kalau di halte-halte Koridor lain tidak ada lantai khusus penyandang cacat, di halte Koridor 11 fasilitas tersebut sudah disediakan...halte Walikota Jakarta Timur adalah halte yang paling lengkap...ada mushola, toilet, dan air mancur (tak lupa lantai khusus untuk dilewati penyandang cacat juga tetap disediakan). Operator Koridor 11 adalah Perum DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor RI), bus yang digunakan disini adalah bus gandeng Inobus sebanyak 21 unit.
Spoiler for Bus gandeng Inobus dengan karoseri Trisakti yang melayani Koridor 11:

us ini sudah dilengkapi kamera CCTV, GPS, dan tulisan DILARANG BERDIRI yang terletak di dekat pintu, prototype dari semua bus Koridor 11 ini ialah salah satu bus gandeng Koridor 5 milik PT. Jakarta Mega Trans (JMT) yaitu JMT-065. Terkadang bus Koridor 11 diperbantukan ke Koridor 5 karena waktu kedatangan yang sangat lama sekali.
Koridor 12 : Pluit - Tanjung Priok
Bus Yang Digunakan:
-Bus gandeng Inobus kuning-merah
-Bus gandeng Ankai kuning-merah (BMP)
Koridor 12 dengan rute Pluit-Tanjung Priok ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada tanggal 14 Februari 2013 . Kalau anda pernah melihat peta rute Koridor 12, rutenya pasti muter-muter segala lewat Kota-Mangga Dua-Kemayoran-Sunter. Salah satu halte yang desainnya mengikuti nuansa disekitarnya adalah halte Museum Fatahillah, ya sesuai namanya...halte tersebut bernuansa museum. Operator Koridor 12 adalah PT. Bianglala Metropolitan (BMP) dengan 36 unit bus gandeng yang terdiri dari 18 Unit Bus Gandeng Inobus Produksi PT. Industri Kereta Api (INKA) Dengan Karoseri Laksana, dan 18 Unit Bus Gandeng Ankai Dari China (Hanya Chassisnya Saja) Dengan Karoseri New Armada.

Koridor 12 semua busnya udah gandeng tapi masalahnya di daerah Kota Tua itu jalanannya sempit sehingga buat manuver bus gandeng terlalu susah.
Waktu tempuh Pluit-Tanjung Priok ini sekali tempuh saja bisa 1-2 jam, kalau macet bisa 2 jam lebih pasti sampainya...jadi bagi yang ingin menggunakan Koridor 12 sebaiknya mengatur waktu keberangkatannya terlebih dahulu agar tidak terlambat sampai tujuan. Koridor 12 ini sekarang busnya suka di bantuin ke Koridor 9 barengan sama 5 unit Zhongtong dari Koridor 1 karena Koridor 9 ini walaupun busnya banyak tapi gak semuanya jalan, krn Traja BMP udh banyak yang dikanibal (kalo tidak percaya silahkan berkunjung ke Poolnya di Jalan Mayjend Sutoyo)
Spoiler for Bus gandeng Inobus dengan karoseri Laksana yang melayani Koridor 12:

Spoiler for Ruang Kemudi:

Spoiler for Interior:

Spoiler for Bus gandeng Ankai dengan karoseri New Armada yang melayani Koridor 12:

UntukKoridor 3, Koridor 14, dan Koridor 15 masih belum dibangun gan

Ketiga koridor tersebut nantinya akan menggunakan jalan layang khusus bus TransJakarta dengan arti semua jenis kendaraan selain TransJakarta tidak diizinkan untuk mengakses jalan layang tersebut

Sekian dulu thrit dari ane gan.. semoga bermanfaat untuk semuanya

semoga bus transjakarta makin baik ke depannya




Sekian dulu dari ane

Spoiler for AWAS BB++:
Ane berharap



atau





jangan dikasih

Diubah oleh the.darn.knight 28-03-2014 01:56
0
52.5K
Kutip
114
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan