CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ahok Sarankan Jual Rumah Kalau Tak Bisa Bayar PBB
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5333c7223ecb1791588b4715/ahok-sarankan-jual-rumah-kalau-tak-bisa-bayar-pbb

Ahok Sarankan Jual Rumah Kalau Tak Bisa Bayar PBB

Ahok Sarankan Jual Rumah Kalau Tak Bisa Bayar PBB
Ahok sarankan warga Jakarta jual rumah kalau tak mampu bayar PBB. NJOP PBB tahun 2014 naik hingga 240%. Apakah saran Ahok ini saran yang bagus? Apa tidak bisa Pemda mengenakan kenaikan tarif yang wajar misalnya 11% sesuai kenaikan UMR?

Di Harian Kompas 22 Maret 2014 diberitakan kenaikan pajak PBB yang harus dibayar warga DKI Jakarta naik hingga 13x lipat lebih. Abdul Latif ketua RT 003/02 Semper Timur Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang tahun lalu hanya bayar Rp 16.000, tahun 2014 ini harus bayar PBB sebanyak 216.440. Sementara Linda warga jalan Mendawai I Kebayoran Baru Jakarta Selatan kaget karena harus bayar Rp 10,1 juta padahal tahun 2012 dia hanya bayar Rp 1,9 juta.
Ahok Sarankan Jual Rumah Kalau Tak Bisa Bayar PBB

http://infoindonesiakita.com/2014/03...isa-bayar-pbb/

http://infoindonesiakita.com/2014/03...ncekik-rakyat/

Deputi Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Pangihutan Marpaung (Paul) mengatakan: "Rumah orang tua saya di Tebet awalnya PBB Rp 1,5 juta jadi Rp 4 juta mabok itu fakta yang terjadi," katanya.

http://finance.detik.com/read/2014/0...lit-di-jakarta

Meski dana pajak ini guna membangun, harusnya bukan dengan cara memeras rakyat. Bukankah tujuan pembangunan itu justru mensejahterakan rakyat? Membuat rakyat senang? Bukan menyusahkan rakyat? Membuat rakyat menderita?

Ahok Sarankan Jual Rumah Kalau Tak Bisa Bayar PBB
Berita Kompas 22 Maret 2014

NJOP Naik Tinggi, Bangun Rusun Murah Makin Sulit di Jakarta
Paul menambahkan pihaknya sedang menjajaki soal opsi ini dengan Pemprov DKI Jakarta. "Harga tanah yang dimiliki pemerintah itu NJOP bisa di hold nanti kita bicara dengan pemerintah DKI," tambahnya.

Berdasarkan perhitungannya, kenaikan NJOP akan secara langsung menaikkan Pajak Bumi Bangunan (PBB). Ia mengaku pembayaran PBB 2014, rumah milik orang tuanya di Tebet, Jakarta Selatan sudah naik dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 4 juta.

"Rumah orang tua saya di Tebet awalnya PBB Rp 1,5 juta jadi Rp 4 juta mabok itu fakta yang terjadi," katanya.
http://finance.detik.com/read/2014/0...lit-di-jakarta

Ahok sarankan warga Jakarta jual rumah kalau tak mampu bayar PBB
http://www.merdeka.com/peristiwa/aho...bayar-pbb.html

NJOP Jakarta Dinilai Terlalu Tinggi!
Kenaikan NJOP dinilai terlalu tinggi oleh berbagai pihak, seperti pengembang dan pengamat properti. Menurut Head of Research, KSK Financial Group, David Cornelis menyebut besaran kenaikan NJOP dari 120 hingga 240 persen dinilai terlalu tinggi.
http://property.okezone.com/read/201...terlalu-tinggi

DKI Targetkan Raup PAD Rp 6,5 Triliun
Kenaikan NJOP DKI Berlipat
NAMPAKNYA, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta benar-benar memanfaatkan momentum penyerahan kewenangan penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk mengeruk pajak sebesar-besarnya dari masyarakat Buktinya, kenaikan NJOP DKI Jakarta 2014 ini naik antara 120 persen hingga 240 persen.
Kepala Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta Iwan Setiawan: NJOP di Ja lan MH Thamrin, Jakarta Pusat misalnya, dari sekitar Rp 33 juta per meter persegi dengan kenaikabn NJOP 2014 anak naik menjadi Rp 65 juta per meter.

Kemudian di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan dari Rp 28 juta per meter persegi menjadi Rp 59 juta per meter, dan di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan yang awalnya Rp 27 juta per meter persegi melonjak menjadi Rp 41 juta.
http://www.indopos.co.id/2014/03/ken...-berlipat.html

Halaman 1 dari 15
another idiot ahok, rumah warisan disuruh jual ..betawi pada tersingkir
simple aja.
analoginya sama aja lu dapat warisan/hadiah mobil BMW dari ortu,
tapi penghasilan lu cuma 5 jt/bln. tentu aja ga bs nutupin biaya perawatan mobil mewah.
apa yg lu lakuin? tentu aja mobilnya dijual kan..
untuk apa dipertahankan harta yg lu ga bs rawat..

opsinya: setelah dijual, buat beli mobil avanza/xenia yg perawatannya jauh lebih murah
Quote:

ya ini contoh komen trader forex tp kebanyakan cutloss drpd cuannya emoticon-Malu (S)
Beda mas rumah dgn mobil BMW.
Banyak orang tidak punya BMW tak masalah. Naik kendaraan umum juga tak masalah.
Nah ini kan rumah. Apa kita harus jadi Tunawisma? Gelandangan?
Rumah 100m2 itu sudah sederhana.
Pajaknya saja yang kelewatan naiknya.
Mental Pemeras / Tukang Palak...

Quote:


pilih prabowo!! capres anti-amerika!!

dari pada kacung megatron yg ngak mikir ngak mikir copras capres survay survey emoticon-Ngakak
Quote:


Bener gan, mendingan punya rumah deh daripada punya mobil mewah.
Quote:

misal ente dapet warisan rumah 10 milyar, trs gk mampu bayar PBB nya, solusinya jual rumahnya, duitnya buat beli rumah lagi yang nilainya sesuai dgn kemampuan bayar PBB. Klo gk mampu hidup di Jakarta ya cari daerah laen lah, rejeki gk cmn di Jakarta , realistis aja dlm hidup emoticon-Malu (S)
Quote:


merasa kaga mampu bayar pbb rumah sendiri ya jual, dan pindah ke rumah susun murah yg dibagikan pemerintah, kalo masi ga mampu juga, silakan pindah dari jakarta, apalagi kl anda emank awalnya orang pendatang yg mencari peruntungan di jakarta
Quote:




lu kepanasan gan? black campaign emoticon-Big Grin
Diubah oleh simplysimple
Quote:



stubuh ama yg ini,,,
kali ini pemprov dki agak sadis menurut ane naiknya lumayan, pbb ane taun lalu 900 rban, taun ini 1,5 jtan.
ane bisa rasain sih klo warga menengah ke bawah yg rumah warisan bakal teriak2 itu wajar, mereka ga salah protes pemprov dki
Siapa yang ingat, bukankah ini memang telah dikatakan Ahok bahwa Dinas Pajak DKI harus naik omset 300% untuk tahun 2014?

kenapa dulu pas Ahok memberikan statemen itu pada diam? sekarang giliran direalisasikan baru marah-marah, dulu kemana aja???

ane bukan warga DKI tapi hanya mengamati apa yang ada di DKI
Quote:



Quote:


sepertinya emang ini tujuan utamanya (pengusiran warga aseli secara halus)..emoticon-Big Grin
cukong2 para beking siap melahap...emoticon-Ngakak
Quote:

plus investor mamarika wahyudi remason akan menguasai jakarta
makanya sering berkaca gan, apa iya ente udah pantas dapetin warisan rumah ? kerja lebih keras lg gan emoticon-Malu (S)
ini ada enaknya ada ga enaknya kenaikan NJOP.......

bagi yang pengen pindah keluar dari jakarta........ jual rumah untung besar2an... NJOP NAEK CUY .... beli rumah 100jt jual 500jt emoticon-Big Grin hehehe di bandung bisa beli rumah yg jauh lebih bagus dengan duit segitu......


wajar aja PBB naek... gw mah seneng2 aja NJOP naek...... itu artinya investasi kita naek.... gitu aja kok repot
Kalau meningkatkan pajak dgn cara yg benar sih tak masalah.
Misalnya PPN 10%. Karena penjualan rakyat meningkat dari Rp 100 trilyun jadi Rp 2000 trilyun, itu tak masalah. Sama2 untung.

Tapi kalau PBB naik 1300%, sementara pendapatan rakyat naiknya cuma 11%, yaitu pemerasan namanya.

Sekeras apa pun kita bekerja, kalau kenaikan pajak mencekek leher, percuma.
Mending kita singkirkan saja pemerintah pemeras tsb.

Quote:


Quote:


Quote:


bukan kaya gitu, yg naik kan semua pbb di dki juga. cuma ada yg blunder di lapangan, masa di berita di atas cilincing dari 16rb sampe naik 200rb sadis amat, pdhl cilincing kan bukan kawasan elit. klo pantai mutiara, pondok indah, senayan, thamrin, dan kawasan elit naik sih wajar emoticon-Big Grin
intinya aturan ini patut diapresiasi utk menaikkan pendapat pajak dki, cuma di lapangan agak timpang pelaksanaannya kaya kasus cilincing itu 16 rb jadi 200rb emoticon-Cape d...
kalo bisa nabung dikit2 dalam setaun, nilai segitu relatif kecil lah dibanding nilai rumahnya....


cuman yaa kalo kinsumtif sih ya susah emoticon-Embarrassment
lha harga tanahnya aja tiap taun naiknya gak kira2, masa NJOP gak boleh naik
Belum tentu mas begitu.
Taruh NJOP dari Rp 10 juta/m2 jadi Rp 25 juta/m2. Untuk rumah 100 m2 dia bayar pajak rp 5 juta karena NJOPnya jadi Rp 2,5 milyar.
Tapi saat jual rumah, kebayang tidak 800 ribu orang jual rumah, siapa yang beli? Supply and Demandnya tak seimbang. Harga rumah malah bisa turun jadi Rp 100 juta/kurang. Padahal pajak dia tetap harus bayar.
Yang ambil kesempatan adalah pengusaha property macam James Riady dari Lippo yang katanya jadi sponsor Jokowi. Pengusaha properti inilah yg akan memborong rumah warga Jakarta dgn harga murah.

Ini pengusiran warga Jakarta secara halus.

Quote:


Halaman 1 dari 15


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di