alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533242991e0bc304188b459f/serba-serbi-kopi
Thumbs up 
Serba Serbi Kopi
Serba Serbi Kopi


Serba Serbi Kopi

Coffee a.k.a Kopi

Serba Serbi Kopi

Quote:Quote:What Is Coffee ?

Quote:Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.


Quote:Quote:History of Coffee
Quote:Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).


Quote:Quote:Kopi Arabika & Kopi Robusta

Quote:Biji Kopi Arabika

Quote:Serba Serbi Kopi

Quote:Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut.Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik.Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 C. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.


Quote:Quote:Biji Kopi Robusta

Quote:Serba Serbi Kopi

Quote:Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.


Quote:Quote:Biji Kopi Luwak (turunan atau subvarietas dari Kopi Arabika dan Robusta)

Quote:Serba Serbi Kopi

Quote:Kopi luwak merupakan kopi dengan harga jual tertinggi di dunia. Proses terbentuknya dan rasanya yang sangat unik menjadi alasan utama tingginya harga jual kopi jenis ini. Pada dasarnya, kopi ini merupakan kopi jenis arabika. Biji kopi ini kemudian dimakan oleh luwak atau sejenis musang. Akan tetapi, tidak semua bagian biji kopi ini dapat dicerna oleh hewan ini. Bagian dalam biji ini kemudian akan keluar bersama kotorannya. Karena telah bertahan lama di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi ini telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perutnya yang memberikan cita rasa tambahan yang unik.


Quote:Jenis-Jenis Minuman Kopi

Quote:Quote:Kopi Hitam

Quote:Serba Serbi Kopi
Merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun


Quote:Quote:Espresso

Quote:Serba Serbi KopiMerupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi


Quote:Quote:Latte(Coffee Latte)

Quote:Serba Serbi Kopi
Merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1


Quote:Quote:Cappuccino

Quote:Serba Serbi Kopi
Merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.


Quote:Quote:Frappé

Quote:Serba Serbi Kopi
Merupakan espresso yang disajikan dingin


Quote:Quote:Kopi Irlandia

Quote:Serba Serbi Kopi
Merupakan kopi yang dicampur dengan wiski


Quote:Quote:Kopi Tubruk

Quote:Serba Serbi Kopi
Kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.


Quote:Quote:Kopi Klotok

Quote:Serba Serbi Kopi
Yakni dengan mencampurkan bubuk kopi ke air di dalam teko, baru kemudian campuran air kopi tersebut dipanaskan hingga mendidih. Setelah mendidih, baru kemudian campuran seperti gula, susu, atau rum ditambahkan.
source


Quote:Quote:Kopi Joss

Quote:Serba Serbi Kopi
Kopi hitam yang dimasak bersamaan dengan gula, lalu disajikan dengan memasukan arang/bara ke dalam kopi.


Quote:Biji Kopi Hingga Menjadi Minuman

Quote:Pemanenan dan Pemisahan Cangkang

Quote:Serba Serbi Kopi
Serba Serbi Kopi


Quote:Pemanggangan

Quote:Serba Serbi Kopi


Quote:Penggilingan

Quote:Serba Serbi Kopi


Quote:Quote:Seni Perebusan

Quote:Serba Serbi Kopi


Quote:Quote:Kandungan Kafein

Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi.Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit

Quote:Serba Serbi Kopi

Quote:Serba Serbi Kopi
Struktur Molekul Kafein

Quote:
Quote:Jenis-Jenis Peminum Kopi

Quote:Quote:Nggak Sabaran

Mereka bukan tipe orang yang ke coffee shop untuk hang out sama teman-temannya atau untuk nongkrong, tapi mereka biasanya ke coffee shop cuma untuk beli kopi untuk dibawa pulang atau ke kantor. Saking terburu-burunya, mereka “nggak punya waktu” untuk ngasih tip ke barista.


Quote:Quote:Nggak bisa ngopi tanpa gula

Ada juga orang yang nggak bisa minum kopi tanpa gula, dan gulanya harus banyak banget. Sebagian lagi, malah nggak suka kalo kopinya dipakein gula. Atau, ada juga yang saking perhatiannya sama masalah kesehatan tapi suka manis, akan lebih memilih kopi yang diminum dengan gula buatan. Atau kalo kamu pengen bener-bener ngurangin gula, ada kok cara bikin kopi tanpa pahit.


Quote:Quote:Cuma ngopi di malam hari

Terus, ada juga jenis orang yang hanya ngopi di malam hari. Orang-orang kayak gini adalah orang yang nggak kena efek begadang dari kafein. Diajak minum kopi di atas jam 10 malam, mereka sih hayuk aja.


Quote:Quote:Harus ngopi di jam tertentu

Di sudut yang lain, ada orang yang harus minum kopi setiap hari di jam tertentu, atau hidupnya akan merasa kurang dan dia akan merasa bete dan cranky seharian. Masalah kecil aja bisa bikin dia kesel banget, karena dia nggak minum kopi tepat waktu. Ada juga yang minum kopi cuma pas ngantuk banget (biasanya orang ini bakal langsung mesen espresso) atau ketika diajak temannya ke coffee shop.


Quote:Quote:Bukan ngopinya, tapi…

Sebagian orang lain ke coffee shop karena naksir sama baristanya. Ayo ngaku!! Hehe… Dan dia nggak peduli di belakangnya antriannya panjang atau nggak, dia akan usaha terus sampai si barista mau diajak kencan.



Quote:Quote:Ngopi bikinan sendiri

Sementara, orang yang cuma mau minum kopi buatannya sendiri juga ada yang hanya mau buat kopi pakai Chemex, atau ada juga yang cuma mau pakai French press. Orang kayak gini pasti tau berbagai macam cara membuat kopi, dan hal-hal detail lain yang diperlukan buat bikin kopi.


Quote:Quote:Efek Buruk Minum Kopi

Quote:Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.

Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning

Peningkatan Asam Lambung

Membahayakan Gangguan Mata dipengaruhi oleh kafein

Peningkatan Detak jantung


Efek Buruk Terjadi Karena Konsumsi Kopi Secara Berlebihan


Source
Source
Source
Picture From Google

emoticon-Shakehand2
If You Like You Canemoticon-Rate 5 Star and give me emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ane paling demen kopi robusta... arabica kurang suka sih lebih asam menurut saya..

klo pas panas-panas siang hari suka minum Frappe emoticon-Cool