alexa-tracking

Peran Orangtua dan Guru Terhadap Keberhasilan Anak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533187d77674d89779000012/peran-orangtua-dan-guru-terhadap-keberhasilan-anak
Peran Orangtua dan Guru Terhadap Keberhasilan Anak
Peran Orangtua dan Guru Terhadap Keberhasilan Anak


Selamat

Datang Gan/Sis emoticon-Shakehand2



emoticon-Rate 5 Starsebelum membaca emoticon-Rate 5 Star





Peran Orangtua dan Guru Terhadap Keberhasilan Anak


Spoiler for No Repost:


Spoiler for Kesimpulan:


Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab penuh atas anaknya. Berhasil atau tidaknya seorang anak tentu ada peran orang tua yang mendidik dan membesarkan dari kecil hingga dewasa, karena seorang anak terlahir ibarat kertas kosong, tergantung apa yang akan ditulis dalam kertas kosong tersebut. Figur orang tua dalam mendidik anak dari semenjak lahir tentu bisa diibaratkan orang yang menulis dikertas kosong itu, danketika seorang anak sudah berada dilingkungan sekolah, disitu merupakan tanggung jawab seorang guru untuk mendidik dan membimbing sampai pada suatu titik keberhasilan dalam proses pembelajaran.

Orang tua yang dapat dikatakan berhasil mendidik anak yaitu mampu membentuk pribadi anak menjadi lebih baik untuk kehidupannya dimasa depan, sehingga ketika sampai pada kesuksesan yang diraihnya selalu menjadi pribadi yang baik. Tak lepas dari itu dalam pendidikan figur seorang guru juga menentukan kesuksesan pendidikan yang didapatnya, apalagi dalam era globalisasi ini pendidikan sangat menentukan keberhasilan dimasa akan datang.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu pola pikir seorang anak juga ikut berkembang dalam proses pendewasaan diri. Maka dari itu, untuk mencegah arus era modernisasi yang bisa membawa dampak negatif, orang tua yang berhasil mendidik anaknya dapat membatasi, mengawasi serta menjaga agar tidak terbawa arus era modernisasi yang negatif dan mampu memberikan pemahaman pada anak, sehingga anak tersebut dapat membedakan mana hal baik dan buruk untuk diri sendiri dan masa depannya.

Terlepas dari semua itu, dasar agama yang ditanamkan sejak dini baik oleh orang tua dirumah maupun guru disekolah sangat berpengaruh dalam mencegah hal – haltidak baik yang dapat membawa perilaku ke arah negatif yang bisa merugikan diri sendiri, masa depan, dan orang lain. Dengan didasari keimanan yang kuat terhadap agamanya,pribadi seorang anak berdasarkan hati nuraninya dapat menolak apa yangdilarang oleh agamanya. Pada dasarnya semua agama mengajarkan hal – hal baik dan melarang yang tidak baik, oleh karena itu agama adalah suatu pondasi utama yang menguatkan hati seseorang untuk tidak melakukan hal – hal yang tidak baik dan benar.

Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam penentuan keberhasilan seorang anak ada peran penting yang mendukung hal itu yaitu, peran orang tua yang merupakan titik dasar sebagai penentu pembentukan kepribadian seorang anak yang menunjang keberhasilan dirinya. Selain orang tua, figur seorang guru juga ikut serta dalam peran pembentukan kepribadian dan penunjang keberhasilan seorang anak. Karena bukan hanya mendapat pendidikan formal, seoranganakjuga bisa mengetahui jati diri yang belum ia dapatkan dari pendidikan non formal, serta figur seorang guru juga bisa menggali bakat dan minat yang mereka miliki. Terlepas dari semua itu pondasi utama yang harus dimiliki oleh seorang anak adalah dasar agama yang ditanamkan sejak dini oleh orang tuanya. Karena itu merupakan modal awal yang dimiliki seorang anak untuk menghadapi kehidupan dan bertindak sebagai rem dalam semua tindakan yang akan ia lakukan, agar dapat mengontrol dirinya sendiri. Oleh sebab itu bukan hanya orang tua yang harus menanamkan pendidikan agama yang kuat, melainkan seorang guru juga wajib memberikan pendidikan agama agar tercipta akhlak seorang anak yang baik.

Kita sebagai calon tenaga pendidik serta calon orang tua, wajib hukumnya memberikan pendidikan yang utama maupun pendidikan agama yang kuat untuk kehidupan anak kita kelak. Serta bila yang sudah menjadi orang tua maupun tenaga pendidik, harus lebih mengawasi dan menjaga anaknya ataupun peserta didik agar tidak terjerumus ke hal – hal yang negatif.



Spoiler for :



Mampir ke Thread ane yang lain gan emoticon-Jempol

Spoiler for :
nyimak dlu gan...
peran mereka sangat berarti untuk keberhasilan anak gan tanpa mereka anak anak bukan siapa siapaemoticon-Big Grin

Isinya kayak makalah ane gan..
emoticon-Belomatabelo

nyimak gan
Quote:


silahkan gan

Quote:


memang peran mereka berdua sangat penting

Quote:


memang gan terkadang orang tua itu males untuk mengajari anak-nya


Quote:


masa sih gan emoticon-Bingung berarti ane repost dari makalah agan dong emoticon-Sorry

Quote:


silahkan gan
setuju banget sama TS. paling utama peran orang tua . yang ke dua guru. jadi kalau mau membangun generasi muda yang baik . maka harus generasi tua seperti guru dan ortu dulu yang harus di bimbing emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


iya memang sangat penting gan peran mereka berdua, akan tetapi pada jaman sekarang para remaja lebih mementingkan kebebasan ketimbang peraturan.
sangat penting mereka ber 2 itu gan, kalo tidak yaa akan berakibat buruk pada anak
yang terpenting adalah membimbing anak. bukan menuntut di akhir.

contoh:
nak kamu harus ranking! (menuntut).
padahal yang bener, nak ayo belajar ibu bantu (membimbing)



Dead Frontier - Online Zombie Game(Langsung main di browsermu gan!)
Quote:


iya akan tetapi peran si anak pun sangat penting.

Quote:


Betul itu gan emoticon-Jempol

yang terpenting dan paling utama tetep pada diri orang tua gan emoticon-Smilie



Quote:
Quote:


betul banget gan emoticon-Big Grin
Peran ORTU yang paling gede gan
pengalaman membuktikan emoticon-Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:


iya memang besar sekali peran orangtua itu gan emoticon-Big Grin
Quote:


Tapi jngan menyalahkan orang tua juga
toh lingkungan juga berpengaruh emoticon-Bingung emoticon-Bingung
Quote:


kalo sejak kecil orang tua mendidik dengan kasih sayang pasti anak2 menuruti apa yang orangtua bicarakan
sip lah gan ane rate 5 ya emoticon-Rate 5 Star
Quote:


Thanks gan emoticon-Shakehand2