alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/533052185b74d8a15000006c/menjaga-kesehatan-mata-saat-di-dipepan-komputer
Menjaga Kesehatan Mata Saat Di Dipepan Komputer
Mata sering kelelahan ketika di depan komputer? Beberapa tips berikut ini mungkin dapat bermanfaat.

1. Pejamkan Mata Sejenak
Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital, mata seringkali berkedip dua atau tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan mata menjadi kering. Berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata. Jika Anda memiliki waktu senggang sebaiknya pejamkan mata selama beberapa saat.

2. Beristirakatlah 10 Sampai 15 Menit
Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital, gunakan cara yang jauh mudah yaitu meluangkan waktu anatar 10 sampai dengan 15 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 meter dari tempat meja kerja anda. Aktivitas tersebut ternyata dapat memungkinkan mata Anda untuk bisa beristirahat.

3. Pencahayaan Warna
Untuk membantu meringankan beban mata, Anda harus bisa menjaga agar cahaya komputer mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, jangan arahkan langsung ke mata Anda. Atur posisi layar komputer Anda dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala Anda. Jika mata masih dalam posisi lelah, lihatlah warna biru atau warna hijau karena secara tidak langsung ini dapat mengobati kelelahan pada mata Anda.

4. Lokasi Layar Komputer dan Duduk
Untuk mencegah dan menghindari gangguan pada mata, cara yang optimal dalam membuat stamina kedua bolah mata agar tidak mudah lelah adalah dengan meletakkan layar komputer anda 15 atau 20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci). Jaraknya berkisar antara 20-28 inci dari mata ke layar komputer Anda. Atur posisi duduk (90 derajat) dan posisi keyboard (100 derajat) dengan siku Anda.

5. Buah Timun
Buat timun dapat memberikan manfaat bagi mata. Jika Anda ingin merelaksi kedua bola mata Anda sebaiknya mengunakan buah timun sebagai tahap penyembuhan. Dalam posisi berbaring, gunakan timun dan tempelkan di kedua mata. Sebaiknya timun ter lebih dahulu disimpan dalam lemari les. Cara ini sangat mudah utnuk membuat mata menjadi lebih fresh.

Sumber : http://id.jobsdb.com/ID/ID/Resources...sehatan?ID=917
bermanfat tipsnya gan..
nice post

buat kaskuser pasti pengen matanya tetap sehat jg
bagus gan infonya,,, emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:Original Posted By exabytesid
Mata sering kelelahan ketika di depan komputer? Beberapa tips berikut ini mungkin dapat bermanfaat.

1. Pejamkan Mata Sejenak
Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital, mata seringkali berkedip dua atau tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan mata menjadi kering. Berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata. Jika Anda memiliki waktu senggang sebaiknya pejamkan mata selama beberapa saat.

2. Beristirakatlah 10 Sampai 15 Menit
Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital, gunakan cara yang jauh mudah yaitu meluangkan waktu anatar 10 sampai dengan 15 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 meter dari tempat meja kerja anda. Aktivitas tersebut ternyata dapat memungkinkan mata Anda untuk bisa beristirahat.

3. Pencahayaan Warna
Untuk membantu meringankan beban mata, Anda harus bisa menjaga agar cahaya komputer mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, jangan arahkan langsung ke mata Anda. Atur posisi layar komputer Anda dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala Anda. Jika mata masih dalam posisi lelah, lihatlah warna biru atau warna hijau karena secara tidak langsung ini dapat mengobati kelelahan pada mata Anda.

4. Lokasi Layar Komputer dan Duduk
Untuk mencegah dan menghindari gangguan pada mata, cara yang optimal dalam membuat stamina kedua bolah mata agar tidak mudah lelah adalah dengan meletakkan layar komputer anda 15 atau 20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci). Jaraknya berkisar antara 20-28 inci dari mata ke layar komputer Anda. Atur posisi duduk (90 derajat) dan posisi keyboard (100 derajat) dengan siku Anda.

5. Buah Timun
Buat timun dapat memberikan manfaat bagi mata. Jika Anda ingin merelaksi kedua bola mata Anda sebaiknya mengunakan buah timun sebagai tahap penyembuhan. Dalam posisi berbaring, gunakan timun dan tempelkan di kedua mata. Sebaiknya timun ter lebih dahulu disimpan dalam lemari les. Cara ini sangat mudah utnuk membuat mata menjadi lebih fresh.

Sumber : http://id.jobsdb.com/ID/ID/Resources...sehatan?ID=917



Ane juga pernah dapat saran dari seorang yang expert di syaraf.
Ketika mata kita sudah capek, juga bisa dikompres sejenak dengan air dingin atau es batu yang dibungkus oleh kain atau tisu.
makasih sharenya gan. ane tiap hari kerja di depan komputer sampai kadang kerjaan dibawa pulang ke rumah
Sip Gan. Semoga bermanfaat.
Quote:3. Pencahayaan Warna
Untuk membantu meringankan beban mata, Anda harus bisa menjaga agar cahaya komputer mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, jangan arahkan langsung ke mata Anda. Atur posisi layar komputer Anda dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala Anda. Jika mata masih dalam posisi lelah, lihatlah warna biru atau warna hijau karena secara tidak langsung ini dapat mengobati kelelahan pada mata Anda.


ga berlaku bwt tampilan Kaskus yg baru...udh dibkin bright ampe 0 pun masih terang bgt emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By Pazonda95


ga berlaku bwt tampilan Kaskus yg baru...udh dibkin bright ampe 0 pun masih terang bgt emoticon-Cape d... (S)


Berarti UI lebih di nomor 2 kan daripada UXnya. Tapi secara pribadi tampilan barunya OK ya Gan.
oke gan , saya coba
nice tips gan,
ane biasanya pake night mode kalo pas malam emoticon-Shakehand2
Bagus banget neh threadnya gan emoticon-Cendol (S)
Kebetulan ane tiap hari selalu didepan komputer gan emoticon-Malu (S)
Mantep gan threadnya, semoga bermanfaat buat yang baca

www.opinipublik[dot]org

Quote:Original Posted By exabytesid
Mata sering kelelahan ketika di depan komputer? Beberapa tips berikut ini mungkin dapat bermanfaat.

1. Pejamkan Mata Sejenak
Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital, mata seringkali berkedip dua atau tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan mata menjadi kering. Berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata. Jika Anda memiliki waktu senggang sebaiknya pejamkan mata selama beberapa saat.

2. Beristirakatlah 10 Sampai 15 Menit
Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital, gunakan cara yang jauh mudah yaitu meluangkan waktu anatar 10 sampai dengan 15 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 meter dari tempat meja kerja anda. Aktivitas tersebut ternyata dapat memungkinkan mata Anda untuk bisa beristirahat.

3. Pencahayaan Warna
Untuk membantu meringankan beban mata, Anda harus bisa menjaga agar cahaya komputer mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, jangan arahkan langsung ke mata Anda. Atur posisi layar komputer Anda dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala Anda. Jika mata masih dalam posisi lelah, lihatlah warna biru atau warna hijau karena secara tidak langsung ini dapat mengobati kelelahan pada mata Anda.

4. Lokasi Layar Komputer dan Duduk
Untuk mencegah dan menghindari gangguan pada mata, cara yang optimal dalam membuat stamina kedua bolah mata agar tidak mudah lelah adalah dengan meletakkan layar komputer anda 15 atau 20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci). Jaraknya berkisar antara 20-28 inci dari mata ke layar komputer Anda. Atur posisi duduk (90 derajat) dan posisi keyboard (100 derajat) dengan siku Anda.

5. Buah Timun
Buat timun dapat memberikan manfaat bagi mata. Jika Anda ingin merelaksi kedua bola mata Anda sebaiknya mengunakan buah timun sebagai tahap penyembuhan. Dalam posisi berbaring, gunakan timun dan tempelkan di kedua mata. Sebaiknya timun ter lebih dahulu disimpan dalam lemari les. Cara ini sangat mudah utnuk membuat mata menjadi lebih fresh.

Sumber : http://id.jobsdb.com/ID/ID/Resources...sehatan?ID=917

thanks buat tipsnya gan, cek kulkas emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ane kalo maen komputer slalu make kacamata item yg bolong bolong kecil itu lo gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By badassguy
ane kalo maen komputer slalu make kacamata item yg bolong bolong kecil itu lo gan emoticon-Big Grin


Sebenarnya ada kacamata yang bisa menangkal radiasi monitor. Tapi harganya mahal Gan. emoticon-Sorry
mantaap tipsnya
tambahan: usahakan ketika setelah terlalu lama akomodasi jarak dekat matanya (liat PC) luangkan waktu sebentar untuk akomodasi jarak jauh (liat pemandangan luar yang jauh)

agar tidak mudah terjadi minus nantinya

Regards

Hollowfict
Quote:Original Posted By hollowfict
mantaap tipsnya
tambahan: usahakan ketika setelah terlalu lama akomodasi jarak dekat matanya (liat PC) luangkan waktu sebentar untuk akomodasi jarak jauh (liat pemandangan luar yang jauh)

agar tidak mudah terjadi minus nantinya

Regards

Hollowfict


Yap. Kurang lebih kaya nomor 2 Gan. Makasih atas tambahannya.

Nih gan,ane ada artikel soal mata, siapa tau berguna emoticon-Smilie

Olahraga Mata
Mata
Senin, 31 Maret 2014

Aktifitas sehari-hari kita yang selalu berhadapan dengan layar komputer/laptop dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga seharian kita tak beranjak dari meja kerja untuk mencetak karir dan memberikan prestasi yang kita miliki untuk perusahaan kita ini.


Layaknya bahu dan leher, mata juga mudah lelah. “Melakukan latihan untuk mata, sama juga rasanya seperti melakukan peregangan pinggul setelah duduk di kursi sepanjang hari,” jelas KarinWiedemann dari Urban Yoga di Washingstion, DC.

Mata juga perlu kita istirahatkan sejenak disela-sela aktivitas kita. Perawatan mata dapat kita lakukan sendiri dengan beberapa cara sebagai berikut :

Pijat daerah bawah kedua mata menggunakan jari tengah
Tekan sedikit dan rasakan otot-otot mata yang kaku (jika baru pertama kali mencoba, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan nyeri kepala)
Kemudian, beralih pada tulang atas mata. Berikan pijatan beberapa kali dg cara tekuk kedua ibu jari, tekan tulang alis kita dari arah dalam keluar.
Pijat bagian urat-urat yang kaku di bagian atas mata dekat hidung, lalu arahkan ke sudut mata dan pijat perlahan. Lalu pindah ke otot-otot di bagian atas alis.
Bila jam istirahat, matikan lampu ruang kerja kita agar mata sedikit relaksasi dengan sedikit cahaya.
Gosok tangan kita bersama-sama sampai terasa hangat (sekitar 15 - 20 detik). Kemudian tempatkan telapak tangan di atas mata kita yang tertutup, tapi jangan ditekan pada bola matanya. Pastikan tidak ada cahaya yang masuk ke mata. Tahan posisi iniselama satu atau dua menit. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama 5 - 15 menit.
Berkedip merupakan cara sederhana namun sering diabaikan. Padahal ini menjaga mata kita segar dan mampu fokus lagi. Pengguna komputer dan penonton televisi cenderung jarang berkedip, terutama ketika mereka sungguh-sungguh terfokus pada sesuatu. Cobalah sekarang latihan sederhana ini. Selama dua menit berikutnya berkedip setiap 3 - 4 detik.
Tutup mata kita serapat mungkin. Peras mata, sehingga otot mata kontraksi. Tahan kontraksi ini selama tiga detik, kemudian lepaskan dengan cepat. Latihan ini membuat relaksasi dari otot-otot mata dan bermanfaat setelah peregangan olahraga mata. Ulangi ini 7 atau 8 kali.
Fokus pada sebuah objek yang jauh (lebih dari 50 m) selama beberapa detik dan perlahan-lahan kembali fokuskan mata pada sebuah objek yang dekat (kurang dari 10 m jauhnya) yang ada pada arah yang sama. Fokus selama beberapa detik dan kembali ke objek jauh. Lakukan ini selama 5 kali.
Cobalah untuk melakukan olahraga mata sekali sehari. Terlalu banyak pekerjaan berpengaruh buruk ke mata kita. Lakukan perawatan yang tepat bagi mata kita untuk menjaga agar mata kita tetap sehat.

- See more at: http://udoctor.co.id/mata/olahraga-m....5NnMdiC4.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin
thread yg bagus dan sangat bermanfaat apalagi utk kaskuser emoticon-Big Grin
kalau boleh saran utk TS kalau bisa threadnya dihias lg mungkin bisa dikasih gambar-gambar ilustrasi agar lebih menarik