- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Inilah Konsep Sederhana Meraih Kesuksesan Dari Orang Jepang (Yuk Masuk)


TS
moskykorivate
Inilah Konsep Sederhana Meraih Kesuksesan Dari Orang Jepang (Yuk Masuk)

Quote:

Quote:
Spoiler for No Repost:





Quote:
Spoiler for Pendahuluan:
Bagi agan-aganwati sekalian yang bekerja di perusahaan swasta terutama perusahaan yang berasal dari Jepang pasti tidak asing lagi dengan istilah 'Kaizen' (baca: kai-seng). Kai berarti berubah dan Zen berarti lebih baik. Dari kedua suku kata tersebut, kaizen dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk melakukan perubahan-perubahan agar menjadi lebih baik dari kondisi saat ini secara terus-menerus. Kaizen merupakan suatu konsep dan filsafat yang berasal dari Negara Jepang tetapi sangat diterima oleh budaya Barat sehingga menciptakan budaya yang berpengaruh. Budaya tersebut menggabungkan berbagai keunggulan dan manfaat kerjasama tim dalam kaizen dengan kekuatan individual pada masyarakat secara umum.

Quote:
Quote:
Dalam konteks "kaizen", ada satu kata kunci, yaitu MENJADI LEBIH BAIK. Menjadi lebih baik dalam lingkup ini adalah perbaikan incremental secara terus menerus, dilakukan oleh semua orang, dan diaplikasikan dalam segala aspek. Filosofi kaizen itu sendiri adalah "tidak ada yang terbaik, yang ada adalah yang terbaik" dan "Jangan tunda perubahan, mulailah dari diri kita, mulailah dari yang terkecil, dan mulailah dari sekarang" . Sebenarnya Filosofi kaizen ini hampir mirip dengan nasihat klasik yang sering kita dengar, seperti : Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, besok lebih baik dari hari ini dan Bila hari ini sama dengan kemarin adalah merugi, bila hari ini lebih buruk dari hari kemarin itu adalah celaka. Walaupun konsep kaizen berasal dari negara matahari timur yang sangat berbeda kultur dan kebudayaannya dengan negara kita tercinta ini, tetapi kaizen sangat cocok diaplikasikan kepada masyarakat indonesia secara umum, karena mempunyai ruang lingkup yang tidak terbatas. Dapat dimulai dari diri kita sendiri, lalu keluarga, selanjutnya rumah tangga, lingkungan masyarakat, perusahaan, bahkan lebih besar lagi yaitu untuk sebuah negara
.Quote:
Konsep berpikir ala kaizen adalah :
1. Masalah adalah kumpulan sesuatu yang berharga
dan orang bukan masalah.Yang benar, jadikan orang menjadi pemecah masalah. Kalau tidak mengalamikesulitan, “ide perbaikan” tidak akan muncul.
2. Bila ada kesalahan segera perbaiki. Pertanyakan cara kerja yang sekarang, lebih baik memikirkan cara untuk melaksanakan perbaikan dari pada mencari alasan mengapa tidak bisa. Hindarkan alasan-alasan/teori klasik.
3. Jangan mengandalkan uang untuk Kaizen, lebih baik melakukan Kaizen pekerjaan dulu dari pada equipment. Dan yang terpenting,
jangan menunggu sempurna, 50% OK, segera lakukan.
4. Lihat dengan mata kepala sendiri, cari penyebab sesungguhnya secara jujur dengan menanyakan 5 kali mengapa-mengapa-mengapa-mengapa dan mengapa, sehingga akar permasalahan dapat diketahui dengan baik.
5. Kaizen itu tidak terbatas, karena
ruang yang paling luas di dunia ini adalah ruang untuk membuat perbaikan. Dibanding ‘pengetahuan’ 1 orang masih lebih baik ‘ide’ 10 orang.
6. Dalam melakukan Kaizen, keselamatan dan kualitas jangan dilupakan
1. Masalah adalah kumpulan sesuatu yang berharga
dan orang bukan masalah.Yang benar, jadikan orang menjadi pemecah masalah. Kalau tidak mengalamikesulitan, “ide perbaikan” tidak akan muncul.
2. Bila ada kesalahan segera perbaiki. Pertanyakan cara kerja yang sekarang, lebih baik memikirkan cara untuk melaksanakan perbaikan dari pada mencari alasan mengapa tidak bisa. Hindarkan alasan-alasan/teori klasik.
3. Jangan mengandalkan uang untuk Kaizen, lebih baik melakukan Kaizen pekerjaan dulu dari pada equipment. Dan yang terpenting,
jangan menunggu sempurna, 50% OK, segera lakukan.
4. Lihat dengan mata kepala sendiri, cari penyebab sesungguhnya secara jujur dengan menanyakan 5 kali mengapa-mengapa-mengapa-mengapa dan mengapa, sehingga akar permasalahan dapat diketahui dengan baik.
5. Kaizen itu tidak terbatas, karena
ruang yang paling luas di dunia ini adalah ruang untuk membuat perbaikan. Dibanding ‘pengetahuan’ 1 orang masih lebih baik ‘ide’ 10 orang.
6. Dalam melakukan Kaizen, keselamatan dan kualitas jangan dilupakan
Quote:
Dalam menerapkan Kaizen, para pemimpin perusahaan/organisasi di Jepang berpegang pada dua prinsip. Pertama, perlu proses atau cara kerja yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan proses atau cara kerja demikian, kita bisa bekerja lebih cekatan (bukan bekerja lebih berat). Untuk mendapatkan proses yang baik, para pemimpin perusahaan perlu mengetahui sumber masalah-masalah, kemudian memintaide/gagasan/solusi dari semua karyawannya. Bagaimanapun juga, merekalah yangmenjalani pekerjaan sehari-hari/dekat dengan pekerjaannya. Biasanya, solusi terbaik adalahsolusi yang paling sederhana, logis, dan mudah dilaksanakan. Kedua, memilih gagasan-gagasan yang bisa dilaksanakan, "mengeksekusinya", dan bersabar menunggu hasilnya.
Tahukah Anda, perusahaan otomotif raksasa dunia, Toy*ta, menerima 2 juta ide per tahun dari para karyawannya! Sebanyak 80% berhasil dilaksanakan. Ternyata, satu perbaikan kecil dapat menghasilkan akibat yang besar! Waktu dan uang dapat dihemat. Para karyawan pun semakin bersemangat kerja, karena mereka melihat ide-ide mereka diterima dan dilaksanakan oleh perusahaan
Tahukah Anda, perusahaan otomotif raksasa dunia, Toy*ta, menerima 2 juta ide per tahun dari para karyawannya! Sebanyak 80% berhasil dilaksanakan. Ternyata, satu perbaikan kecil dapat menghasilkan akibat yang besar! Waktu dan uang dapat dihemat. Para karyawan pun semakin bersemangat kerja, karena mereka melihat ide-ide mereka diterima dan dilaksanakan oleh perusahaan

Quote:
Tidak afdol sepertinya jika berbicara mengenai konsep luar biasa ini tanpa mengaitkannya ke dunia kerja atau perusahaan. Dunia kerja di era global ini sangat tinggi tingkat persaingannya, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga persaingan yang datang dari luar negeri. jika kita tidak bisa lebih unggul dari mereka, maka kita akan kalah. ingat hukum rimba, "who is stronger, he will win". Bukan suatu rahasia, jika kaizen lah yang akan mengantar suatu perusahaan menjadi perusahaan yang akan unggul dari perusahaan lainnya. Tips yang akan ane kasih ini sederhana sekali, hanya dibutuhkan konsistensi dan niat tulus untuk melakukannya. ini dia tipsnya:
1. Berfokus pada Pelanggan.Fokus utama Kaizen adalah kualitas produk, tetapi tujuan terpenting Kaizen adalah kepuasan pelanggan. Segala sesuatu / aktivitas yang tidak menambah nilai produk atau meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan pengeluaran biaya yang tidak perlu (Waste Cost)
2. Mengadakan Peningkatan Secara Terus Menerus.Dalam kaizen, suatu keberhasilan bukanlah hasil akhir tetapi merupakan awal untuk melangkah ketahap berikutnya karena suatu keberhasilan merupakan faktor dalam meningkatkan semangat untuk mencapai keberhasilan yang lain.
3. Mengakui Masalah Secara Terbuka.Membangun budaya yang tidak saling menyalahkan. sehingga para karyawan dalam perusahaan kaizen dapat mengakui kesalahan secara terbuka, dengan sadar menunjukkan kelemahan dari prosesnya dan meminta bantuan jika tidak mampumengatasinya. Keterbukaan tersebut merupakan suatu kekuatan yang bisamengendalikan dan mengatasi berbagai masalah dengan cepat serta meningkatkan kesempatan-kesempatan perbaikan.
4. Mempromosikan Keterbukaan.Ilmu pengetahuan bagi Kaizen
adalah untuk saling dibagikan dan hubungan-hubungan komunikasi yang mendukungnya merupakan sumber efisiensi.
5. Menciptakan Tim Kerja. Dalam kaizen, tim adalah fondasi yang membentuk struktur organisasi. Melalui keikut-sertaan para karyawan dalam tim, perusahaan mendapatkan keuntungan dari karyawannya. Kerjasama tim ini dapat menanamkan rasa saling memiliki, tanggung jawab kolektif, dan berorientasi pada perusahaan serta dapat memperkuatketerbukaan, saling berbagi dan komunikasi.
6. Memanajemeni Proyek Melalui Tim Fungsional-silang. Proyek perusahaan
kaizen direncanakan dan dilaksanakan dengan menggunakan sumber daya antar-departemen atau fungsional-silang sertasumber daya yang berasal dari luar perusahaan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi biaya. mengontrol pemborosan sampai tingkat tertentu serta memuaskan pelanggan.
7. Memelihara Proses Hubungan yang Benar.Perusahaan Jepang melakukan segala sesuatu yang mampu mereka lakukan supaya terpelihara keharmonisan dalam hubungan antar-manusia terutama Para staf,manajer dan Para pemimpin tim. Hubungan tersebut dapat menumbuhkan loyalitas dan komitmen dari karyawan.
8. Mengembangkan Disiplin Pribadi. Disiplin pribadi di tempat kerja merupakan sifat alamiah orang Jepang.
9. Memberikan Informasi pada Semua Karyawan.Berbagi informasi merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan Kaizen.
Dengan memberikan informasi yang penting pada setiap orang maka tantangan perusahaan berubah menjadi tantangan pribadi. Informasi ini juga merupakanlangkah penting untuk menciptakan budaya berdasarkan pengetahuan.
10. Memberikan Wewenang Kepada Setiap Karyawan.Dalam pelaksanaan
kaizen, setiap karyawan diberikan wewenang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan kata lain melibatkan perankaryawan dalam melakukan peningkatan
Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya menggunakan model spesifik Kaizen yang tepat untuk perusahaan/organisasi, serta mau menjalani proses bertahap.Dalam proses itu, antara lain, para pimpinan dan manajer harus mampu menetapkan danmenjalankan suatu standar, serta mengontrol kualitas. Mereka juga harus maumendengarkan ide/saran, berusaha memberikan feed back yang membangun, sekaligus terus memotivasi karyawannya. Para karyawan pun harus lebih aktif memikirkan pekerjaannya, bukan bekerja seperti robot .
Spoiler for Cekidot:
1. Berfokus pada Pelanggan.Fokus utama Kaizen adalah kualitas produk, tetapi tujuan terpenting Kaizen adalah kepuasan pelanggan. Segala sesuatu / aktivitas yang tidak menambah nilai produk atau meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan pengeluaran biaya yang tidak perlu (Waste Cost)

2. Mengadakan Peningkatan Secara Terus Menerus.Dalam kaizen, suatu keberhasilan bukanlah hasil akhir tetapi merupakan awal untuk melangkah ketahap berikutnya karena suatu keberhasilan merupakan faktor dalam meningkatkan semangat untuk mencapai keberhasilan yang lain.

3. Mengakui Masalah Secara Terbuka.Membangun budaya yang tidak saling menyalahkan. sehingga para karyawan dalam perusahaan kaizen dapat mengakui kesalahan secara terbuka, dengan sadar menunjukkan kelemahan dari prosesnya dan meminta bantuan jika tidak mampumengatasinya. Keterbukaan tersebut merupakan suatu kekuatan yang bisamengendalikan dan mengatasi berbagai masalah dengan cepat serta meningkatkan kesempatan-kesempatan perbaikan.

4. Mempromosikan Keterbukaan.Ilmu pengetahuan bagi Kaizen
adalah untuk saling dibagikan dan hubungan-hubungan komunikasi yang mendukungnya merupakan sumber efisiensi.

5. Menciptakan Tim Kerja. Dalam kaizen, tim adalah fondasi yang membentuk struktur organisasi. Melalui keikut-sertaan para karyawan dalam tim, perusahaan mendapatkan keuntungan dari karyawannya. Kerjasama tim ini dapat menanamkan rasa saling memiliki, tanggung jawab kolektif, dan berorientasi pada perusahaan serta dapat memperkuatketerbukaan, saling berbagi dan komunikasi.

6. Memanajemeni Proyek Melalui Tim Fungsional-silang. Proyek perusahaan
kaizen direncanakan dan dilaksanakan dengan menggunakan sumber daya antar-departemen atau fungsional-silang sertasumber daya yang berasal dari luar perusahaan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi biaya. mengontrol pemborosan sampai tingkat tertentu serta memuaskan pelanggan.

7. Memelihara Proses Hubungan yang Benar.Perusahaan Jepang melakukan segala sesuatu yang mampu mereka lakukan supaya terpelihara keharmonisan dalam hubungan antar-manusia terutama Para staf,manajer dan Para pemimpin tim. Hubungan tersebut dapat menumbuhkan loyalitas dan komitmen dari karyawan.

8. Mengembangkan Disiplin Pribadi. Disiplin pribadi di tempat kerja merupakan sifat alamiah orang Jepang.

9. Memberikan Informasi pada Semua Karyawan.Berbagi informasi merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan Kaizen.
Dengan memberikan informasi yang penting pada setiap orang maka tantangan perusahaan berubah menjadi tantangan pribadi. Informasi ini juga merupakanlangkah penting untuk menciptakan budaya berdasarkan pengetahuan.

10. Memberikan Wewenang Kepada Setiap Karyawan.Dalam pelaksanaan
kaizen, setiap karyawan diberikan wewenang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan kata lain melibatkan perankaryawan dalam melakukan peningkatan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya menggunakan model spesifik Kaizen yang tepat untuk perusahaan/organisasi, serta mau menjalani proses bertahap.Dalam proses itu, antara lain, para pimpinan dan manajer harus mampu menetapkan danmenjalankan suatu standar, serta mengontrol kualitas. Mereka juga harus maumendengarkan ide/saran, berusaha memberikan feed back yang membangun, sekaligus terus memotivasi karyawannya. Para karyawan pun harus lebih aktif memikirkan pekerjaannya, bukan bekerja seperti robo
Quote:
Sebagai penutup, TS tidak menganjurkan agan-agan untuk melakukan perubahan secara instan. perubahan dalam Kaizen ini dilakukan secara bertahap dan terus-menerus (continous improvement). Perubahan yang dilkukan secara besar-besaran tetapi hanya sekali atau dua kali saja akan sangat tidak efektif karena membutuhkan biaya, tenaga, dan bantuan dari luar yang besar pula. ditambah hal itu akan menimbulkan efek samping yang besar juga. akan jauh lebih baik apabila melakukan perubahan secara kecil-kecil tetapi terus-menerus (continous improvement), hal itu nantinya akan menjadi kebiasaan agan-agan dan percayalah kesuksesan akan datang menghampiri. ingat gan, sukses bukan hasil tetapi proses 
yuk bareng-bareng kite lakukan perubahan sekecil apapun pada diri kita, keluarga kita, teman-teman kita, lingkungan kita, dan negara kita tercinta ini

yuk bareng-bareng kite lakukan perubahan sekecil apapun pada diri kita, keluarga kita, teman-teman kita, lingkungan kita, dan negara kita tercinta ini

Quote:




Jangan lupa
(yang ISO& Abu-abu)

dan
(yang SUKA ama ni thread dan Silent Rider (SR))

Serta
BudayakanComment jangan dilewatkan

(yang ISO& Abu-abu)



dan
(yang SUKA ama ni thread dan Silent Rider (SR))



Serta
BudayakanComment jangan dilewatkan



Quote:
Diubah oleh moskykorivate 24-03-2014 14:07
0
2.8K
Kutip
14
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan