alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532dfbd5feca1782768b46f7/agan-suntik-di-pantat-berapa-kali-dalam-hidup-agan-mengenai-mdr-tb
Agan suntik di pantat berapa kali dalam hidup agan? [Mengenai MDR-TB]
Mengenal MDR TB

Agan-agan pernah disuntik berapa kali seumur hidup agan? Suntik pantat maksud ane, bukan l*bangnya. Pernah ga kebayang disuntik tiap hari gonta-ganti kiri-kanan selama 6 bulan?emoticon-Najis
Pernah ga merasa mual, mencret-mencret, pusing, nyeri sendi, dan depresi selama 2 tahun?emoticon-Cape d... (S)
Adakah manusia yang merasakan pengalaman yang sangat menyengsarakan itu?emoticon-Berduka (S)

Sekilas mengenai TBC
Quote:TBC adalah penyakit menular alias infeksius yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium (umumnya M.tuberculosis). Paling sering menyerang paru-paru, namun dapat hampir semua organ tubuh yang lain. Penularan paling sering melalui droplet yang keluar dari batuk atau bersin.
Agan suntik di pantat berapa kali dalam hidup agan? [Mengenai MDR-TB]
Gambar 1 (kuman TB)

Quote:Penyakit ini sebenarnya musuh manusia sejak zaman dahulu kala. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya tulang-tulang manusia pra sejarah (4000 BC) dengan ciri terkena TB (ya TB tulang belakang). Musuh yang masih terus ada sampai sekarang.emoticon-Mad (S)
Spoiler for agak dp:

Quote:Sepertiga populasi dunia diperkirakan telah terpapar dengan penyakit ini, dengan jumlah infeksi yang baru sekitar 1% populasi setiap tahun, namun tidak semua yang terinfeksi M. tuberculosis sakit Tuberculosis (tergantung interaksi daya tahan tubuh-lingkungan-kuman). (Baca ulang gan, sepertiga! Artinya 300 juta orang terpapar penyakit ini). Tahun 2007 diperkirakan ada 13,7 juta orang dengan kasus kronis aktif, tahun 2010 diperkirakan ada 8,8 juta kasus baru dan 1,5 juta yang mati karenanya, terutama di negara berkembang. Penyakit TB umumnya mengenai orang aktif (muda) atau yang daya tahan tubuhnya turun (AIDS, DM, tua dll).

Jumlah orang yang kena sakit ini banyak, tapi ga merata


Agan suntik di pantat berapa kali dalam hidup agan? [Mengenai MDR-TB]
Gambar 3 (peta TBC)

TBC adalah pembunuh nomor 2 pada penyakit infeksi (No. 1 HIV-AIDS). Sebenarnya penyakit ini telah berkurang sejak tahun 2005, dan jumlah kasus baru berkurang sejak 2002. Cina bahkan telah menurunkan kasus kematian akibat TB sebanyak 80% dari tahun 1990 - 2010.

Mengapa TBC masih ada sampai sekarang?
  1. Penularan mudah, melalui udara. (diperkirakan seseorang dengan TBC paru dapat menularkan TB 1 orang/bulan).
  2. Penyembuhan yang lamaaaaa.... paling cepat dikatakan sembuh setelah minum obat 6 bulan ( 2 bulan 4 macam obat, 4 bulan berikutnya 2 macam saja). Hal ini sering membuat penderitanya jadi malas minum obat, alias tidak patuh berobat.
  3. Kadang kurang bergejala pada awalnya, sehingga telat berobat
  4. and the last... RESISTENSI OBAT


Resistensi Obat
Maksudnya apa?
Quote:Resisten maksudnya kebal obat. Resistensi dibagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Primer maksudnya penderita langsung terinfeksi dengan kuman yang udah kebal (jarang). Sekunder artinya penderita awalnya terkena kuman yang masih sensitif namun karena pengobatan yang tidak sesuai (tidak sesuai dosis, waktu, atau obat yang tidak berkualitas), sehingga timbul kuman yang kebal.
MDR-TB (Multi Drug Resistance-TB) adalah kuman TB yang kebal dengan 2 macam obat yang diketahui sangat aktif membunuh kuman M. Tb, yaitu Rifampicin dan Isoniazid.
XDR (Extensively drug resistance-TB) adalah kuman yang sudah kebal dengan terhadap 3 atau lebih dari 6 kelas antibiotik lini 2. Ada juga yang total... ini mah udah death sentence, tinggal tunggu keajaiban (kematian). emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)



Agan suntik di pantat berapa kali dalam hidup agan? [Mengenai MDR-TB]
Gambar 4 (peta MDRTB)

Jadi apa bedanya dengan TB biasa?
Jauh man...
Quote:Pertama, duit. Untuk sembuh dengan obat lini pertama cuman butuh duit $2000/orang, sedangkan untuk 1 orang pasien MDR-TB butuh $250 000. Orang dengan penyakit MDR-TB umumnya ga bisa kerja sama sekali karena efek samping selama berobat. emoticon-Sorryemoticon-Sorry

Agan suntik di pantat berapa kali dalam hidup agan? [Mengenai MDR-TB]
Gambar 5 (obat MDRTB)

Kedua, lama dan cara pengobatan. Orang dengan TB biasa butuh hanya 6 bulan paling cepat untuk dikatakan sembuh. MDR-TB butuh paling cepat 2 tahun untuk dikatakan sembuh. TB biasa hanya butuh minum obat tiap hari, awalnya 4 macam(2 bulan), selanjutnya 2 macam (4 bulan). MDR-TB 6 bulan awal (paling cepat) minum 5 macam obat dan disuntik tiap hari (Ouch...) selanjutnya minum antibiotik 5 macam selama 1 setengah tahun.
Ketiga, efek samping obat. Ok, lini pertama memang ada komplikasi ke ginjal dan liver namun efeknya gak seberapa besar. Obat-obat MDR-TB membuat anda lebih memilih mati... dan ini fakta. Sebagian besar orang yang gagal berobat karena ga tahan dengan efek sampingnya. Mual, muntah, pusing, depresi, gangguan ginjal, gangguan hati (ew...). Bahkan obat MDR-TB terkenal karena dapat membuat orang muntah hanya dengan melihatnya.
Keempat, tingkat keberhasilan. MDR-TB punya 48% kemungkinan sembuh (hanya 48%?)… well…emoticon-Berduka (S)emoticon-Sorry

sumber:
WHO
Wiki
CDC
ga percaya dengan efek sampingnya gan? Baca[URL="http://blogs.msf.org/tb/ "]ini[/URL] dalamnya banyak kisah inspirasional melawan (terutama efek samping pengobatan) MDRTB. Yang mengharukan itu kisah koas di Afsel bernama Zolelwa.


MDR TB di Indonesia:
Spoiler for MDR TB di Indonesia (yang ane tau):


OK, anda telah membuat saya takut.
Spoiler for Ane mengharapkan para agan n aganwati supaya::


Spoiler for Alasan agan harus sedikit "parno" terhadap penyakit ini:



Semoga Thread ane berkenan. Pertanyaan n saran ane tampung. di baca, mangga, yang penting dibagikan ke sesama agan-agan. Kalo ada yang punya pengalaman tolong di share yah.
emoticon-I Love Kaskus (S)
reserved
Sundul ah
Kayaknya masih dibawah 10x
skripsi teman saya nih tentang MDR-TB...seram
Ibu ane kena yg kebal obat, sok berat rasanya sampe ane dan bapak ane nangis pas dgr tu kabar dari hasil lab. :| , akhirnya konsultasikan ke dokter ahli, di rujuk ke Rs umum. , alhamdulillah sekarang pemerintah. Mendistribusikan obat TB kebal secara gratis, pengobatan minimal 18-24bulan, Dgn catatan rutin tiap hari, emang benar itu efek kenal lifer/hati, karena itu dokter juga menyarankan konsumsi ekstrak albumin, sebagai pendamping obat medis, insyaallah sembuh, ibu ane walaupun baru 1 minggu menjalani pengobatan, udah kerasa perubahannya ,
ane ..pernah..gan...
karena ane penderita tb mdr...
alhamdulillah ane bisa melewati..semoga ini bulan terakhir ane menjalani pengobatan yaaangg sangat menyiksa....

niii gan obat diminum sekaligus...mantap..bikin celeng 3 jam ...muntah pusing ....

Agan suntik di pantat berapa kali dalam hidup agan? [Mengenai MDR-TB]
Quote:Original Posted By makankamus
skripsi teman saya nih tentang MDR-TB...seram



kali. temen ente butuh info pasien tb mdr...ane siap gan...
Umur saya 27 tahun, saya seorang ibu rumah tangga, saya punya anak satu perempuan umur 3 tahun.
Tahun 2012 saya pernah positif terkena TB, & berobat selama 6 bulan.
September 2017 saya kembali difonis positif TB denga kasus kambuhan. Pengobatannya ternyata berbeda dengan TB awal, sekarang minum obat plus suntik setiap hari selama 2 bulan.
Hari ini sudah hari ke 29 saya minum obat & suntik. Luar biasa penderitaannya, setiap habis suntik saya merasakan efek samping lemas, mual, pusing, pandangan mata kabur, meriang dingin. & hampir tiap hari saya tidak berdaya & butuh istirahat total tidak bisa melakukan aktifitas normal seperti biasanya.
Perasaan stress, minder & putus asa tentu itu saya rasakan. Saya pasrah saja pada Tuhan, hanya bisa berdoa & menjalani apa yg harus saya jalani saat ini.
Oh iya, suami & anak saya pun ikut dites untuk mengetahui apa meraka tertular atau tidak, Alhamdulillah hasil keduanya negatif. Akan tetapi karena anak saya masih dibawah umur 5 tahun, tidak mungkin anak saya dipisahkan dari saya, maka anak saya pun ikut berobat selama 6 bulan, tapi anak saya bukan berobat TB tapi minum obat pencegahan agar tidak tertular oleh saya.
Pesan saya disini, mohon untuk siapapun yg pernah terlanjur mengalami penyakit TB agar menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, olah raga, mengindari rokok, istirahat yg cukup & yg paling penting hindari banyak pikiran/stress. Karna jika TB itu kembali kambuh, pengobatannya akan lebih lama & lebih mengerikan dari yg awal.
Saya selalu berharap bahwa orang-orang yg sakit seperti saya ini, tidak harus mengalami kambuh lagi seperti saya.
& untuk yg masih sakit seperti saya, tolong jaga agar kita tidak menularkan penyakit terkutuk ini pada orang lain khususnya orang-orang yg kita sayangi, cukup kita saja yg merasakan.
Terimaksih.