alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532aaf1d82cf17e27c000032/agan-sengaja-sakiti-tubuh-jika-terbiasa-begini
Agan Sengaja Sakiti Tubuh Jika Terbiasa Begini
Quote:Agan Sengaja Sakiti Tubuh Jika Terbiasa Begini
Quote:Quote:Karena sudah menjadi kebiasaan, agan merasa apa yang agan lakoni tiap hari itu tak jadi soal bagi diri agan. Toh agan yakin tak ada efek samping kesehatan yang akan menghampiri, karena agan sudah bertahun-tahun menjalankannya. Namun tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang justru dapat menyakiti tubuh agan dan dapat memberinya risiko gangguan kesehatan di kemudian hari.

Untuk itu jangan disepelekan, dan simak paparan tentang sejumlah kebiasaan yang ternyata dapat menyakiti tubuh, seperti halnya dikutip dari Men's Fitness berikut ini agar diantisipasi.

Quote:1. Mematikan alarm

Selain karena kekurangan atau kelebihan jam tidur, tubuh juga bisa 'stres' bila agan terbiasa mematikan alarm saat tidur.

"Terbangun karena mendengar alarm berbunyi dapat mengurangi manfaat dari tidur itu sendiri, membuat agan makin kelelahan bahkan sejak agan pertama kali bangun untuk mematikan alarm," terang Dr. Yizhak Kupfer dari Maimonides Medical Center, Brooklyn, NY.

Quote:2. Minum alkohol lebih dari dua gelas sehari

CDC telah mewanti-wanti jika pria yang terbiasa minum 3-4 gelas alkohol tiap hari berisiko tinggi terkena kanker, terutama di mulut, leher dan tenggorokan. Belum lagi risiko sirosis hati dan hipertensi.

Quote:3. Maraton nonton serial

Nonton serial terkadang jadi cara yang mengasyikkan untuk bersantai selepas kerja. Tapi ternyata nonton serial maraton alias lebih dari satu episode tak baik bagi kesehatan, apalagi setelah duduk berjam-jam di kantor.

Sebuah studi mengungkap orang dewasa yang duduk lebih dari 11 jam sehari berisiko 40 persen lebih tinggi untuk meninggal tiga tahun lebih cepat dari mereka yang hanya duduk kurang dari empat jam sehari.

Quote:4. Malas keluar rumah

Tak mendapat cukup paparan sinar matahari dapat menurunkan suplai vitamin D tubuh. Gejala kekurangan vitamin D antara lain gampang capek, nyeri di sekujur tubuh dan depresi.

Namun menurut pakar, mengonsumsi suplemen vitamin D dapat memenuhi jumlah asupan yang direkomendasikan yaitu 600 IU.

Quote:5. Merokok karena tuntutan pergaulan

Sebuah studi terbaru dari Sax Institute, Australia mengungkapkan seseorang yang hanya merokok sesekali, misal ketika berkumpul dengan teman-temannya juga tetap berisiko tinggi mengalami kematian dini akibat kanker, sakit jantung, penyakit paru-paru dan gangguan lainnya.

Quote:6. Training berlebihan

David Nieman, Ph.D., seorang pakar ilmu olahraga dari Boone, NC, menemukan olahraga berintensitas sedang hingga tinggi yang dilakukan lebih dari 90 menit justru dapat melemahkan sistem imun dan membuat orang yang melakukannya justru rentan sakit.
Dan efek tersebut bisa berlangsung hingga lebih dari 72 jam, apalagi jika agan tidak memulihkan diri dengan baik selepas olahraga.

Quote:7. Konsumsi makanan olahan

Bukannya harus dihindari sepenuhnya, namun usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan olahan karena sarat akan sodium atau garam dan zat pengawet.

FDA juga menyarankan agar konsumsi sodium harian sebaiknya tak lebih dari 2.300 miligram atau satu sendok teh saja. Makanan olahan sendiri rata-rata mengandung lebih dari 30 persen asupan garam agan per harinya, jadi sebelum membeli sebaiknya dicek dulu label yang tertera pada kemasan.

Quote:8. Salah pilih sepatu

"Kaki adalah pondasi tubuh, jadi jika mereka tak didukung dengan baik maka akan muncul berbagai masalah dari ujung kaki hingga ke kepala atau leher," papar Jeffery Solomon, D.C., presiden Council on Sports Injuries & Physical Fitness, American Chiropractic Association.

Maka pilihlah sepatu agan dengan bijak, misal jika agan harus berjalan jauh ketika bekerja, cari sepasang sepatu yang pas menopang kaki ketika berjalan. Dan pakailah sandal biasa di kantor sehingga kaki bisa beristirahat.

Quote:9. Lupa pemanasan

Sebuah studi dari University of Rochester Medical Center mengungkap stretching atau pemanasan sebelum berolahraga dapat membantu mengurangi risiko cedera. Stretching di pagi hari juga membuat badan terasa segar, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Quote:10. Kurang minum air

Mengapa air begitu penting bagi tubuh? Selain menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik, air juga membantu mengirim oksigen ke penjuru tubuh, membuang limbah dan racun, melindungi organ dan manfaat lainnya. Yang direkomendasikan adalah minum 8 gelas air putih sehari.

Quote:11. Malas pakai tabir surya

Menurut sebuah studi, meskipun mendung, paparan sinar UVA dan UVB masih bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Jika agan tak mau menggunakan tabir surya, pakai saja pelembab yang memberikan perlindungan serupa melawan sinar UVA dan UVB.

Quote:12. Kebanyakan minum kopi

Kopi memang dapat menambah kadar antioksidan dan membuat mata melek, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka agan takkan hanya mudah gelisah. Sebuah studi menemukan pria yang mengonsumsi lebih dari 28 cangkir kopi per minggu berisiko 56 persen lebih tinggi meninggal karena penyebab apapun.

Quote:13. Tak pakai kondom

Kendati si istri sedang mengonsumsi pil KB, kondom masih harus dipakai jika ingin mencegah kehamilan. Lagipula CDC melaporkan antara tahun 2008-2012, pria penderita chlamydia cenderung meningkat sebanyak 25 persen, begitu juga dengan gonorrhea sebesar 4 persen antara tahun 2011-2012. Dengan menggunakan kondom, risiko keduanya akan menurun drastis.

source

Quote:Original Posted By KOMENG

"The easier it is to do, the harder it is to
change."


sepertinya sepele, tapi setelah terakumulasi efeknya juga gak bagus buat tubuh. emoticon-Amazed

nah, kebiasaan mana yang sering agan/sis lakuin?



Keduax
emoticon-Malu (S)
emoticon-Malu emoticon-Malu
emoticon-Malu (S) emoticon-Malu emoticon-Malu (S)
Sun dul emoticon-Malu (S)
kurang minum air tuh ane banget gan

kadang dehidrasi emoticon-Frown
info bagus gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By BugEast
kurang minum air tuh ane banget gan

kadang dehidrasi emoticon-Frown

Mungkin karena faktor gak ada rasa ya gan, jadi kurang suka sama air putih. Kalau ane suka kopi. emoticon-Malu

Quote:Original Posted By Lolypopchubby
info bagus gan emoticon-thumbsup

Thanks gan emoticon-Smilie
baru tau gan emoticon-Matabelo
Ane kurang air putihnya, ane juga tiap hari pasti ngopi..emoticon-Belo
yg matikan alarm ane ngerasain bgt tuh
mkany ane dah mulai ga pasang alarm lg
untungny ane ga suka bgdang jd bangunnya pas emoticon-Jempol
Ane sering minum kopi,,

Bahaya dah rupa'a,,

Mesti berhenti num banyak kopi neh...
hampir semua kebiasaan ane emoticon-No Hope
malas keluar rumah gan, dulu ane termasuk tuh emoticon-thumbsup
padahal ane kira kulit ga jadi item,
eh ternyata alangkah baiknya berjemur diluar rumah emoticon-Cape d... (S)
Wow,.. salah sepatu ngaruh juga ya... emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By mamilady
yg matikan alarm ane ngerasain bgt tuh
mkany ane dah mulai ga pasang alarm lg
untungny ane ga suka bgdang jd bangunnya pas emoticon-Jempol

Bisa karena terbiasa ya gan emoticon-Smilie
klo kena matahari terus menerus gak akan merusak fisik kann gan.. ??
nice inpoh emoticon-Matabelo inpoh ince emoticon-Kiss
Wah ane tiap sarapan makannya makanan olahan gt gan kayak sosis dan nuggetemoticon-Hammer2
Yg point ke 13 gan....kurang greget kalo pke karet..
ane dalam sehari minum air mungkin bisa 3literan gan..mangkanya sehat selalu emoticon-Smilie