alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5329cc57fcca172c280000c6/manfaat-kopi-dan-bahaya-kopi--tips-kesehatan
Manfaat Kopi dan Bahaya Kopi | Tips Kesehatan
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi
Manfaat Kopi dan Bahaya Kopi | Tips Kesehatan

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab: قهوة [qahwah] yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).
Bagi pencinta kopi, minuman ini adalah pendongkrak energi. Tak mengherankan jika mereka bisa minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Jika Anda mengetahui cara minum kopi yang baik dan bisa mengendalikan asupan kopi setiap harinya, minuman ini memang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh.

Antara lain:

1. Melindungi Jantung.

Peminum kopi yang mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam per hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi.

Kopi memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan blueberry. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

2. Mencegah Diebetes

Antioksidan kopi, khususnya asam klorogenat dan guinides, memainkan peranan untuk meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah. Faktanya, orang yang minum kopi setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena 2 tipe diabetes, menurut beberapa penelitian.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Kopi juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hari sebanyak 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein di dalamnya.

4. Meningkatkan Kekuatan Otak

Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

5. Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Walaupun begitu belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein menghilangkan sakit kepala, namun para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya menegang.

“Penegangan pembuluh darah ini membantu menghilangkan tekanan yang mengakibatkan rasa sakit,” ujar Robert Shapiro, M.D., Ph.D., profesor saraf dan Director the Headache Clinic dari Universitas Vermont Medical School, seperti dikutip oleh laman Yahoo! Shine.

Namun, di balik kenikmatannya, kopi menyimpan efek Negatif bagi mereka yang tidak mengetahui cara minum kopi yang baik. Minum kopi berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk,
antara lain meningkatnya kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang akan membuat darah lebih pekat.

Selain itu, kopi akan sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba. Bagi wanita hamil, kopi dapat meningkatkan risiko kematian pada bayi. Kopi pun mengakibatkan tulang keropos. Bagi penderita maag, kopi adalah musuh besar yang harus dihindari karena kafein meningkatkan produksi asam lambung. Kopi pun membuat gelisah, insomnia, dan tremor (tangan bergetar).

Untuk dapat menghindari efek negatif pada kopi, pilih racikan kopi tanpa tambahan gula dan susu, serta mengurangi dosis kopi yang Anda minum setiap harinya. Selain itu, pilih juga jenis kopi yang tanpa kafein. Dan agar ‘racun’ dalam kopi bisa diminimalisasi, jangan lupa untuk selalu konsumsi 2 gelas air putih untuk setiap satu cangkir kopi yang Anda minum.

sekian gan jangan lupa emoticon-Cendol (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

sumber : http://mazinubersahabat.blogspot.com...hat-ampuh.html
pertamax diamankan haha
nice share gan
ntar ane minum kopi ah emoticon-Embarrassment
ane engga terlalu suka minum kopi
nyimak aja dulu gan
Gan, ane ada artikel tambahan, siapa tau berguna n bisa bikin tritnya makin keceh emoticon-Big Grin oiya, linknya jangan lupa dikunjungi juga yah emoticon-Malu (S)

Kebaikan Kopi untuk Masalah Obesitas
Obesitas
Rabu, 14 Januari 2015

Jika Anda memiliki masalah dengan obesitas atau berpotensi menjadi gemuk, ada cara ‘keren’ mengatasinya, yaitu ‘ngopi’. Kopi tidak hanya bisa mencegah kenaikan berat badan, namun juga mampu menangkal sejumlah dampak buruk akibat obesitas.

Menurut studi yang dilakukan Universitas Georgia, kopi mengandung senyawa antioksidan yang ampuh menangkal kenaikan bobot tubuh sekaligus mengurangi peradangan pada pengidap obesitas. Senyawa yang bernama chlorgenic acid, atau sering disingkat sebagai CGA ini bisa ditemukan juga pada buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, tomat, dan blueberry.

“CGA adalah antioksidan yang ampuh mengurangi peradangan. Banyak bukti yang menyebutkan obesitas terkait erat dengan penyakit yang disebabkan peradangan kronis. Jadi kalau kita bisa mengontrol itu, kita bisa mencegah sejumlah efek negatif dari kelebihan berat badan,” ungkap ketua penelitian Yongjie Ma, dalam laporannya di jurnal Pharmaceutical Research edisi November 2014.

Dalam penelitian tersebut, CGA diuji coba kepada tikus percobaan. Tikus-tikus itu rutin diberikan asupan lemak tinggi selama 15 hari, lalu disuntikkan senyawa CGA terkonsentrasi selama dua kali sepekan. Hasilnya cukup positif. Senyawa itu ternyata tidak hanya mampu menangkal kenaikan berat badan, namun sekaligus menjaga level gula darah dan fungsi liver si tikus tetap normal dan sehat.

Meski begitu, Ma menekankan bahwa riset tersebut masih harus dikembangkan untuk pengujian lebih lanjut. Meski baik untuk kesehatan, Ma menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi. Agar lebih aman, minumlah kopi sewajarnya untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

- See more at: http://udoctor.co.id/obesitas/kebaik....iLYDA7If.dpuf
nice inpoh gan emoticon-Cendol (S)

kebetulan ane coffee freak nih gan emoticon-Big Grin dan kebetulan jg ane baru tahu fungsi kopi dan manfaat kopi nih emoticon-Big Grin

tapi klo bagi yg punya maag disarankan lebih baik makan dahulu atau isi perut dgn cemilan dahulu agar asam lambung tidak meninggi stelah minum kopi emoticon-coffee
Wah ane pecinta kopi jg nih gan !
Tp ane seringnya minum kopi-kopi instant macam T*p Coffe, dll,
Kira-kira untuk manfaat atau dampaknya sama dgn yg di atas itu apa ngga gan ?
Quote:Original Posted By bayhappy
Wah ane pecinta kopi jg nih gan !
Tp ane seringnya minum kopi-kopi instant macam T*p Coffe, dll,
Kira-kira untuk manfaat atau dampaknya sama dgn yg di atas itu apa ngga gan ?

Yah tergantung org yg meminumnya gan..klo punya batasan wajar yah gak apa2 malah mempunyai manfaat tp klo minumnya berlebihan bs berakibat menimbulkan penyakit gan emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By bayhappy
Wah ane pecinta kopi jg nih gan !
Tp ane seringnya minum kopi-kopi instant macam T*p Coffe, dll,
Kira-kira untuk manfaat atau dampaknya sama dgn yg di atas itu apa ngga gan ?

Yah tergantung org yg meminumnya gan..klo punya batasan wajar yah gak apa2 malah mempunyai manfaat tp klo minumnya berlebihan bs berakibat menimbulkan penyakit gan emoticon-shakehand