alexa-tracking

Waspada kelebihan MSG/vetsin 1 sdm,krisis hipertensi, adaptasi sel imun, tenaga dalam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/532864550d8b46655b8b46bc/waspada-kelebihan-msg-vetsin-1-sdmkrisis-hipertensi-adaptasi-sel-imun-tenaga-dalam
Waspada kelebihan MSG/vetsin 1 sdm,krisis hipertensi, adaptasi sel imun, tenaga dalam
http://www.medikaholistik.com/medika.html?xmodule=document_detail&xid=56&ts=1395154844&qs=health. WASPADALAH,MONOSODIUM GLUTAMATE/VETSIN FAKTOR POTENSIAL PENCETUS HIPERTENSI DAN KANKER
Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APU

Sehubungan dengan heboh tercemarnya zat penyedap masakan Ajinomoto oleh enzim asal babi, maka Departemen Kesdehatan c.q Dirjen POM telah memerintahkan perusahaan tersebut untuk menarik semua produk dari peredaran (KOMPAS , 19 Desember 2000). Pelarangan tadi an sich berhubungan dengan persoalan hukum agama saja. Alangkah baiknya kalau sekarang Departemen Kesehatan juga mau meninjau kembali apakah Monosodium Glutamat (MSG) /Vetsin yang kadarnya 100% yang dijual secara bebas itu betul betul aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan terhadap kesehatan. Karena MSG/Vetsin itu mengandung natrium/sodium, jika terlalu banyak termakan bisa menyebabkan hipertensi dan sebaliknya jika MSG dipanaskan akan pecah menjadi 2 zat baru yakni Glutamic Pyrolised -1 (Glu-P-1) dan Glu-P-2. Kedua zat ini bersifat mutagenik dan karsinogenik.(lihat bawah) (Matsumoto Dkk 1977, Sugimura dan Sato, 1983,Takayama DKK, 1984).
Seperti diketahui, secara epidemiologis 30 % penduduk dunia itu peka terhadap keracunan garam dapur (baca natrium/sodium) dan menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Dan golongan penduduk dengan kelebihan berat badan (kekegemukan atau obes) maka risikonya naik menjadi 50%. Hipertensi memang bukan penyakit pembunuh sejati, tetapi ia digolongkan sebagai The Silent Killer (pembunuh diam diam). Penyakit ini gejalanya tidak nyata dan harus diwaspadai serta perlu diobati sedini mungkin. Karena hipertensi yang kronis dan diabaikan dapat secara tiba tiba membawa malapetaka seperti serangan jantung atau stroke. Hal lain juga bisa menyebabkan lemah jantung, penyakit jantung koroner dan gangguan ginjal. Di Amerika Serikat, setiap tahunnya hampir setengah jumlah kematian disebabkan oleh faktor kelebihan makan garam (baca natrium /sodium). Dan 1 dari 4 orang Amerika secara tidak sadar ternyata mengidap penyakit hipertensi.

Sumber utama natrium atau sodium dinegara negara Barat adalah garam dapur. Akan tetapi di Indonesia, disamping garam dapur dan ikan asin, sumber lain yang lebih potensial adalah monosodium glutamate (MSG/Vetcin). Karena kadar Natrium/sodium dalam 1 gram garam dapur setara dengan kadar natrium/sodium yang terkandung dalam 3 gram (1 sendok teh) MSG/Vetcin. Satu gram garam dapur membuat 1 mangkok sop atau mie menjadi asin, Sebaliknya 3 gram MSG/Vetcin tidak terasa asin, malah terasa lezat dan gurih. Sehingga secara tidak sadar, bisa keracunan natrium atau sodium karena keblabasan menambahakan MSG/Vetcin.

Di Amerika Serikat makanan siap saji untuk bayi dilarang dibubuhi MSG/Vetsin dan pada label harus dicantumkan 3 kata yang besar dan tebal yakni":NO MSG ADDED". (Tidak dibubuhi MSG). Apa artinya ini? Karena hasil penelitian menunjukkan bahwa makin muda umur hewan yang dipakai untuk percobaan MSG makin peka terjadi kerusakan di bagian jaringan otaknya. Jadi sifat keracunan MSG adalah Age Dependent (tergantung umur); makin muda umurnya makin sensitif.

Pemerintah sedang mencanangkan program supaya para ibu menyusui bayinya dengan air susu ibu (ASI) sendiri selama 4 bulan penuh. Cara ini terbukti bahwa si bayi menjadi lebih sehat dan jarang sakitan. Makanan tambahan baru dianjurkan setelah si bayi umur 4 bulan. Bagi para ibu di kota kota besar dan berpendidikan serta tahu tentang pengetahuan gizi, tidak ada masalahnya. Karena mereka tahu bagaimana menyediakan makanan tambahan yang bermutu "Empat Sehat, Lima Sempurna". Sebaliknya bagi para ibu yang tinggal di pedesaan, pegunungan, ekonominya lemah, kurang pendidikan dan tidak tahu tentang ilmu gizi. Maka sering kali mereka membuat makanan tambahan yang sederhana dan disukai, tetapi tidak ada mutunya.. Seringkali mereka hanya memberikan mie instan atau bubur yang hanya ditaburi bubuk MSG/Vetsin dan kecap atau garam. Karena rasa sudah lezat, dan si bayi bisa makan dengan lahap dan "kenyang". Padahal menu makanan demikian adalah tidak sehat karena tidak mengandung cukup protein, vitamin, mineral dsb. Jadi anak itu sebetulnya sedang mengalami yang disebut "Starvation in disguise but malnutrition in reality" (Kelaparan yang semu, tetapi mengalami mal nutrisi sejati). Protein adalah sangat diperlukan untuk pembentukan jaringan otak. Kalau nanti sudah besar, bisa dibayangkan bagaimana kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang demikian itu? (Ingat di Amerika makanan bayi dilarang dibubuhi MSG).!

Kalau di atas tadi dibahas dari sisi mengenai efek mal nutrusi, bagaimana sekarang dari sisi konsumsi natrium/sodiumnya? Seperti sudah berulang kali diatas dijelaskan 1 gram garam dapur adalah setara dengan 1 sendok teh MSG/ Vetsin. Kalau dari sejak bayi saja sudah mulai dijejel dengan MSG dan terus sampai dewasa, Biasanya orang yang sudah biasa mengkonsumsi MSG menjadi toleran dan ingin makan lebih banyak lagi karena sudah kecanduan. Kalau dari bayi terus menerus makan MSG ngetrend (cenderung) seperti sekarang ini dosisnya, tidak mustahil 20 tahun kemudian nanti sebagian besar bayi bayi sudah mulai mengidap hipertensi.

Sekarang orang tidak bisa lagi menyebutkan 10 macam makanan yang tidak pakai MSG. Jadi makanan kita sudah dijajah dan dicemari berat oleh MSG. Makanan tradisionel dan lokal yang dulunya lezat oleh ramuan rempah atau bumbu rempah. Sekarang boleh dikatakan tidak ada lagi makanan tradisionel dan lokal asli yang tidak dicemari MSG. Bahkan sayur asem, sayur bening, sayur lodeh , sambel, santen cendol, adonan tepung pisang goreng, pun sudah dicemari MSG. Sudah begitu orang tidak tahu berapa kandungan MSG tadi dalam setiap masakan, sehingga jumlah total MSG dari berbagai macam masakan dan makanan yang sudah dilahap apa sudah melampaui batas ambang keamanan atau belum, tidak seorang pun yang .....dipost 2
image-url-apps
makasih gan infonya..
ane baca dulu gan.. panjang amiiir emoticon-Malu (S)
KASKUS Ads
thx infonya gan
×