alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5327c4be41cb17e5118b4683/cara-menghilangkan-karang-gigi-kita
Cara menghilangkan karang gigi kita
Gigi adalah karunia dan nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada manusia. Dengan adanya gigi maka kita dapat merasakan nikmatnya makanan yang masuk ke mulut anda. Tanpa gigi maka semua makanan akan sama saja rasanya. Bila kita tidak merawat gigi dengan baik maka dapat menyebabkan gigi menjadi hancur atau timbul karang gigi. Karang gigi adalah lapisan plak yang terdapat pada gigi anda, lapisan ini akan menjadi keras dan sulit dihilangkan.

Penyebab timbulnya karang gigi

Karang gigi muncul akibat pembentukan garam oleh air liur yang bersifat basa dengan sisa makanan yang bersifat asam. Gejala karang gigi ditandai dengan timbulnya plak yang menumpuk dipenuhi oleh bakteri dan kuman sehingga sulit dihilangkan.

Nah bagaimana cara menghilangkan dan membersihkan karang gigi?

1. Rajin menyikat gigi dengan rajin

Menyikat gigi minimal 2 kali sehari dapat membantu anda mebersiihkan karang gigi dan mencegah pembentukannya. Bila anda terus menerus menyikat gigi anda maka lapisan karang tersebut akan terangkat sedikit demi sedikit.

2. Perbanyak konsumsi buah – buahan

Buahan – buahan yang dikonsumsi dapat membantu anda membersihkan karang gigi dan membersihkan sisa – sisa makanan yang tertinggal di gigi dan gusi anda. Beberapa buah tersebut seperti aple dan buah sejenis yang bentuknya tidak lembek.

3. Menggunakan batu merah

Batu merah yang telah anda haluskan anda gunakan untuk menggosok bagian gigi anda yang terdapat plaknya. Sifat batu merah yang kasar akan membantu membersihkan karang gigi anda. Setelah selesai menggosok batu merah maka bersihkan kembali mulut anda agar tidak ada siswa sisa batu merah yang tertinggal. Gunakan secara rutin

4. Menggunakan biji asam kawak

Ambillah biji asam kawak secukupnya lalu sangrai dan tumbuk hingga halus. Tempelkan pada kapas lalu gunakan untuk menggosok bagain gigi yang terdapat karangnya.

5. Menggunakan cengkeh

Cengkeh memberikan banyak manfaat bagi gigi anda seperti membuatnya kuat dan tidak mudah rusak. Termasuk membersihkan karang gigi. Nah ambillah beberapa biji cengkeh lalu tumbuk hingga halus lalu gunakan serbuknya untuk digosok pada bagian gigi anda. Bersihkan hingga bersih dan lakukan secara rutin hingga karang gigi menghilang. Cara ini digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi masalah gigi mereka dan terbukti efektif.
Sumber : Cara membersihkan karang gigi
Mantabs gan tips nya.... klo ane biasa sikat gigi pake batu merah... setelah itu baru pake pasta gigi...
batu merah yg dimaksud itu batu bata merah ?
tips yg bagus emoticon-thumbsup
tp kalau ga salah pembetukan karang gigi sangat dipengaruhi oleh tingkat PH dari air liur (saliva) masing-masing orang
mungkin lebih lengkapnya bisa dijelaskan oleh dokter gigi emoticon-Big Grin