alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5325f63bc3cb17e1088b463a/udah-pernah-kena-cacar-air-belum
icon-hot-thread
Udah Pernah Kena Cacar Air Belum?
emoticon-roseSelamat Datang di Thread Sederhana TS einornamsirakemoticon-rose

Spoiler for HT#6:


Spoiler for no repost:


Spoiler for Dilihat dan Dilaksanakan:


Quote:
Buat informasi aja buat yang belum tau. Yang uda tau juga gpp deh. emoticon-Ngakak (S)
TS mau nanya nih, agan/sist udah pernah kena cacar air waktu kecil blum?


Spoiler for Cacar Air:


Nah gimana kalau agan/sist yang belum mengalami waktu kecil?
Karena saat dewasa penyakit ini kondisinya bisa menjadi lebih serius dan kadang-kadang menyebabkan komplikasi mematikan seperti pneumonia (radang paru) dan ensefalitis (infeksi otak). emoticon-Takut

Quote:Tapi jangan khawatir, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar air pada orang dewasa.

Spoiler for Pencegahan:


Quote:
Untuk pengobatan sendiri, cacar air ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi ada baiknya kita konsultasi ke dokter agar dapat pengobatan yang lebih baik dengan obat atau salep tertentu

Selain itu juga ada hal-hal yang harus agan lakukan juga bila agan/sista terkena cacar:


Spoiler for Cekidot:


Quote:Karena banyak yang menanyakan, apakah bila pernah kena akan terkena lagi? Ini jawabannya dari seorang dokter langsung.
Spoiler for Dokter Menjawab:


[url=http://gayahidup.inilah..com/read/detail/2033617/cacar-air-hanya-menyerang-sekaliini-hanya-mitos#.Uy7z-Kh_t1g]Sumber[/url]

Quote:

komen kaskuser

Quote:Original Posted By makankamus
Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah kena cacar. tapi jujur pernah kepikiran juga gimana kalau terkena di usia kepala 2 ini emoticon-Takut (S), nice share TS emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By rep0ott
Kalo masih kecil kena virusnya varicella gan... trus klo pas udah gede kena lagi namanya herpes zoster bukan doster.. virusnya namanya varicella zoster,ni ane lg kena... bedanya sama cacar air biasa, herpes zoster ini biasanya cuma di satu sisi bagian tubuh aja, kalo kena bagian kiri ya kiri aja, kanan ya kanan aja tergantung bagian syaraf yang kena.udah tau kan virua varicella-nya berdiam di ujung2 syaraf perifer... rasanya tu nyeri banget, panas bgd, pokoknya kaya pegel gt lah, maklum ane kena dr telinga sampe leher sebelah kiri alhasil ga bisa nengok ke kiri... emoticon-Frown

awalnya cuma merah2 gt, rasanya nyeri, ky luka sayatan, lama2 keluar bintik2 merah tapi ngerombol bayak banget (cari aja gambar di google pake keyword herpes zoster) ngeri banget lah pokoknya mana sakit, nyut2an, noleh ga bisa emoticon-Frown
lama2 bintik2 merah itu jadi nglembung2 isinya air kaya luka kesudut rokok gt... biasanya 7-14hr lah masa inkubasinya tergantung daya tahan tubuhnya tar kering sendiri jadi item2 gt kaya punya ane udah mau kering (doain cpet ilang bekasnya ya ane mau kimpoi ini) tapi walaupun udah kering nyerinya masih berasa, ini disebut post neurological herpes, walaupun udah bertahun2 sembuh katanya masih suka berasa nyeri...hikzz... maaf yaa jd curcol..

oia obatnya itu acyclovir crem sama acyclovir tablet 5x800mg per hari, sama obat neurotropic:neurosanbe plus trus vitamin buat daya tahan tubuh...


Quote:Original Posted By jimenisti


ane juga udah pernah kena gan, sewaktu smp. waktu itu ane banyak keluarin keringat, banyak minum air putih supaya banyak keluar keringat dan lancar bab juga. jadi semakin banyak ngeluarin keringat, urin dan bab, makin banyak deh penyakitnya keluar, bentol2 ditubuh juga jadi makin sedikit. itu ane rasain sendiri karena sodara ane 2 orang kena juga tapi males minum air dan buang air kecil, jadinya bentol2nya lebih banyak.

penyakit ini emang gampang menular apalagi pada anak2, tapi ada baiknya juga kena pada saat anak2, karena sel-sel kulit lebih mudah beregenerasi sehingga bopeng bekas cacar tidak akan begitu nampak saat dewasa.

yang udah pernah kena cacar pun resiko untuk kena lagi juga sangat kecil karena tubuh dengan sendirinya akan membentuk antibodi terhadap penyakit ini. ya kecuali kondisi tubuh benar2 sangat lemah kemungkinan tertular kembali bisa saja tapi kecil. cmiiw


Quote:Original Posted By davinof
Fakta cacar air secara umum berdasarkan pengalam pribadi :

1. Cacar air akan dirasakan oleh setiap anak manusia, sekali dalam seumur hidup (itu pasti). Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa cacar air juga akan kembali kambuh dengan tipe yang berbeda.


2. Mitos : Penderita cacar air tidak boleh ke luar rumah dan terkena angin.
Sebetulnya tidak seperti itu juga. Yang dikhawatirkan penderita cacar air yang bersosialisasi akan menularkan penyakitnya.

3. Mitos : Penderita cacar air dilarang mandi
siapa bilang? Banyak dokter yang mengatakan bahwa penderita cacar air boleh2 saja mandi tapi disarankan dengan air hangat.

4. Pada prinsipnya cacar air akan sembuh dengan sendirinya kok. Namun sebagai bentuk antisipasi sebaiknya memang diperiksakan ke dokter. Terutama bagi ibu hamil.


5. Seorang ibu hamil yang terkena cacar berpotensi menularkannya ke janin/bayi yang sedang dikandungnya. (menurut dokter ane seperti itu). Mohon dikoreksi.


Quote:Original Posted By gonil
pengalaman ane waktu itu keluarga ane kena cacar air tapi cuma nyokap doang gan yang cuma kenanya 3-4 titik, dan itu juga katanya ga gatel.
Ternyata pas ane telusurin, nyokap itu sering minum samiloto gan (rasanya jangan di tanya deh). mungkin samiloto bisa dimasukin sebagai referensi, karena ane sih ngalemin sendiri.


Quote:Original Posted By nashiru
ane 2 tahun yg lalu kena cacar air ini gan kalau di daerah ane (jogja) disebut juga cangkrangen, waktu itu sekeluarga yg gak kena cuma bapak ane aja.. emoticon-Matabelo
pertama kali yg kena adik ane yg paling kecil (5 tahun) kemudian adik ane yg no 3 (9 tahun) habis itu emak ane (44 tahun) dan ane (21 tahun) barengan sama adik ane yg satunya lagi (19 tahun) emoticon-Sorry
jadi ni penyakit bisa nyerang dr segala umur gak cuma anak kecil aja, tp kebanyakan yg kena anak-anak kecil. o iya gan kalau kena cacar air jangan digaruk, nanti bekas benjolan yg pecah tu sulit ilangnya. kalau ane dulu sehabis kena itu buat hilangin bekas cacar airnya pake sabun susu kambing sama jagung muda diparut kemudian digunakan buat masker (kalau diwajah) atau di ratakan ke bagian yg bekas kena cacar air itu gan.
InsyaAllah cepet ilangnya.. emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By ucilapple
ane sebagai orang medis, menurut ane mending cepet kena cepet selesai gan, daripada kenanya ntar2 apalagi kena pas lagi hamil,itu bisa bahaya buat janinnya juga gan.
Bila saat ini sedang menderita varicella/cacar air,sebaiknya jaga kondisi tubuh, minum imunomodulator supaya kekebalan tubuh tidak semakin drop, trus tetep mandi,jangan pake sabun2 antiseptik (de**ol),mandi pake sabun biasa aja, dan jangan diolesi salep/kompres, karena hasilnya jelek bisa berbekas, mending berikan bedak Salicyl 2% itu hasilnya lebih bagus.. Itu berdasarkan ilmu ane di kedokteran gan.. emoticon-Smilie



Quote:
Makasih Udah Berkunjung Ke Thread Sederhana TS. Mudah-mudahan bermamfaat !!!

Mampir juga ke RUANG GA GUNA ini yah !!
emoticon-Salaman




Sumber
Wikipedia


Quote:
Thread Ini Disupport oleh

Udah Pernah Kena Cacar Air Belum?


Klik Banner Untuk Mengunjungi Base Camp Devil's Rose


emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose Udah Pernah Kena Cacar Air Belum? emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose
reserved emoticon-Cool mejeng dulu akh
aku belum pernah kena gan

nice infonya emoticon-Smilie
udah gan, tapi ati2, jangan nularin yang laen ya gan
threadnya informatif gan emoticon-thumbsup
TQ gan tips mya..Btw ane blm kena cacar sih emoticon-Malu takut ane kena emoticon-Takut (S)



emoticon-rose
Pernah dengat mitos atau beneran .
Benarkah cacar air hanya menyerang 1x aja

Udah pernah kena sih waktu kelas 6 SD
Quote:Original Posted By kurtuby1609
reserved emoticon-Cool mejeng dulu akh


haha mangga a.. emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By bukanartisbiasa
aku belum pernah kena gan

nice infonya emoticon-Smilie


iya jaga-jaga aja klo uda dewasa katanya bisa lebih parah emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By orangisenq
udah gan, tapi ati2, jangan nularin yang laen ya gan


info aja ini gan.. buat yang belum pernah..

Klo pas kena cacar pke kemeja aja gan tp kemeja yg reguler tentunya,,jadi kalau mau pake dan lepas pakaiannya mudah dan gak gesek2 ke cacarnya...itu pengalaman ane dl hehe
Quote:Original Posted By charemon
threadnya informatif gan emoticon-thumbsup


makasih gan udah mampir + komeng.. mudahmudahan bermamfaat..

Quote:Original Posted By lnvinity.
TQ gan tips mya..Btw ane blm kena cacar sih emoticon-Malu takut ane kena emoticon-Takut (S)



emoticon-rose


ati-ati gan itu ada pencegahannya.. bisa lebih parah sampai komplikasi emoticon-Takut (S)

Quote:Original Posted By niank
Pernah dengat mitos atau beneran .
Benarkah cacar air hanya menyerang 1x aja

Udah pernah kena sih waktu kelas 6 SD


engga gan.. cacar setau ane penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seseorang.. klo uda dewasa kondisi pisik lagi drop kekebalan tubuh rendah katanya bisa kena lagi.. #cmiiw

trit bagus nih emoticon-thumbsup
udah pernah pas kelas 3 sd
pernah kena gan jaman kuliah dulu,,,
beberapa bekasnya masih terlihat sedikit,,,

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Ane kena cacar air tahun lalu gan, gara2 teman satu kamar di kost kena cacar air. Habis dia kena langsung menular ke ane
Quote:Original Posted By hidatidosis
Klo pas kena cacar pke kemeja aja gan tp kemeja yg reguler tentunya,,jadi kalau mau pake dan lepas pakaiannya mudah dan gak gesek2 ke cacarnya...itu pengalaman ane dl hehe


iya gan sesuai gambar tuh

Quote:Original Posted By blekuthak
trit bagus nih emoticon-thumbsup


makasih gan..

Quote:Original Posted By Broom55
udah pernah pas kelas 3 sd


hati-hati aja gan jangan ampe kondisi drop kekebalan tubuh lagi rendah.. katanya bisa kena lagi kalau waktu masa kecil cacarnya ga tuntas
Mejeng di pejwan aja dah emoticon-Cool
ane dah pernah kayaknya gan 2x malahanemoticon-Hammer daya tahan tubuh ane kurang ganemoticon-Big Grin
blom pernah kena ane gan.... emoticon-Cool
dan, sebisa mungkin gag kena
Thanks infonya gann
kok bisa ampe konplikasi gitu kak? emoticon-Bingung (S)
ngeri juga emoticon-Takut (S)