alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53247e0f19cb17161e8b45c9/kafein-dapat-meningkatkan-memori-jangka-panjang
Kafein Dapat Meningkatkan Memori Jangka Panjang
Kafein Dapat Meningkatkan Memori Jangka Panjang
Beberapa study menunjukkan bahwa kafein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Study baru menunjukkan bahwa kafein dengan dosis tertentu dapat membantu untuk meningkatkan memori jangka panjang. Hal ini diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience.

Penelitian sebelumnya memang telah menganalisis dampak kafein sebagai penambah kemampuan kognitif, akan tetapi apakah kafein dapat meningkatkan memori jangka panjang? Hal ini belum pernah diteliti secara rinci.

Untuk mengetahui dampak ini para peneliti menganalisa 160 orang peserta dengan range usia 18 sampai 30 tahun. Pada hari pertama, peserta ditunjukkan obyek berupa gambar yang berbeda-beda dan mereka diminta untuk mengklasifikasikan sebagai “indoor” atau “outdoor” item. Segera setelah melakukan hal tersebut, secara acak para peserta diberikan 200 mg kafein dalam bentuk pil, atau tablet plasebo (tablet tanpa bahan berkhasiat dalam hal ini kafein).

Keesokan harinya, mereka kembali diperlihatkan gambar-gambar yang sama beserta beberapa yang baru. Dan mereka diminta mengidentifikasi apakah gambar-gambar tersebut sebagai gambar : baru, lama atau hanya mirip dengan gambar yang asli.

Dari penelitian ini , para peneliti menemukan bahwa para peserta yang mengkonsumsi kafein dapat mengidentifikasi gambar yang mirip dengan baik, sedangkan peserta yang mengkonsumsi plasebo tidak demikian. Akan tetapi, para peneliti mencatat bahwa kedua kelompok masing-masing dapat secara akurat membedakan foto-foto itu sebagai foto lama atau baru. Sebelum kesimpulan dibuat, penelitian lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan dosis kafein yang berbeda yaitu 100 mg dan 300 mg. Para peneliti menemukan performa yang lebih baik pada dosis 200 mg, dibandingkan dengan dosis 100 mg, tapi tidak ada perbaikan pada dosis 300 mg kafein.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 200 mg kafein hari dalam sehari mampu memperkuatkan kemampuan ingatan jangka panjang.

“Penelitian serupa pernah dibuat pada populasi lebah madu. Lebah yang dilatih untuk mengunjungi bunga dengan jejak kafein kembali ke bunga-bunga tertentu tiga kali lebih sering daripada lebah mengunjungi bunga yang tidak berkafein, hal ini juga mengarahkan peneliti percaya bahwa kafein dapat meningkatkan memory jangka panjang.”

Disimpulkan bahwa dosis 200 mg kafein (minimal) diperlukan untuk mengamati efek kafein dalam memperkuat memori. Tim ini juga menemukan bahwa tidak ada perbaikan kinerja memori jika peserta diberi kafein 1 jam sebelum melakukan tes identifikasi gambar.

Banyak hal yang memungkinan kafein meningkatkan memori jangka panjang, misalnya mereka mengatakan kafein dapat menghalangi molekul yang disebut adenosine, dan menjaga fungsi norepinefrin yaitu hormon yang telah terbukti memiliki efek positif pada memori.

Manfaat Dan Resiko Mengkonsumsi Kafein

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kafein memang menawarkan manfaat kesehatan tubuh contohnya mengurangi risiko sakit liver , penelitian lain menunjukkan minum 2-4 cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko bunuh diri.

Tetapi pihak lain, salah satu studi mengenai kafein menunjukkan bahwa stimulan mampu mengganggu pola tidur, sementara penelitian lain menyatakan bahwa kafein dari minuman energi dapat memperburuk fungsi jantung .

Life Quality (lifqual.com)
nice info gan...

emoticon-I Love Indonesia (S)
Jantung yah. emoticon-Sorry

Gak masalah bro, asalkan selama hidup ente melakukan yang terbaik, walau hidup cuman sekali dan sebentar pun, ane rasa gak mau harus kehilangan nikmatnya secangkir kopi!
Thank udah share infonya gan! emoticon-Kiss
ane sih ga tiap hari banget minum kopi dan ga pernah lebih dari 2 kali per hari, kafein banyak banyak ga baik emoticon-Malu (S)
ada efek baik nya ternyata
hahahahah ente suka ngopi ya gan? bagus gan.emoticon-thumbsup
Alhamdulillah klo ada efek positif kafein.. soale ane suka ngopi..
kalo cukup mungkin banyak efek positifnya, kalo banyak lebih banyakan negatifnya, emoticon-Takut (S)
kalo kebanyakan entar ketagihan ganemoticon-Ngakak
nice info gan..
ada efek baik jg ternyata emoticon-Ngakak tp ttp aja bnyk yg memandang sebelah si kafein ini
Yang penting jangan berlebihan kali yah emoticon-Smilie nih ane juga punya gan artikel masalah kopi, siapa tau bisa berguna emoticon-Smilie

Kebaikan Kopi untuk Masalah Obesitas
Obesitas, Diet Sehat
Rabu, 14 Januari 2015

Jika Anda memiliki masalah dengan obesitas atau berpotensi menjadi gemuk, ada cara ‘keren’ mengatasinya, yaitu ‘ngopi’. Kopi tidak hanya bisa mencegah kenaikan berat badan, namun juga mampu menangkal sejumlah dampak buruk akibat obesitas.

Menurut studi yang dilakukan Universitas Georgia, kopi mengandung senyawa antioksidan yang ampuh menangkal kenaikan bobot tubuh sekaligus mengurangi peradangan pada pengidap obesitas. Senyawa yang bernama chlorgenic acid, atau sering disingkat sebagai CGA ini bisa ditemukan juga pada buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, tomat, dan blueberry.

“CGA adalah antioksidan yang ampuh mengurangi peradangan. Banyak bukti yang menyebutkan obesitas terkait erat dengan penyakit yang disebabkan peradangan kronis. Jadi kalau kita bisa mengontrol itu, kita bisa mencegah sejumlah efek negatif dari kelebihan berat badan,” ungkap ketua penelitian Yongjie Ma, dalam laporannya di jurnal Pharmaceutical Research edisi November 2014.

Dalam penelitian tersebut, CGA diuji coba kepada tikus percobaan. Tikus-tikus itu rutin diberikan asupan lemak tinggi selama 15 hari, lalu disuntikkan senyawa CGA terkonsentrasi selama dua kali sepekan. Hasilnya cukup positif. Senyawa itu ternyata tidak hanya mampu menangkal kenaikan berat badan, namun sekaligus menjaga level gula darah dan fungsi liver si tikus tetap normal dan sehat.

Meski begitu, Ma menekankan bahwa riset tersebut masih harus dikembangkan untuk pengujian lebih lanjut. Meski baik untuk kesehatan, Ma menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi. Agar lebih aman, minumlah kopi sewajarnya untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.



Artikel ini telah direview dan disetujui oleh dr. Rizky Amelia

- See more at: http://udoctor.co.id/obesitas/kebaik....fZCSJqx3.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin