CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Ngamen 18+] Ini Pilihan bukan Keterpaksaan..
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53218ba71acb173a7f8b4570/ngamen-18-ini-pilihan-bukan-keterpaksaan

[Ngamen 18+] Ini Pilihan bukan Keterpaksaan..

Proud to be part of
[Ngamen 18+] Ini Pilihan bukan Keterpaksaan..
Click Image To Visit Our Home


[Ngamen 18+] Ini Pilihan bukan Keterpaksaan..


Spoiler for Repost:


Quote:


Quote:


Beberapa hari yang lalu, kurang lebih jam sembilan pagi, ane menjadi penumpang bus umum yang sudah sangat lama tidak pernah ane tumpangi. Yah, sejak tahun 2003 sudah lama banget kan gan?.. emoticon-Big Grin
FYI, sebelum tahun itu, dari sekitar 1996 ane adalah pelanggan tetap bus umum jalur itu. Ini salah satu penampakan bis umumnya gan:
Spoiler for Bus:

Agan-agan kaskuser regional Solo dan sekitarnya pasti tahu dan pernah liat atau bahkan pernah jadi penumpang juga. Kenapa ane lama gak naik bus itu? Karena emang udah gak ada kepentingan rutin di jalur itu, ane merantau ke kota lain dan juga ane udah ada kendaraan pribadi.

Bukan soal bus umum jalur ini yang pengen ane angkat ceritanya disini gan, tapi soal pengamen yang menghuni/menguasai/menggawangi (atau apalah istilahnya) dalam bus yang ane maksud. Dulu tahun 1996 hingga 2003 ane sangat hafal siapa-siapa saja pengamen dan lagu-lagu yang sering mereka bawakan. Naik dari mana, lalu turun dimana ane sampe hafal. Ada yang jadi favorit ane karena lagu-lagunya yang bagus, updated, suara bagus dan sopan saat meminta pemberian penumpang. Dan ada juga yang ane benci karena nyanyinya ngawur (menghibur kagak mengganggu iya) dan saat meminta pake maksa.

Spoiler for CERITA:

Ane mulai menghitung-hitung sendiri untuk ukuran sekarang dengan angka kasar gan. Jika dalam satu kali "naik" seorang pengamen mendapatkan rata-rata 10 orang (ane rasa lebih dari itu, tapi anggap aja begitu) dari 30 bahkan 50 penumpang yang ada dan setiap orang memberikan seribu rupiah, mereka sudah mengantongi Rp. 10.000,-
Dalam waktu sehari (pagi-sore, 12 jam) ada sekitar 48 bus yang melintas di wilayah ngamen mereka karena setiap 15 menit bus jalur ini melintas searah. Jika dihitung bolak-balik ada 96 bus melintas.
Jika pengamen menaiki 25% saja dari bus yang melintas, yaitu 24 bus, maka dalam sehari sudah mendapatkan Rp. 240.000,-
Rp. 240.000,- per HARI
Rp. 1.200.000,- per MINGGU (5 hari kerja emoticon-Hammer )
Rp. 4.800.000,- per BULAN

Quote:

Inget gan, ane hanya ambil contoh jika HANYA 25% kesempatan yang mereka gunakan, dan 5 hari kerja (tambah dibikin enak nih gan hitungan ane emoticon-Ngakak (S)).. Bagaimana jika mereka bisa mengoptimalkan peluang itu?.. 50% atau 80%?.. Tidak akan mungkin 100% sih emoticon-Hammer
Tapi itu adalah angka yang sangat luar biasa dengan modal lagu yang sama (tanpa belajar lebih), mengafal kunci gitar kecil (ukulele) yang sama, tanpa modal BBM, kedisiplinan jam trayek dan biaya perawatan onderdil (jika dibandingkan dengan kru bus).. emoticon-Cape d... (S) Kenapa berani menyanyikan lagu yang selalu sama?.. Yah, karena penumpangnya yang berbeda-beda gan.. emoticon-Hammer (S)

Ane jadi manggut-manggut sendiri dan mengerti mengapa ane masih menemui mereka yang telah lebih dari 18 tahun tetap menjadi pengamen. Karena bagi mereka itu adalah PILIHAN, bukan KETERPAKSAAN atas keadaan hidup yang mereka jalani.

Quote:


Sekian thread "singkat" dari ane, semoga agan-sista berkenan berbagi pendapat disini.. emoticon-Smilie

NOTES: TS bukan bermaksud merangsang minat agan untuk jadi pengamen dengan hitungan itu. Hanya sekedar berbagi "lamunan" yang TS yakin sudah banyak juga agan-sista lamunkan.. emoticon-Smilie. TS juga tidak terlalu menganggap mudah untuk jadi pengamen (mereka butuh mental yang kuat, menghadapi masalah sindikat, premanisme dll..).. So mari diskusikan emoticon-Smilie


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)






Diubah oleh vannzenviq
Halaman 1 dari 11
KOMENG KASKUSER YANG PERNAH NGAMEN

Quote:


emoticon-Matabelo Kalo nyanyinya menghibur ane juga suka ngasih gan..

KOMENG KASKUSER YANG KALKULATORNYA BARU emoticon-Peace


Quote:


emoticon-Matabelo Lebih banyak ini ya reg..

KOMENG MENARIK YANG LAIN


Quote:


Ya gan.. emoticon-Smilie
Yang ane temuin mungkin cuma segelintir dari ribuan yang ada di Indonesia..
Diubah oleh vannzenviq
keren tuh bapak, masi betah aja ngamen
penghasilannya mayan buat idup nah emoticon-Hammer
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Itu dia gan mereka akan makin betah jika penghasilannya aja jauh lebih besar daripada orang yang bekerja dengan penghasilan UMR

makanya makin lama makin menjamur pengamen dijalanan
emoticon-Ngakak Galang Rambut Anarki gan?..
Mau bilang wow apa heran yah sama bapak itu?..
Itulah Indonesia gan
Menurut ane sih penyakit sosial. Syukurlah udah banyak trayek bus yang sekarang melarang pengamen naik karena mengganggu penumpangnya.



[Ngamen 18+] Ini Pilihan bukan Keterpaksaan..
Nih gan buat ente, kan ente lebih kasian dari pengamen emoticon-Big Grin
ud 18 tahun ngamen???gileee...emoticon-Matabelo
kalah" gaji ane...emoticon-Ngakak
Mantab Gan...
Berarti Gaji ane sama dengan upah ngamen di solo per bulannya...



emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo kenceng bener pendapatan nya Rp. 240.000 rb perhari, nice trit calon HT nih emoticon-Rate 5 Star

Quote:
Diubah oleh sluurf
Ya itulah gan...sebenernya semua emang pilihan...dan menjadi pengamen juga merupakan pilihan...karena uda terjebak kedalam comfort zone otomatis bakal sulit untuk keluar dari keseharian itu...kalo ada yang gampang ngapain cari yang susah kira-kira seperti itu...didukung pula ga ada kebijakan pemerintah yang ngatur hal-hal seperti ini kalopun ada ya pelaksanaanya ga beres... :hopeless
tapi sayang nya terlalu banyak saingan juga ganemoticon-Traveller
penghasilannya lebioh besar ketimbang beberapa kaskuser
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ya itulah pilihan hidup gan. bagi ane asal pengamen bener2 menghibur dan sopan, ane dg senang hati memberi gan.
Quote:


Itulah yang bikin ane juga terperanjat gan.. emoticon-Big Grin

Quote:


emoticon-Mewek Banyak perda-perda tumpul untuk masalah semacam ini gan..

Quote:


Kampret ente gan.. emoticon-Ngakak (S)
Quote:

v
v
v
Quote:


emoticon-Ngakak bukan ane gan loh gan..
untuk TS, pernah coba menghitung penghasilan pengemis jalanan? anak kecil ataupun ibunya yang ada di lampu merah?

kalo belom pernah, kita coba itung yah

Spoiler for perhitungan:
Diubah oleh reggyadinugraha
gedean ngamen yak....emoticon-Matabelo
kalo ditekunin gitu emang gede ye hasilnya gan emoticon-Matabelo

gak nyangka beud dah, seorang pengamen dapet segitu emoticon-Matabelo
Quote:


Yah, misal angkanya meleset juga gak jauh-jauh amat deh gan.. emoticon-Big Grin
gaji ngamen udh kyk gji PNS aj
Quote:


Bukan gaji gan.. penghasilan.. emoticon-Big Grin emoticon-Hammer
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di