Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beequeenzAvatar border
TS
beequeenz
Bahaya Asbes Bagi Paru-Paru Kita Juragan (Cekidot) !!!
Bahaya Asbes Bagi Paru-Paru Kita Juragan (Cekidot) !!!

Kita tentu sudah sangat familier dengan bahan asbes sebagai salah satu bahan utama kegiatan konstruksi rumah kita, terutama untuk plafon rumah. Penggunaan bahan initentu tidak sebatas untuk kepentingan ini. Di dunia penggunaan bahan asbes (asbestos) jauh lebih banyak tidak terbatas pada plafon rumah semata.  Dan celakanya, ternyata berdasarkan penelitian, bahan asbes ini berbahaya bagi kesehatan dan bersifat karsinogenik. Beberapa unsur asbes dapat terhirup ketika kita bernafas, masuk ke paru-paru dan beresiko kanker. Karena sifat ini di beberapa negara maju (Amerika dan Eropa),  penggunaan bahan asbes ini telah mulai dilarang !!!


Quote:


Namun apa sebenarnya Asbes itu? Berikut berbagai sifat dan karakteristik bahan asbes yang penting kita ketahui.


Asbes adalah nama sekelompok mineral berserat dengan serat terpisah, panjang, dan tipis. Serat asbes mempunyai potensi kuat untuk dapat terlepas di udara. Serat asbes bersifat  tahan panas, sehingga banyak digunakan untuk keperluan industri. Karena daya tahan mereka, serat asbes yang masuk ke jaringan paru-paru akan tetap untuk bertahan didalam paru-paru dalam jangka waktu lama.

Secara umum terdapat dua jenis asbes, amphibole dan chrysotile. Beberapa studi menunjukkan bahwa serat amphibole mempunyai kemampuan lebih lama tinggal di paru-paru l daripada chrysotile. Berdasarkan kecenderungan, sehingga jenis ini bahan ini bersifat toksis bagi tubuh .

Sementara menurut US Environmental Protection Agency (EPA), terdapat enam jenis mineral asbes, dengan jenis terbanyak yaitu chrysotile dan lima jenis golongan  amphibole, yaitu  actinolite, tremolite, anthophyllite,  crocidolite, dan amosite.


Nilai Ambang batas konsentrasi asbes di udara ambient berkisar  pada 00001-0,0001 serat per mililiter (fiber / mL). Jika nilai ambang ini terlampaui akan sangat beresiko terhadap efek pada kesehatan manusia.

Serat asbes hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Karena sesuatu sebab, menyebabkan serat melayang di udara, mereka dapat dengan mudah terhirup ketika kita bernapas dan masuk dalam paru-paru. Para ilmuwan telah mengakui asbes sebagai ancaman kesehatan bagi manusia karena serat dapat terhirup ke dalam paru-paru dan dapat menyebabkan kanker dan penyakit paru-paru lainnya. Resiko ini terutama menjadi meningkat ketika kita berada pada lingkungan terpapar debu asbes dalam jangka waktu lama. Diketahui masa inkubasi yaitu jeda waktu antara ketika menghirup sehingga terjadi manifestasi kesehatan dapat berlangsung selama 30 tahun atau lebih.


Quote:

Beberapa keunggulan bahan asbes sehingga banyak digunakan untuk keperluan industri, antara lain karena serat asbes hanya sedikit menyerap air,  sangat tahan terhadap panas dan api, tahan terhadap asam, penghantar listrik dan panas yang jelek, tahan terhadap gesekan dan cuaca, mampu menyerap suara. Serat asbes antara lain digunakan  untuk bahan pencampur atap, bahan pembungkus, bahan penahan panas dan api dan bahan pelapis rem dan kopling.

Jika kita telah bekerja lama pada lingkungan dengan resiko terpapar asbes tinggi, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dengan dengan keahlian dalam pengelolaan  dan evaluasi yang berhubungan dengan penyakit paru-paru karena asbes !!!


Pengaruh Kesehatan

Berdasarkan kesimpulan hasil pengamatan penyakit pada kelompok pekerja dengan paparan kumulatif asbes 5 - 1.200 fiber-year/mL, didapatkan hasil bahwa eksposur signifikan untuk semua jenis asbes akan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kanker paru-paru,  mesothelioma paru-paru, gangguan non malignant pleura, termasuk asbestosis , plak pada pleura, penebalan pleura, dan efusi pleura.  Eksposur tersebut akan dihasilkan dari 40 tahun pajanan pada konsentrasi udara 125-30 serat / mL.

Penyakit karena paparan asbes membutuhkan waktu lama untuk berkembang. Sebagian besar kasus kanker paru-paru atau asbestosis pada pekerja asbes terjadi 15 tahun atau lebih setelah paparan awal. Faktor perokok beresiko jauh lebih besar terkena kanker paru-paru daripada bukan perokok karena asbestosis ini.  Sementara secara umum waktu antara diagnosis penyakit ini dengan waktu pajanan awal asbes sekitar 30 tahun atau lebih.


Quote:

Quote:

Spoiler for Sumur:

Quote:
JANGAN LUPA DI RATE JURAGAN

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

SR TAPI KASIH RATE LEBIH TERHORMAT DARI JUNKER

JUNKER PASTI DAPAT BATA

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh beequeenz 14-03-2014 08:10
0
11.5K
61
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan