- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia


TS
anggerrailfans
[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://s.kaskus.id/images/2013/11/03/5514132_20131103120756.gif)
SelamatDatang
Selamat pagi para kaskuser , kita ketemu lagi nih


Pasti agan semua banyak yang belum tau tentang fakta fakta yang menarik tentang kereta di Indonesia kan? daripada penasaran yuk langsung ke TKP
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://s.kaskus.id/images/2013/11/07/5514132_20131107044953.gif)
#SHIFT+X untuk membuka semua spoiler
Quote:
Spoiler for 1. Jalur Pertama:
Jalan rel pertama di Indonesia diresmikan pada tanggal 10 Agustus 1867. Jalan sepanjang 25 km ini menghubungkan Semarang dengan desa Tanggung
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/ajarkonmuter.files.wordpress.com/2010/08/tanggung.jpg)
Quote:
Spoiler for 2. Stasiun tertinggi:
Stasiun Cikajang merupakan stasiun kereta api di Cikajang, Garut. Dengan ketinggian 1246 dpl, stasiun ini merupakan stasiun paling tinggi di Indonesia. Stasiun ini dibangun pada tahun 1926 dan dinonaktifkan pada tahun 1983 Stasiun ini memiliki 3 jalur, jalur 1 merupakan sepur badug, jalur 2 merupakan sepur belok yang ujungnya terdapat banyak percabangan yang mengarah ke pabrik, jalur 3 merupakan sepur lurus . Stasiun yang merupakan stasiun ujung ini itu dikelilingi oleh pegunungan maka dari itu hawa daerah situ pun sangat sejuk. Stasiun ini dulu sangat ramai dengan penumpang namun karena jalurnya sudah banya karatan dan rusak, akhirnya stasiun dan jalur ini ditutup pada dekade 1980an.
Quote:
Spoiler for 3. Jembatan Terpanjang:
Pangandaran adalah salah satu tempat wisata primadona di Jawa barat. tapi taukah anda. ada setitik kenangan disini.? yaitu jalur kereta Banjar Pangandaran Cijulang. yang saat ini telah mati dan hanya tinggal menyisakan kenangan tempo dulu. jalur kereta ini dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda.Jembatan Cikacepit dengan panjang 1.250 meter, lebar 1,70 meter, dan ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan tanah
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/4.bp.blogspot.com/-cWETQ4dMxP8/T2gPcR6cZ6I/AAAAAAAAAJw/bJVItL_Nzj4/s1600/COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Spoorbrug_op_het_traject_Bandjar_-_Tjidjoelang_TMnr_60016850.jpg)
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/4.bp.blogspot.com/-cWETQ4dMxP8/T2gPcR6cZ6I/AAAAAAAAAJw/bJVItL_Nzj4/s1600/COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Spoorbrug_op_het_traject_Bandjar_-_Tjidjoelang_TMnr_60016850.jpg)
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/3.bp.blogspot.com/-Z27mcES4DoA/T2gQekdhZQI/AAAAAAAAAKA/2PXjIStBETU/s1600/3719152966_afa2060eb6_o.jpg)
Quote:
Spoiler for 4. Terowongan Terpanjang:
Terowongan Wilhelmina merupakan terowongan kereta api terpanjang di Indonesia. Terowongan ini memiliki panjang 1116 meter dan dibangun untuk mendukung jalur kereta api rute Banjar - Pangandaran - Cijulang (82 km). Terowongan ini berada di perbatasan antara Desa Bagolo dan Desa Emplak, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat.
Terowongan Wilhelmina dibangun oleh perusahaan kereta api SS (Staats Spoorwegen) dan dibangun pada tahun 1914 serta mulai digunakan pada 1 Januari 1921. Namun terowongan ini kemudian menjadi non aktif seiring ditutupnya jalur kereta api rute Banjar - Cijulang (82 km) pada 3 Pebruari 1981 karena mahalnya biaya operasional dan sedikitnya pemasukan dari para penumpang kereta api.
Terowongan Wilhelmina dibangun oleh perusahaan kereta api SS (Staats Spoorwegen) dan dibangun pada tahun 1914 serta mulai digunakan pada 1 Januari 1921. Namun terowongan ini kemudian menjadi non aktif seiring ditutupnya jalur kereta api rute Banjar - Cijulang (82 km) pada 3 Pebruari 1981 karena mahalnya biaya operasional dan sedikitnya pemasukan dari para penumpang kereta api.
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/indonesianheritagerailway.com/images/stories/11_konstruksi/photos/konstruksi_terowongan_wilhelmina.jpg)
Quote:
Spoiler for 5. Lokomotif Listrik Pertama:
Lokomotif listrik ESS 3201 adalah salah satu lokomotif listrik yang pernah melayani koridor Batavia (Jakarta) - Buitenzorg (Bogor). Lokomotif yang dijuluki "Bon Bon" ini buatan pabrik Werkspoor Belanda tahun 1926 dan berdinas semenjak masa kolonial hingga tahun 1970an
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/farrachman.files.wordpress.com/2011/06/trem-listrik-kuno.jpg)
Quote:
Spoiler for 6. Lawang Sewu:
Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS. Sebelumnya kegiatan administrasi perkantoran NIS dilakukan di Stasiun Samarang NIS. Namun pertumbuhan jaringan perkeretaapian yang cukup pesat, dengan sendirinya membutuhkan penambahan jumlah personel teknis dan bagian administrasi yang tidak sedikit seiring dengan meningkatnya aktivitas perkantoran. Salah satu akibatnya kantor pengelola di Stasiun Samarang NIS menjadi tidak lagi memadai. NIS pun menyewa beberapa bangunan milik perseorangan sebagai jalan keluar sementara. Namun hal tersebut dirasa tidak efisien. Belum lagi dengan keberadaan lokasi Stasiun Samarang NIS yang terletak di kawasan rawa-rawa hingga urusan sanitasi dan kesehatan pun menjadi pertimbangan penting. Kemudian diputuskan untuk membangun kantor administrasi di lokasi baru. Pilihan jatuh ke lahan yang pada masa itu berada di pinggir kota berdekatan dengan kediaman Residen. Letaknya di ujung Bodjongweg Semarang (sekarang Jalan Pemuda), di sudut pertemuan Bodjongweg dan Samarang naar Kendalweg (jalan raya menuju Kendal). NIS mempercayakan rancangan gedung kantor pusat NIS di Semarang kepada Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Ouendag, arsitek yang berdomisili di Amsterdam. Seluruh proses perancangan dilakukan di Negeri Belanda, baru kemudian gambar-gambar dibawa ke kota Semarang. Melihat dari cetak biru Lawang Sewu tertulis bahwa site plan dan denah bangunan ini telah digambar di Amsterdam pada tahun 1903. Begitu pula kelengkapan gambar kerjanya dibuat dan ditandatangi di Amsterdam tahun 1903.
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/df/Lawang_sewu.jpg/751px-Lawang_sewu.jpg)
Quote:
Spoiler for 7 . Lebar Track:
Jalan sepanjang 25 km ini menghubungkan Semarang dengan desa Tanggung menggunakan trak standar (1.435 mm).Lebar trak sempit pertama kali digunakan di Indonesia pada jalur yang menghubungkan Jakarta dan Bogor yang dibangun antara 1871-1873.Lebar trak yang digunakan adalah 1.067 mm seperti yang digunakan di Afrika Selatan. Pada masa pendudukan Jepang, beberapa jalur rel trak standar seperti jalur Solo-Yogyakarta dan Semarang-Solo diganti menjadi trak sempit 1.067 mm.Di samping lebar trak 1.067 mm, di Indonesia juga pernah terdapat beberapa jalur rel dengan lebar trak 750 mm dan 600 mm.Jalur trak 750 mm digunakan di Aceh pada awal abad XX dalam perang melawan pejuang Aceh. Lebar trak 750 mm juga digunakan di perkebunan tebu di pulau Jawa.Saat ini, tidak ada lagi jalur 600 mm di Indonesia karena perusahaan kereta api swasta yang menggunakannya sudah tidak ada.
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/42/Gauge_EN.svg/800px-Gauge_EN.svg.png)
Quote:
Spoiler for 8. Dipo KRL Terbesar se-ASEAN :
Dipo ini memiliki 14 jalur rel stabling (parkir) untuk 224 unit KRL. Itu juga dileng kapi dengan peralatan canggih dalam melakukan perawatan harian, bulanan dan tahunan KRL. Dukungan fasi litas ini dapat memordenisasi peralatan perawatan yang dimiliki PT KAI. Dipo KRL Depok mempunyai luas 27 hektare dilengkapi gedung perkantoran seluas 2.200 meter persegi, gedung pemeliharaan 8.600 meter persegi.
Thread Tentang Depo Depok
Thread Tentang Depo Depok
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/img.antaranews.com/new/2013/03/ori/20130306dukung.jpg)
Quote:
Spoiler for 9. Lokomotif terkuat:
Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan Electro Motive Diesel, Ontario, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini 2 lokomotif CC 202 bisa diganti dengan 1 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia.Keluaran daya nya 2150 HP
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/v1.cache6.c.bigcache.googleapis.com/static.panoramio.com/photos/original/65929375.jpg?redirect_counter=2)
Quote:
Spoiler for 10. Bengkel Lokomotif Terbesar se asia tenggara:
Balai Yasa Pengok, Yogyakarta dibangun pada tahun 1914 oleh Nederland Indische Spoorweg Maatschapij (NIS), namanya waktu itu adalah Centraal Werkplaats dan tugas pokoknya adalah melaksanakan overhaul lokomotif, gerbong dan kereta.Pada tahun 1942 diambil alih oleh pemerintahan Jepang dan perkeretaapian menjadi perusahaan kereta api pemerintah tugas pokoknya waktu itu sama dengan di awal dibangun yakni melaksanakan overhaul lokomotif, gerbong dan kereta. Pada tanggal 28 September 1945 perkeretaapian diambilalih oleh Pemerintah Indonesia. Tanggal pengambilalihan ini kemudian ditetapkan sebagai HARI KERETA API dan mana perusahaannya adalah Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI), sedangkan nama bengkel sendiri di ubah menjadi Balai Karya tetapi tugas pokoknya masih sama yakni melaksanakan overhaul lokomotif, gerbong dan kereta. Pada tahun 1959 Balai Karya diubah lagi menjadi Balai Yasa Traksi dan tugas pokoknya hanya melaksanakan overhaul lokomotif.
Thread Tentang Balai Yasa
Thread Tentang Balai Yasa
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://s.kaskus.id/images/2013/10/26/5514132_20131026074725.jpg)
Quote:
Sumber : Wikipedia
Terimakasih buat para agan semua yang telah mengunjungi Thread ane jangan lupa di


Kaskuser yang baik biasakan lah komeng
Spoiler for Jangan Di Buka:
Spoiler for Masih tetep mau buka?:
Spoiler for Jangan kaget ya?:
Spoiler for Tadaaa!:
![[New] 10 Fakta Menarik Seputar Kereta Api Indonesia](https://dl.kaskus.id/content1.lovelytoday.com/2012/07/17/10593.54150068.komeng-hl-2.jpg)
0
5.6K
Kutip
29
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan