alexa-tracking

Anda Bertanya Arkeolog Menjawab :: Seputar Candi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/531e7d5bfcca17da6b0000a7/anda-bertanya-arkeolog-menjawab--seputar-candi
Anda Bertanya Arkeolog Menjawab :: Seputar Candi
Anda Bertanya Arkeolog Menjawab :: Seputar Candi


Spoiler for Intro:


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:
emoticon-Big Grin
Reserved for Updates
emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Quote:
image-url-apps
gan tanya dong.

candi2 yang ada di sumatra tu apa aja?
kok gak setenar candi2 di tanah jawa?

borobudur itu yg bangun (memerintahkan) siapa dan kerajaan mana?

terus bagaimana dengan keraton (istana kerajaan) kok bekas (reruntuhannya) pada jarang ada ya?
KASKUS Ads
image-url-apps
Kalo candi yang ada di kampus pusat UII itu candi apa ya?
lha kalo situs2 megalitikum itu kan terbuat dari batu juga gan, kenapa gak bisa disebut sebagai candi? emoticon-Bingung (S)
eah ade angkatan penerus ane emoticon-Ngakak
ane bantu sundul and jawab deh sebisanya, soalnya bukan bidangnya (ane permuseuman dan kolonial emoticon-Big Grin )

Quote:

1. Candi di Sumatera termasuk candi, hanya saja biasanya disebut bukan candi, melainkan dengan nama biaro yang artinya biara. Kalo masalah tenar ato nggak nya, itu permasalahan pengelolaan pariwisata aja sih gan. Banyak kok candi di sumatera, bagus-bagus pula.

2. Bodobudur dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra dari kerajaan Mdang di JaTeng. Permasalahan siapa yang nyuruh bangun, masih simpang siur karena bukti tertulis (biasanya kalo candi itu buktinya prasasti) kurang lengkap. Tapi Borobudur selesai dibangun waktu Raja Samarottungga memerintah. Nah, waktu Borobudur dibangun, itu Kerajaan Mdang dibawah pengaruh Sriwijaya gan.

3. Untuk bangunan bersifat duniawi seperti keraton, pada masa itu biasanya dibangun dari bahan yang mudah rapuh dan terurai seperti kayu, bambu, sabut kelapa, dll. Makanya bahan-bahan sperti ini mudah hancur tidak tersisa.

Quote:

1. Dulu waktu lagi rame-ramenya ane setelah pulang kampus sering kesana. Ada dua nama, Candi Pustakasala dan Candi Kimpulan.

2. Dilihat dari temuannya, ada arca Ganesha, Nandi, dan Lingga-Yoni membuktikan bahwa candi Kimpulan bercorak agama Hindu. Bentuknya yang aneh menimbulkan dugaan bahwa Candi ini dulunya enggak 100% dari batu aja, tapi ada unsur lain mungkin bambu atau kayu sebagai pilarnya.

Quote:


1. Situs yang kaya gimana dulu nih, megalitik banyak gan macamnya. Ane benerin sebutannya ya. Salah kalo nyebut situs megalitikum, yang benar: Situs Budaya Megalitik emoticon-Smilie Karena megalitikum bukan sebuah masa atau jaman, melainkan budaya emoticon-Big Grin

2. tepatnya, budaya megalith adalah cikal-bakal munculnya candi. Kalo pernah dengar Punden Berundak, nah itu proto-type candi-candi yang ada di Indonesia. Ketika budaya percandian masuk, masyarakat kita dulu udah punya tempat pemujaan sendiri, namanya Punden Berundak. Nah karena mereka berfikir fungsinya sama, dan bentuknya mirip, makanya terciptalah Candi. Kalo nggak percaya agan boleh lihat foto-foto candi di India dengan di kita gan.
Quote:


oke gan, thanks koreksinya emoticon-Blue Guy Cendol (L)

yes, salah satunya ya punden berundak itu. btw khusus untuk candi2 peninggalan masa mataram hindu-buddha, arsitekturnya mirip sama arsitektur candi2 di india selatan tu gan.
Quote:


Yoi,
tapi perbedaan nya candi-candi yang dimaksud itu atapnya selalu berundak-undak kan? Seperti Prambanan. Itulah namanya local genius, jadi ketika budaya percandian masuk, kita mengkombinasikan dengan apa yang sudah miliki.

Kalau mau candi yang miripnya nyaris mendekati candi di India Selatan, coba lihat foto Candi Bima di Kompleks Candi Dieng
Quote:


menurut sumber Cina dari dinasti Tang,hanya menyebutkan tembok luarnya terbyat dari papan kaya dan atapnya berdaun palma.Seberapa besar dimensi bangunannya tidak diketahui,tapi sekali lagi menurut sumber Cina,kerajaan Jawa memili 32 pejabat tinggi kerajaan.Jika itu benar,maka akan memerlukan ruang yang sangat luas untuk menampung pejabat2 tadi.Bangunan kraton dari masa klasik masih bisa dilihat pada Kraton Ratu Boko (meskipun awalnya berfungsi sebagai Biara,lalu oleh Rakai pu Kumbayoni,dijadikan sebagai Kraton)
Quote:


yang unik dari candi Kimpulan adalah bahwa di Jawa pernah ada sekte pemujaan Ganesha,padahal pada masa itu,kebanyakan orang memuja dewa Siwa.
Quote:


Candi2 di Sumater memang tidak setenar di Jawa karena sebagian besar candi yang ditemukan hanya tinggal pondasinya saja,terus candi2 di Sumatera umumnya minim hiasan sehingga terkesan kurang menarik untuk dilihat,dan terakhir rata2 candi di Pulau Sumatera berada di lokasi yang sulit untuk dicapai.Nih ane kasih picnya emoticon-Big Grin

Quote:
Quote:


tepatnya yang bangun siapa nih gan? Medang kah atau Sriwijaya kah?

Quote:



kemudian

Quote:


sehingga kalau saya boleh beranggapan bahwa Borobudur adalah mahakarya Samaratungga dalam kerajaan sriwijaya, karna dari keterangan yang saya baca ada prasasti di bangka yang berisi kutukan tentang mereka yang tidak taat kepada sriwijaya dalam hal ini tanah jawa (Medang) exspansi pun dilancarkan oleh sriwijaya ke tanah jawa, dan akhirnya pemerintahan sriwijaya dipindah ke jawa di masa keruntuhan wangsa sanjaya ke wangsa sailendra...


mohon koreksi dari para ahli.

sumber

wah ane bukan ahli gan, ane juga masih belajar. emoticon-Big Grin ilmu ane blum sempurna emoticon-Smilie
setelah ane ricek lagi jawaban ane, ane ralat gan. Maklum udah lama emoticon-Big Grin
Quote:
nice info gan, gan punya versi pdf sumbernya ga ya? emoticon-Malu
kerajaan2 sunda punya peninggalan candi gak? emoticon-Bingung (S)
Agan2 arkeolog yang terhormat, ane mau ngasih link nih, threadnya baru beberapa minggu tapi udah agak tenggelam memang...

Tentang penggalian sebuah situs oleh masyarakat...
http://www.kaskus.co.id/thread/532fe...us-pelawangan/

Menurut agan2, sebaiknya saran2 apa yang harus dilakukan pada kasus link di atas? Terima kasih sebelumnya...
image-url-apps
kalo jawa barat kan dulunya hindu budha juga, ko ga ada candi ya gan?
Quote:


Ada kok gan, misalnya percandian candi Buddha kuno Batujaya di Karawang, Candi Bojongmenje di daerah Rancaekek, Bandung, terus ada juga Candi Hindu Cangkuang di Garut, dan ada juga situs percandian Hindu Cibuaya di Karawang. Bahkan percandian Batujaya merupakan salah satu situs candi yang tertua, dari abad 2 Masehi. Tapi yang ane masih bingung, peninggalan kerajaan manakah candi2 di Jawa Barat tersebut, apakah Tarumanegara? Atau kerajaan yang masih legenda bernama Salakanagara yang lebih tua umurnya?

Ngomong2, ada yang menarik tentang penemuan Candi Cangkuang Garut. Ternyata situs Cangkuang sudah terkenal untuk ziarah jauh sebelum ditemukannya candi di daerah sana. Ini dikarenakan ada seorang penyebar Agama Islam yang meninggal di Cangkuang dan makamnya sering diziarahi orang. Ternyata, setelah ditemukan arca Syiwa di sekitar makam, dan diadakan pemugaran makam, gundukan yang terletak tepat di sebelah makam ternyata adalah sebuah candi, dan sekarang dinamakan Candi Cangkuang. Situs cangkuang jadi menarik, bisa digunakan untuk ziarah orang Hindu, bisa juga jadi situs ziarah orang Islam.
Quote:


Kalau kata dosen ane,di Jawa Barat memang sedikit sekali ditemukan candi karena bentuk pemujaanya berbeda dengan yang ada di Jawa Tengah.Entah apa perbedanya.Hingga sekarang masih misteri.mengapa sedikit sekali ditemukan candi di Jawa Barat.O ya gan,yang candi cangkuang itu tidak bisa digunakan sebagai data Arkeologi karena banyak penyimpangan dalam proses rekonstruksinya.
Quote:

Terima kasih atas infonya gan.Sukses juga buat agan feniks.Memang pada saat ini sedang digencar-gencarkannya gerakan Arkeologi Publik.Jadi situs arkeologi tidak hanya menjadi monopoli bagi kalangan arkeolog saja,tapi publik atau masyarakat dapat berpartisipasi dalam penelitian arkeologi.Tentunya dengan dasar2 yang ilmiah.Tentang candinya sendiri,ane simpulin,entah apa sebabnya candi tersebut tertimbun,entah ditimbun atau kena bencana alam,harus diteliti lagi lebih mendalam.Tidak hanya cukup 10 hari.Bahkan kalau perlu bertahun tahun karena harus ada riset dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu geologi dan ilmu tanah.
Mohon kritikannya dari agan yang lain juga.Terima kasih
×