Hallo para Kaskuserlover's! yaps .. kali ini ane akan memberitahukan kalian semua tentang pengalaman interview ane loh!!Terimakasih sebelumnya untuk semua Kaskuser yang baik hati yang ganteng-ganteng dan yang cantik-cantik, yang tidak bisa saya persebutkan satu persatu.okay langsung saja yaa yuk perhatikan di bawah ini !!!ane coba berbagi pengalaman Interview/Wawancara Kerja, Saat Kerja/Magang, Maupun Hal2 Penting saat Wawancara kerja/pun Magang.
Quote:
Pertama-tama jika berkenan
Bantu untuk di
Bantu Reply post *untuk membantu memberitahu kpd kaskuser lain*
dan Tidak lupa untuk memberikan ane
Sumber ini, Berbagai Pengalaman,pengetahuan dari teman, dan website2 sebelah(Sumber Web gue taruh dibawah)
satu lagi .. Jika ada pengalaman lain agan saat interview bisa post disini untuk ane update pekiwan
INTERVIEW KERJA/WAWANCARA KERJA ataupun Magang
---I.Hal yang harus di perhatikan pertama kali -2.Contoh Curriculum Vitae -3.Contoh Membuat Surat Lamaran. ----II.Persiapan INTERVIEW NIH ! -----III.Pertanyaan yang biasa/Mungkin Pasti keluar di wawancara ------IV.PENTING UNTUK AGAN/SIST KETAHUI KALO DI WAWANCARA ------Others. GAGAL INTERVIEW / WAWANCARA? Mungkin Karena ini !
I.Hal yang harus di perhatikan pertama kali :
1.Agan/Sist harus wajib mengetahui apa kemampuan kalian nihh .. Contoh Akuntan,TI,Jaringan,dsb, kalo ane di design Graphic,editor Video,dsb ..
2.CV(Curriculum Vitae) Wajib dimiliki gan jaman sekarang menurut ane.
Contoh CV kayak gini :
Spoiler for ContohCV:
Jika bisa bhs inggris lebih baik
Contoh CV indonesia :
4.Kalian tahu, kalian ingin melamar menjadi seorang apa di kantor sana/job apa yang kalian minati, banyak bgt kan .. contoh jobnya : Accounting,Admin,Graphic Designer,sales, marketing,Engineering,Finance, banyak lagi gannn banyak bgttt buat ngelamar kerja sesuai kemampuan kalian loh yaaa!
5.Kalo ada temen, sodara, atau siapa aja dah yang agan/sist kenal bisa bantu buat bantu kerja di kantor itu kan lebih baik
CV & Surat lamaran tersebut bisa agan/sist tambahkan ataupun kurangkan sesuai keinginan kalian deh .. itu hanya sebagai contoh, tapi itu juga bisa kalian pakai jika berminat
II.Persiapan INTERVIEW NIH !
1.Lo harus Siap mental !sikap,Bahasa tubuh(jangan ngupil)positif gan/sist
Ga ada malu2 disini, Jangan sampe ngomong gagap, dek2an / sbgnya bisa ancur interview agan/sist. enjoy dia juga manusia
2.Penampilan agan dan sist nih WAJIB rapih, Kalo sudah melamar kerja dasi dan jas kalo bisa,& Sepatu pantopel (kalo magang SMK/kuliah mungkin bisa hanya kemeja tanpa jas)
Spoiler for Penampilan:
3.kontak mata kalian dengan pewawancara, wajib diliiatin, kalian harus tatap tuh matanya,terus dengerin baik-baik setiap dia ngomong, Jangan sampe pewawancara ngulang2 ngomongnya(makanya siap2 korek kuping)
4.enjoy dan rileksssssss
III.Pertanyaan yang biasa/Mungkin Pasti keluar di wawancara
1. Bisa ceritakan mengenai diri Kamu/Anda?
Quote:
dia hanya butuh point utama, Pengalaman dan kerjaan yang lu dalemin, ga usah kalian ngomong tentang kehidupan kalian,asal kalian,dsb itu ga penting
2.Mengapa kamu/Anda tertarik bekerja di perusahaan ini?
Quote:
disini,awalnya lu harus tau perusahaan itu tentang apa, ITkah? adverst kah? dsbnya .. jadi agan/sist bisa tau posisi job/kerjaan mana yang kalian nanti ambil tuhh..
3.Kelamahan & Kelebihan Kamu/Anda apa?
Quote:
jika kelemahan: lebih baik agan/sist bisa menggunakan kata "Sepertinya saya orang yang..... tapi untuk mengatasinya saya melakukan ...." soalnya kalo kalian bilang susah bangun pagi,hal2 yang ga guna bgt jangan di simpen di otak.
Jika Kelebihan : disini bisa lu sebutin kemampuan lu, misal dapat memimpin suatu apa..kemampuan berorganisasi dengan baik dsb..
4.Pertanyaan ini terkadang keluar/tidak keluar.
Apakah Kamu/Anda bersedia kerja lembur kapan saja bila diperlukan?
Quote:
Jawaban untuk ini ada di agan/sist nih. Jawablah dengan jujur dan berikan alasan yang tepat.
5.Berapa gaji yang anda Mau/Harapkan?
Quote:
Disini banyak banget orang yang binggung, pertama kalo dari pengalaman gue Magang & Saat tmn ane kerja .
kita bisa berbicara seperti ini :
Quote:
"Maaf sebelumnya bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?"
Biasanya pihak perusahaan sih ngasih tau berapanya, tapi kalo engga nih, lu bisa bertanya balik seperti :
Quote:
"Sebelumnya maaf kembali untuk detail pekerjaan yang akan saya jalani serta tanggung jawabnya seberat apa?"
baru kemudian agan/sist bisa memperkirakan gaji yang agan harapkan. (Jika Pengalaman/experience di CV agan keren yaa jangan takut / sblmnya kalian sudah liat2 kisaran gaji di google )
6.Mungkin pertanyaan Menjebak, Hal negatif apa yang pernah Kamu/Anda lakukan?
Quote:
Jangan pernah ngomong nyolong duit yang pasti
IV.PENTING UNTUK AGAN/SIST KETAHUI KALO DI WAWANCARA
1. JANGAN Berbohong
Jangan Pernah boong yang ga agan/sist bisa.
Quote:
Mark Twain mengatakan, jika Anda mengatakan yang sebenarnya, maka Anda tidak perlu mengingat apapun.
2.Disaat Interview/Wawancara
Quote:
GAK BOLEH GUGUP/TERLALU PERCAYA DIRI.Santai aja gan/sist Biasa aja woles gitu
3.Jangan sampe mengkritik perusahaan yang mau kalian lamar yaah !
4.Jangan Sampe ngomongin karakter orang lain.
5.Jangan berlebihan saat menjawab,
contohnya :
Quote:
Quote:
"Kelemahan terburuk saya.."ini engga banget berarti lu emang buruk bgt kayaknya
Ketika agan/sist ngomong,
Quote:
"Saya orang yang perfeksionis dan sangat memperhatikan detail,"
jangan ngira itu jadi kelebihan atau nilai plus. Pewawancara justru akan mengartikan bahwa kerja agan lambat karena Anda pasti akan bolak-balik memeriksa detail. Mengatakan bahwa Anda tak punya kelemahan, tentu juga takkan dipercaya. Jadi,yaaaa bagaimana agan dan sist strategi menjawabnya aja dah .
Banyak penelitian yang menunjukkan sejumlah pengusaha berusaha menekan pendapatannya dengan mengurangi gaji pegawai. Faktanya,
Quote:
banyak orang yang akhirnya ditolak saat melamar kerja karena mengajukan gaji yang terlalu tinggi pada perusahaan.
2. Tidak mempersiapkan diri
Quote:
Meski banyak orang menganggapnya sebagai hal mudah, tapi wawancara dan tes kerja tidak boleh dianggap sepele.
Anda harus belajar memenuhi pengetahuan pribadi tentang bidang yang diminati, lalu berlatihlah berkomunikasi dengan teman untuk mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki agar bisa diterima bekerja.
Quote:
Hati-hati, salah satu kesalahan orang hingga tidak diterima kerja adalah karena kurang mempersiapkan diri.
3. Tidak mampu berkomunikasi dengan baik
Quote:
Saat tengah mengikuti wawancara jangan membuat pihak perusahaan bingung dengan sejumlah jawaban yang Anda lontarkan. Jika ditanya, jawab dengan singkat dan jelas. Jangan berbicara berputar-putar dengan jawaban yang rancu.
Quote:
Sulit berkomunikasi dengan baik membuat perusahaan dengan segera menolak Anda
. Tapi jika beruntung, Anda bisa saja diterima. Siap-siap saja, tak lama kemudian akan dikeluarkan.
4. Hasil wawancara kerja yang buruk
Quote:
Jangan senang dulu saat menerima panggilan dari sebuah perusahaan. Kadang, hasil wawancara Anda yang justru membuat tidak diterima saat melamar kerja.
Banyak atasan yang tidak suka dengan calon pegawai yang banyak bicara dan suka berdebat.
Quote:
Ingat, perusahaan mencari orang yang bisa bekerja sama dalam tim.
5. Penampilan yang tidak menarik
Quote:
Kesan pertama kadang memang bisa menjadi salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya Anda di sebuah perusahaan.Saat Anda melamar pekerjaan dengan pakaian tidak rapih, bertato dan rambut gondrong, perusahaan akan berpikir dua kali untuk merekrut Anda.
6. Kemampuan Anda terlalu baik
Quote:
Secara realistis, perusahaan akan menolak para pegawai yang memiliki kualifikasi kerja terlalu tinggi. Bayangkan saja, sebagian atasan tentu akan menolak para pegawai yang memiliki pengalaman kerja jauh lebih lama darinya dan keterampilan lebih unggul.
Quote:
Kadang, kemampuan Anda yang terlalu hebat membuat perusahaan urung merekrut Anda.
Disini Ane Berbagi pengalaman aja gan/sist mungkin sudah banyak lagi agan dan sist lain yang lebih banyak pengalaman
Jika berkenan pengalamanya kita bisa berbagi disini
Ane sungguh ga menolak
Kurang lebihnya saya minta maaf, Jika bermanfaat bisa kalian berikan ane , Komen, & Saran kalian, Ditunggu loh.