CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
DHL "Merampok" UMKM, Pengalaman Pribadi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5311a2b71e0bc3a66d8b4599/dhl-quotmerampokquot-umkm-pengalaman-pribadi

DHL "Merampok" UMKM, Pengalaman Pribadi

Disclaimer:
Tulisan ini berdasarkan fakta pengalaman pribadi, tujuan utamanya adalah agar tidak ada orang lain yang mengulangi kesalahan yang sama.
untuk kaskus: momod saya tidak ada niat promosi, tapi jika terkesan seperti itu mohon dihapus saja thread ini.


Sudah 1 tahun belakangan saya bergelut di bidang bisnis import dari China, karena memang harga yang murah dan pasar yang sangat menjanjikan di Indonesia. Dalam import barang ini saya punya idealisme pribadi untuk tidak melakukan import barang yang sudah ada produsen lokalnya, contoh: sepatu, baju, dlsb.
Dalam melakukan import barang dari China terdapat banyak pilihan PJT (Penyedia Jasa Titipan), sebut saja DHL, Fedex, UPS, EMS, dlsb.
Saya memiliki pengalaman sangat pahit ketika menggunakan DHL untuk mengirimkan barang dagangan saya (replika CCTV / dummy CCTV) ke Indonesia.

Spoiler for Kronologi::


Spoiler for Analisis::


Spoiler for Epilog::


sumber


Spoiler for dari kaskuser lain:
Diubah oleh otekasep
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 5
maaf sebelum nya, cuma mau tanya,, bisa ngak dilakukan pemeriksaan fisik ke2 kalinya anatar loe, dhl, dan pihak pajak,, tunjukan kalo itu dummy atau bukan.. kalo emang loe bener kan pasti mereka bisa revisi pajak.. emoticon-Stick Out Tongue
uda pernah ane jg gan...
dl kena pajak yg perhitungan tidak jelas kalau di mintai keterangan.
emang ga boleh lg pake itu...
pelajaran buat lainnya gan,, mudah2an cepet kelar dah,, emoticon-Kiss
yg namanya pajak bea masuk ga pandang bulu
mau UMKM kek mau punya pejabat keuangan itu sendiri kek
yg saya tahu hanya kiriman atas nama kedubes yg bebas bea masuk dan tidak boleh diperiksa
sudah coba tanya dengan seller di china? dhl punya invoice dari mana kalo gt?
kalo masuk jalur merah tapi ga diperiksa ya salah lah bec cukainya, datangi dulu gudang dhl dan minta check bareng2 soal cctv itu
atau jangan2 seller salah ngirim lg nih
Quote:


Ya tinggal komunikasi aja sama dhl.

Tinggal blg itu barang cuma maenan.
Sekalian lo tunjukin nota pembelian lho sebagai barang bukti.

Kesalahan menurut gw sih memang ada dhl.
Karena udah check fisik, tp masi ttp salah mengenali barang.
Yaelah

Bea cukai mana tau itu dummy ape.kagak rmang doi neliti banget apa

Itu kesalahan ada di supplier elo gan kenapa ga ada keterangan invoice nya....saran gw mending elo kontak kantor bea cukai stempat terangin itu dummy


Jasa ekapedisi mana punya wewenang dalam penetapan bea masuk emoticon-Nohope
Quote:


Coba perhatiin pic nya gan.
Invoice supplier ada tulisan "dummy" ,
Di discription brg nya DHL "hilang" kata dummy nya.
Kok jd supplier yg salah? emoticon-Smilie

"Harga saya sensor"

Tapi totalnya enggak...

LOL
Quote:


Setuju. Jika tidak setuju maka ajukan keberatan dan DHL berkewajiban mempertemukan anda dengan orang bea cukai. Justru perusahaan kita sering pakai DHL dan sejauh ini lancar.

Mau UMKN, mau personal, mau rakyat jelata/ jelita, rakyat kecil/ gajah sekalipun jika kena bea cukai maka sama saja.

Jika anda keberatan maka ajukan keberatan ke DHL dan minta dipertemukan dengan pihak bea cukai.

Saran saya, jika anda cukup sering pakai jasa DHL maka pakai jasa account corporate. Pembayaran lebih mudah dan jika ada keluhan anda tahu kepada siapa anda harus menghubungi.

maaf baru reply ya :(

Quote:

ga semudah itu gan, karena pajak sudah dibayarkan oleh DHL, jadi cukai tidak mau tau menau

Quote:

iya gan setuju abiz

Quote:

makasih emoticon-Kiss too

Quote:

sudah nanya gan, supplier ane yang di China juga bingung, doi malah nyaranin untuk negebuktiin secara fisik, tapi kan karena pajak sudah dibayarkan jadi gak semudah itu untuk meng-klaim bahwa ini adalah bukan CCTV real.

Quote:

DHL gak mau tau gan, karena mereka sudah bayar pajak sebesar 17 juta. padahal bayar 17 juta itu kan salah mereka sendiri ("leak" dari peraturan internal mereka yang barang under FOB $5000)

Quote:

cukai memang sudah salah menetapkan pajak, lalu DHL lebih salah lagi dengan membayarkan si pajak itu. jadi sekarang urusannya ane ama DHL bukan ane ama cukai.

Quote:

iya ane juga kebingungan emoticon-Frown

Quote:

hahahha sudah diganti pic nya emoticon-Stick Out Tongue

Quote:

ya kalau sudah ber-"partner" ama DHL sih enak gan, cuman kan ane atas nama perseorangan, dan modal tidak besar, waktu juga terbatas. ane bisnis ini baru sampingan.. berat gan..

invoice yg berlaku yaa tetep yg dari seller laah
itu kalo kata ane bisa ada kemungkinan barang agan ga diperiksa sm BC
bisa direvisi pajaknya
silahkan jalanin dulu gan, dateng ke warehouse dhl
Quote:


sudah gan... ini kan kasus dari Oktober 2013, ane udah lelah ngurus nya..
waktu ane abis, dan memang di "pingpong"
DHL nyalahin cukai, cukai gak mau disalahin karena pajak sudah dibayarkan oleh DHL. ane mesti mengadu pada siapa lagi? emoticon-Frown
wow, terlalu banyak barang asli di klaim replika demi pajak turun, sekarang kebalikan....
*berhubung sudah dibayar ya susah, apalagi jika ts menangpun bakal kena warehouse fee yang lumayan jumlahnya....
Quote:


hahahha bener jugagan.. ane kasus yang gak lazim. hahaha
Quote:


Tidak ada modal khusus untuk jadi partner. Anda hanya perlu daftar sebagai partner di situs dhl.

Perihal pajak, setahu saya nantinya (dari sales yang pernah saya ajak bicara). Jika anda merasa berkeberatab maka nantinya pihak DHL berkewajiban mempertemukan anda dengan pihak bea cukai. Sertakan bukti pendukung dan jika anda benar maka itu adalah urusan bea cukai dan DHL perihal pengembalian dana/ proses berikutnya.

Btw. Lalu anda bayar 17jt itu? Atau anda korbankan saja unitnya?
Quote:


ini kan masalahnya si pajak itu udah dibayarkan oleh DHL tanpa konfirmasi ke ane, karena FOB under $5000 gan..
ketika pajak sudah dibayarkan, ane gak bisa protes apa2 ke cukai.

sampai skarang barangnya ya masih di gudang DHL, gak ane tebus gan..
Quote:


Setuju. Mendingan ga usah dibayar. Suruh mereka kirim balik saja ke negara asal.

Setahu saya bukannya ekspedisi beginian memang biasanya membayarkan dahulu pajaknya ke bea cukai dan baru mereka tagihkan ke customer
Quote:


ya gan memang mereka membayarkan dulu pajaknya, nah kalau kasus kaya ane gini (cukai salah menetapkan pajak), mereka gak bisa protes ke Cukai. karena sudah membayarkan pajak (setuju akan nilai penetapan pajak).

makannya ane kapok. kalau pakai EMS, kita ketemu langsung ama pejabat cukainya jadi kita punya bargaining position, tidak lumpsum ke orang PJT. begitu...
Agan udah kontak becuk nya?

Setau gw sih ini gegara banyak barang asli di jadikan dumy biar undervalue emoticon-Big Grin

Kek kasus kmren barang HP replika samsung dikenakan value sebesar hp samsung asli emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 5
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di