alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/530eb03ec3cb17cf618b45c2/rabies-penyakit-mematikan-dari-hewan
icon-hot-thread
Rabies, Penyakit Mematikan dari Hewan
Proud to be part of
Rabies, Penyakit Mematikan dari Hewan

(Kami adalah Komunitas Pecinta Riddle dan Creepy Pasta dengan Member Sista GRADE ORI a.k.a KW Terbanyak di KASKUSemoticon-Hammer (S))

Click Image to Visit Our Home

Wah jadi HT! emoticon-Matabelo
Thanks buat BREAMAN, kaskus officer dan warga kaskus emoticon-Kiss


Hallo emoticon-Kiss
Dalam thread ini ane mau menjabarkan tentang penyakit “Rabies”, sehingga kita bisa lebih waspada akan ancaman penyakit ini emoticon-army

Langsung saja emoticon-Ngacir2


Quote:Rabies, Penyakit Mematikan dari Hewan

Quote:Apa sih rabies itu? emoticon-cystg

Rabies adalah penyakit infeksi virus pada otak yang menyebabkan iritasi dan peradangan otak dan medulla spinalis. Penyakit ini sangat ditakuti dan mengganggu ketentraman hidup manusia, karena bila sekali gejala klinis rabies timbul maka biasanya hampir selalu diakhiri dengan kematian emoticon-Takut (S).

Rabies berasal dari bahasa latin “rabere” yang mempunyai arti marah atau dengan kata lain mempunyai sifat pemarah. Rabere juga berasal dari bahasa Sansekerta “rabhas” yang berarti kekerasan. Orang Yunani juga mengambil kata “Lyssa” untuk rabies yang berarti “kegilaan”. Di Indonesia penyakit ini memiliki nama lain, yaitu “Penyakit Anjing Gila”.


Quote: Virus apa sih yg menyebabkan rabies? dan ada di mana? emoticon-cystg

Virus yang menyebabkan rabies berasal dari golongan Mononegavirales, family Rhabdoviridae dengan genus Lyssaviruses. Jadi Rhabdovirus ini penyebab rabies emoticon-Takut (S)

Virus rabies terdapat dalam air liur hewan yang terinfeksi. Hewan yang terinfeksi menularkan infeksi kepada hewan lainnya atau manusia melalui gigitan dan kadang melalui jilatan.

Virus akan berpindah dari tempatnya masuk melalui saraf-saraf menuju ke medulla spinalis dan otak, dan mereka berkembangbiak. Selanjutnya virus akan berpindah lagi melalui saraf menuju ke kelenjar liur dan masuk ke dalam air liur.

Banyak hewan yang bisa menularkan rabies kepada manusia. Yang paling sering menjadi sumber dari rabies adalah anjing, hewan lainnya yang juga bisa menjadi sumber penularan rabies adalah kucing, kelelawar, rakun, sigung, rubah.


Quote: Seperti apa kejadian rabies di Indonesia? emoticon-cystg

Di Indonesia, rabies pada hewan sudah ditemukan sejak tahun 1884, dan kasus rabies pada manusia pertama kali ditemukan pada tahun 1894 di Jawa Barat. Sampai dengan tahun 2012 ini kasus rabies menyebar di 24 provinsi di Indonesia, dengan Provinsi Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Bali, Maluku, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Lampung merupakan daerah ditemukan kasus rabies pada manusia. Hanya 9 provinsi yang masih dinyatakan sebagai daerah bebas yaitu Provinsi Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Papua dan Papua Barat.

Rata-rata sejak 2008 - 12 September 2012 tercatat di Kementerian Kesehatan, terdapat 44.981 kasus gigitan hewan penular rabies dan 40.552 kasus diantaranya mendapat Vaksin Anti Rabies dan sebanyak 51 orang positif rabies.

Sementara itu, situasi rabies di Prov. NTT dilaporkan dari tahun 2008 - September 2012 sebanyak 17.704 kasus gigitan hewan penular rabies, diantaranya 14.578 kasus mendapat Vaksin Anti Rabies dan 97 orang positif rabies (angka kematian 100%). Pada tahun 2012 sampai bulan September dilaporkan sebanyak 1.361 kasus gigitan hewan penular rabies, diantaranya 1.255 kasus mendapat Vaksin Anti Rabies dan 2 orang positif rabies (angka kematian 100%). Seram ya gan sis emoticon-Takut (S)
Source : http://www.depkes.go.id/index.php?vw=2&id=2081


Quote:Apa sih tanda-tanda terkena rabies pada hewan dan manusia? emoticon-cystg

  1. Pada Hewan

    Pada hewan peliharaan spt anjing dan kucing misalnya, penyakit Rabies atau penyakit anjing gila ini dibedakan menjadi 3 bentuk , yaitu bentuk diam (Dumb Rabies), bentuk ganas (Furious Rabies), dan bentuk asymptomatic.

    Tanda tanda Rabies bentuk diam :
    • Terjadi kelumpuhan pada seluruh bagian tubuh.

    • Hewan tidak dapat mengunyah dan menelan makanan, rahang bawah tidak dapat dikatupkan dan air liur menetes berlebihan.

    • Tidak ada keinginan menyerang atau mengigit. Hewan akan mati dalam beberapa jam.


    Tanda tanda Rabies bentuk ganas:

    • Hewan menjadi agresif dan tidak lagi mengenal pemiliknya.

    • Menyerang orang, hewan, dan benda-benda yang bergerak.

    • Bila berdiri sikapnya kaku, ekor dilipat diantara kedua paha belakangnya .

    • Anak anjing menjadi lebih lincah dan suka bermain , tetapi akan menggigit bila dipegang dan akan menjadi ganas dalam beberapa jam.


    Rabies bentuk Asymptomatic (tidak menunjukkan gejala) sering ditandai dengan kematian mendadak tanpa menunjukkan gejala sakit.



  1. Pada Manusia

    • Rasa takut yang sangat pada air, dan peka terhadap cahaya, udara, dan suara.

    • Airmata dan air liur keluar berlebihan .

    • Pupil mata membesar.

    • Bicara tidak karuan, selalu ingin bergerak dan nampak kesakitan.

    • Selanjutnya ditandai dengan kejang-kejang lalu lumpuh dan akhirnya meninggal dunia.




Quote:Bagaimana Pengobatan dan Pencegahan Rabies? emoticon-cystg

Tindakan pencegahan yang paling penting adalah penanganan luka gigitan sesegera mungkin. Daerah yang digigit dibersihkan dengan sabun, bekas gigitan yg dalam disemprot dengan air sabun. Jika luka telah dibersihkan, kepada penderita yang belum pernah mendapatkan vaksin rabies diberkan suntikan immunoglobulin rabies, dimana separuh dari dosisnya disuntikkan di tempat gigitan.

Selanjutnya vaksin rabies diberikan pada saat digigit hewan rabies dan pada hari ke 3, 7, 14 dan 28.

Jika penderita pernah mendapatkan vaksinasi, maka resiko menderita rabies akan berkurang, tetapi luka gigitan harus tetap dibersihkan dan diberikan 2 dosis vaksin (pada hari 0 dan 2).

Jadi kalau kita tiba2 digigit hewan peliharaan atau hewan liar yg ganas jangan panik, segera bersihkan luka gigitan dgn sabun dan antiseptik (alkohol 70 %, obat merah dan lain-lain) dan pergi ke tempat pelayanan kesehatan terdekat emoticon-Recommended Seller


Sekian thread dari ane emoticon-Kiss
terima kasih sudah mampir emoticon-Kiss


Source : A. Rahmawati, Ula, dkk. "PROGRAM PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR (P3M) “PENYAKIT RABIES“".2011.Depok:FKM UI, Rabies



:request
Kunjungi Karya Breaman Brotherhood Lainnya

Tambahan dari kaskuser

Tambahan dari kaskuser emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By abeeabdiabay
Rabies memang berbahaya, tetapi mudah dikendalikan

Tulisan dibawah ini adalah pengalaman ane sewaktu ikut membantu memberantas rabies di Bali dalam kurun waktu setahun, Maret 2011 - Maret 2012. Ane bukan dokter hewan, latar belakang ane di bidang sosial. Jadi ane melihat fenomena tersebut secara sosiologis, yaitu bagaimana pola perilaku masyarakat dapat mencegah penyebaran rabies.

Oh iya, untuk lebih jelas mengenai rabies bisa dilihat dari tulisan senior ane drh. Andri Jatikusumah, http://www.civas.net/id/content/rabies. Beliau memaparkan segala hal tentang rabies secara mendetail.

Spoiler for Kemunculan Rabies di Bali:


Spoiler for Tindakan yang dilakukan?:


Spoiler for Hal yang dipelajari:


Semoga bermanfaat. emoticon-Angel

Oh iya, kalo bisa pejwan ya emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By abeeabdiabay


Itulah mengapa muncul LSM-LSM yang menangani kesejahteraan hewan. Mereka menangkap dan memelihara hewan-hewan liar tersebut.

Satu lagi, munculnya anjing atau kucing liar itu salah satunya disebabkan kurangnya tanggung jawab pemelihara hewan. Kebanyakan para pemelihara hewan tidak menginginkan adanya keturunan dari hewan peliharaannya tersebut, tetapi mereka tidak mensterilkan (baca: kastrasi/kebiri) hewannya, melainkan membuang anak-anak hewannya tersebut ke pasar, tempat sampah, dll. Ini yang menyebabkan munculnya hewan liar.

Jadi, kita sebagai manusia harus introspeksi dulu, tindakan kita inilah yang memicu hal tersebut terjadi.

Oke!? emoticon-thumbsup

Thank you gan emoticon-Angel

Quote:Original Posted By Shunjy
bagi yang pengen liat gejala yang di alami manusia yang kena gigit anjing rabies.
coba deh nonton film :
Quarantine emoticon-Big Grin
Sorry kalo OOT ane cuman berbagi, pejwan jika berkenan emoticon-Stick Out Tongue


Quote:Original Posted By Sanggrama Wija
anjing itu untuk disayangi bukan untuk ditakuti... pemahaman masyarakat primitif serta info2 yg tidak objektif menambah mindset manusianya jadi ketakutan... prinsip pertama menghentikan penyakit rabies adalah mengobati anjingnya bukan penderitanya.. vaksinasi pada anjing adalah hal utama utk menghentikan rabies... kalo ada anjing rabies... kasi tau yayasan pencinta binatang... kalo anda punya hewan peliharaan jangan malas2 utk memberi vaksin,...


Setuju sama agan ini emoticon-Recommended Seller emoticon-2 Jempol, walau sejujurnya saya takut digigit anjing karena trauma dikejar kejar anjing dulu emoticon-Frown #lha malah curcol emoticon-Hammer (S)...tapi benar anjing perlu disayangi, dan diberikan vaksin pada anjing ataupun hewan lain yg dipelihara.

Quote:Original Posted By Mr.YOH
serem banget gan, ane dirumah ada banyak anjing kucing ular sg emoticon-Cape d... (S)

kalo hewan kena rabies fix 100% akan mati scptnya kan gan? kira" mayatnya bisa nyebarin virus rabies jg ga?


mungkin bisa gan jika memegang air liurnya dan terkena luka yg ada di tbuh kita.. Kalau dari artikel di "sini" penanganan thd hewan yg mati krn rabies. :
Quote:Membakar dan menanam bangkai hewan yang mati karena rabies sekurang-kurangnya 1 meter


Pengalaman kaskuser emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Domolicious
ane pernah digigit anjing gan pas SD. pas ane berangkat sekolah kan ane jalan soalnya ane masih belum bisa pakai sepeda roda duaemoticon-Big Grin ada anjing gan pas ane berangkat sekolah nah ada tukang pisang bawa gerobak sambil jalan trus bilang ke ane jalan pelan-pelan biar gak dikejar yaudah ane jalan pelan gan trus ane dikejar dan digigit deh aneemoticon-Sorry pas digigit ane ga ngerasain sakit gan rasanya malah adem mungkin gara2 air liurnya kali ya. trus ane langsung dibawa ke rumah sakit dan disuntik rabies deh aneemoticon-Sorry

page one ganemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By wiriadisurya
Ane dokter yang tugas di provinsi NTT..
Hati2 banget sama Rabies..
Karena pada saat virus Rabies sudah berkembang biak dalam tubuh penderitanya.
Ngga ada obat yang bisa menyembuhkan infeksi Rabies..
Rabies merupakan penyakit infeksi dengan tingkat mortalitas tertinggi..
Mendekati 100% korban Rabies meninggal..
Sampai saat ini, baru 7 penderita Rabies yang selamat yang perjalanan penyakitnya didokumentasikan dengan baik.. Dan mereka semua pernah menerima vaksinasi Rabies..
Kalau yang belum pernah menerima vaksinasi Rabies, baru 1 kasus yang didokumentasikan dengan baik..
(Disalin dan diterjemahkan dari "Harrison's Principle of Internal Medicine" edisi 18)

Sekali agan lihat penderitanya, ga akan pernah lupa lagi sama tu pasien..
Jadilah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab..
Vaksinasikan hewan peliharaan anda..

Ingat, semua MAMALIA dapat tertular..
Itu berarti termasuk monyet2 yang dijadiin atraksi topeng monyet..
Bukan cuma anjing dan kucing aja gans...

Semoga dapat membantu..
Page one kalo berkenan gan

Makanya aku takut kalo deket2 anjing,,
takut kegigit trus kena rabies emoticon-Takut
jadi inget pelajaran jaman SD dulu tentang rabies..makanya takut anjing emoticon-Takut (S)
Ngeri juga yah dampak rabies,,
Eh katanya dulu istilah vampir [atau zombie aku lupa] juga ada karna si korban kena rabies ini,, bner apa engga yah? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By sherapim.angel
Makanya aku takut kalo deket2 anjing,,
takut kegigit trus kena rabies emoticon-Takut


Quote:Original Posted By runarazenviq
jadi inget pelajaran jaman SD dulu tentang rabies..makanya takut anjing emoticon-Takut (S)


Kalian juga takut ya. Aku takut sama anjing liar emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By Luphlyana
Ngeri juga yah dampak rabies,,
Eh katanya dulu istilah vampir [atau zombie aku lupa] juga ada karna si korban kena rabies ini,, bner apa engga yah? emoticon-Bingung


Mungkin dibilang vampir karena tanda ini emoticon-Takut (S)

Quote:Rasa takut yang sangat pada air, dan peka terhadap cahaya, udara, dan suara

weh baru tau kalo kucing bisa bikin rabies
padahal sering digigit kucing temen ane Rabies, Penyakit Mematikan dari Hewan
Untung anjing ane gak rabies emoticon-siul
Kenapa rabies identik dengan anjing yah, padahal banyak hewan lain yg bisa kena rabies emoticon-Nohope

Quote:Original Posted By Luphlyana
Ngeri juga yah dampak rabies,,
Eh katanya dulu istilah vampir [atau zombie aku lupa] juga ada karna si korban kena rabies ini,, bner apa engga yah? emoticon-Bingung


Bisa jadi nih, abis digigit kelelawar jadi vampire (rabies) emoticon-Thinking
Quote:Original Posted By 84yu
weh baru tau kalo kucing bisa bikin rabies
padahal sering digigit kucing temen ane Rabies, Penyakit Mematikan dari Hewan


ente ga takut cahaya kan Bay? emoticon-Takut (S)

kalau kucingnya ga kena rabies, ente juga ga kena kok emoticon-Angel

Quote:Original Posted By navierevoli
Untung anjing ane gak rabies emoticon-siul
Kenapa rabies identik dengan anjing yah, padahal banyak hewan lain yg bisa kena rabies emoticon-Nohope

mungkin karena anjing identik dengan gigit menggigit dan anjing bukannya hewan yg banyak dipelihara ya? emoticon-cystg
harus vaksin anti rabies ke hewan peliharaan nih emoticon-Cool
Rabies amat menyeramkan emoticon-Takut
btw posternya keren emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By sambalsasa
Rabies amat menyeramkan emoticon-Takut
btw posternya keren emoticon-Matabelo

wajah anjingnya nyebelin ya gan? emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By makankamus

mungkin karena anjing identik dengan gigit menggigit dan anjing bukannya hewan yg banyak dipelihara ya? emoticon-cystg


Iya bener juga sih.

Kalo hewan yg banyak dipelihara kayaknya bukan anjing deh, tapi burung emoticon-Thinking


emoticon-Traveller
makanya ane ngeri kalo deket anyinggg atau monkeey emoticon-Matabelo
takut begituan gan emoticon-Takut
kucing aja dilarang ama emak ane karena takut bulunya gan emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By rhinosaurus
makanya ane ngeri kalo deket anyinggg atau monkeey emoticon-Matabelo
takut begituan gan emoticon-Takut
kucing aja dilarang ama emak ane karena takut bulunya gan emoticon-Sorry


emaknye ngelarang kamu deket ama cewek ga emoticon-Belo
hii jgn sampaii di gigitemoticon-Takut
Quote:Original Posted By ahok.btp
hii jgn sampaii di gigitemoticon-Takut


kalo kamu harusnya bilangnya jangan sampe menggigit emoticon-Takut
Quote:Original Posted By makankamus
ente ga takut cahaya kan Bay? emoticon-Takut (S)

kalau kucingnya ga kena rabies, ente juga ga kena kok emoticon-Angel


akhir akhir ini agak silau sih kalo liat cahaya
cahaya dari matahari
indikasi rabies gak Rabies, Penyakit Mematikan dari Hewan