alexa-tracking

[SHARE] Pengalaman Cabut Gigi Geraham Bungsu (Wisdom Teeth) Dengan BPJS di RSCM

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/530b2a6a5ccb178d3f0001cd/share-pengalaman-cabut-gigi-geraham-bungsu-wisdom-teeth-dengan-bpjs-di-rscm
[SHARE] Pengalaman Cabut Gigi Geraham Bungsu (Wisdom Teeth) Dengan BPJS di RSCM
Pada minggu lalu tepatnya hari Senin tanggal 17 Januari 2014, ane datang ke RSCM untuk operasi pencabutan gigi geraham (odontektomi/odontectomy). Sekitar jam 10an ane tiba, disana ada antrian khusus umum dan jaminan. Karena ane pakai BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) jadi ane antri di bagian jaminan. Jadi ane harus ke poli gigi dan mulut dulu sebelum operasi. Sebelum itu juga, ane udah siapin rontgen, beserta hasil lab darah (karena akan di bius total).

Berikut adalah foto rontgen ane:

[SHARE] Pengalaman Cabut Gigi Geraham Bungsu (Wisdom Teeth) Dengan BPJS di RSCM

Karena empat gigi geraham bungsu ane harus dicabut, maka ane harus di bius total. Kalo bius lokal bisa dower kelamaan mangapnya gan. Ane sarankan pakai jaminan, kalau tanggungan sendiri biayanya bisa 12 jutaan gan. Semua di jamin mulai dari kamar rawat inap, operasi, sampai obat. Btw harus ada rujukan dari puskesmas (kalau ane di Klinik Amira BSD, baru minta rujukan RS yang bekerja sama dgn BPJS) sama RSUD dulu ya, apa gak bakalan di tolak sama RSCMnya (kalau ane di RS Ashobirin Tangerang, disana nggak ada sp bedah mulut, jadi bisa minta rujukan ke RSCM).

Hari pertama tanggal 17 Januari 2014
Quote:Ane harus di rawat inap selama tiga hari (17 Januari - 19 Januari 2014). Ane dapetnya yang kelas 3 (6 orang), karena kelas 2 untuk ibu melahirkan, dan kelas 1nya penuh (4 orang). Ane masuk kamarnya pas sore2 setelah urus ini itu beres gan, baru bisa baringan deh. Kamarnya lumayan oke, gak horror kayak di film2 rumah sakit berhantu gan. Susternya juga baik, semua pemberian obat diterangkan terlebih dahulu. Karena akan di bius total, ane harus puasa 6 jam sebelum operasi. Karena operasinya pagi2 sekitar jam 8, jadi ane puasa makan dan minum jam 2an subuh. Pas itu ane juga udah tidur sih, lumayan nyenyak.

Hari kedua tanggal 18 Januari 2014
Quote:Pada hari inilah ane mulai operasi, ane bangun pagi-pagi jam 5 karena suster sudah menyalakan lampu dan cek tensi kepada pasien-pasien yang sekamar ane. Jam 7an juga udah mulai rame sama dokter2 yang masih belajar gan. Jam 8nya ane mulai dibawa pake kursi roda ke ruang operasi. Ane diharuskan memakai gaun hijau dari mereka, jadi semua pakaian ane termasuk pakaian dalam di lepas terlebih dahulu sebelum tindakan. Gak lama kemudian ane dibawa ke ruang operasinya, berasa dingin banget brrrr. Disana ada dokter bedah sama anesthesinya, ane agak sedikit gugup pas itu, mulai mikir aneh2. Tapi akhirnya ane percayakan nyawa ane ke tangan mereka, pas udah mulai di bius ane masih bisa ngedenger mereka ngomong, tapi gak bisa gerak atau melek. Lama2 ane keenakan sama obat biusnya ane langsung tidur deh.

Gak berasa operasi udah selesai, mulut ane disumpelin kain kasa kiri kanan. Ane kleyengan berasa abis diputer2 kayak tornado, mana pake kebelet lagi. Gak pake basa basi, ane langsung di anter ke kamar rawat lagi. Ane baru deh bisa berkarya seni mengeluarkan air (eh air seni gan, bener dong berkarya seni?). Karena ane belom bisa makan, dan rasanya perut masih keganjel sama makanan kemaren, ane puasa lagi. Rasanya masih lemes, jadi seharian tidur aja gara2 efek obat biusnya.


Hari ketiga tanggal 19 Januari 2014
Quote:Setelah tiga hari molor terus dirumah sakit, akhirnya ane udah mulai gak betah. Rencananya keluar pagi menjelang siang, tapi dokternya belum kunjung datang, jadi ane harus menunggu sampai dokternya datang untuk ngecek kondisi ane. Setelah dokternya datang, baru ane dikasih resep sama surat keterangan rawat inap untuk ijin akademik. Pada tahap keluar RS juga ribet sih, ane dua kali bulak balik basement ke lantai 4 untuk menyelesaikan administrasi. Tapi rela deh karena gak bayar hihihi.

Biaya2 yang ane habiskan:
Rontgen panoramic (bethsaida hospital) - 125 ribu
Rontgen thorax PA (bethsaida hospital) - 120 ribu
Cek darah (RSCM) - 528 ribu
Menjadi anggota BPJS - 60 ribu
Bensin - ????? udah gak keitung deh gan bulak baliknya

Pantangan:
-Makan garing-garing atau alot
-Merokok (puasa 6 bulan atau selamanya dari saran dokter)
-Pegang2 area yang telah dioperasi
-Ketawa berlebihan
-Bersin

Sebenernya cek darah di RSCM bisa di cover BPJS juga, namun ane pas itu dateng kesorean sehingga lab yang di poli gigi tutup, karena ane gak sabaran aja karena udah dateng jauh2, jadinya malah di lab yang 24 jam memakai tanggungan umum.

Bagi yang ingin bertanya-tanya silahkan ((:
pantangan, gak boleh bersin..
gimana itu gan, kn bersin reaksi alamiah, spontanitas juga kalo ada sesuatu yg masuk ke hidung, debu dll
emoticon-Bingung (S)
Turut lega gan....

Di tengah carut marutnya BPJS ternyata agan adalah salah satu yang cukup terbantu dengan adanya BPJS ini...

semoga cepat pemulihannya gan... Dan kita harapkan agan tetap bayar preminya untuk seterusnya ya...emoticon-Cendol (S) Jangan kalo udah operasi trus tutup premi.... Setelah dibantu tentu saja kita harus bantu sodara kita yang lain... emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By leehongkyun
Turut lega gan....

Di tengah carut marutnya BPJS ternyata agan adalah salah satu yang cukup terbantu dengan adanya BPJS ini...

semoga cepat pemulihannya gan... Dan kita harapkan agan tetap bayar preminya untuk seterusnya ya...emoticon-Cendol (S) Jangan kalo udah operasi trus tutup premi.... Setelah dibantu tentu saja kita harus bantu sodara kita yang lain... emoticon-Kiss


di BPJS klw udh daftar kaga bs keluar gan, gk ada istilah tutup polis emoticon-Big Grin. itu sdh kontrak mati seumur hidup. klw coba2 gk bayar, suatu waktu kita perlu layanan kesehatan wajib bayar tunggakan plus denda iuranemoticon-Cape d... (S)

kedepan, JKN ini dijadikan syarat utk pengurusan macem2, misalnya STNK, Paspor, Surat tanah, dll. karena sifatnya yg gotong royong, niatkan sj bersedekah setiap bulan, hehe emoticon-Big Grin

ane dan beberapa sanak famili, juga tetangga sdh daftar JKN, sejauh ini pelayanannya relatif bagus sekali. ane senang banget ada share seperti agan ini, membuktikan bahwa di lapangan pelaksanaannya tidak slalu buruk.
kok lama amat mpe 3 hari gan???
Agustus 2013 aq cabut 2 gigi geraham yg bolong n 4 gigi geraham yang impaksi (bener ga istilahnya???pokoknya yang tumbuhnya ke samping ga ke atas) plus 2 gigi mati lewat bedah mulut di rumah sakit cuma nginep semalem aja....bius total juga kok,kleyengannya cuma mpe masuk kamar rawat inap aja - laper soalnyaemoticon-Ngakak
operasi jam 8, dateng jam 7.30 daftar dulu, langsung disuruh ke ruang OK, ganti baju, di bius, tau2 udah diruang pemulihan pasca operasi, nunggu kamar disana,soalnya masih penuh,jam2an baru masuk kamar n dikasih makan siang...esok siangnya sih baru bisa kluar karena baru dapet ijin dokter,padahal dari pagi juga dah pengen cabut......

emang sih bukan pake BPJS,cuma ditanggung ma kantor suami.....
Ane seneng baca cerita ente gan, membawa cerita dari persepsi yang berbeda sehingga orang tidak takut menggunakan BPJS.

Jika ente berkenan, darimana kita bisa tau gan klinik/RS yang sudah bekerjasama dengan BPJS?

Sorry ya kalo OOT


emoticon-I Love Indonesia (S)
ane bantu rate ya emoticon-Smilie
wah, info yg bagus nih, lumayan nambah referensi pengetahuan. trims gan..
Quote:Original Posted By AySkAmOmMiE
kok lama amat mpe 3 hari gan???
Agustus 2013 aq cabut 2 gigi geraham yg bolong n 4 gigi geraham yang impaksi (bener ga istilahnya???pokoknya yang tumbuhnya ke samping ga ke atas) plus 2 gigi mati lewat bedah mulut di rumah sakit cuma nginep semalem aja....bius total juga kok,kleyengannya cuma mpe masuk kamar rawat inap aja - laper soalnyaemoticon-Ngakak
operasi jam 8, dateng jam 7.30 daftar dulu, langsung disuruh ke ruang OK, ganti baju, di bius, tau2 udah diruang pemulihan pasca operasi, nunggu kamar disana,soalnya masih penuh,jam2an baru masuk kamar n dikasih makan siang...esok siangnya sih baru bisa kluar karena baru dapet ijin dokter,padahal dari pagi juga dah pengen cabut......

emang sih bukan pake BPJS,cuma ditanggung ma kantor suami.....


tumbuh k samping itu gmn ya sis? kalo aku gerahamnya ada yg nyamping gt numbuhnya ga ngurut sama yg lain jadinya ky ngedesek gusi sampe bengkak, trus mau d potong gusi yg nutup gigi sm dokternya, tp ga d RS d tempat praktekntu dokter, keknya juga ga bius total lokal aja, sakit ga ya sis? emoticon-Berduka (S)sembuh + bole makan lg? sikat gigi brp lama? aku takut emoticon-Frown
wah gimana rasanya tu cabut 4 geraham gan?



Posted with kaskusQR

bpjs

gan, saya tertarik untuk jadi anggota bpjs, kebetulan saya dan ortu wiraswasta gamn, kalo boleh tahu syarat syaratnya apa ajah ya gan?
Gan/sis... many a dong, 1. Emangnya RSUD tidak sanggup untuk cabut Gigi bungsu sampai harus ke RSCM?
2. Emangnya bisa ya langsung di gunakan untuk penanganan operasi kartu BPJS tanpa harus menunggu 1 tahun kepesertaanan?

thanks.
Gan, ini operator nya (yg melakukan operasi) spesialis bedah mulut apa dokter gigi biasa Gan? emoticon-Bingung (S)
Harusnya orang miskin dan terlantar dipelihara oleh negara gan, karena negara yang menguasai pajak dan hasil bumi, Kasian para PNS peserta askes dulu dijanjikan kualitas tidak turun tapi kenyataannya kualitas nya gak ada bedanya dengan peserta yang gratis cuma beda kelas aja. Dulu peserta askes obat nya dikasih yg paten2 sekarang sama semua dikasih generik. Belum lagi antriannya yang panjang untuk ambil obat bisa sampai jam 7 malam atau bahkan diambil paginya.
Quote:Original Posted By Politic
Ane seneng baca cerita ente gan, membawa cerita dari persepsi yang berbeda sehingga orang tidak takut menggunakan BPJS.

Jika ente berkenan, darimana kita bisa tau gan klinik/RS yang sudah bekerjasama dengan BPJS?

Sorry ya kalo OOT


Hehehe, ane awalnya juga ragu sama BPJS, takut gak dicover semuanya. Tapi ternyata bisa dicover semua asal sabar nunggunya. Banyak kok, coba deh cek di website bpjs kesehatan.

emoticon-I Love Indonesia (S)
ane bantu rate ya emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By softdrinkdingin
gan, saya tertarik untuk jadi anggota bpjs, kebetulan saya dan ortu wiraswasta gamn, kalo boleh tahu syarat syaratnya apa ajah ya gan?


syarat pendaftaran:
-bawa foto 3x4
-fotokopi ktp
-fotokopi kk

Quote:Original Posted By endink
Gan/sis... many a dong, 1. Emangnya RSUD tidak sanggup untuk cabut Gigi bungsu sampai harus ke RSCM?
2. Emangnya bisa ya langsung di gunakan untuk penanganan operasi kartu BPJS tanpa harus menunggu 1 tahun kepesertaanan?

thanks.


1. RSUD ane gak ada spesialis bedah mulutnya gan, jadi dapat rujukan ke RSCM atas permintaan ane sendiri.

2. Bisa banget gan, setelah mendapatkan kartunya bisa digunakan untuk penanganan operasi.

Quote:Original Posted By panoramic.scan
Gan, ini operator nya (yg melakukan operasi) spesialis bedah mulut apa dokter gigi biasa Gan? emoticon-Bingung (S)


Spesialis bedah mulut dong, kalau dokter gigi biasa hanya bisa cabut. Ane sampe masuk ruang khusus bedah kok (dibius total lagi).

Quote:Original Posted By micamico
Harusnya orang miskin dan terlantar dipelihara oleh negara gan, karena negara yang menguasai pajak dan hasil bumi, Kasian para PNS peserta askes dulu dijanjikan kualitas tidak turun tapi kenyataannya kualitas nya gak ada bedanya dengan peserta yang gratis cuma beda kelas aja. Dulu peserta askes obat nya dikasih yg paten2 sekarang sama semua dikasih generik. Belum lagi antriannya yang panjang untuk ambil obat bisa sampai jam 7 malam atau bahkan diambil paginya.


Betul gan, makanya ini BPJS kan baru, kalau baru masih bagus2nya nih. Kalau agan ada keluhan mengenai kesehatan coba aja datang ke puskesmas dengan menggunakan BPJS, pasti bisa dibantu. Mengenai antrian obat, pengalaman ane sih pas di faskes tingkat I tunggu bentar pas abis kasih resep, gak bayar apa2 lagi.
duh horror juga yaaa
ane juga coming soon mau operasi gigi bungsu juga neyy
mana numbuhnya ga bener pula
huhuhuhu

Odontektomi

saya sangat senang membaca treat agan mengenai odontektomi di RSCM yg di tanggung oleh BPJS. Ane juga divonis harus operasi minor utk 2 gigi bungsu bawah, setelah cari tahu biayanya ternyata lumayan menguras kantong. kebetulan saat ini ane adalah anggota BPJS. Dengan pengalaman yg agan shared, ane merasa ada pencerahan untuk biaya odontektomi.

Apakah agan ada kendala odotektomi dengan BPJS? thanks inponya

Quote:Original Posted By d-link
Pada minggu lalu tepatnya hari Senin tanggal 17 Januari 2014, ane datang ke RSCM untuk operasi pencabutan gigi geraham (odontektomi/odontectomy). Sekitar jam 10an ane tiba, disana ada antrian khusus umum dan jaminan. Karena ane pakai BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) jadi ane antri di bagian jaminan. Jadi ane harus ke poli gigi dan mulut dulu sebelum operasi. Sebelum itu juga, ane udah siapin rontgen, beserta hasil lab darah (karena akan di bius total).

Berikut adalah foto rontgen ane:

[SHARE] Pengalaman Cabut Gigi Geraham Bungsu (Wisdom Teeth) Dengan BPJS di RSCM

Karena empat gigi geraham bungsu ane harus dicabut, maka ane harus di bius total. Kalo bius lokal bisa dower kelamaan mangapnya gan. Ane sarankan pakai jaminan, kalau tanggungan sendiri biayanya bisa 12 jutaan gan. Semua di jamin mulai dari kamar rawat inap, operasi, sampai obat. Btw harus ada rujukan dari puskesmas sama RSUD dulu ya, apa gak bakalan di tolak sama RSCMnya.

Hari pertama tanggal 17 Januari 2014


Hari kedua tanggal 18 Januari 2014


Hari ketiga tanggal 19 Januari 2014


Biaya2 yang ane habiskan:
Rontgen panoramic (bethsaida hospital) - 125 ribu
Rontgen thorax PA (bethsaida hospital) - 120 ribu
Cek darah (RSCM) - 528 ribu
Menjadi anggota BPJS - 60 ribu
Bensin - ????? udah gak keitung deh gan bulak baliknya

Pantangan:
-Makan garing-garing atau alot
-Merokok (puasa 6 bulan atau selamanya dari saran dokter)
-Pegang2 area yang telah dioperasi
-Ketawa berlebihan
-Bersin

Sebenernya cek darah di RSCM bisa di cover BPJS juga, namun ane pas itu dateng kesorean sehingga lab yang di poli gigi tutup, karena ane gak sabaran aja karena udah dateng jauh2, jadinya malah di lab yang 24 jam memakai tanggungan umum.

Bagi yang ingin bertanya-tanya silahkan ((:


tanya yah..

Gan..emg RSUD agan dimana..?yg gak ada sp.bedah mulutnya..? Soalnya ane maunya di RSCM.cm dirujuknya di RSUD tarakan atao RSUD cengkareng?.Hiks.. thx b4 ats jawabannya..
wahh.. kebetulan gan.. ane baru operasi cabut gigi geraham bungsu ke4nya (2 atas dan 2 bawah) kmaren tgl 12 Juni 2014..

Ane juga pke bpjs gan, operasi di RSAL DR MINTOHARDJO oleh dokter Susetyo..
Dokternya ramah dan suka bercanda gan..

Ane pas daftar tgl 11 juni 2014, lgsg dsuruh nginep di RS ruang perawatan kelas 2..
Eksekusi 12 juni 2014 jam 8 pagi, dgn General Anestesi / bius total.
Hari ini udh boleh pulang kata dokternya, dikasih resep obat buat d rumah dan kontrol lg mnggu depan..
wah udah lega dong gan emoticon-Big Grin
ane rencana mau cabut gigi geraham yg berlobang jg ni, ada 2, tapi ane takut operasi gan emoticon-Mewek
apa emg harus dgn operasi gan ??
thx infonya
Odontektomi apa harus bius total? Gak bisa bius lokal aja n cabut 1 gigi dulu, bln dpn cabut lg gigi yg laen gitu? Kalau untuk busui gmn? Ada efeknya gak gan? Gigi bungsu ndesek gigi depan'y, nyeri bgt nih! Tp sedang menyusui ekslusif, takut ngefek ke ASI.