KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
KENAPA ORANG ISLAM MENYEMBAH KA'BAH ..?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5309e70af7ca1794168b47c7/kenapa-orang-islam-menyembah-kabah

KENAPA ORANG ISLAM MENYEMBAH KA'BAH ..?

Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ...

Kenapa orang Islam menyembah Ka’bah, bangunan bertutup kain hitam itu? Ini pertanyaan yang kadang dilontarkan orang. Bahkan orang Islam pun kadang ada yang bertanya demikian. Dan banyak yang tidak bisa menjelaskan kenapa begitu. Padahal jawabannya jelas bahwa yang disembah adalah Allah, bukan Ka’bah.

Untuk memperjelas jawaban itu, dibawah ini ada ilustrasi Tanya jawab tentang hal itu: ..

Kenapa Orang Islam Menyembah Ka’bah ? “Kenapa orang Islam menyembah bangunan kain hitam itu?”

“Oh …. itu Ka’bah atau nama lainnya Baitullah “

“Baitullah itu apa?” …
“Secara terjemahan mudah, maknanya Rumah Allah”

“Apakah Allah ada didalamnya?”
“Tidak …..”

“Jadi, kenapa menyembah bangunan itu kalau Allah tak ada dalamnya?”

“Yang saya sembah bukan bangunan itu ..”

“Kamu menyembah apa?”
“Saya menyembah Allah swt”

“Jadi, kenapa sembah bangunan itu?”
“Saya Menghadap saja ke arah Ka’bah tetapi saya tidak menyembah Ka’bah ..”

“Bukankah kamu sujud ke arah Ka’bah, artinya kamu sembah Ka’bah lah ..”

“Kamu pernah lihat pertandingan bola di TV?”
“Pernah …… selalu ..”

“Kamu lihat tv atau lihat pertandingan bola?”
“lihat pertandingan bola lah ..”

“Di mana?”
“Dalam tv lah ..”

“Coba buka tv itu, lihat di dalamnya ada stadion dan pertandingan bola atau tidak ..”

“Memang tidak ada .. tapi itu kan gambarnya ada .. “

“Bukalah tv itu, lihat ada nggak gambar pertandingan bola di dalamnya ..”

“jadi. ..?”
“Artinya kamu lihat tv, bukan pertandingan bola .. betul nggak? “

“Tidak .. aku lihat pertandingan bola lah melaui tv itu .. “
“Aneh. ..”

“Kenapa aneh?”
“Ya iyalah, kamu bilang lihat pertandingan bola, sedangkan aku lihat dalam tv itu tak ada apa-apa .. yg ada hanya kabel berseliweran .. “

“Memang dalam tv itu ada banyak kabel, tapi tv itu menayangkan gambar-gambar pertandingan bola di dalamnya ..”

“Hemmm .. jadi nggak aneh kah ini ..? “
“Ya .. tak aneh .. “

“Jadi nggak aneh jugalah aku sujud ke arah Ka’bah untuk menyembah Allah swt. walau pun dalam Ka’bah tak ada Allah .. “

Ka’bah merupakan kiblat bagi manusia di bumi ini. Ia juga melambangkan kesatuan manusia dan kesatuan ummat. Fakta sebenarnya, orang Islam tidak menyembah Ka’bah. Orang Islam hanya menyembah Allah SWT yang Maha Esa. orang Islam diperintahkan untuk menghadapkan dirinya ke Ka’bah untuk menunjukkan kesatuan dan kekuatan.

Mari kita bayangkan orang yang shalat di atas pesawat, apakah dia harus membungkuk untuk menghadap Ka’bah yang berada di bawah? Tidak, bahkan dia wajib untuk berdiri tegak dan harus menghadap Ka’bah pada awal shalat saja.

Jika pesawat itu berputar ke arah berlawanan Ka’bah, orang yang shalat itu tidak perlu lagi memutar ke arah Ka’bah. Shalatnya sudah sah meskipun tidak menghadap Ka’bah.

Wallahu a'lam bishshawab,
.... Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa atuubu Ilaik ....

Spoiler for tambahan dari agan yang satu ini /:)/:
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan akubebe memberi reputasi
Diubah oleh lasabiareina
Halaman 1 dari 18
PERTAMAX ANE YANG PEGANG emoticon-Cool
Diubah oleh scehadz
keduaaaxxxx

semoga yang selama ini salah kaprah sekarang bisa ngerti emoticon-Kiss
Diubah oleh goist.cm
Jadi rindu Mencium harumnya ka'bah
bener banget gan,,
tapi ane gak sampe kepikiran gtu sih,,
mantap gan!
Tp kan tv ga disembah gan hanya ditonton. Ada analogi yg lain? Supaya bs dimengerti 🎏
ane malah belum pernah kesana gan, pengen... emoticon-Frown
Quote:


baca dulu emoticon-Matabelo
ane hampir terprovokasi sm judul nih. ah enete emoticon-Hammer2

Yups setuju banget sama isi dari thread ini,
Muslim sholat hanya mengarah ke rumah Allah SWT bukan menyembah Ka'bah.

setidaknya di trit ini menjadi jawabannya gan emoticon-Shakehand2

btw numpang pekiwan gans emoticon-Cool
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
BETUUUULLLLL SEKAAALLLLIIIIIIII.....!!!!!emoticon-2 Jempol
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Hemm.. judulnya provokatif bgt gan, tp good job lah, penjelasannya sangat bagus n masuk akal
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Quote:


emoticon-Ngakak kayaknya agan sering ikutan yang pada ribut
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Quote:


Setuju gan
Tv dtonton bukan dsembah

Kenapa ga pasang poster kabah aja?

Kenapa tidak keliling lapangan bola aja, kenapa harus keliling kabah?
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
ane kepancing judul utk masuk emoticon-Big Grin

Ternyata isinya emoticon-2 Jempol
Diubah oleh .co.ccx
ane sempet tersungging sma judulnyah...
emoticon-Hammerhammer

siip gan trit ente, biar orang laen kga salah kaprah lg...emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
keren gan emoticon-Matabelo
Quote:


pertanyaan yang bagus, ayo TS nya jawab hayo..
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Quote:


sama gan ane hampir terprovokasi ama judulnya emoticon-Hammer (S)
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
analogi lain gan.. liat tv kan ga sujud. seringan sambil tiduran gan
Halaman 1 dari 18


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di