alexa-tracking

Perlu Banget Memahami Penyakit Tuberculosis Paru (TBC Paru)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/530800b9fdca17720a8b4712/perlu-banget-memahami-penyakit-tuberculosis-paru-tbc-paru
Smile 
Perlu Banget Memahami Penyakit Tuberculosis Paru (TBC Paru)
Terima Kasih Agan-agan sekalian yang mau membuka dan membaca thread ini. emoticon-Malu saya mau mengulas tentang Sakit TBC Paru ini. dan agan-agan juga bisa menyimak sedikit dan berbagi pengetahuan juga sama tmn2 agan hohohoemoticon-Baby Boy 1

TBC paru kadang sering kali dibilang FLEK PARU. memang kalo dilihat dari foto dada atau foto Rontgen terlihat Flek flek nya warna Putih berkabut gitu.
kalo singkatnya dari segi medis pengertian TBC paru adalah "Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis

Gimana Sih Gejala TBC Paru???

gejalanya kalo pada orang dewasa niyh:
- Batuk-batuk berdahak bisa 1 minggu hingga berbulan-bulan
- Nafsu makan menurun
- Berat badan menurun
- terlihat kurus (tidak selalu sih)
- malam-malam sering keringat dan demam sumer-sumer (Mksdnya sumer-sumer itu hangat-hangat gt lohemoticon-Bingung (S))
- beberapa diantaranya Batuk Darah (beda lho dgn muntah darah)


Menular gak sih? dan Gmn Cara Penularannya???

Jelas Menular. cara penularannya melalui Droplet atau titik embun udara yang diBatukkan penderita TBC. Tubuh pada dasarnya kan memiliki kemampuan membuang benda asing yang ada di paru, nah pada saat ada bakteri di paru, kemudian timbul infeksi disana, dan timbul Riak atau dahak yang ngumpul disitu, nanti tubuh akan berusaha membuat reflek batuk.

pada saat batuk --> droplet keluar bersama bakteri --> terhirup oleh orang sekitar atau lawan bicaranya--> bakteri masuk paru --> kuman berkembang biak --> terjadi infeksi --> Muncul deh Gejala-gejala umum tadi
sebenarnya ada 2 kemungkinan:
1. Bakteri masuk --> tidak sakit
2. Bakteri masuk --> sakit . hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh :
- Pola makan tidak teratur, gizi tidak cukup
- olahraga tidak pernah (Malas-malas, tidur terus di rumah, kerjaan ngeGame terusemoticon-Ngakak)
- ditambah lagi Kondisi Fisik tidak Fit dan kekebalan tubuh turun.
(Kalo PENDERITA HIV / AIDS --> kemungkinan 80% bisa sakit TBC krn jelas kekebalan tubuhnya tidak ada)

Gimana Sih Menyembuhkan Penyakit TBC Paru??? Apa Pasti Bisa Sembuh????emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

JELAS 99,09% BISA SEMBUH emoticon-Coolemoticon-thumbsup
Asalkan Berobat Teratur.!!!!!
Berobat Ke DOKTER lho. Apa yang disarankan dokter wajib dipatuhi, demi kesembuhan agan-agan yang Sakit terutama ya.
sebelum pengobatan biasanya akan diperiksa DAHAK/Riak di laboratorium, atau diperiksa foto dada/rontgen, atau bisa keduanya.
Pengobatan rata-rata sekitar 6-9 bulan. obatnya ada 2-4 jenis. Sekarang obatnya sudah dijadiin 1 tablet jadi gak perlu repot minum banyak2 obat. hehe.

kalo badan enak pengobatan belum slsai. obat di stop aja deh --> SALAH KAPRAH
Justru inilah yang dikawatirkan!. kebanyakan orang sudah minum obat baru 2 minggu pasti gejala-gejala sudah berkurang, Trus Obat nya gak rutin diminum lagi deh. Nah, kalo seperti ini niyh REPOT gan. Efeknya nanti bakterinya bisa kebal lho (Multi Drug Resistant). pengobatan jadi tambah susah, ditambha nanti obatnya pake Suntik, babak belur coy bokongnyaemoticon-Takut (S). Dan bisa-bisa sakit parunya sulit disembuhkan.emoticon-Takut (S):takuts

PENCEGAHAN

Nah, setelah taw penyakit di atas, sekarang bagia terpenting neh.
"MENCEGAH lebih baik daripada MENGOBATI" betul gak gan. pepatah lain bilang "SEHAT itu MAHAL"
Pencegahannya simpel aja sih :
1. Makan makanan Bergizi
2. Rajin olahraga
3. Hunian tempat tinggal harus dilengkapi ventilasi udara yang cukup, juga Cahaya Matahari harus bisa masuk. kalo perlu Atap dijebol gan, jemur kaya orang bule emoticon-Ngakak becanda gan hehe.
4. Kalo Batuk sebaiknya mulutnya ditutup pake saputangan pribadi atau pake masker
5. Bila ada orang batuk, diam2 agan tahan nafas sementara (ingat droplet tadi). Bisa juga nanti agan kasi nasihat yang baik "pak/bu maaf, kalo batuk mohon ditutup ya" yang sopan sm orang Tua. Ingat . haha
mengingat karakteristik bakteri nya:
- mudah mati terkena ultraviolet atau cahaya matahari (lebih baik lagi kalo btuk di luar rumah)
- mati pada suhu 80*C
- Imunisasi BCG jangan lupa (waktu kecil gan)
http://www.kaskus.co.id/thread/531c3...ang-vaksin-bcg ini linknya bisa dibaca thread ane gan

Perlu diketahui gan , Berdasarkan RISKESDAS tahun 2013 :
daerah dengan Pemyakit menular yang yang ditularkan melalui udara, terutama kasus TBC, 5 provinsi dengan TBC tertinggi yaitu:
- jawa barat
- papua
- DKI jakarta
- Gorontalo
- Banten
- Papua Barat

emoticon-Matabelo
oleh karenanya, perlu sekali agan memperhatikan Baik kesehatan diri sendiri, juga Kesehatan orang lain, saling care gan. dengan cara berbagi Ilmu yak emoticon-Smilie

naah, mungkin itu dulu ya gan informasi seputar Tuberculosis Paru, kalo ada yang mau ditanyakan silahkan gan. Terbuka kok gan hehe. atau privat message pun tak apa.
Kasi masukan jg ya agan-agan sekalian. TRIMS Banyak ^^
emoticon-Metalemoticon-Metalemoticon-Metal
contoh gambar Flek Paru
Perlu Banget Memahami Penyakit Tuberculosis Paru (TBC Paru)
contoh orang batuk -tampak droplet betebaran
Perlu Banget Memahami Penyakit Tuberculosis Paru (TBC Paru)

Jangan Lupa ya Gan, minta VOTE ya agan2 hehe emoticon-Ngakak
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Trims Gan sebelumnya .. ^^ minta masukannya juga ya
image-url-apps
Ane mantan TB sekitar 6 tahunan yll dengan pengobatan 11 bulan. Tertularnya dari nenek. Obat cuma dua biji plus vitamin. Waktu 3 bulan pertama ane lupa minum sebiji, tapi ane diem aja krn pasti ngulang pengobatan.. Stlh Selesai 6 bulan trus dirontgen katanya masih ada lagi sedikit (pasti krn lupa obat td) dan minun obat lagi selama 3 bulan..
Sekarang dah sembuh, cuman kalo lagi musim batuk ane paling susah ngobatinnya...
Quote:


nah gan. hati-hati gan. jangan sampe lupa gan. takutnya nanti kumannya kebal, dan tambah susah disembuhin lho gan. dan misal ada temennya atau keluarga ada yg kena, agan kan punya pengalaman neh, Sharing aja gan. supaya mereka bisa patuh minum obat.

kalo musim batuk agak susah ngobatinnya, mungkin itu adalah Efek SEQUELE (gejala sisa), memang sudah sembuh, tp bekas dulu kena TB itu, mempengaruhi juga gan.

ada juga yang sampai sekarang ini (dulunya kena TBC), nah keluhannya sakit di dada kalau bernafas --> disebabkan struktur di paru bekas infeksi dulunya.. gituemoticon-Sorry
KASKUS Ads
ane baru mulai pengobatan gan
yaa kurang lebih baru 2 minggu minum obat
semoga ane kuat ya gan minum obat selama 6 bulan
apalagi 2 bulan pertama obatnya lumayan banyak emoticon-Sorry
dua hari kemaren tiba2 ane ngeluarin dahak bercampur darah segar gitu warnamya merah bercampur lendir, kira2 ada satu sendok makan sampai ane usap lidah ane pake kaos dan darahnya pada nempel di kaos. , padahal sebelumnya ane gak batuk cuma emang sering geluarin dahak karena ane perokok.

setelah itu malemnya badan ane mulai drop lemes, ngantuk dan males makan trus sampai sekarang dada ane terasa panas dan gatal dari dalem...
kira2 apa ane terjangkit flex ato TBC ya.
emoticon-Sundul Up
Hey thread soal TB bagus nih, btw kamu bikin threadnya ada sumbernya gak? cantumin dong cyin emoticon-Betty (S)

saya mau nambahin ya, ini saya dapat dari materi kuliah saya dulu sebelum lulus emoticon-Malu (S) "program penanggulangan penyakit menular" hehe

jadi ada beberapa hal yg menjadi faktor risiko penyebab penyakit TB, di antaranya Faktor daya tahan tubuh,seperti yang sudah Ts utarakan karena gizi yg buruk dan HIV (faktor risiko yang paling kuat bagi yang terinfeksi TB menjadi sakit TB. Infeksi HIV mengakibatkan kerusakan luas sistem daya tahan tubuh sehingga jika terjadi infeksi penyerta (oprtunistic), seperti tuberculosis, maka yang bersangkutan akan menjadi sakit parah bahkan bisa mengakibatkan kematian). Selanjutnya Faktor lingkungan, seperti Ventilasi, kepadatan ruangan, dan kebersihan.

Dan benar sekali kalau TB menular melalui udara lewat droplet.
Pada waktu batuk atau bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak (droplet nuclei). Sekali batuk dapat menghasilkan sekitar 3000 percikan dahak. Umumnya penularan terjadi dalam ruangan dimana percikan dahak berada dalam waktu yang lama. Ventilasi dapat mengurangi jumlah percikan, sementara sinar matahari langsung dapat membunuh bakteri. Percikan dapat bertahan selama beberapa jam dalam keadaan yang gelap dan lembab.
Selain itu, makin tinggi kepadatan ruangan makin tinggi pula risiko seseorang tertular bakteri TB. Tidak hanya itu daya penularan seorang penderita ditentukan oleh banyaknya kuman yang dikeluarkan dari parunya. Makin tinggi derajat kepositifan hasil pemeriksaan dahak, makin menular penderita tersebut. Faktor yang memungkinkan seseorang terpajan kuman TB ditentukan oleh konsentrasi percikan dalam udara dan lamanya menghirup udara tersebut.

semoga bermanfaat emoticon-Kiss


image-url-apps
Quote:


tetap sabar gan , jangan lupa minum obatnya sampai selesai, aku 3 tahun yg lalu juga pernah ngalami dan alhamdulillah bisa sembuh. tiap pagi dulu aku menyempatkan diri berjemur matahari sambil olahraga kecil lumayan bikin badan segar gan. Aku doa kan semoga cepat sembuh gan.
wah, gan..ayah ane udah 3minggu batuk2, gan..
jadi ngeri kalo baca trid ini. tapi ayah ane ngak mau ke dokter, gan.. emoticon-Berduka (S)
sampe binggung gimana ngebujuk minum obatnya emoticon-Berduka (S)
menurut agan ini TBC ngak ya? emoticon-Berduka (S)

Smile 

Quote:


Semangat ya Gan.. gak boleh nyerah di awal. banyak yang putus obat ditengah2 pengobatan loh. memang rasanya pasti Bosen, itu obat harus Teratur dan sampai TUNTAS!.
Wah agan satuini Bener2 Kuat dan Pantang Menyerah. Lanjutkan Pengobatannya Gan!!emoticon-Jempol
cepet sembuh Gan.emoticon-thumbsup
emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
Quote:


halo agan. trima kasi sebelumnya menjadi salah satu pembaca Thread ane.
Gan, maaf ya sebelumnya. agan harus Tahu dulu efek rokok terhadap di jaringan Paru-paru bagaimana. mungkin Agan sudah tahu betul.
Nah kalo dari gejala Agan, penentuan penyakit TBC atau Bukan itu dari Pemeriksaan Dahak dan Foto Dada,....

Tapi kalo dari tipe agan, perokok, biasanya itu karena rokok. bagian saluran di parunya (Bronkus) ada kerusakan, sehingga pada saat batuk, pembuluh darah pecah gan. timbul darah jadinya. lendir itu merupakan oksidan dan kotoran yang terhisap terutama asap rokok tadiemoticon-Sorry
maaf ya gan, Agan Perokok Lama bukan??? segera periksa ke dokter ya gan jangan ditunda-tunda lagi emoticon-Sorry

Smile 

Quote:



Halo agan !. Terimakasi banyak sudah membaca threadnya.
Wah bener-bener membantu gan. trims banget tambahannya. Betul sekali gan. Jadi perlu diperhatikan betula ya pencegahannya, biar orang yang membaca thread ini betul2 merasakan manfaat, terutama buat orang yang sakit TBC saat ini; Mereka Pasti butuh MOTIVASI kuat lho. emoticon-Smilie

wah agan udah bener2 pengalaman niyh kliatannya. bagi2 info atau ada tambahan lain jg boleh gan hehe
ohya gan sumbernya saya dapat dari "PEDOMAN DIAGNOSIS DAN PENATALAKSANAAN DI INDONESIA" oleh PERHIMPUNAN DOKTER PARU INDONESIA. tapi tahunnya 2006 maklum udah lama wkatu pendidikan dulu emoticon-Ngakak
. mungkin ada keluaran terbaru gan. dan Sumbernya yang lain bisa di dpatkan di Ilmu Penyakit Dalam . gt gan.

Salam gan

Quote:


Halo agan. berpikir itu TBC itu boleh. tapi banyak faktor niyh yang berpengaruh. jd tidak bisa terburu-buru dibilang TBC gan.
batuk 3 minggu gt bisa jg bukan TBC.
penentuan arah ke TBC harus dengan pemeriksaan Dahak gan. sama Foto Dada (Rontgen). nanti bisa keliatan. gejalanya Pun Khas seperti yang di thread ane gan.
maaf gan usia bapaknya brp ya? Perokok berat bukan? dan ada riwayat Jantung atau Darah tinggi tidak?emoticon-Bingung (S)
emoticon-Sundul Up
Quote:


ya, gan..makasih jawabannya. Ane juga maunya ngak kenapa2 ayah ane.
Ayah usia 49 tahun, bukan perokok, tapi kakek saya perokok berat, jadi mungkin ayah saya perokok pasif saat mudanya. emoticon-Cape d... (S)
Riwayat jantung dan darah tinggi tidak ada, gan..tapi ada riwayat paru basah kalau dulu ibu cerita.
Jadi kira2 tindakan apa ya yang baiknya dilakuin, gan? emoticon-Bingung (S)
makasih sebelumnya..
Quote:


ente dokter gan? btw sekalian aja kamu tambahin mengenai vaksin BCG gan emoticon-Shakehand2
Quote:


ya gan ane perokok lama dan perokok berat, sejak kejadian keluar dahak bercampur darah tiga hari kemarin ane jadi males merokok bahkan cuma ngabisin 2 batang dalam tiga hari itu juga gak abis semua paling baru setengahnya trus ane buang,
saat ini yg ane rasain rasa sesak terutama kalau tidur terlentang ane juga ngerasain sensasi panas dan seperti gatal dari dalam dada kadang sebelah kiri kadang sebelah kanan, dan ane selalu perhatiin dahak yg keluar yang ane perhatikan selama 3 hari ini dahak kadang berwarna putih bersih, kadang berwarna hijau kadang berwarna hijau disertai bercak warna coklat.

sore ini ane mau berangkat ke dokter untuk diperiksa, sebelumnya ane ucapin terima kasih

image-url-apps
Quote:


semoga hasilnya tidak.buruk ya gan emoticon-Kiss
waduh susah juga yah .. kalau bapaknya kena tanpa sepengetahuannya ..
ntar bisa kena anak-anaknya juga berarti emoticon-Takut (S)
image-url-apps
Quote:


usahakan anak diberi vaksin BCG gan emoticon-Recommended Seller
×