- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
All About Toyota Supra


TS
FarhanAshari
All About Toyota Supra



Kali ini ane mau ngebahas tentang mobil Toyota Supra mulai dari seri awal sampe seri terakhir gan. Jadi disimak yah

Quote:
Toyota Supra itu mobil sport buatan Jepang yang di produksi sama Toyota Motor Corporation dari tahun 1978 sampai 2002. Model-model Toyota Supra (Mark I-MarkII) sebenarnya berasal dari Toyota Celica cuma lebih panjang dan lebih lebar. Nah mulai dari tahun 1986, Toyota Supra (Supra Mark III-MarkIV) modelnya udah beda alias gak mirip lagi sama Celica.
Toyota Supra juga mengadaptasi dari Toyota 200GT yaitu dari segi mesin.Semua model Toyota Supra bermesin Inline-6 atau enam silinder segaris.
Toyota Supra juga mengadaptasi dari Toyota 200GT yaitu dari segi mesin.Semua model Toyota Supra bermesin Inline-6 atau enam silinder segaris.
Spoiler for Mark I (A40; 1978–1981):

Quote:
Generasi pertama Supra mirip dengan Toyota Celica liftback , tapi lebih panjang ukurannya yaitu 129,5 mm (5.10 in). Pintu dan bagian belakangnya sama kaya Celica tapi panel depan yang memanjang untuk mengakomodasi mesin Inline-6 bukan mesin 4-silinder milik Celica. Rencana awal Toyota untuk Supra saat ini adalah untuk membuatnya menjadi pesaing yang sangat populer Datsun (sekarang Nissan).
Supra Mark I bermesin 110 hp (82 kW) 2.0 L 12-valve SOHC inline-6 (M-EU, kode chassis MA45) atau the 110 hp (82 kW) 2,563 cc (2.563 L; 156.4 cu in) 12-valve SOHC inline-6 engine (4M-E, kode chassis MA46). Kedua mesin tersebut sudah memakai electronic fuel injection. Untuk transmisi, Supra Mark I memakai 5 speed manual atau 4 speed automatic.
Supra Mark I bermesin 110 hp (82 kW) 2.0 L 12-valve SOHC inline-6 (M-EU, kode chassis MA45) atau the 110 hp (82 kW) 2,563 cc (2.563 L; 156.4 cu in) 12-valve SOHC inline-6 engine (4M-E, kode chassis MA46). Kedua mesin tersebut sudah memakai electronic fuel injection. Untuk transmisi, Supra Mark I memakai 5 speed manual atau 4 speed automatic.
Spoiler for Mark II (A60; 1981–1986):


Quote:
Untuk tahun 1982, di pasar Amerika Utara, mesin Celica Supra itu berkapasitas 2.759 cc (2,759 L; 168,4 cu in) 12-katup (2 katup per silinder) DOHC 5M-GE dan berbekal transmisi 5 speed. Power output sebesar 145 hp (108 kW). Mesin menggunakan rasio kompresi 8.8:1. Mobil ini mampu mencatat waktu 0-60mph dalam 9,8 detik dan 17,2 detik terjaring 1/4 mil pada 80 mph (130 km/h).
Untuk model tahun 1983 tidak banyak perubahan, hanya peningkatan output daya 150 hp (112 kW). Satu-satunya perubahan yang nyata di daerah mesin adalah beralih dari vakum menjadi distributor elektronik, tapi itu tidak meningkatkan daya.
Pada tahun 1984 , Toyota mellakukan sedikit perubahan pada supra . Power output meningkat pada model 5-speed hingga 160 hp ( 119 kW ). Peningkatan ini dicapai dengan perubahan pada intake manifold dan peningkatan rasio kompresi menjadi 9.2:1. Perubahan lainnya adalah rasio gigi beralih ke 4.30 : 1.
Supra diubah lagi pada tahun 1985. Di sisi mesin, output daya meningkat menjadi 161 hp (120 kW). Kabar baiknya adalah bahwa semua Supra tahun ini memiliki jumlah yang sama pada powernya (baik otomatis dan 5-kecepatan). Mesin didesain ulang dengan mengusung throttle position sensor (TPS) serta sistem EGR. Dengan sedikit peningkatan daya Supra mampu berakselerasi dari 0-60 mph dalam 8,4 detik dan dengan speed 85 mph (137 km/h).
Untuk model tahun 1983 tidak banyak perubahan, hanya peningkatan output daya 150 hp (112 kW). Satu-satunya perubahan yang nyata di daerah mesin adalah beralih dari vakum menjadi distributor elektronik, tapi itu tidak meningkatkan daya.
Pada tahun 1984 , Toyota mellakukan sedikit perubahan pada supra . Power output meningkat pada model 5-speed hingga 160 hp ( 119 kW ). Peningkatan ini dicapai dengan perubahan pada intake manifold dan peningkatan rasio kompresi menjadi 9.2:1. Perubahan lainnya adalah rasio gigi beralih ke 4.30 : 1.
Supra diubah lagi pada tahun 1985. Di sisi mesin, output daya meningkat menjadi 161 hp (120 kW). Kabar baiknya adalah bahwa semua Supra tahun ini memiliki jumlah yang sama pada powernya (baik otomatis dan 5-kecepatan). Mesin didesain ulang dengan mengusung throttle position sensor (TPS) serta sistem EGR. Dengan sedikit peningkatan daya Supra mampu berakselerasi dari 0-60 mph dalam 8,4 detik dan dengan speed 85 mph (137 km/h).
Spoiler for Mark III (A70; 1986–1992):


Quote:
Generasi ketiga Supra diperkenalkan Mei 1986 dan secara resmi memisahkan diri dari Celica. Sedangkan Celica menjadi mobil front-wheel-drive coupe sport, dan Supra mempertahankan citranya sebagai mobil rear-wheel-drive sport / GT. Supra ini didukung oleh mesin berkapasitas 3,0-liter DOHC inline-6 bertenaga 200 bhp. Fitur utama termasuk suspensi dikontrol secara elektronik independen (Toyota Electronic Modulated Suspension - TEMS), dan atap yang bisa dilepas.
Supra Turbo diperkenalkan pada tahun 1987 sudah memiliki inter-cooled, turbo dengan mesin 6-silinder 3.0-liter bertenaga 230 hp (172 kW; 233 PS). Supra Turbo juga sudah memiliki pendingin oli mesin dan spoiler belakang yang terintegrasi, limited slip differential (LSD), TEMS, Anti-Lock Braking System (ABS). Tetapi pada tahun ini hanya 1000 model yang diproduksi. Tidak banyak perubahan sampai dikeluarkannya supra tahun 1992.
Supra Turbo diperkenalkan pada tahun 1987 sudah memiliki inter-cooled, turbo dengan mesin 6-silinder 3.0-liter bertenaga 230 hp (172 kW; 233 PS). Supra Turbo juga sudah memiliki pendingin oli mesin dan spoiler belakang yang terintegrasi, limited slip differential (LSD), TEMS, Anti-Lock Braking System (ABS). Tetapi pada tahun ini hanya 1000 model yang diproduksi. Tidak banyak perubahan sampai dikeluarkannya supra tahun 1992.
Spoiler for Mark IV (A80; 1993–2002):




Quote:
Nah mulai tahun 1993, Toyota mulai serius membuat high performance car. Ini terbukti dari mesin yang diusung Supra Mark IV menggunakan Toyota 2JZ-GE yang menyemburkan daya sebesar 220 hp di 5800 RPM dengan dua pilihan transmisi 6 speed manual atau 4 speed automatic. Supra Mark IV juga diproduksi dengan pilihan mesin Twin Turbo yaitu Toyota 2JZ-GTE yang bisa menyemburkan daya sebesar 276 hp.
Untuk model ekspor (Amerika / Eropa) Toyota mengupgrade mesin Supra. Hal ini meningkatkan output daya sampai 320 hp (239 kW; 324 PS) pada 5600 rpm. Varian turbocharged bisa mencapai 0-60 mph dalam 4,6. detik dan 13,1 detik pada jarak 1/4 mil (402 m) dengan kecepatan 109 mph (175 km/h). Versi turbo memiliki top speed 285 km/h (177 mph), tapi mobil dibatasi hanya 180 km/h (112 mph) di Jepang dan 250 km/h (155 mph) di tempat lain.
Twin turbo pada Supra berfungsi secara sequential yaitu turbo pertama akan bekerja pada RPM yang rendah dan turbo kedua bekerja pada rpm tinggi jadi tenaga yang di keluarkan lebih efisien.
Untuk model ekspor (Amerika / Eropa) Toyota mengupgrade mesin Supra. Hal ini meningkatkan output daya sampai 320 hp (239 kW; 324 PS) pada 5600 rpm. Varian turbocharged bisa mencapai 0-60 mph dalam 4,6. detik dan 13,1 detik pada jarak 1/4 mil (402 m) dengan kecepatan 109 mph (175 km/h). Versi turbo memiliki top speed 285 km/h (177 mph), tapi mobil dibatasi hanya 180 km/h (112 mph) di Jepang dan 250 km/h (155 mph) di tempat lain.
Twin turbo pada Supra berfungsi secara sequential yaitu turbo pertama akan bekerja pada RPM yang rendah dan turbo kedua bekerja pada rpm tinggi jadi tenaga yang di keluarkan lebih efisien.
Spoiler for Sumber:
Quote:
Sekian Thread dari ane. Mohon maaf bila ada kekurangan
Kalo berkenan boleh kasih ane
atau
tapi jangan kasih
ya 





Diubah oleh FarhanAshari 21-02-2014 13:29
0
10.7K
Kutip
32
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan