Jika Anda Berpikir masih ada banyak waktu, maka pasti Anda sudah kehilangan banyak waktu berharga.
Pernah gak agan berpikir mengapa waktu cepat sekali berlalu? Pasti semua orang pernah memikirkannya. Kebanyakan orang tidak ingat bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka. Hal ini sering banget terjadi ketika seusai liburan. Tidak efesiennya dalam hidup maupun pekerjaan akan mempengaruhi performa Agan sendiri. Belum lagi pekerjaan dan bisnis yang bisa jadi berantakan karena hal ini.
Tidak punya tujuan
Quote:
Akar dari ketidak-efisien seseorang selalu disebabkan oleh tidak adanya tujuan. Tanpa tujuan maka dapat dipastikan seseorang akan kebingungan dan berjalan tanpa arah, bahkan bisa juga menyebabkan seseorang untuk berhenti. Hal ini juga membuat kebanyakan orang tidak dapat menentukan prioritas aktivitas yang harus dikerjakan lebih dahulu. Secara sederhana, set goal, finish it, and repeat.
Mengkonsumsi lebih banyak daripada yang bisa dihasilkan
Quote:
Sering menghabiskan banyak waktu untuk kumpul-kumpul ataupun menghabiskan banyak uang hanya untuk makan enak adalah kebiasaan yang paling sering dijumpai pada orang-orang yang tidak efisien. Selain itu mereka juga berpikir terlalu lama sehingga membuang banyak waktu berharga, lebih parah lagi kalau terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif yang dapat terjadi.
Bergantung pada “multi-tasking” untuk menghemat waktu
Quote:
Banyak orang berpikir mengerjakan lebih dari 1 hal dalam waktu bersamaan akan membuat mereka menjadi lebih efisien. Namun kenyataannya hal itu menjadikan mereka tidak fokus dan justru malah memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kecuali kalau Anda merasa Superman, lebih baik Anda menyelesaikan satu hal sebelum berusaha menyelesaikan hal lainnya.
Tidak melakukan organisasi dengan baik
Quote:
Orang-orang yang tidak efisien pasti akan menghabiskan banyak waktu dalam mengerjakan segala hal karena mereka tidak memiliki keahlian berorganisasi yang baik. Inilah alasan mengapa mengikuti organisasi itu sangat penting sejak usia masih muda. Namun jangan sampai menghabiskan waktu berlebihan di organisasi karena alasan absensi atau rasa bangga terhadap institusinya karena hal ini justru akan menjadikan seseorang kembali tidak efesien.
Mengharapkan orang lain untuk membantu
Quote:
Ketika mendapat pekerjaan baru yang belum dikuasai, banyak orang mengharapkan akan ada orang lain yang datang untuk membantu mereka. Hal inilah yang membuat mereka menjadi malas untuk mempelajari hal baru tersebut. Akhirnya yang terjadi adalah mengerjakan semuanya di menit-menit terakhir. Dalam dunia kerja, kita akan kesulitan menemukan senior yang dengan berbaik hati membantu kita menyelesaikan tugas. Ingat saja bahwa mereka juga sedang kesulitan mengerjakan tugasnya.