alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52fc3ccb148b463a0b8b45c2/mengenal-penyakit-asam-urat
Mengenal Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat biasanya dikenali dengan munculnya nyeri dan ngilu pada persendian. Dalam kondisi parah , penyakit ini juga menimbulkan bengkak dan peradangan yang sangat menyiksa. Rasa nyeri dan ngilu di persendian itu timbul akibat adanya penumpukan kristal asam yang merupakan sisa metabolisme purin. Setiap orang memiliki kadar purin karena purin adalah salah satu struktur kimia pembentuk dna. Purin dapat diproduksi sendiri oleh setiap makhluk hidup. Purin yang mengendap menjadi kristal dan menumpuk pada persendian kita umumnya berasal dari sisa makanan yang dikonsumsi. Bukan hanya daging , sayuran yang kita makan pun mengandung purin dengan kadar yang berbeda-beda. Di samping itu , purin juga berasal dari sel-sel tubuh yang rusak. Asam urat yang melewati ambang batas normal memicu munculnya keluhan-keluhan pada ginjal , sendi , dan saluran kemih.

Kadar normal asam urat
Secara alamiah , asam urat dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar tertentu dan diproduksi dalam proses metabolisme. Tubuh kita memiliki kemampuan menyuplai sekitar 85% senyawa purin setiap hari. Dengan kata lain , kita hanya memerlukan sekitar 15% saja purin dari asupan makanan. Selebihnya menjadi sisa metabolisme yang diolah oleh ginjal dan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran sekresi. Apabila kadarnya melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuh , ginjal tidak mampu mengolahnya , maka timbulah penyakit asam urat sebagaimana yang banyak dikeluhkan berupa nyeri , bengkak , dan radang persendian. Biasanya asam urat menyerang para pria. Berbeda dengan para wanita yang persentasenya kecil dan baru terkena setelah menopause. Kadar asam urat kaum pria biasanya meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Sedangkan wanita , peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.
Untuk memastikan apakah seseorang menderita penyakit asam urat , diperlukan pemeriksaan laboratorium. Pria dan wanita memiliki kadar asam urat normal yang berbeda. Pada pria , kadar asam urat dibilang normal pada kisaran 3,5 - 7 mg/dl , sedangkan pada wanita berada di kisaran 2,6 - 6 mg/dl.
Pria lebih rentan terkena penyakit asam urat dibandingkan wanita. Hormon estrogen pada wanita berpengaruh pada proses pembuangan asam urat melalui urine. Hormon estrogen diproduksi secara alami selama masa produktif. Karena itu , pada wanita biasanya gejala asam urat baru muncul saat memasuki masa menopause.

Penyebab penyakit asam urat
Dalam proses metabolisme tubuh , sisa asam urat yang berlebihan dilarutkan dalam urine dan dibuang dalam proses sekresi. Mayoritas penyakit asam urat diawali dari ginjal yang tidak mampu membuang asam urat secara sempurna melalui urine. Di samping itu , penderita penyakit asam urat umumnya memiliki keluhan lain seperti hipertensi , diabetes , atau aterosklerosis. Dalam jangka panjang , penyakit asam urat akan memicu batu ginjal atau mengakibatkan gagal ginjal.
Penyakit asam urat bisa disebabkan oleh beberapa faktor , yaitu sebagai berikut :
1. Genetik dan hormonal
Secara alamiah , tubuh kita memiliki kemampuan untuk mengolah zat purin , dan membuang sisa-sisanya lewat proses sekresi. Namun , pada beberapa kasus ditemukan gangguan metabolisme yang disebabkan oleh kombinasi genetik dan hormonal , yang menyebabkan produksi asam urat tidak terkendali , atau ketidakmampuan sistem sekresi mengeluarkan sisa purin secara sempurna.
2. Penyakit darah dan obat-obatan
Penyakit darah seperti penyakit sumsum tulang dan polisitemia juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat.
3. Konsumsi purin terlalu tinggi
Konsumsi makanan berkadar purin tinggi menyebabkan sistem metabolisme kita kewalahan. Ginjal dipaksa untuk mengolah purin secara berlebihan. Semakin lama , kemampuan ginjal pun semakin menurun. Lantas , menumpuklah purin sebagaimana dijelaskan di awal.

Makanan dan minuman pemicu asam urat (boleh dikonsumsi asal jangan terlalu banyak)
Untuk mengurangi resiko terkena penyakit asam urat , kita harus memperhatikan dengan seksama makanan dan minuman yang kita konsumsi. Makanan berikut ini memiliki kadar purin tinggi. Persentase berbanding dengan berat bahan makanan.
. Cokelat : 0,230%
. Lobster : 0,0118%
. Tahu : 0,0108%
. Limpa kambing : 0,0773%
. Hati sapi : 0,0554%
. Ikan sarden : 0,0480%
. Jamur kuping : 0,0448%
. Limpa sapi : 0,0444%
. Daun melinjo : 0,0366%
. Paru-paru sapi : 0,0339%
. Kangkung , bayam : 0,0290%
. Ginjal sapi : 0,0269%
. Jantung sapi : 0,0256%
. Hati ayam : 0,0243%
. Jantung domba/kambing : 0,0241%
. Ikan teri : 0,0239%
. Udang : 0,0234%
. Biji melinjo : 0,0222%
. Daging kuda : 0,0200%
. Kedelai dan kacang-kacangan : 0,0190%
. Daging ayam dengan kulit : 0,0175%
. Daging ayam : 0,0169%
. Daging angsa : 0,0165%
. Lidah sapi : 0,0160%
. Ikan kakap : 0,0160%
. Tempe : 0,0141%
. Daging bebek : 0,0138%
. Kerang : 0,0136%
Masih banyak lagi makanan lainnya yang perlu diwaspadai. Adapun minuman yang memicu penyakit asam urat adalah alkohol , softdrink , dan ice cream. Makanan dan minuman di atas cukup rentan memicu penumpukan asam urat , terutama bagi orang-orang yang memiliki tingkat resiko tinggi sebagai penderita , seperti usia lanjut. Perlu dipahami bahwa tingkat sensitivitas masing-masing orang berbeda , sehingga dampak makanan tersebut pun berbeda-beda.

Mengenali gejala penyakit asam urat
Secara umum , gejala penyakit asam urat adalah berupa rasa linu dan nyeri persendian. Namun , bukan berarti setiap linu dan nyeri sendi menandakan penyakit asam urat. Banyak hal lain yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri tersebut tanpa berkaitan langsung dengan penumpukan zat purin di persendian kita. Sebaliknya , tidak setiap penyakit asam urat ditandai dengan munculnya rasa linu dan nyeri tersebut. Pada beberapa kasus , ada juga penyakit asam urat yang tidak menunjukkan gejala-gejala tersebut.
Berikut ini adalah gejala-gejala yang secara umum dialami oleh penderita penyakit asam urat.
. Rasa nyeri pada otot , terutama persendian lutut , pinggang , punggung , pinggul , pundak , dan bahu.
. Pembengkakan urat di persendian , tampak memerah , terasa panas , dan nyeri terutama pada malam hari.
. Mudah merasa capek dan pegal-pegal.
. Linu dan kesemutan secara terus-menerus.
. Buang air kecil di malam hari atau saat bangun tidur berkali-kali.
. Pada stadium di mana asam urat memicu kencing batu , gejala disertai dengan kesulitan buang air kecil.
Gejala-Gejala tersebut biasanya tidak langsung dikenali oleh penderita pada stadium awal. Di mana pada umumnya , gejala hilang-timbul secara berulang-ulang selama berhari-hari. Sifatnya pun biasanya monoartikular , menyerang satu sendi saja. Gejala tersebut pada awalnya menyebabkan gangguan gerak sendi. Bagian yang umumnya mendapat serangan pertama kali adalah sendi pangkal ibu jari kaki. Ada baiknya apabila telah muncul beberapa gejala yang mengarah pada penyakit asam urat , untuk segera menjalani pemeriksaan medis dan klinis.
Setelah munculnya serangan pertama , biasanya rasa sakit menghilang dalam 5-7 hari. Di mana penderita tidak akan merasakan apa-apa. Jika dibiarkan , maka akan masuk pada tahap berikutnya , di mana gejala penyakit sering muncul. Waktu serangannya pun lebih lama dibanding sebelumnya. Rata-rata , jarak dari serangan pertama ke serangan kedua berkisar 1 - 2 tahun , namun ada juga yang sampai 10 tahun.
Setelah menderita selama lebih 10 tahun , penyakit asam urat memasuki tahap yang lebih serius. Pada tahap ini mulai muncul tofus , yakni benjolan-benjolan di persendian yang berisi serbuk menyerupai kapur. Itulah yang dimaksud dengan tumpukan kristal purin.

Bagaimana menghindari penyakit asam urat?
Penyakit asam urat bisa kita cegah selama kita memiliki gaya hidup yang sehat , dan memperhatikan hal-hal berikut ini
. Olahraga teratur , untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.
. Memperbanyak meminum air putih. Air putih meringankan kerja ginjal dalam melarutkan sisa zat purin ke dalam urine.
. Mengontrol makanan dan minuman yang kita konsumsi , dengan menghindari makanan dan minuman berkadar purin tinggi.
. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang , yogurt , dan pisang karena zat potassium membantu melarutkan zat purin.
. Banyak mengkonsumsi vitamin c alami yang terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk , pepaya , dan stroberi.
. Memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah , singkong , roti gandum utuh , dan ubi , serta mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula , permen , arum manis , gulali , sirup , dan nasi putih.
. Memperhatikan kondisi tubuh , jangan bekerja terlalu keras dan kelelahan , serta istirahat yang cukup.
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
pertamax kah emoticon-Matabelo

Manfaat Buah Nanas

Buah nanas dikenal juga dengan nama nenas , atau ananas , memiliki nama latin ananas comosus (l) merr. Buah ini termasuk jenis tanaman tropis. Nanas dikenal berasal dari daerah brazil , bolivia , dan , paraguay. Pohon nanas memiliki karakteristik tumbuh menahun dengan perawakan rendah. Satu pohon memiliki sekitar 30 helai daun memanjang berujung tajam dan bergerigi yang tersusun berkeliling pada pokok batang yang tebal.

Sekilas , pohon nanas menyerupai pohon pinus sehingga dalam bahasa inggris disebut pineapple. Penyerbukan tanaman nanas melalui perantara serangga seperti lebah dan kupu-kupu , juga oleh burung pengisap madu. Nanas berbunga majemuk. Pada saat menjadi buah , buah tersebut bergabung menjadi satu pada tongkolnya. Gabungan buah itu dikelilingi kulit yang kasar.

Nanas berkembang biak secara vegetatif dengan cara mengambangkan tanaman muda yang terdapat pada bagian mahkota buah. Lampung adalah daerah di indonesia yang paling banyak membudidayakan nanas. Produk olahan buah nanas yang paling mudah dijumpai adalah selai nanas.

Buah nanas dan asam urat
Nanas banyak mengandung serat , vitamin c , vitamin b , asam folat , tiamin , magnesium , enzim peroksidase , dan enzim bromelin. Kandungan aktif nanas tersebut memiliki pengaruh besar dalam membantu proses pencernaan protein dalam tubuh dan mengurangi penumpukan zat purin.

Jus nanas untuk mengatasi asam urat
Pada beberapa orang , memakan buah nanas mungkin bukan hal yang menyenangkan. Kadang-kadang , memakan buah nanas menyebabkan gigi terasa linu. Anda perlu memodifikasi sajian nanas agar lebih menggugah selera. Dengan meraciknya menjadi jus nanas , misalnya.

Berikut ini adalah cara menyajikan jus nanas agar terasa lebih nikmat dan tidak berkesan anda sedang minum obat.

1. Ambil 100 gr nanas , potong kecil-kecil.
2. Tambahkan 50 gr batang seledri , potong kecil-kecil.
3. Tambahkan satu buah tomat.
4. Tambahkan 75 ml air
5. Campurkan semua bahan tersebut , giling dengan blender.
6. Hidangkan dengan irisan jeruk nipis.
7. Minum tiap pagi dan malam hari.

Anda juga dapat menikmati jus nanas sebagai minuman segar dengan cara berikut :

1. Ambil irisan setengah buah nanas. Potong kecil-kecil sesuai kebutuhan dan kapasitas blender.
2. Tambahkan 2 iris buah melon.
3. Tambahkan 1 gelas air.
4. Blender nanas sampai halus , kemudian masukkan melon.
5. Sajikan untuk 2 gelas.

Manfaat lain buah nanas
Seperti dijelaskan di awal , bahwa buah nanas memiliki kandungan aktif yang sangat bagus untuk memperlancar pencernaan protein. Selain itu , nanas memiliki manfaat lain , diantaranya sebagai berikut :

A. Membantu mempercepat penyembuhan luka. Anda pernah mendengar pasien operasi diminta banyak mengonsumsi buah nanas? Ya , sebab nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi mengatasi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh.
B. Menyeimbangkan kadar gula darah. Nanas juga bagus untuk penderita diabetes karena ensim bromelain memiliki fungsi lain menyeimbangkan kadar gula dalam darah.
C. Nanas juga bagus untuk menyembuhkan penyakit edema karena nanas juga mampu mengurangi kadar air yang berlebih dalam tubuh kita.
D. Nanas juga bagus untuk kesehatan karena kandungan asam asparticnya mampu mengikat dan membuang asam ammonia , asam tersebut adalah racun yang berbahaya bagi tubuh.

Bagaimana memilih nanas yang bagus?
Anda pernah membeli nanas dan kecewa setelah mengupasnya karena nanas masih terlalu muda atau matang karena pemeraman? Ya , banyak sekali kasus semacam ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa memilih nanas yang bagus

A. Teliti beratnya. Jangan terpesona dengan warnanya. Pilihlah yang paling berat. Semakin berat , semakin banyak kadar airnya. Kadar air berkurang dalam masa pemeraman. Semakin lama dipetik , semakin banyak air menguap.
B. Teliti baunya. Nanas yang matang mengeluarkan bau khas yang sangat kuat. Jangan sampai anda salah memilih nanas yang masih muda , rasanya sangat asam.

Manfaat Daun Alpukat.

Alpukat MEMILIKI SEJARAH PANJANG HINGGA DIBUDIDAYAKAN DI INDONESIA. Suku aztek dari amerika tengah dan meksiko pertama kali mengenalkan buah ini kepada pasukan spanyol di awal abad ke 16 di bawah pimpinan martin fernandez de enciso , yang kemudian membawanya ke eropa. Seiring dengan agenda kolonialisme yang berkembang saat itu , buah alpukat menyebar ke seluruh dunia , salah satunya ke indonesia dibawa oleh tentara belanda pada abad ke 19.

. Kandungan alpukat

Alpukat adalah buah yang unik dan memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya sangat tinggi , dan memiliki kandungan 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Vitamin dan mineral itu antara lain :

A. Riboflavin , atau yang dikenal sebagai vitamin b2.
B. Niasin , atau yang dikenal sebagai b3.
C. Potasium , atau lebih dikenal sebagai kalium.
D. Vitamin c.
E. Vitamin a.
F. Vitamin e.
G. Asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan.
H. Asam linoleat yang berfungsi menurunkan kolesterol darah.
I. Vitamin b6.
J. Zat besi.
K. Zat tembaga.
L. Mineral mangan dan seng.
Serta masih banyak lagi.

Selain itu , ALPUKAT JUGA MEMILIKI KANDUNGAN LEMAK YANG CUKUP TINGGI. Lemak yang dikandung alpukat menyerupai lemak pada minyak zaitun , yaitu jenis lemak jenuh yang sangat sehat untuk tubuh.

. Mengapa daun alpukat bisa mengobati asam urat?

Dalam kaitannya sebagai obat untuk asam urat , maka daun alpukat adalah bagian yang paling baik , bukan buahnya. BEBERAPA PRAKTISI KESEHATAN MENYEBUTKAN BAHWA BUAH ALPUKAT JUSTRU MENJADI PANTANGAN BAGI PENDERITA ASAM URAT. AKAN TETAPI , SEBALIKNYA DENGAN DAUNNYA YANG MEMILIKI KHASIAT UNTUK MENGOBATI ASAM URAT.

. Bagaimana daun alpukat mengobati penyakit asam urat?

Dari seluruh bagian tumbuhan alpukat , daunnya yang paling banyak mengandung zat potassium. Zat ini diketahui membantu melarutkan endapan urine di persendian dan melarutkannya dalam urine. Selain itu , daun alpukat juga mengandung zat yang memperlancar perkemihan. Dengan demikian , semakin banyak zat purin yang bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

Alpukat secara umum mengandung zat-zat yang memperlancar proses metabolisme tubuh , memecah protein dan endapan purin , sehingga berpengaruh positif mengurangi risiko penyakit asam urat.

. Konsumsi daun alpukat untuk asam urat

Bagaimana cara memanfaatkan daun alpukat sebagai obat asam urat?

Cukup mudah. Daun alpukat dikonsumsi sebagai minuman dengan proses yang sangat sederhana. Cukup dengan diseduh menggunakan air mendidih. Berikut caranya.

Cara pertama :
1. Ambil 5-7 daun alpukat , pilih yang masih muda supaya lebih mudah larut.
2. Masukkan ke dalam gelas , tuangkan air mendidih ke dalamnya.
3. Tunggu beberapa saat. Daun alpukat yang diseduh akan mengeluarkan warna merah pekat seperti daun teh.

Cara kedua :
1. Rebus daun alpukat , biarkan hingga mendidih.
2. Kita bisa menambahkan gula merah sesuai selera untuk menikmati seduhan daun alpukat.
3. Minum secara teratur dua kali sehari.

. Manfaat lain alpukat

Alpukat adalah herbal yang tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan. Hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut bisa digunakan sebagai obat. Berikut ini diantaranya :

A. Alpukat digunakan sebagai obat penghalus kulit , karena kandungan vitamin e dan a yang cukup tinggi. Vitamin e dipercaya memiliki khasiat menghaluskan kulit. Kombinasi dengan vitamin a diyakini membuat kulit menjadi kenyal , menghilangkan kerut , membuat kulit terlihat muda dan segar.

B. Alpukat digunakan sebagai obat antidepresi. Di mana kandungan potassium dan kaliumnya mencegah pengendapan cairan tubuh , menurunkan tekanan darah , serta memberikan rasa nyaman pada penderita depresi.

C. Alpukat dipercaya mengandung nutrisi yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.

D. Alpukat memiliki senyawa yang mampu mencegah sel-sel kanker mulut dan menghancurkannya tanpa merusak sel sehat.

E. Alpukat juga bisa digunakan sebagai obat pencegah kanker payudara.

F. Alpukat digunakan sebagai obat mencegah proses degenerasi macula dan katarak.

G. Alpukat mencegah penyakit stroke karena alpukat mengandung lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh. Di mana selain untuk menurunkan kadar kolesterol darah juga mengurangi risiko penyakit stroke , darah tinggi , kanker dan penyakit jantung.

H. Alpukat digunakan sebagai obat antibakteri dalam saluran pencernaan. Hal tersebut dikarenakan kandungan lemak tak jenuhnya mudah dicerna tubuh , sehingga memberikan hasil maksimal metabolisme , dan mengandung zat antibakteri dan antijamur.

I. Alpukat digunakan sebagai obat untuk mengendalikan radikal bebas dalam tubuh akibat polusi , karena alpukat mengandung zat antioksidan yang sangat kuat menangkap radikal bebas.

J. Alpukat digunakan sebagai obat untuk melancarkan haid. Kandungan vitamin b6 pada alpukat berkhasiat meredakan sindrom pra menstruasi (pms).

K. Alpukat digunakan sebagai obat pencegah anemia , karena kandungan zat besi dan tembaganya yang tinggi. Zat-zat tersebut berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah.

L. Alpukat digunakan sebagai obat untuk meredakan tekanan darah tinggi , menormalkan fungsi saraf , karena kandungan mineral mangan dan seng di dalamnya.

M. Biji alpukat memiliki warna khas dan kuat sehingga digunakan sebagai warna pakaian.

Manfaat Delima

Delima yang memiliki nama latin punica granatum merupakan tanaman yang berasal dari iran. Pohon delima bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 8 meter. Saat ini , tanaman delima banyak dibudidayakan di kawasan mediterania , juga di kawasan lain pada iklim tropik dan subtropik.

Delima mudah tumbuh di tanah gembur dataran rendah hingga 1000 mdpl , karena tidak menyukai iklim lembab dan terendam air. Morfologinya yang unik menyebabkan delima dikenal juga sebagai tanaman hias. Pohonnya berbentuk perdu kecil , berkayu dengan ranting bersegi. Selain itu , delima memiliki banyak cabang , lentur , dan memiliki duri pada ketiak daunnya. Daun delima bertangkai pendek dengan helai daun lonjong dan letaknya berkelompok. Tulang daunnya menyirip dengan permukaan mengkilap , serta berwarna hijau.

Bunga delima berjenis bunga tunggal yang muncul di ujung ranting pada ketiak daun puncak. Umumnya terdapat 1 - 5 bunga berwarna merah , putih , atau ungu. Delima tidak mengenal musim sehingga terus berbunga sepanjang tahun. Buahnya menyerupai buah buni berwarna hijau keunguan , putih , coklat kemerahan , atau ungu kehitaman , tergantung jenisnya. Ada 3 jenis delima yang dikenal dewasa ini , yakni delima putih , delima merah , dan delima ungu.

Kandungan delima

Delima mengandung senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Karena itu , delima banyak dikonsumsi sebagai obat. Biasanya , delima dikonsumsi dalam bentuk jus buah delima.

Beberapa kandungan positif pada buah delima antara lain :

A. American journal of clinical nutrition melakukan penelitian terhadap buah delima dan menyatakan bahwa buah tersebut kaya antioksidan. Senyawa ini bermanfaat mencegah oksidasi ldl dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

B. Delima memiliki kandungan ion kalium yang dikenal sebagai senyawa potassium , yang berperan aktif melarutkan purin ke dalam urine.

C. Delima juga mengandung banyak vitamin a , c , e , dan asam folic.

D. Bijinya bisa dimakan , dan memiliki kandungan kalium dalam jumlah tinggi mencapai 259 mg / gr , memiliki kandungan energi 63 kal , dan kandungan vitamin c mencapai 30 mg.

E. Delima juga memiliki kandungan senyawa flavonoid dalam jumlah besar , seperti senyawa jenis antioksidan yang berperan aktif mencegah radikal bebas , memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak , menurunkan risiko penyakit jantung , kanker kulit , dan kanker prostat. Kandungan antioksidan dalam buah delima 3 kali lebih banyak dibandingkan teh hijau.

F. Delima mengandung senyawa yang mencegah alzheimer dengan tingkat efektifitas mencapai 76%.

G. Delima mengandung senyawa yang mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolestrol.

Bagaimana delima mengobati asam urat?

Delima adalah salah satu herbal yang dianjurkan untuk mengurangi risiko penyakit asam urat. Beberapa analisis reaksi kandungan senyawa dalam delima terhadap penyakit tersebut antara lain :

A. Delima mengandung zat potassium yang melarutkan purin. Dengan larutnya purin ke dalam urine maka penumpukan purin di persendian bisa dicegah.

B. Delima mengandung zat yang melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar mengikis tumpukan purin dan menurunkan risiko pengendapan purin di persendian.

C. Delima mengandung zat antioksidan yang berfungsi sebagai obat antiradang sehingga mengurangi rasa sakit pada persendian yang terkena penyakit asam urat.

Untuk konsumsi delima sebagai obat penyakit asam urat cukup sederhana. Buah delima bisa dikonsumsi langsung karena buahnya terasa manis dengan sedikit sensasi asam yang menyegarkan. Dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukai buah ini. Tak jarang buah delima hadir sebagai buah penutup hidangan makan. Namun , delima juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus buah segar. Caranya cukup mudah , dengan memblendernya dan menambahkan beberapa bahan untuk menambah kemewahan rasa.

Namun , untuk memperoleh manfaat maksimal sebagai obat penyakit asam urat , sebaiknya delima dikonsumsi dengan cara sebagai berikut :

1. Ambil satu buah delima , cuci hingga bersih.

2. Siapkan satu rimpang jahe ukuran sedang.

3. Tambahkan satu umbi ketela merah.

4. Ketiga bahan tersebut dihaluskan , kemudian dimasukkan ke dalam satu gelas air mendidih.

5. Aduk hingga rata.

6. Minum sekali habis , selama satu bulan penuh. Lebih bagus diminum di pagi hari.

Manfaat lain buah delima

Selain khasiat kesehatan sebagaimana disebutkan di atas , masih banyak manfaat lain buah delima , diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Di indonesia , secara tradisional , delima digunakan sebagai masker untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan akibat infeksi.

B. Buah delima berkhasiat membersihkan lambung. Bahkan kulit buahnya bisa mengobati sakit perut karena cacingan , diare , wasir berdarah , muntah darah , batuk darah , pendarahan rahim , radang tenggorokan , radang telinga , keputihan , dan nyeri lambung.

C. Delima juga digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat penyakit disentri.

D. Delima bagus untuk merawat kesehatan gigi.

E. Bunga delima dapat mengobati radang gusi , pendarahan dan bronkitis.

F. Delima bisa mengatasi penyakit kurang darah atau anemia.

G. Daging buah delima juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan , mengobati sariawan , menurunkam tekanan darah , dan mengobati perut kembung.

H. Biji delima mengandung antioksidan yang bisa menjadi obat penurun demam , meredakan batuk , dan mencegah keracunan.
ijin mantau ya gan, soalnya asam urat ane lagi kambuh gan.... emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By mrdenai
ijin mantau ya gan, soalnya asam urat ane lagi kambuh gan.... emoticon-Matabelo


Iya gan. Silahkan.
Tips ini bisa agan ikuti sambil anda berobat ke dokter juga.

di indonesia cukup banyak penderita asam urat, semoga thread agan bermanfaat untuk penderita maupun keluarga penderita untuk solusi penyakit ini emoticon-thumbsup
Info yang sangat bermanfaat...


Quote:Kunjungi lapak ane juga ya:

Mungkin agan-agan ada yang butuh obat untuk mengatasi Asam Urat
wah nais inpoh gan, berarti endapan yang ada di urin kita itu purin ya gan..? ane suka bikin percobaan sendiri dengan menampung urin ane di botol, dan setelah beberapa hari ada endapan kayak kristal gitu dibawahnya, itu endapan purin bukan gan..? emoticon-Matabelo
thank imnpoh nya gan

STADIUM ASAM URAT

Sama halnya dengan penyakit kanker , penyakit asam urat terdiri atas beberapa stadium.
Kasus asam urat tingkat keparahannya terdiri dari 4 tahapan/ stadium yang akan diuraikan berikut.

. STADIUM 1 : TAHAP ASIMTOMATIK

Tanda-tanda penyakit asam urat/gout pada stadium 1 atau permulaan biasanya ditandai dengan peningkatan kadar asam urat tetapi tidak dirasakan oleh penderita karena tidak merasakan sakit sama sekali dan tidak disertai gejala nyeri , arthritis , tofi/tofus maupun batu ginjal atau batu urat di saluran kemih.

. STADIUM 2 : TAHAP AKUT

Asam urat stadium 2 biasanya terjadi serangan radang sendi disertai dengan rasa nyeri yang hebat , bengkak , merah , dan terasa panas pada pangkal ibu jari kaki.
Biasanya serangan muncul pada tengah malam dan menjelang pagi hari.

. STADIUM 3 : TAHAP INTERKRITIKAL

Asam urat stadium 3 adalah tahap interval diantara 2 serangan akut.
Biasanya terjadi setelah 1 sampai 2 tahun kemudian.

. STADIUM 4 : TAHAP KRONIK

Tahapan kronik ini ditandai dengan terbentuknya tofi dan deformasi atau perubahan bentuk pada sendi-sendi yang tidak dapat berubah ke bentuk semula , ini disebut gejala irreversible atau arthritis gout kronis.

Pada kondisi ini frekuensi kambuh akan semakin sering dan disertai rasa sakit terus menerus yang lebih menyiksa dan suhu badan bisa tinggi.
Bila demikian bisa menyebabkan penderita tidak bisa jalan atau lumpuh karena sendi menjadi kaku tak bisa ditekuk.

Dengan memahami uraian di atas , maka mitos bahwa ngilu sendi berarti asam urat dapat kita luruskan.
Tidak semua keluhan nyeri sendi disebabkan oleh asam urat.
Pengertian yang salah itu diperparah oleh iklan jamu/obat tradisional.
Untuk memastikannya perlu pemeriksaan laboratorium secara intensif.

Perlu diperjelas lagi bahwa asam urat adalah asam berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein) , yaitu salah 1 komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh.
Secara alamiah , purin terdapat dalam tubuh dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup , yakni makanan dari tanaman (sayur , buah , kacang-kacangan) ataupun hewan (daging , jeroan , ikan sarden).

PILIHAN MAKANAN AMAN UNTUK ASAM URAT

Asam urat adalah penyakit yang menyerang orang tidak pandang usia.
Bila sakit sudah serius , rasa nyeri dipersendian terasa menggigit.
Penumpukan asam urat dapat mengganggu kenyamanan dan aktifitas sehari-hari.

Penderita harus hati-hati memilih makanan yang aman untuk penderita asam urat.
Obat-obatan tidak menjamin akan menghilangkan asam urat bila tidak diikuti pola hidup dan cara makan yang sehat untuk menjaga kadar asam urat.
Pemilihan jenis makanan berperan sangat penting untuk mengontrol penyakit ini.

3 GOLONGAN BAHAN MAKANAN

. GOLONGAN 1 : (150-1000 mg/100 g)

Tidak boleh dikonsumsi bila menderita hiperurisemia (asam urat) , seperti jeroan , otak , udang , remis , kerang , ikan sardin , ikan haring , kaldu daging , tape (ragi) , alkohol , makanan kaleng , dan emping melinjo.

. GOLONGAN 2 : (50-100 mg purin/100 g)

Boleh dikonsumsi terbatas bila menderita hiperurisemia antara lain jenis ikan selain yang ada dalam golongan 1 , daging sapi , kacang-kacangan, kembang kol , bayam , asparagus , buncis , jamur , daun singkong , daun pepaya , dan kangkung.

. GOLONGAN 3 : (<50 purin/100 g)

Boleh dikonsumsi antara lain sayur selain yang ada dalam golongan 2 , susu , telur, dan buah.

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat antara lain sebagai berikut.

. Makanan laut seperti kepiting , udang , remis , tiram , cumi-cumi dan lainnya.

. Minuman yang mengandung alkohol seperti bir , tuak , tape dan lainnya.

. Makanan kaleng seperti sarden , kornet sapi dan lainnya.

. Jeroan seperti usus , hati limpa , paru , otak , jantung dan ginjal dan lainnya.

. MAKANAN YANG TIDAK DISARANKAN

Beberapa jenis buah-buahan yang tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat antara lain sebagai berikut.
. Durian
. Alpukat
. Kelapa muda
. Emping melinjo
. Kaldu ayam

. MAKANAN AMAN
Sejumlah makanan yang aman untuk penderita asam urat dan bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Antara lain sebagai berikut.
. Keju
. Susu
. Telur
. Makanan sumber karbohidrat seperti beras merah , kentang , singkong , mie , bihun , roti gandum utuh dan biskuit.
Namun karbohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula , permen , arum manis , gulali , dan sirup sebaiknya dihindari karena meningkatkan kadar asam urat.
Buah-buahan yang aman dikonsumsi seperti semangka , melon , nanas , belimbing , jambu air.

Saran bagi penderita asam urat , dianjurkan banyak minum , minimal 2 liter atau 10 gelas sehari , bertujuan membantu pengeluaran asam urat di ginjal atau kandung kemih.
Air minum ini bisa berupa air putih masak dan teh.
Kedua , kontrol makanan yang dikonsumsi dan melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal.

SYARAT DIET ASAM URAT

Pola diet yang sesuai bagi penderita asam urat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

. HINDARI MAKANAN TINGGI LEMAK
Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat melalui urine.
Konsumsi makanan yang digoreng , bersantan , margarin dan mentega sebaiknya dihindari.
Konsumsi lemak sebaiknya dibatasi sebanyak 15 % dari total kalori yang dikonsumsi dalam sehari.

. BATASI ASUPAN PURIN
Jika terjadi pembengkakan dan nyeri sendi , maka penderita gout harus melakukan diet bebas purin.
Menu makanan sehari-hari biasanya mengandung 600-1000 mg purin/hari.
Bagi penderita asam urat harus dibatasi hanya sekitar 100-150 mg purin/hari.
Menurut kadar kandungan purin , jenis makanan bisa dibedakan menjadi 3 kelompok.
. KELOMPOK 1
Kadar purin tinggi (100-1000 mg purin/100 mg bahan pangan) , sebaiknya dihindari , seperti otak , hati , jantung , ginjal , jeroan , ekstrak daging/kaldu , bebek , burung dara , sarden , makarel , remis , kerang , ikan teri , alkohol , ragi , makanan yang diawetkan.
. KELOMPOK 2
Kadar purin sedang (50-100 mg purin/100 mg bahan pangan) , konsumsi dibatasi maksimal 50-75 gram , seperti daging sapi , ayam , ikan , udang , kacang-kacangan kering dan hasil olahannya , seperti tahu , tempe , asparagus , bayam , daun singkong , kembang kol , kangkung , daun dan buah melinjo , buncis , kapri , jamur.
. KELOMPOK 3
Kadar purin rendah (0-<50 mg purin/100 mg bahan pangan) , dapat dimakan setiap hari , seperti nasi , singkong , jagung , roti whole wheat , mie , susu low fat , telur , buah-buahan (kecuali durian dan alpukat) , dan sayuran (kecuali sayuran dalam kelompok 2).

. MAKANAN PEMBENTUK ASAM
Beberapa jenis makanan bersifat alkali (basa) terhadap sistem penyaringan ginjal dan ada juga yang bersifat asam.
Proses pengeluaran asam urat akan meningkat bila urine berada dalam kondisi alkali dan sebaliknya akan menurun bila urine dalam kondisi asam.
Urine memiliki ph netral 7 dan jika phnya turun dibawah 6 maka pengeluaran asam urat akan berkurang hingga 50%.

. BANYAK-BANYAK MINUM AIR SETIAP HARI
Mengkonsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urine.
Oleh karena itu anda disarankan untuk minum air minimal 2,5 liter atau 10 gelas sehari.
Cairan juga bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air , seperti semangka , melon , blewah , nanas , belimbing manis dan jambu air.
Selain buah-buahan tersebut , buah-buahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena sangat sedikit mengandung purin.
Buah-buahan yang harus dihindari adalah alpukat dan durian karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

. KONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG MENGANDUNG KARBOHIDRAT KOMPLEKS
Karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah , singkong , roti whole wheat , oats , ubi , buah dan sayur-sayuran sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.
Konsumsi karbohidrat kompleks ini minimal 100 gr setiap hari.
Gula pasir , permen , gulali dan sirup sebaiknya dihindari karena termasuk karbohidrat sederhana terutama gula yang diproses (refined carbohydrate) yang dapat dengan mudah meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

. MAKAN MAKANAN SUMBER ANTIOKSIDAN
Makanan tinggi vitamin c termasuk salah satu antioksidan misalnya paprika merah , kol merah , tomat , jeruk , strawberry , cery dan lain-lain.
Vitamin c adalah antioksidan yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan dapat membantu menurunkan kadar asam urat.
Buah-buahan jenis beri , misalnya ceri , strawberry , blueberry dan buah jenis beri lainnya kaya akan anthocyanidin dan flavonoid.
Konsumsi 250 gram buah beri segar setiap hari dapat membantu menurunkan kadar asam urat.
Antioksidan dalam buah jenis beri akan menguatkan sendi dan otot , serta mencegah pembentukan histamin dan prostaglandin penyebab nyeri sendi.

. BATASI MAKANAN DAN MINUMAN PANGAN SUMBER PROTEIN
Protein terutama yang berasal dari makanan hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
Asam amino dari makanan tinggi protein akan menghambat pengeluaran asam urat melalui ginjal.
Batasi konsumsi makanan sumber protein hewani dan mengandung purin dalam jumlah tinggi , misalnya hati , ginjal , otak , paru dan limpa.
Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50 sampai 70 gram perhari atau 0,8 sampai 1 gr/kg berat badan per hari.
Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati , susu , keju dan telur.

. PERTAHANKAN BERAT BADAN IDEAL
Turunkan berat badan jika anda mengalami kelebihan berat badan.
Obesitas akan meningkatkan produksi asam urat.
Tapi jangan melakukan diet penurunan berat badan yang ekstrem.
Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat , karena adanya produksi senyawa keton yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urine.

. TINGGI CAIRAN
Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urine.
Karena itu , anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas sehari.
Air minum ini bisa berupa air putih masak atau teh.
Selain minuman , cairan bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air.

Buah-buahan yang disarankan adalah semangka , melon , blewah , nanas , belimbing , dan jambu air.
Selain buah-buahan tersebut, buah-buahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena buah-buahan sangat sedikit mengandung purin.
Buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat dan durian , karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

. TANPA ALKOHOL
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma.
Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

. RENDAH PROTEIN
Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi , misalnya hati , ginjal , otak , paru dan limpa.
Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50 sampai 70 gram perhari atau 0,8 sampai 1 gram per kg berat badan per hari.
Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu , keju dan telur.

. TINGGI KARBOHIDRAT
Karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.
Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari.
Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula , permen , arum manis , gulali , dan sirup sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

MENU DIET HARIAN

Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi dan tendon yang disebabkan timbunan kristal urat.
Timbunan kristal urat tersebut karena deposit asam urat yang lama kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena sehingga mengakibatkan peradangan.

Patutnya disadari bahwa pengaturan menu seimbang setiap hari sangatlah penting dilakukan , tidak hanya jika makan bersama keluarga di rumah tetapi juga saat di kantor atau bahkan saat berada di restoran.
Lakukanlah diet yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan anda karena dengan jalan itulah anda benar-benar menikmati kehidupan anda.

Menu pagi hari
Nasi : 1 gelas
Omelet sayuran : 1 butir telur ditambah sayuran 1/2 gelas
Teh manis : 1 gelas
Pepaya : 1 potong sedang

Menu siang hari
Nasi : 1 gelas
Ayam bumbu kecap : 1 potong kecil = 25 gram
Tahu bacem : 1 potong = 25 gram
Sayur asam : 1/2 gelas
Pepaya : 1 potong sedang

Menu malam hari
Nasi : 1/2 gelas
Empal daging : 1 potong kecil = 25 gram
Semur tahu : 1 potong kecil = 25 gram
Tumis sawi : 1/2 gelas
Pisang : 1 buah sedang

Usus : 854
Babat : 470
Paru : 398
Daging sapi : 385
Daun melinjo : 366
Kangkung : 298
Kacang tanah : 236
Melinjo : 223
Tempe : 141
Tahu : 106

Kandungan purin dalam makanan di atas per 100 gram
Info yg Bagus gan .. ane masih muda tapi pas kemarin periksa darah dan Urin .. ternyata kadar asam urat ane di atas normal emoticon-Sorry

Info di atas sangat2 membantu gan emoticon-Jempol
pernah baca di tr*bus kalo sidaguri juga bagus banget buat ngobatin asam urat,,
kebetulan ibu ane jg mulai kena asam urat.. tiap minum aer rebusan daun sirsak biasanya sakitnya mereda..
Info yg sangat bagus gan emoticon-Matabelo terutama info buah itu, dimasyarakat masih ada yg salah kaprah.. Contohnya nenas, ditempat ane bilang katanya nenas bagus buat kolesterol tapi malah tidak boleh utk diabetes krn menaikkan gula darah katanya emoticon-Bingung (S) padahal menurut ane bagus tapi karna tidak punya referensi jadi ane diam aja, takut ane salah beri info emoticon-Malu (S)

bagaimana dengan buah sirsak gan, ane dengar dari orang kalo buah yg punya kandungan asam urat paling tinggi katanya dari buah sirsak, bener gak sih gan??
Quote:Original Posted By tuizelt
Info yg sangat bagus gan emoticon-Matabelo terutama info buah itu, dimasyarakat masih ada yg salah kaprah.. Contohnya nenas, ditempat ane bilang katanya nenas bagus buat kolesterol tapi malah tidak boleh utk diabetes krn menaikkan gula darah katanya emoticon-Bingung (S) padahal menurut ane bagus tapi karna tidak punya referensi jadi ane diam aja, takut ane salah beri info emoticon-Malu (S)

bagaimana dengan buah sirsak gan, ane dengar dari orang kalo buah yg punya kandungan asam urat paling tinggi katanya dari buah sirsak, bener gak sih gan??


Sebenarnya memang ada beberapa buah yang kurang bagus untuk penderita diabetes karena manis dan dapat menaikkan kadar gula darah.
Nanas memang bagus untuk kolesterol tapi kalo untuk diabetes ane juga kurang tau gan.
Agan bisa tanyakan hal tersebut ke dokter ahli untuk konsultasi.
Kalo sirsak ane juga ga tau gan memiliki kandungan asam urat yang tinggi atau tidak tapi daun sirsak bisa digunakan untuk mengobati penyakit.

Manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Ini berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan banyak diguinakan untuk mengobati penyakit. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Negeri Ginseng Korea juga tak kalah dalam masalah penelitian, setelah melakukan penelitian mereka menemukan bahwa ada satu senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Namun dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat.

Manfaat daun sirsak telah diteliti juga baru-baru ini dalam sebuah studi, bahwa daun pohon sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Hasil penelitian ini ternyata sudah disimpan selama bertahun-tahun sejak zaman dulu, tapi banyak orang yang tidak mengetahuinya, entah karena faktor apa. Bahkan berdasarkan 20 tes laboratorium tentang manfaat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970 menunjukkan hasil yang luar biasa, daun sirsak memiliki khasiat yang sangat baik, sperti: - Menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok. - Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. - Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh. - Menambah stamina dan fitness. - Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan. - Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Bangsa Belanda yang pertama kali membawa benih atau bibit sirsak ke Indonesia, meskipun tanaman ini asliny bukan berasal dari Eropa tapi dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Annona muricata L nama latin dari tanaman ini termasuk jenis tanaman yang memiliki akar kuat, mampu menghasilkan buah yang menyehatkan. Tapi tahukan anda bahwa keistimewaan yang dimiliki tanaman ini terletak pada daunnya yang luar biasa. Seperti telah diketahi manfaat daun sirsak sangat luar biasa yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri, membantu menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, membantu menghambat perkembangan parasit, membantu menghambat pertumbuhan tumor, membantu merileksasi otot, sebagai anti kejang, membantu meredakan nyeri, mampu menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, membantu melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasait, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.
nais inpoh gan.. trit berguna