alexa-tracking

Mengenal Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52f503120d8b46ce3e8b4813/mengenal-inisiasi-menyusu-dini-imd
icon-hot-thread
Mengenal Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Proud to be part of
Mengenal Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

(Kami adalah Komunitas Pecinta Riddle dan Creepy Pasta dengan Member Sista GRADE ORI a.k.a KW Terbanyak di KASKUSemoticon-Hammer (S))

Click Image to Visit Our Home


Woooww...jadi HT emoticon-Matabelo, Alhamdulillah, makasih semua emoticon-Kiss


Hallo semua emoticon-Kiss

Pernahkah di antara kalian mendengar “Inisiasi Menyusu Dini (IMD)?”. Jika di antara kalian terutama para sista ada yang belum pernah mendengar dan mengetahui apa itu IMD, dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskannya emoticon-Kiss. Hal ini penting loh buat kita para sista yang kelak akan menjadi Ibu emoticon-Kiss, amiin. Tapi jangan salah agan-agan juga perlu tahu tentang hal ini, agar bisa diberitahukan ke istri, saudara perempuan, pokoknya siapapun deh emoticon-Big Grin

Langsung saja ya


Inisiasi Menyusu Dini (IMD)


Mengenal Inisiasi Menyusu Dini (IMD)



Inisiasi Menyusu Dini (IMD) akan sangat membantu dalam keberlangsungan pemberian ASI eksklusif (ASI saja) dan lama menyusui. Dengan demikian, bayi akan terpenuhi kebutuhannya hingga usia 2 tahun, dan mencegah anak kurang gizi.

Pemerintah Indonesia mendukung kebijakan WHO dan Unicef yang menganjurkan IMD sebagai tindakan ‘penyelamatan kehidupan’, karena IMD dapat menyelamatkan 22 persen dari bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan emoticon-Matabelo.
Quote:


Hmmm….jadi sebetulnya apa sih IMD itu? emoticon-cystg


Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah proses bayi menyusu segera setelah dilahirkan, bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri (tidak disodorkan ke puting susu). IMD merupakan proses penting yang sebaiknya dilakukan langsung setelah bayi dilahirkan. Dari IMD ini kita bisa melihat perilaku menakjubkan antara bayi dan ibunya dalam jam-jam pertama setelah bayi dilahirkan emoticon-Matabelo.

Ada lima tahapan perilaku yang dilakukan bayi sebelum ia berhasil menemukan puting susu ibunya dan menyusu:
  • 30 – 45 menit pertama. Bayi akan diam dalam keadaan siaga emoticon-army. Sesekali matanya membuka lebar dan melihat ibunya. Masa ini merupakan masa penyesuaian atau peralihan dari dalam kandungan ke luar kandungan.


  • 45 – 60 menit selanjutnya. Bayi akan menggerakkan mulutnya seperti mau minum, mencium, kadang mengeluarkan suara, dan menjilat tangannya. Bayi akan mencium dan merasakan cairan ketuban yang ada di tangannya. Bau ini sama dengan bau cairan yang dikeluarkan payudara ibu. Inilah yang akan membimbing bayi menemukan payudara dan puting susu ibu. Itulah sebabnya tidak dianjurkan mengeringkan kedua tangan bayi pada saat bayi baru lahir emoticon-Matabelo


  • Mengeluarkan liur. Saat bayi siap dan menyadari adanya makanan di sekitarnya, bayi mulai mengeluarkan air liur emoticon-Genit salah emot emoticon-Matabelo


  • Bergerak ke arah payudara. Areola payudara akan menjadi sasarannya dengan kaki bergerak menekan perut ibu. Bayi akan menjilat kulit ibu, menghentakkan kepala ke dada ibu, menoleh ke kanan dan kiri, serta menyentuh dan meremas daerah puting susu dan sekitarnya dengan tangannya emoticon-Matabelo


  • Menyusu. Akhirnya bayi menemukan puting susu ibunya, membuka mulut lebar-lebar, dan melekat dengan baik serta mulai menyusu…Horeeeeeee emoticon-Peluk


Sedemikian pentingnya tahapan-tahapan ini, sehingga sangat baik jika ibu bisa meminta waktu cukup lama agar bayi bisa melampaui semua tahapan IMD ini. Secara alamiah, bayi akan melakukan semua tahapan-tahapan ini, jadi tidak perlu khawatir soal keadaan bayi ketika diletakkan di dada Anda.


Dengan IMD, terjadilah kontak kulit Ibu dan bayi... Manfaatnya apa ya? emoticon-cystg


Manfaat terjadinya kontak kulit ibu dan bayi antara lain:

  • Dada ibu menghangatkan bayi dengan tepat. Kulit ibu akan menyesuaikan suhunya dengan kebutuhan bayi. Kehangatan saat menyusu menurunkan risiko kematian karena hypothermia (kedinginan).


  • Ibu dan bayi merasa lebih tenang, sehingga membantu pernafasan dan detak jantung bayi lebih stabil. Dengan demikian, bayi akan lebih jarang rewel sehingga mengurangi pemakaian energi.


  • Bayi memperoleh bakteri tak berbahaya (bakteri baik) yang ada antinya di ASI ibu. Bakteri baik ini akan membuat koloni di usus dan kulit bayi untuk menyaingi bakteri yang lebih ganas dari lingkungan.


  • Bayi mendapatkan kolostrum (ASI pertama), cairan berharga yang kaya akan antibodi (zat kekebalan tubuh) dan zat penting lainnya yang penting untuk pertumbuhan usus. Usus bayi ketika dilahirkan masih sangat muda, tidak siap untuk mengolah asupan makanan.


  • Antibodi dalam ASI penting demi ketahanan terhadap infeksi, sehingga menjamin kelangsungan hidup sang bayi.


  • Bayi memperoleh ASI (makanan awal) yang tidak mengganggu pertumbuhan, fungsi usus, dan alergi. Makanan lain selain ASI mengandung protein yang bukan protein manusia (misalnya susu hewan), yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh usus bayi.


  • Bayi yang diberikan mulai menyusu dini akan lebih berhasil menyusu ASI eksklusif dan mempertahankan menyusu setelah 6 bulan.

  • Sentuhan, kuluman/emutan, dan jilatan bayi pada puting ibu akan merangsang keluarnya oksitosin yang penting karena:

  • Merangsang hormon lain yang membuat ibu menjadi tenang, rileks, dan mencintai bayi, lebih kuat menahan sakit/nyeri (karena hormon meningkatkan ambang nyeri), dan timbul rasa sukacita/bahagia.

  • Merangsang pengaliran ASI dari payudara, sehingga ASI matang (yang berwarna putih) dapat lebih cepat keluar.


Nah seperti itulah IMD… jadi buat para sista yang akan menjadi ibu, jangan lupa sebelum melahirkan minta ke dokter atau bidan agar bayinya diberi kesempatan untuk IMD ya. Meminta melakukan IMD dan melakukan IMD adalah HAK ibu emoticon-Kiss

ini video mengenai IMD emoticon-Kiss



Sumber:1, 2, 3

thankyou sudah membaca dan komen emoticon-Kiss



Ternyata banyak kaskuser yang jadi ingin menyusu setelah membaca thread ini emoticon-Ngakak


Update 23-2-2014

Quote:


dari artikel yg ane baca di Kompas , ibu yg melahirkan secara caesar tetap bisa IMD. Berikut penjelasannya :

IMD di ruang operasi sebenarnya tak jauh berbeda dengan saat di ruang bersalin. Hanya saja keadaan ruang operasi dengan suhu udara yang dingin tentu memerlukan pendampingan lebih intensif dari bidan saat bayi saat dilakukan IMD. Terutama upaya menjaga kehangatan suhu tubuh bayi selama dalam dekapan ibu agar terhindar dari cedera dingin atau hipotermia.

Segera setelah bayi lahir harus dipastikan dengan pemeriksaan dokter  Anak atau dokter Anasthesi terlebih dulu bahwa kondisi bayi sehat dan bugar.  Posisi pembatas area operasi diatur sedemikian rupa agar ada ruang untuk bayi dan ibu melakukan IMD.

Kemudian kepala bayi ditutup dengan selimut hangat atau diberi topi khusus bayi dan ganti selimut bayi. Selanjutnya posisi bayi  tengkurap di dada ibu agar kontak kulit dengan kulit. Kehangatan suhu tubuh ibu menjadi inkubator terbaik bagi bayi. Tubuh ibu secara alamiah akan menghasilkan panas yang menghangatkan bayi dalam dekapannya.

Bidan mendampingi dan membantu ibu menjaga posisi bayi agar aman. Beri kesempatan ibu untuk memandang bayinya dan mendekap selama operasi berjalan. Biarkan bayi mencari sendiri puting payudara ibu dan menghisapnya.


dari situs ini dijelaskan IMD pada persalinan caesar:

IMD pada persalinan caesar dapat dilakukan dgn cara begitu bayi dikeluarkan melalui sayatan yang dibuat di perut ibu, hidung dan mulut bayi disedot dan tali pusatnya dijepit dan digunting. Setelah itu bayi diletakkan di dada ibu untuk melakukan IMD –tidak perlu dibedong atau dibersihkan dulu. Jangan takut ia akan kedinginan, karena kulit ibu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Bila ruang operasi dingin, bayi boleh diselimuti atau diberi topi. Pada saat bersamaan, dokter mengeluarkan plasenta, sisa darah dan lokia, lalu menjahit kembali sayatan operasi. Semua proses itu hanya berlangsung 20-30 menit. Ketika melaksanakan IMD, kondisi Anda dan bayi harus stabil. Dokter yang akan melakukan penilaian tersebut.


tambahan dari Pak Dokter, thanks Dok emoticon-Shakehand2
Quote:


Quote:

hm...coba agan tanyain ke ibu agan, apakah ente dulu disusui dalam keadaan tiduran atau tidak, karena sebaiknya bayi disusui dalam keadaan tegak dan ibu semi tegak. Soalnya hal tersebut dapat membantu ASI yang masuk langsung ke saluran pencernaan. Apakah ada agan/sista di sini yang dapat menambahkan lagi? emoticon-Kiss (S)

Quote:


saat menyusu pertama kali, ASI akan mengeluarkan kolostrum, info lengkapnya di sini. Kolostrum berwarna kekuning-kuningan dan lebih kental, mengandung banyak vitamin A, protein, dan zat kekebalan yang penting untuk kesehatan bayi. kolostrum itu sangat bagus untuk kekebalan dan bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan gizi bayi. Nah kalau ane korelasiin dengan kecerdasan, pentingnya ASI yang bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi dan kekebalan tubuh bayi, maka bayi kelak dapat tumbuh sehat dan mudah dalam beraktivitas jika sudah besar nanti, termasuk dalam belajar. emoticon-Big Grin
Quote:


salah satu hal yang mendasari IMD adalah masih tingginya angka kematian bayi di Indonesia. Berdasarkan buku tahunan statistik ASEAN (Association of South East Asian Nations), Brunei Darusallam, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Thailand tergolong AKB yang rendah, yaitu di bawah 20 per 1000 kelahiran hidup. Sedangkan Indonesia, AKB-nya yaitu 32 per 1000 kelahiran hidup. Angka ini masih di bawah negara Filipina, yang AKB-nya adalah 26 per 1000 kelahiran hidup. Terkait program Millenium Development Goals (MDGs) 2015, Indonesia menargetkan mampu menurunkan angka kematian bayi menjadi 23/1000 kelahiran hidup.
Sumber :Prasetyawati, A. 2012. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dalam Millenium Development Goals (MGDs). Nuhamedika. Yogyakarta.

Nah sayangnya belum semua ibu dan suami/keluarga tahu soal pentingnya IMD, oleh karena itu perlu disosialisasikan perihal IMD ini, dan belum semua tenaga kesehatan yang membantu persalinan (bisa dokter ataupun bidan) juga memberikan waktu pasien untuk IMD. oleh karena itu pelaksaanaan IMD ini memang sedang digalakkan emoticon-I Love Indonesia (S).


Tambahan dari Pak Dokter, thanks Dok emoticon-Shakehand2
Quote:


Pengalaman kaskuser terkait IMD emoticon-Matabelo
Quote:


Tambahan dari kaskuser emoticon-Shakehand2
Quote:


ane ga suka asi tapi suka bungkusnya emoticon-Genit
suhu ibu bagus untuk anak tapi bagus juga untuk bapak emoticon-Hammer2
mama mau mimik emoticon-Baby Boy
Quote:

normal berarti emoticon-Cool
Quote:


bayi siapa ini? emoticon-Bingung
mama mau nenen emoticon-Baby Boy
Quote:


mama mau nenen ke siapa emoticon-Genit
nah kan jadi haus emoticon-Mewek
Jadi perlu kira-kira 1,5 jam untuk itu ya gan?.. *manggut-manggut
Quote:


minum om emoticon-Genit
Quote:


Quote:


Quote:


emoticon-Ngakak kalian kagak bisa serius dimanapun.. kamfreet..
sabar ya TS.. emoticon-Malu (S)
Oh jadi bayi juga ada insting nyari makanan yah emoticon-Belo

Kalo papanya si bayi IML yah sist? Inisiasi Menyusu Lanjut emoticon-Ngacir
Quote:


bayi siapa lagi ini emoticon-Bingung
Quote:


minum susu kuda liar emoticon-2 Jempol
Quote:


ketika bayi lahir segera manfaatkan satu jam pertama untuk IMD emoticon-2 Jempol
Quote:

iya ada naluri tersendiri emoticon-2 Jempol

Hmm IML, benar juga emoticon-Ngacir

ASI rasanya apa sih?? Emak ama kaka ane pernah iseng ngrasain ASI-nya sendiri
Katanya sih rasanya gurih. Tapi ane ga bisa bayangin rasa gurih gimana. emoticon-Hammer2
Quote:


gan, jangan sampe mengurangi jatah anak ya.. emoticon-Shutup
Quote:


ada gambar yang puting susunya gak disensor? emoticon-Malu
baru tau jilatan bayi bisa mengurangi nyeri dan merangsang keluarnya asi, kalau jilatan ayah merangsang apa? emoticon-Shutup
Quote:


ane juga belum tahu rasa ASI gan emoticon-Hammer (S)
Btw coba baca ini deh terus beli emoticon-Hammer (S)
m.detik.com/health/read/2013/06/05/115519/2265342/763/ingin-sehat-dengan-minum-susu-ibu-kini-ada-permen-rasa-asi-lho
Quote:


Kan ada 2, udah dijatah 1 kanan, 1 kiri emoticon-Angkat Beer
×