Di jaman informasi seperti ini, kebutuhan akan berita terupdate sangat mutlak, media berita kini memang sudah maju pesat, dan makin mempermudah. Sekarang media massa untuk menyiarkan berita sudah sangat beragam, dan yang paling cepat lah yang menang (mungkin ini yg menyebabkan media massa berupa koran mulai ditinggalkan, ts sendiri belum pernah bisa memuat berita di koran).
Citizen jurnalis yang biasa dikenal jurnalisme warga memberikan wadah baru buat masyarakat yang ingin mengabarkan suatu peristiwa ke seluruh pelosok negeri. Beberapa stasiun tv telah menyediakan tempat untuk para jurnalis warga. Nah kemajuan teknologi informasi seperti gadget dan internet yang sudah makin murah, dapat dijadikan sarana yang ampuh, bagusnya lagi ketika berita kita dimuat, akan ada efek yang muncul mengarah pada tempat terjadinya peristiwa tsb. Lebih peduli, karena kita mau meluangkan waktu memperhatikan sekeliling kita.
Sebagaimana kisah nyata TS, berikut ini
Spoiler for Kisah nyata TS pertama kali wideshot metro tv:
Ceritanya ane jumat ke surabaya gan dari sibon, naik sepeda motor plat L 3210 WQ
perjalanan lancar, hanya macet dikit di jembatan mlandingan, (tapi motor kan ga ada macetnya)
Minggu siang ane pulang, Dalam perjalanan pulang ke sibon, ane lewat jalan setelah jembatan mlandingan lancar, tapi kok di depan ada kendaraan panjang, antri, teruuus panjang, satu jalur ditutup, dijalan ada batuan dan lumpur, sampai suatu titik, ada jalan penuh batu dan air mengalir deras, kayaknya jarang ada seperti ini, Langsung ambil HH CROSS A28 ane, terus ane shoot video dan foto foto, mirip arung jeram.
Separuh perjalanan lagi, ada alat berat bersihkan material lumpur dan batu, ane shoot lagi, pulang mampir kantor dulu, liat berita ternyata situbondo banjir dan longsor akibat hujan terus menerus 3 hari sejak hari jumat (sibon itu jalur utama jawa bali, biasa macet kalau ada jembatan putus, truk guling, longsor).
Nah iseng ane mau upload ke media jurnalis warga, browsing dan daftar di Wideshot Metro TV, juga kirim video ke email citizen6 SCTV. Ane santai, ga nunggu kabar.
Esoknya hari senin tgl 3-2-14 video ane sudah nampang di web citizen6 sctv
ane hubungi emailnya, dan kasi tau kalo bisa ditelepon, ternyata org yg punya email udah resign, ane hubungi email redaksinya langsung, selasa ane dihubungi metrotv, ditanya kejadiannya gimana, ane bilang video ane sudah masuk sctv, esoknya rabu ane ditelpon suruh siap wawancara live, diminta foto, ane bingung (ga kepikiran foto pake cross) ambil foto jadul, kata org metro ini fotonya low res.
Tepat pukul 13.00 dihari yg sama 5-2-14 ane ditelpon suruh standby, eh putus, ditelpon lagi sama metrotv, taraaaaa live langsung ditanya masalah banjir, padahal ane bukan org asli sibon.
ini pengalaman kedua ane masuk berita gan, padahal ga nyangka dan iseng iseng nyoba videonya CROSS A 28, dari dulu juga nulis berita ga pernah dimuat dikoran, tapi ane cuma 2 kali masuk berita koran.
Spoiler for Live Wideshot Metro TV:
Oiya kalo ga salah dulu sebelum tahun baru sempat arung jeram, foto grup ane ditaro dispanduk promo Songa Adventure gede geda tempatnya sekitar jembatan perbatasan pajarakan dan kraksaan, kok ga dapet royalti dari songa ya hehehe
Spoiler for Songa Adventure:
Ini namaya hp Cross membawa berkah, ada yg bilang kok ga beli hp branded, ane bilang belum, perlu, fitur cross a 28 bagi ane dah komplit, yg penting dual sim dan gps.
Diatas merupakan pengalaman pertama citizen jurnalis bisa dibilang sangat newbia (pemula), tapi efeknya beberapa bantuan kepada korban bencana terus berdatangan.
Bagi agan atau aganwati yang ingin menjadi citizen jurnalis bisa mengikuti tips dari citizen 6 sctv berikut
Spoiler for Tips Citizen6 Sctv:
Bumbu buat Sebuah Berita yang Baik
Kesempurnaan berita dan informasi adalah sebuah sajian yang selalu diidamkan setiap pewarta. Berbekal dari berbagai masukan, berikut adalah racikan bumbu yang acap dipakai untuk membuat sebuah berita yang baik:
5 W + 1H, yang pertama dan utama, Anda membutuhkan semua unsur dasar What, Who, Where, When, Why dan How dari sebuah berita dan informasi. Yakni Apa, Siapa, Di Mana, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana. Semuanya haruslah benar dan berimbang untuk dijadikan materi berita dan informasi.
Apa adalah materi yang akan dibuat menjadi berita dan informasi. Cakupannya bisa meliputi apapun yang ada di sekitar Anda, yang menarik perhatian Anda, dan Anda meyakini bahwa berita dan informasi yang dibuat layak diketahui orang lain.
Siapa adalah tokoh dengan karakternya yang menjadi bagian dalam materi berita dan informasi Anda. Sosok sang tokoh haruslah jelas secara profil: nama, jenis kelamin, usia, peran dalam kisah Anda. Dikenal maupun tidak sang tokoh, tugas Anda adalah membeberkan keberadaan tokoh tersebut.
Di mana, adalah bagian penting dari materi berita dan informasi Anda. Data lokasi peristiwa yang dijadikan adalah unsur penting kedekatan antara berita dan penyimak informasi Anda.
Unsur Kapan turut menjadi patokan utama aktualitas berita dan informasi Anda saat diterima khalayak. Waktu kejadian peristiwa yang diceritakan menentukan kecepatan berita dan informasi disampaikan kepada publik.
Mengapa juga menjadi syarat yang tak boleh terlupakan. Sebab unsur mengapa membeberkan kronologi sebab akibat dari peristiwa dalam berita dan informasi Anda.
Konsep Bagaimana membantu pewarta buat menyampaikan berita dan informasi mengenai proses sekaligus kronologi peristiwa.
Berita dan informasi Anda harus berisi peristiwa dan manusia yang saling berhubungan di dalamnya, atau materi Anda bisa jadi tak berarti. Adalah tugas Anda sebagai si penutur berita dan menyampaikannya kepada publik tentang pentingnya hubungan tersebut.
Berita dan informasi haruslah disampaikan dalam bentuk yang lazim digunakan dan dimengerti semua orang. Termasuk di antaranya, penggunaan bahasa.
Kronologis dan berkesinambungan dalam kreativitas materi. Hubungan sebab akibat secara logis adalah patokan utama saat bertutur dalam cerita. Kekuatan narasi, kutipan, dan suara amat berperan penting dalam materi berita dan informasi berbentuk video.
Nyata. Emosi adalah satu kekuatan koneksi yang nyata-nyata kuat di antara berita atau informasi yang Anda buat dan penyimaknya. Gambar, suara, dan kata-kata bisa dibentuk untuk mengekspresikan beragam emosi dari cerita dan karakter manusia dalam berita.
Pemetaan sudut pandang. Dalam proses pembuatan materi berita dan informasi, sebaiknya Anda menyusun kerangka materi dari rincian struktur berita sebelum materi tulisan atau grafis dikerjakan dari yang paling utama hingga ke bagian pelengkap. Dengan strategi ini, tak akan ada kesulitan membeberkan berita dan informasi ala Anda secara detail, lengkap, dan terarah.
Akurasi adalah kewajiban yang tak boleh terjadi bila Anda menginginkan sebuah berita dan informasi yang informatif dan lengkap.
Tanpa opini. Kemas paket materi berita dan informasi Anda secara apa adanya. Jangan mencampurbaurkan pendapat atau opini terhadap peristiwa yang dijadikan materi berita dan informasi Anda.
Deskripsi. Pengungkapan data sebagai keterangan yang lebih mendetail amat membantu publik untuk menggambarkan peristiwa yang tengah menjadi pokok berita dan informasi Anda. Khususnya, bila berita dan informasi Anda tidak disertai grafis berupa foto atau video.
Perekam peristiwa. Penggunaan alat bantu sebagai media perekam peristiwa tidak harus sesempurna dengan kemampuan karakteristik yang lazim digunakan media massa. Saat ini, sebagian telepon selular pun bisa dipakai sebagai perekam kejadian dalam format foto maupun video. Dengan keterbatasan kemampuan alat itu, sebaiknya Anda: mendekati obyek yang akan direkam, mengantisipasi kondisi penerangan terhadap kualitas obyek, menjaga kestabilan foto atau video dari guncangan saat merekam, serta hindari pergerakan video yang terlalu cepat, terkecuali untuk penekanan situasi dan kondisi peristiwa.
Kalau ada sesepuh jurnalis disini monggo di share tips dan triknya
semoga bermanfaat.:
iloveindonesia
0
2K
Kutip
2
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru