KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e7dff6fdca17f9058b45af/mari-kita-budayakan-quotnyampah-kecequot-untuk-menghapus-sifat-quotnyampah-jelekquot

Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-UltahWELCOME to My Tritemoticon-Ultahemoticon-Sundul Gan (S)


emoticon-I Love Kaskus (S)..Sebelumnya, makasih buat mimin, momod dan agan+aganwati trit ini bisa ht..emoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for ht ke-8:





Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"


Jika ngebahas masalah sampah, buat sebagian orang mungkin merasa..udah basi..udah tahu…udah ngerti…udah sering baca di koran, tapi mengapa sampah masih menguasai hidup kita, lingkungan kita, jalan-jalan kita, got kita…, apa sih arti tahu, mengerti.. Ilmu pengetahuan sangat berbeda dengan Kebudayaan, proses pendidikan yang hanya mentransfer ilmu pengetahuan akan menghasilkan kata di atas ’sudah tahu’’sudah ngerti’ dan mereka bisa mengerjakan jika mereka ingin dan jika kita suruh. Berbeda halnya jika melakukan proses pembudayaan yang sudah kita lakukan tapi kita tidak sadari; seperti menggunakan seragam, masuk jam 7.00 pagi, memberi salam, itu adalah proses pembudayaan bukan tranfer ilmu, sama seperti membuang sampah itu juga proses pembudayaan bukan keilmuan.
Proses pembudayaan hanya memerlukan sikap dan perilaku yang bisa dicontoh, serta pengawasan, dan pada awalnya memang ada paksaan, namun akhirnya akan menjadi kebajikan dan dilakukan terus menerus. Mari kita lakukan proses budaya “Nyampah Kece” untuk membasmi “Nyampah Jelek”..Yuk kita cekidot aja Gan, inilah perbedaan Nyampah kece vs Nyampah jelek..





emoticon-cystg..Warna-Warni Sampah..emoticon-cystg

Sampah Organik
  • Terdiri dari bahan-bahan penyusun tumbuhan & hewan yang berasal dari alam..
  • Proses penguraiannya memerlukan waktu relative pendek dan berlangsung secara alami
  • Sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos
  • Dapat membusuk apabila dibiarkan terlalu lama dalam tempat terbuka.
  • Contoh seperti sampah dapur :sayuran, kulit buah, dan daun.


Sampah Anorganik
  • Berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral (brang tambang) dan minyak bumi,
  • Dari proses industri yang penguraiannya memerlukan waktu lama hingga ratusan tahun
  • Bahkan ada sampah yang tidak dapat dihancurkan yakni sterofoam.
  • Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam!
  • Sebagian lainnya hanya dapat diuraikan melalui proses yang cukup lama
  • Contoh : botol kaca, sterofoam, plastik, dan kaleng.





emoticon-Takut..Kecil, tapi Mematikan!!..emoticon-Takut

Inilah jenis sampah yang kita anggap sepele dan paling mudah untuk dibuang disembarang tempat, mengapa mematikan? Karena dengan kebiasaan membuang sampah kecil ini mendoktrin kita untuk terbiasa membuang sampah sembarangan! Sebab dari membuang sampah kecil bisa menjadi membuang sampah besar, dan dari beberapa sampah kecil bisa bertumpuk menjadi sampah yang besar! Terlebih jika kita mempunyai sifat “Nyampah jelek”

Quote:




emoticon-Games..Ngomongin Sampah di Indonesia..emoticon-Games

Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"


Indonesia dengan jumlah penduduk hingga 225 juta setiap hari menghasilkan sampah baik organik maupun anorganik dengan perbandingan jumlah hampir sama. Permasalahan utama adalah kesadaran masyarakat akan membuang dan memproses serta memilah sampah masih sangat rendah dengan didukung sistem pengelolaan sampah yang masih buruk..

Jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari di Indonesia hingga mencapai 11,330 ton per hari. Jika diambil rata-rata maka setiap orang menghasilkan sampah sebesar 0.050 Kg per hari. Jika jumlah sampah itu dihasilkan dalam hitungan hari tinggal dikalikan dengan tahun, maka sampah yang dihasilkan hingga mencapai 4.078.800 Ton setahun





emoticon-Mewek..Lamanya Sampah Terurai?..emoticon-Mewek

Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

Agar alam bisa menguraikan atau menghancurkan sampah diperlukan waktu yang lama lho..cekidot Gans..
• plastik diperlukan waktu 50 - 100 tahun untuk terurai
• puntung rokok 10 tahun
• kaleng soft drink (alumunium) 80 - 100 tahun
• kardus 5 bulan
• kulit jeruk 6 bulan
• kulit sepatu 25 - 40 tahun
• kertas 2 - 5 bulan, baterai 100 tahun
• sterofoam TIDAK dapat diuraikan!!
• almunium 80 - 100 tahun
• plastik (bungkus detergen dll) 50 - 80 tahun
• kantung plastik (tas kresek) diperlukan waktu 10 hingga 20 tahun untuk hancur.


Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

Apa jadinya kalau setiap orang orang membuang sampah sembarangan?? pasti akan jadi planet sampah. Plastik saja baru bisa hancur setelah 50 sampai 100 tahun, yang lebih ngeri lagi strefoam ternyataTIDAK bisa hancur Gan!!





emoticon-No Hope..Akibat “Nyampah Jelek”..emoticon-No Hope

Banyak akibat dari nyampah jelek, yang sangat merugikan buat lingkungan dan diri sendiri pastinya, pasti sudah tahu kan emoticon-Big Grin.. Yuk, kita tengok dampaknya Gan..emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:





emoticon-Request...Solusi 4R...emoticon-Request

Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

4R adalah berbagai symbol solusi untuk memerangi sampah yang sudah berlebih dan mengoptimalkan penggunaannya, berikut liputannya..Cekidot Gan..emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:





emoticon-cystg..Macam Warna Tong Sampah dan Artinya..emoticon-cystg

Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

Terkadang kita dibingungkan menemukan tong sampah yang berwarna-warni, dan terkadang tidak ada patokan pasti tentang warna ini, solusinya baca keterangan di tong sampah tsb, jika tidak ada..lihat sampah di dalamnya apa emoticon-Big Grin.. Namun inilah keterangan warna-warna tsb yang biasanya tertera di tong sampah..Cekidot Gan..emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:





Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"...Lanjut ke Bawahya Gan...Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"
Diubah oleh otaqantiqu
Halaman 1 dari 47
emoticon-Selamat..Akibat “Nyampah Kece”..emoticon-Selamat

Inilah beberapa sudut Kota di Indonesia, yang berhasil menghidupkan budaya “Nyampah Kece”..Cekidot Gan..emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:






emoticon-Kaskus Radio..Akibat "Nyampah Kece" part II..emoticon-Kaskus Radio

Budaya nyampah kece tidak hanya menjaga lingkungan kita menjadi sehat & bersih..namun smua hal di sekeliling kita menjadi unik dan indah serta membawa hoki buat pelakunya..Cekidot..emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:



emoticon-I Love KaskusTips “Nyampah Kece” &
Bergaya Hidup Hijau
emoticon-I Love Kaskus


Sudah saatnya kita mulai menjadi orang yang kece dan menyebarkan budaya “Nyampah Kece”. Berikut adalah tips-tipsnya..
Quote:






emoticon-Kiss..Kesimpulan & Saran..emoticon-Kiss

Quote:



Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"...Lanjut ke Bawahya Gan...Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

Diubah oleh otaqantiqu
emoticon-I Love Kaskus (S)..Makasi buat yang udah kasih cendol & abu-abu..emoticon-I Love Kaskus (S)

Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"


emoticon-Sundul Gan (S)Jangan lupa berkunjung ke trit yang lain yaa Gan..emoticon-Sundul Gan (S)

Quote:



emoticon-I Love Kaskus (S)Komentar-komentar Agan+Aganwatiemoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for komen-komen:


..Ini adalah salah satu foto kota kece di Indonesia sumbangan kaskuser..

Spoiler for cekidot:


Ini adalah sumbangan karya kreatif kaskuser hasil dari "Nyampah Kece" emoticon-Smilie

Spoiler for Cekidot:







emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-Ultah Sekian trit dari ane gan emoticon-Ultah emoticon-I Love Kaskus (S)



Terima Kasih
Diubah oleh otaqantiqu
Wuaoww.. Keren gan daur ulang sampahnya. Sebaiknya emang peraturan dan denda bagi org yg membuang sampah sembarangan benar2 diterapkan. Dan tetap kita harus mulai dari diri sendiri.
Ini salah satu trit yang sering di repost tapi ane suka gan, karena buat ngingetin orang emoticon-Big Grin
kalo ane bawa tas kemana2 jadi pasti kalo abis makan sesuatu yang pake plastik ane taruh dalem situ kalo ga nemu tempat sampah, kalo ga ane masukin kantong clana emoticon-Ngakak

Lanjutan Komen-Komen Warga Kaskus

Banyak warga kaskus yang masih peduli dengan lingkungannya, sayang klo komen-komen ini tidak ditaruh di pejwan emoticon-Smilie
Cekidot gan..emoticon-I Love Kaskus (S)


Spoiler for komen-komen I:



Spoiler for komen-komen II:


Spoiler for komen-komen III:

Diubah oleh otaqantiqu
Quote:


smoga byk yg berubah pikiran ya, skr udah cape mendengar berita banjir udah dimana-mana..
sama berarti kaya ane gan emoticon-Smilie klo mkn permen mending sampah bungkusnya dikantongin dulu aja klo ga nemu t4 sampah,,baru nti dibuang ke t4 sampah..emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh club80.s
thread kayak gini udah pernah jadi HT deh waktu itu emoticon-No Sara Please emoticon-Sorry

Quote:
Diubah oleh nevergiveafuck
waduh kaskus lg eror yaaaaa

koq pada HT sih emoticon-Matabelo

baru post beberapa aja emoticon-Matabelo
Yahh...
Intinya jangan buang samapah sembarangan...
Apapun itu sampahnya...
Jaga bumi ini...
Supaya bumi ini tetap aman...
emoticon-2 Jempol
kita mulai dari diri kita ye gan . . untuk menjaga kelangsungan kehidupan kita,.
plinggap jadiin kantong plastik lebih manfaat
lagi2 trit HT yg sepi
orang2 ada kmana yah emoticon-Bingung (S)
Mari Kita Budayakan "Nyampah Kece" Untuk Menghapus Sifat "Nyampah Jelek"

tempat nya kek nda asing ya gan,,, emoticon-Big Grin

mantep gan thread nya,
ini yang namanya asli go green ya,
bukan sekedar warna ijo
Wow keren banget , mau nyoba yg pot pake bottle air mineral itu ah .lucu dikasih mata plus tanamannya jd kayak rambut .
Diubah oleh mantanmantu
gambar 3 dan 4 malang kota ku tercinta huahahahahhaha emoticon-Matabelo
Keren banget nih..., thanks for sharing gan.
Permasalahannya banyak warga di Indonesia terlebih di Jakarta kurang sadar akan pentingnya "membuang sampah pada tempatnya"..

Meskipun saat ini banyak daerah Jakarta yang kebanjiran, pasti warga juga tetap buang sampah sembarangan...
Halaman 1 dari 47


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di