CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
(Indonesia bakal punya paspor desain baru) Bahan Baru, Tidak Mudah Dipalsu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e6c494148b46ef478b4578/indonesia-bakal-punya-paspor-desain-baru-bahan-baru-tidak-mudah-dipalsu

(Indonesia bakal punya paspor desain baru) Bahan Baru, Tidak Mudah Dipalsu

Senin, 27 Januari 2014 - 09:40:29

(Indonesia bakal punya paspor desain baru) Bahan Baru, Tidak Mudah Dipalsu

JAKARTA - Warga negara Indonesia bakal memiliki paspor dengan desain baru. Bertepatan dengan hari jadi yang ke-64, Ditjen Imigrasi memperkenalkan bentuk baru dari buku berwarna hijau tersebut kemarin (26/1). Yang paling mencolok dari paspor baru itu adalah halaman identitas.

Kalau sebelumnya di halaman identitas yang berisikan foto dan keterangan pemilik paspor itu terbuat dari kertas, kini tidak lagi. Ditjen Imigrasi menggunakan bahan polycarbonate yang lebih tebal dan kaku dari kertas. Nah, semua keterangan langsung dicetak ke dalam material berbahan plastik itu.

Jadi, tidak ada lagi proses laminasi untuk melindungi foto dan data pemilik paspor. Pengamanan dalam halaman identitas itu memang mendapat porsi perubahan paling banyak. Menjadi penting karena lembar itulah yang selama ini kerap dipalsukan. Modusnya, menggosok foto dan mengganti dengan wajah lain.

“Lebih aman. Tidak bisa digosok-gosok lagi untuk mengganti identitas,” ujar Menkum HAM Amir Syamsudin di Kantor Ditjen Imigrasi Jalan H.R Rasuna Said, Jakarta, kemarin.

Pembeda lain dengan halaman identitas di paspor lama adalah keberadaan foto. Seperti diketahui, hanya ada satu foto yang tercantum di halaman tersebut.

Untuk kepentingan keamanan, foto dalam paspor kini dibuat menjadi tiga jenis. Di sisi kanan, ada foto dengan teknik tiga dimensi (3D) yang diletakkan di bawah nomor paspor. Lantas, di ujung kiri ada foto besar dengan teknik cetak biasa. Yang ketiga, diletakkan di tengah.

Sepintas, foto ketiga itu tidak terlihat. Tapi, kalau paspor diterawang, akan terlihat foto lagi. Mirip dengan tanda air gambar pahlawan yang berada di uang kertas. Sedangkan pada sampul paspor, ada tanda fluorescent berwarna merah dengan tulisan Republik Indonesia.

Untuk halaman lainnya, bertemakan flora, fauna, dan sesuatu yang menjadi ciri khas Indonesia,” imbuh Amir. Memang, tema mozaik Indonesia mewarnai lembar halaman paspor. Mulai dari keindahan alam Bali, Candi Borobudur, badak bercula satu, ondel-ondel, hingga karapan sapi.

Lantas, kapan bentuk baru untuk semua jenis paspor itu akan digunakan? Amir menyebut paling cepat akhir tahun ini dan selambatnya awal 2015. Jeda waktu yang panjang dari peluncuran bentuk baru itu bukan karena tidak siapnya Ditjen Imigrasi. Tetapi, untuk menghabiskan stok buku lama. “Akan kami habiskan dulu stok yang lama supaya tidak mubazir,” katanya.

Dia berharap dengan bentuk baru itu tidak ada lagi praktik pembuatan paspor palsu. Terutama, yang erat kaitannya dengan paspor untuk tenaga kerja di luar negeri. Selama ini, dia menyebut masih banyak yang menggunakan paspor palsu untuk jalan pintas.

Kabag Humas & Tata Usaha Ditjen Imigrasi Heriyanto mengatakan belum ada keterangan pasti apakah perubahan desain juga berdampak pada harga pembuatan. Kalau tidak ada perubahan, berarti masih menggunakan harga yang sekarang berlaku. “Tunggu ada penetapan baru kalau soal harga,” tuturnya.

Sementara itu, untuk memuluskan kerja sama RI-Prancis, pemerintah kedua negara sepakat memberlakukan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas kedua negara.

Kesepakatan tersebut ditandatangani Menlu Marty Natalegawa pada Sabtu (25/1) lalu, saat melakukan kunjungan kerja ke negara yang terkenal dengan Menara Eiffel-nya tersebut.

Kesepakatan bebas visa ini bukan kesepakatan pertama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain. Setidaknya, sudah ada sekitar 36 negara yang bekerja sama dengan Indonesia dalam pemberlakuan bebas visa diplomatik. Beberapa negara tersebut, di antaranya, Korea Selatan, RRC, Portugal, Austria, Rusia, dan beberapa negara Amerika Latin.(dim/mia/agm/jpnn/zal/k7)

Sumber: http://www.kaltimpost.co.id/berita/d...h-dipalsu.html

Komen:
Jadi keliatannya halaman identitas paspor indonesia bakalan menyerupai paspor malaysia/uni eropa yang tebel, gak membleh seperti yang sekarang ini.

Berita bagus nih, semoga dengan meningkatnya fitur keamanan paspor Indonesia, bakalan mempermudah WNI untuk dapet akses bebas visa ke lebih banyak negara lain. Sebagai contoh, Amerika memberikan fasilitas bebas visa untuk negara2 yang fitur pengamanan paspornya canggih (paspor elektronik), itu juga menjadi salah satu syarat satu negara dimasukan ke dalem daftar bebas visa ke amerika.

Dan dengan bertambah banyaknya negara2 yang bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas, semoga ke depannya bebas visa juga untuk pemegang paspor biasa. Amin.
Diubah oleh charlies280590
Halaman 1 dari 8
masa sih.... emoticon-Big Grin

satu lagi saran, kalau harus mesti halaman muka jangan polos ijo emoticon-Busa:
Spoiler for Paspor ga kreatif:

dikasih lambang garuda yang warnanya beda kek
Diubah oleh xoar
yakin ga bisa dipalsuin lagi nantinya emoticon-Big Grin
kalau cuman yg bebas visa buat pemegang paspor diplomatik buat apa??
artinya kalau rakyat biasa harus tetap buat visa..
semoga aja bener jangan cuman dijadikan proyek lagiiemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis
visa diplomatik?
maksudnya kek gimana ya, kalo orang biasa bisa juga gitu? apa khusua orang pemerintahan aja?
ada yang biaa kasih penjelasaan
Quote:


Itu menurut berita sih bakalan ada tulisan Republik Indonesia warna merah... yah palingan ujung2nya sama lagi kayak yang di gambar. Kalo menurut ane desain sampul yang paling bagus yah yang pas taun 2003an, gambar garudanya hampir menuhin sampulnya... Kalo yang sekarang malah malem2 gak keliatan tuh gambar dan tulisan di sampulnya sangkin gelap banget.

Quote:


yah kalo dipalsuin sih bisa2 aja gan, tapi ketauan ato enggaknya itu beda cerita emoticon-Ngakak

Quote:


Yah moga2 aja gan, dimulai dari paspor dinas/diplomatik dan ke depannya merembet ke paspor biasa...
Quote:


paspor diplomatik itu yah untuk petugas/pejabat pemerintah aja gan...
Kalo orang biasa (bukan pejabat/petugas pemerintah) yah dapetnya paspor biasa aja yang sampulnya warna ijo tua...
uang saja dipalsukan, mestinya secura utk paspor harus teknologi tinggiemoticon-Malu (S)
Quote:


ini kan lagi merangkak ke tekonologi yang lebih tinggi gan
emoticon-Malu (S)
Biar ganti passport tp yg ngefoto ya dia2 lg yg foto muka pemegang passport jd kek kepala labu emoticon-Cape deeehh
Quote:


emoticon-Bingung (S)
maksudnya gan? ane gak nangkep...
emoticon-Bingung (S)
Passport kek buku gambar aja..emoticon-Najis
Tiap halaman beda gambar..emoticon-Najis
Kira" buat paspor berapa ya gan ? emoticon-Bingung (S)
Pertanyaannya, harganya berapa yah jadinya?
adakah kenaikan biaya?

Pasti ribet lagi bikinnya.
Trus nasib paspor lama gimana?
Harus diganti dengan yang baru gitu? emoticon-Bingung (S)
buat paspor murah kok gan,ane dulu bikin 24 halaman ngurus sendiri cm habis 150ribuan, seminggu jadi. Wong cuma buat skali jalan ke malon sm singa ngapain bkn 48 hehehe
Bikin paspor ga ribet kok gan,bs apply di web imigrasi.co.id disana tgl isi form n upload dokumen spt akta kelahiran,kk dan ktp trus print formnya bawa ke imigrasi skalian fc dokumen2 tadi.selesai isi form bayar tggu wawancara n foto.
Buat paspor lama ya tggu smpe masa berlaku habis.cmiiw
Diubah oleh NiteLife
undur dulu berarti buat passpord...
biar dpt yg terbaru...
hehe
:cute

Quote:


mantap om...
di quote dulu biar ga ilang...
hehe
Diubah oleh ye2x
yang penting ngantrinya ngak lama dan prosesnya dipercepat,, masak buat pasprt aja ane musti cuti 3 hari
1 hari pendaftaran
1 hari wawancara & foto
1 hari buat ngambil doang

mendingan bikin sim 1 hari jadi
passport lama bisa diupgrade gak ke passport baru ini? tapi kayaknya enggak ya.. kalo enggak ntar imigrasi bisa membludak ngurusin upgrade passport doang #jawabsendiri
PAKE LED DONG.... fotonya jadi bener2 3D bukan hologram 3d... trus muter2 360 derajat.

Harus anti aer...

Harus pake GPS... jadi bisa dilacak HANYA PADA SAAT LAPORAN KEHILANGAN...itupun harus dapet persetujuan IMIGRASI yang di awasi oleh kehakiman.

Harus bisa ditelpon...

Harus bisa berdering...

Harus bisa radio...

Harus bisa 4g

Harus bisa wifi

Harus bisa video call

Harus punya kamera minimal 13 mpx (back side) yg depan 3 mpx cukup utk video call

Harus punya casing yg bagus... gambar pancasila lampu led emas

Harus bisa cdma dan gsm dan bisa nyimpen max 4 nomer sekaligus.

Harus punya micro sd slot yg 64 gb... dan kapasitas internal memori 32 gb

Harus punya RAM 3 gb

Prosesor octacore 2.4 Ghz

Bisa mijet2...

Bisa disuru nyetir mobil

Bisa disuru ngutang ke warung..



Ooooohhhh pasport idamaaaaaannnnn emoticon-Belo


Paling dipalsu cina...
Diubah oleh banditozII
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di