alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e51543128b461c218b45af/apa-itu-alergi-obat
Apa Itu Alergi Obat?
Quote:emoticon-Cendol (S)welcome to my threademoticon-Cendol (S)
Quote:Dengan Senang Hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) Bukan malah emoticon-Blue Guy Bata (L) Jangan Lupa ninggalin jejak ya gan

Quote:Deskripsi: Sebagian besar orang pasti sudah tau apa itu alergi. Pada umumnya alergi dapat dianggap sebagai reaksi berlebihan tubuh terhadap paparan sebuah materi (alergen). Bisa berupa debu, tungau, detergen atau apapun yang membuat tubuh bereaksi berlebihan. Satu orang dengan yang lain bisa saja berbeda jenis alergi, ada yang alergi berat dengan debu hingga sulit bernafas, ada yang sekedar gatal gatal.
Spoiler for Alergi:


Nah hari ini kita akan membahas soal alergi obat. Alergi obat di masyarakat seringkali dianggap sebagai ketidak cocokkan obat, atau dokter salah memberi obat, atau obat yang kadaluarsa, padahal tidak demikian. Pada prinsipnya alergi obat sama seperti alergi benda lain, yaitu reaksi berlebihan tubuh terhadap paparan sebuah materi, dalam hal ini komponen obat.

Semua orang, dengan riwayat memiliki bakat alergi ataupun tidak, tetap memiliki risiko alergi obat. Bisa saja suatu hari kita minum obat X baik baik saja, kemudian di kemudian hari kita minum obat jenis X dan terjadi reaksi alergi. Hal ini dapat terjadi karena berbagai macam sebab, karena sistem imun manusia tidak bekerja sesederhana 1+1=2. Hal ini berarti, kejadian pertama dari reaksi alergi tidak dapat diprediksi.


Quote:Jenis Obat
Apa Itu Alergi Obat?
Obat obatan yang dapat menimbulkan alergi juga beragam. Antibiotik golongan penisilin dan sulfa adalah dua diantara yang sering menimbulkan reaksi alergi. Obat penurun panas dan antikejang pun tercatat dapat memicu alergi. Begitu pula vaksin yang diberikan kepada anak. Obat yang biasanya disuntikkan biasanya dapat memancing reaksi cukup berat karena langsung masuk ke dalam pembuluh darah. Alergi obat bisa juga diakibatkan oleh konsumsi lebih dari satu jenis obat dalam satu waktu. Misal, jika saat makan satu jenis obat saja, mungkin tidak timbul masalah. Tetapi begitu dikombinasikan dengan beberapa obat, contohnya antibiotik dengan penurun panas, lalu timbul alergi. Alergi bisa juga terjadi bila mengonsumsi obat medis dengan jenis herbal.

Quote:Gejala
Apa Itu Alergi Obat?
Reaksi yang ditimbulkan dari alergi obat juga sangat bermacam macam. Gejala yang ringan bisa mulai dari sekedar gatal dan ruam kemerahan pada kulit, demam, dan sembab. Gejala ringan ini biasanya menghilang jika pemberian obat dihentikan, mungkin diperlukan obat tambahan untuk mengatasi gejala alergi ringan. Namun ada juga alergi obat yang serius, anafilaksis merupakan reaksi yang sangat jarang terjadi namun mengancam jiwa. Terjadi penyempitan saluran nafas sampai sesak, nadi melemah, tekanan darah menurun hingga syok, mual, muntah, pusing, rasa melayang hingga kehilangan kesadaran.

Ada juga yang disebut sindrom steven johnson. SSJ sering diakibatkan oleh alergi obat, walaupun dapat juga disebabkan oleh hal lain seperti infeksi bakteri atau virus. SSJ ini sering mengakibatkan kematian, penanganannya yang sulit ditambah gejala yang berat menambah panjang jumlah pasien meninggal karena sindrom langka yang ditandai dengan kulit dan mukosa yang mengelupas ini.

Quote:Tindakan
Apa Itu Alergi Obat?
Yang perlu dilakukan ketika kita mencurigai alergi obat adalah, segera konsultasikan ke dokter Anda dan tanyakan tentang penghentian pengobatan. Jika muncul gejala sesak napas, bengkak pada bibir, lidah, dan wajah, biduran luas di seluruh tubuh, serta sangat lemas, segera pergilah ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan. Apalagi jika tubuh mulai melepuh dan kulit mengelupas, jangan tunda, segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan.



Alergi obat dapat terjadi kapan saja, jadi pakailah obat seperlunya dan sesuai anjuran dokter. Jangan lupa untuk sampaikan riwayat alergi obat pada dokter jika kita pernah menderita alergi obat. Alergi obat dapat terjadi pada siapa saja, mari pakai obat secara bijak.

Quote:Sumber dari blog TS
Wah, lumayan informasinya...
Aku termasuk punya sejarah alergi obat parah, yang kata dokter istilahnya anafilaksis baru2 ini aku alami...

Ceritanya kecelakaan tunggal sepeda motor, patah tulang... Opname. Dikasi obat pereda nyeri kata dokter jaga, udah di tes disuntik dilapisi kulit katanya, reaksi negatif, lalu diteruskan injeksi lewat infus... Setengah jam kemudian muncul gejalanya... Mata mulai gatal, bengkak, hidung buntu, dan sesak nafas...
Disuntik sampai 3 apa 4 x anti alergi, baru ada efek
Pengalaman nyaris gini, bikin trauma
Padahal tahun lalu juga mengalami hal sama, dikasi antibiotik... Hasilnya sama, anafilaksis

Sekarang dilemanya gini, Tulang patah ini jika di operasi (sekarang berobat alternatif, Tulang sudah menyambung, tapi tidak bagus posisinya) tentunya bakal ada pengobatan, yang tentunya akan sangat beresiko mengingat alergi saya yang seperti ini