alexa-tracking

Hentikan Penjualan Hiu dengan Kampanye #SaveSharks ,cekidot AGAN2!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e0d35b5ccb17b1080004a8/hentikan-penjualan-hiu-dengan-kampanye-savesharks-cekidot-agan2
Thumbs up 
Hentikan Penjualan Hiu dengan Kampanye #SaveSharks ,cekidot AGAN2!

Hentikan Penjualan Hiu dengan Kampanye #SaveSharks ,cekidot AGAN2!


Pasti yang ada di benak Anda ketika mendengar tentang hewan hiu adalah sesuatu hal yang mengerikan. Hiu dianggap berbahaya bagi manusia. Tapi ada juga yang menganggap hiu berkhasiat bagi penyakit sehingga menjadi lazim untuk dikonsumsi.

Belum banyak yang mengetahui bahwa hiu sebenarnya memegang peran penting dalam mengontrol populasi hewan laut dalam rantai makanan karena posisisnya memang sebagai predator teratas. Ketika populasi hiu di perairan terjaga kelestariannya, ia barulah mampu menyeimbangkan ekosistem laut, dalam hal ini menjaga ikan-ikan yang biasa kita konsumsi tetap berlimpah.

Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) memasukkan 12 jenis hiu dalam daftar Appendix 1, 2, dan 3, yang secara garis besar berisi larangan memperdagangkan suatu spesies karena terancam punah, pengaturan pengelolaan spesies melalui aturan perdagangan yang ketat, serta perlindungan spesies setidaknya di satu negara anggota CITES. Di luar itu, International Union for Conservation of Nature (IUCN) mendaftarkan banyak spesies hiu dalam Red List of Endangered Threatened Protected Species. Belum lagi, keberadaan International Plan of Action (IPOA) dari Food and Agriculture Organization (FAO) tentang perlindungan hiu yang harus ditaati oleh negara-negara anggota dengan membuat National Plan of Action (NPOA) atau Renjana Kerja Aksi. Indonesia sudah turut mendukung NPOA, hanya saja belum ada kekuatan hukum yang mengikat di dalamnya. Lemahnya hukum tentang penangkapan hiu ini secara tidak langsung mengakibatkan banyak perburuan hiu di perairan Indonesia, baik yang dilakukan oleh para nelayan atau pihak tertentu. Hiu memiliki nilai jual tinggi dalam pasaran dikarenakan tingginya permintaan pasar terhadap produk hiu, baik itu sirip, minyak ataupun kulit.

Berawal dari keprihatinan terhadap kepunahan hiu yang semakin meningkat, Majalah Divemag Indonesia membuat sebuah kampanye #SaveSharks di Indonesia mulai tahun 2011 lalu. Dalam perkembangannya, kampanye ini menjadi lebih intens. Muncul juga ikon #SaveSharks yaitu Itong Hiu yang justru tampil imut dan lucu. Hingga kini, #SaveSharks Indonesia dijalankan dengan cara independen oleh beberapa orang di beberapa kota Indonesia antara lain Riyanni Djangkaru, Nadine Chandrawinata, Pinneng, Gemala Hanafiah, Dayu Hatmanti, Diana Susanti, Brian Sulaiman, dan beberapa teman lainnya. Melalui kampanye #SaveSharks Indonesia, baik lewat media social media maupun situs [url=http://www.savesharksindonesia.org,]www.savesharksindonesia.org,[/url] diharapkan masyarakat yang seluas-luasnya kian hari kian memahami pentingnya menyelamatkan spesies hiu untuk masa depan kita. Program kampanye ini mempunyai beberapa jenis kegiatan, antara lain Itong Goes to School bagi para pelajar sekolah dan Itong Goes to Community kepada para komunitas di Indonesia untuk memahami pentingnya melindungi hiu untuk tetap hidup, bukan untuk diburu atau dikonsumsi. Let’s save sharks!

SUMBER

Follow us on twitter: @freemagz

emoticon-2 Jempol
wah bener banget gan harus dihentikan nih

emoticon-Matabelo
untuk masa depan yang lebih cerahemoticon-Hammer (S)
#SaveSharks
lama2 bisa punah nih...emoticon-Cape d... (S)