alexa-tracking

Tips Tetap Bugar Selama Musim Hujan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52e096590d8b46bf288b45d8/tips-tetap-bugar-selama-musim-hujan
Tips Tetap Bugar Selama Musim Hujan
MUSIM hujan merupakan saat dimana tubuh rawan terserang flu. Cuaca dingin dan angin kencang, ditambah pola makan tak teratur atau kurang istirahat, membuat tubuh rentan terkena masuk angin dan flu.
Berikut sepuluh tips untuk memperkuat kekebalan tubuh, agar Anda terhindar dari demam, batuk, atau pilek saat musim hujan
.
Jaga Tubuh Tetap Hangat
Menjaga temperatur badan tetap normal selama musim hujan, penting diperhatikan.
"Menggigil menekan sistem kekebalan tubuh dan ini membuat kita lebih cenderung terkena pilek," kata Dr William Bird, kosultan kesehatan dari Meteorological Office's Health Forecast Unit, seperti dikutip Dailymail.
Saat tubuh mulai merasa kedinginan, kenakan jaket atau pakaian hangat. Jika perlu matikan pendingin ruangan.
Pelindung kepala seperti topi juga baik digunakan jika Anda beraktivitas di luar ruangan. "Lebih sedikitnya paparan sinar matahari mempengaruhi hormon melatonin dan serotonin yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Kita kehilangan hingga 30 persen panas tubuh melalui kepala kita, jadi kenakan topi saat keluar ruangan," katanya.

Jaga Higienitas Tangan
"Meski sebagian besar infeksi ditularkan lewat udara; seperti ketika seseorang bersin, kuman dapat menular melalui kontak fisik dan masuk ke tubuh ketika tangan menyentuh bagian yang rentan terinfeksi seperti mata, mulut dan hidung," kata Dr Nicola Goddard, ahli klinis dari Public Health Laboratory Service, Inggris.
Menurutnya, rutin mencucui tangan dengan benar, dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan terserang virus, yang cenderung menginfeksi anak-anak dan menyebabkan muntah dan diare.

Perhatikan Cuaca
Hujan dan cuaca mendung berkabut menjadi media terbaik bagi kuman untuk berkembang biak, kata Dr Bird.
"Virus bertahan lebih lama ketika cuaca lembab. Mereka dapat menggantung di udara dan melekat pada tetesan air. Ini adalah saat ketika Anda akan lebih mudah untuk terkena flu; meskipun Anda mungkin tidak menyadari karena virus penyebab pilek dan batuk membutuhkan 10 sampai 12 hari masa inkubasi," katanya.

Zinc dan bawang putih
Mineral zinc (seng) sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Sumber seng yang disarankan untuk dikonsumsi meliputi daging, tiram, telur, seafood, tahu, kacang polong dan gandum. Zinc dan Vitamin C merupakan "kombinasi" asupan super saat cuaca dingin.
Sementara, senyawa allion dan allicin pada bawang putih memiliki efek antivirus, yang membantu mencegah flu. Untuk memperoleh khasiatnya, kunyah satu siung bawang setiap empat jam sekali, atau menambahkannya pada olahan masakan Anda.

Banyak minum
Anjuran minum delapan gelas air sehari untuk tetap sehat, baik diterapkan. Rehidrasi penting, di saat cuaca panas maupun dingin.
Air membantu fungsi ginjal dan mendorong keluar racun yang menumpuk di dalam tubuh kita. Terlebih ketika demam, dehidrasi membuat lendir kering dan menebal sehingga kurang ampuh melawan bakteri dan virus.

Cukup Tidur
Kurang tidur membuat kita lebih rentan terhadap infeksi, kata Dr Bird. "Namun bukan masalah tidur lebih lama, karena beberapa orang - terutama mereka yang termotivasi positif - dapat memiliki waktu tidur kurang dari tujuh jam setiap malam dan tidak terserang penyakit sama sekali," katanya.
"Suasana hati juga mempengaruhi kemampuan kita untuk melawan infeksi. Jika Anda merasa stres sepanjang hari, Anda akan lebih mudah sakit dibandingkan dengan ketika Anda merasa bahagia dan santai," katanya.

Olahraga
"Jangan meremahkan pentingnya olahraga ringan, terutama saat musim dingin. Selain tetap menjaga sirkulasi darah, olahraga ringan dan teratur meningkatkan jumlah sel natural killer (NK) pada tubuh kita," kata Dr Bird.
Limfosit dalam aliran darah dan lapisan mukosa hidung serta saluran pernafasan mengalir ke seluruh tubuh, melawan bakteri dan virus. "Ketika Anda berolahraga, tingkat NK naik dan tetap tinggi selama sekitar 36 jam setelah itu," kata Dr Bird.
patut di coba
klo ane biasanya tambahin minum madu emoticon-Cendol (S)
Mantab gan tips nya...
bisa di coba di musim2 banjir kayak gini.... emoticon-Cool
Quote:


yup... madu bisa menjaga stamina juga.. tks
woh ava ente keren bener gan emoticon-Jempol

tapi rada telat gan, ane udah ngerasa gak enak badan nih emoticon-Frown

mo bolos kantor aja ini emoticon-Frown
Quote:


waduh... sakit apa gan...
thanks buat tipsnya gan, ane coba emoticon-Smilie
zinc kan sampo
Tidak ada salahnya untuk di coba
Quote:


weits... Zinc atau Seng (Zn) merupakan logam transisi yang termasuk kelompok 12 dalam tabel periodik. Sebagai "unsur jejak penting" , zinc memiliki makna biologis yang substansial bagi tanaman dan hewan juga pada manusia.
Quote:


sama2 gan emoticon-Kiss
wkwkw..kemaren di kantor ane sampe ngajuin ke manajemen building nya buat matiin AC sentral soalnya karyawannya dah pada menggigil...alhasil dari jam 10 sampe jam makan siang AC kantor mati...emoticon-Ngakak
nice tips gan emoticon-thumbsup



2855666
Quote:


sama tuh gan di tempat ane juga