alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52df61c5bdcb17087b8b45b4/10-bahasa-pemrograman-yang-harus-anda-kuasai-di-tahun-2014
10 Bahasa Pemrograman yang Harus Anda Kuasai di Tahun 2014
Quote:Perkembangan tahun menjadi salah satu patokan dalam perkembangan di segala bidang. Salah satunya yaitu ketika kita bicara mengenai teknologi dan segala macam program didalamnya. Bagi seorang programmer, mengikuti setiap perkembangan yang ada adalah suatu keharusan dan kebutuhan. Hal ini bertujuan untuk bisa selalu tuni-in dan up to date terhadap program dan teknologi yang akan diciptakannya. Bahasa pemrograman menjadi suatu kebutuhan yang paling dasar bagi seorang programmer. Nah, berikut ini adalah 10 bahasa pemrograman yang harus dikuasai para programmer di tahun 2014:

1. Java
Quote:
Spoiler for java:


Java masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling dicari dan diminati oleh para programmer baik kelas pemula hingga kelas profesional. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan berbasil class yang dikembangkan oleh Sun Microsystem pada Tahun 1990an. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling dicari dan digunakan oleh perangkat lunak di berbagai perusahaan. Java sendiri bukan hanya membangun sebuah software berbasis desktop, namun juga berbasis web, mobile dan sistem operasi Android. Java dirancang untuk mampu bekerja diberbagai macam platform perangkat lunak, seperti Mac OS X dan Windows. Untuk kedepannya penggunaan Java diperkirakan akan sangat diminati dan dibutuhkan dalam setiap perkembangan teknologi yang ada.


2. Bahasa C
Quote:
Spoiler for C:


Dalam mempelajari semua bahasa pemrograman, Bahasa C merupakan bahasa yang paling dasar dan wajib dipelajari pertama kali oleh para programmer. Karena pada dasarnya bahasa C merupakan dasar dari bahasa pemrograman lainnya. Bahasa C sudah mulai dikembangkan sekitar tahun 70an dan sudah menjadi bahasa tertua dan paling banyak digunakan oleh para programmer. Bahasa C sendiri merupakan awal dari adanya bahasa pemrograman lainnya, seperti C#, Java, JavaScript, dan Phyton. Bahasa C banyak digunakan untuk membangun sebuah sistem operasi.


3. C++
Quote:
Spoiler for c++:


C++ merupakan bahasa tingkat menengah yang memiliki fitur pemrograman berorientasi objek. Awal diciptakannya C++ adalah untuk meningkatkan bahasa sebelumnya yaitu C. C++ merupakan kekuatan terbesar dari sebuah software terbesar, seperti Firefox, Winamp, dan program Adobe. Bahasa pemrograman yang satu ini digunakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak baik berupa aplikasi, server dengan kinerja yang tinggi, aplikasi client dan video game.


4. C#
Quote:
Spoiler for C#:


C# adalah bahasa multi paradigma yang dikembangkan oleh Microsoft. C# menjadi bagian dari inisiatif NET. Menggabungkan prinsip dari C dan C++, C# adalah bahasa tujuan yang umum digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak, seperti Microsoft dan platform Windows.


5. Objective-C
Quote:
Spoiler for objective-C:


Objective-C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Dan bagi Anda pengguna segala gadget Apple, Objective-C merupakan bahasa pemrograman yang menjadi pembangun sistem operasi tersebut. Ini merupakan salah satu kekuatan dari OS Apple X dan iOS, tidak ketinggalan juga dengan API yang dimilikinya. Objective-C sudah banyak menghasilkan berbagai aplikasi di iPhone yang sangat digandrungi oleh para penikmatnya.


6. PHP
Quote:
Spoiler for php:


PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini. Bukan hanya karena disediakan secara gratis, server side scripting language yang dimilikinya memang sudah dirancang untuk mampu membuat sebuah website yang dinamis dan pengembangan aplikasi lainnya. PHP menjadi salah satu yang membangun website – website ternama di dunia, seperti WordPress, Digg dan Facebook.


7. Phyton
Quote:
Spoiler for phyton:


Bahasa Phyton merupakan bahasa tingkat tinggi dalam tingkatan bahasa pemrograman lainnya. Phyton menjadi salah satu bahasa pemrograman yang membangun sebuah website dan aplikasi mobile. Bahasa phyton menjadi bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Phyton menjadi sebuah kekuatan dari aplikasi terkenal, seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Phyton juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo! Dan juga NASA.


8. Ruby
Quote:
Spoiler for ruby:


Dalam pengembangan sebuah website dan juga aplikasi mobile, para progammer juga menggunakan bahasa Ruby. Ruby dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk ditulis. Ini merupakan kekuatan yang dimiliki oleh Ruby. Ruby menjadi pembangun dari Scripd, GitHub, Groupon dan Shopify. Seperti halnya Phyton, Ruby dianggap sebagai bahasa yang cukup user-friendly untuk para pemula.


9. Javascript
Quote:
Spoiler for javascript:


Javascript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape dan berasal dari kumpulan banyak sintax dari bahasa C. Hal ini membuat Javascript menjadi sahabat bagi semua browser web dan dianggap penting dalam mengembangkan fungsi – fungsi website yang interaktif dan animasi. Javascript juga digunakan dalam pengembangan sebuah video game dan juga dalam aplikasi desktop. Javascript interpreter tertanam di Google Chrome, Safari dari Apple, Adobe Reader dan Adobe Creative Suite.


10. SQL
Quote:
Spoiler for SQL:


Structure Query Language (SQL) adalah bahasa pemrograman yang memiliki tujuan khusus untuk mengelola data dalam sistem manajemen database relasional. Bahasa ini sering digunakan untuk menuliskan berbagai macam fungsi query database. SQL sendiri sudah memiliki standarisasi yang diberikan oleh American National Standarts Intitute (ANSI) dan International Organization for Standartdization (ISO) pada Tahun 1980.


Spoiler for link:
mantap bro nais sher .....

ane masi nukon jadi gk ngrti:sory
itu kok javascript tapi penjelasannya tentang SQL emoticon-Bingung (S)
no 10 judul nya javascript
pembahasan nya kok sql emoticon-Bingung (S)
sekedar sharing aja,
dr hasil surfing saya di dunia maya ,
yg lg berkembang itu javascript hal itu di mulai sejak munculnya html5,
javascript juga di jadikan serverside ,yg menjadikan realtime web apps lbh cepat dr php tp skalanya msh menang php
, para web jg menggembangkan
2d canvas dimana bsa membuat rich interaction dgn javascript canvas library
dan juga 3d /webgl di mana menggunakan javascript jg pake framework biar codingnya jd simple
,
untuk desktop
masih dr keluarga C karena performanya sgt bagus gui nya jg sgt kompatibel din os apapun, di bandingkan dgn memakai java yg harus memiliki virtual machine lg utk menjalankannya

untuk dunia entertaimen
seperti 3d,animasi,game artist
yg merajai masih LUA scripting,sama python


semoga yg lain mau sharing juga
Harus dikuasai itu berarti semua? Ngga juga aha, cukup salah satu atau salah 2 aja untuk nyari duit emoticon-Big Grin
Wah, ane di kuliah diajarin java dari semester 1 sampe 4, tapi malah ane tertarik sama PHP..
Kayaknya bakal pindah hati lagi aja ke Java kalo gitu, emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Thanks gan infonya.. emoticon-Kiss (S)
Saya cuma bisa Java emoticon-Berduka (S)
ane gak bisa semuanya gan emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By mebiso


1. Java


2. Bahasa C


3. C++


4. C#


5. Objective-C


6. PHP


7. Phyton


8. Ruby


9. Javascript


10. SQL


Spoiler for link:


Sementara Fokus Ke Java Sama C Dulu Dah Gan, Belum Tahan Kalo Semua
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Gendeng aja harus bisa itu semua emoticon-Ngakak
1 aja cukup, asal expert emoticon-Cool
Quote:Original Posted By mebiso


1. Java



Jadi pengen nyoba belajar java lagi meskipun dari dulu ga bisa bisa emoticon-Berduka (S)
Wahh, pengen belajar java ahh,
Selama ini baru bisa PHP aja
emoticon-Mewek
ahhh... jd kangen pengen belajar programming lg...
thx gan buat info nya...skrg jd ada planning dh mw mulai drmna....

nice thread gan...emoticon-2 Jempol
harus ya gan?
bisa meledak ni kepala klo melajarin kesepuluhnya langsung, udah 2014 e
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Nice info.. emoticon-thumbsup

lagi belajar java n ruby emoticon-Malu (S)
ane malah baru kenalan sama java gan emoticon-Big Grin
wadoh dari 10 bahasa yg harus di kuasai, ane baru no 1, itu juga masih jauh dari menguasai gan emoticon-Berduka (S)

lagi lanjut dotnet, tp yg masuk list cuma c# ? emoticon-Cape d... (S)
Pas banget gan, ane juga lagi belajar Ruby kwkwkwkwemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak