alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d8f8a6becb174b1b8b4905/iptek-mengapa-kalender-2014-dan-1997-sama-ini-alasannya
[IPTEK] Mengapa Kalender 2014 dan 1997 Sama? Ini Alasannya !
Quote:Belakangan ramai dibicarakan kemiripan antara kalender tahun 1997 dan 2014. Ambil contoh, tanggal 1 Januari pada tahun tersebut sama-sama jatuh pada hari Rabu. Sementara akhir tahun juga jatuh pada hari Rabu. Bulan Februari juga sama-sama mempunyai 28 hari.
Apa sebab kemiripan tersebut? Apakah hanya kebetulan atau memang ada latar belakang ilmiahnya, misalnya dari sisi astronomi?

Terkait hal itu, Profesor Riset Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin memberi penjelasan.

Thomas mengungkapkan, ada siklus dalam perjalanan waktu dari tahun ke tahun yang tak disadari sehingga terdapat kesamaan antara tahun 1997 dan 2014.

"Secara umum, selalu ada kesamaan setiap 28 tahun sekali," kata Thomas..

Jadi, kata Thomas, kalender tahun 2014 sama dengan kalender tahun 1986 dan akan sama dengan kalender tahun 2042.


Quote:Angka 28 tahun sendiri berasal dari perkalian antara 4, diperoleh dari tahun kabisat yang berlangsung 4 tahun sekali dengan 7, jumlah hari dalam seminggu.

Namun, dalam kurun waktu 28 tahun tersebut, terdapat juga kemiripan antara tahun yang satu dan yang lain. "Dalam waktu 28 tahun itu, ada kemiripan menurut pola 6-11-11-6," ungkap Thomas yang menekuni sistem kalender ini.

Berdasarkan pola tersebut, kalender tahun 2014 tidak hanya sama dengan tahun 1997, tetapi juga dengan tahun 2003. Ke depan, kalender tahun 2014 juga akan sama dengan kalender tahun 2025, 2031, serta tahun 2042.

Kesamaan tidak hanya dijumpai pada kalender Masehi, tetapi juga pada kalender Hijriah atau kalender Bulan. "Kalender Hijriah mempunyai pola siklus sekitar 33 tahun," kata Thomas.

Jadi, bila Idul Fitri tahun 2013 jatuh pada tanggal 8 Agustus, maka Idul Fitri 33 tahun berikutnya, yakni tahun 2046, juga akan jatuh pada tanggal yang sama.

Dosen astronomi Institut Teknologi Bandung, Hakim L Malasan, mengatakan bahwa siklus 28 tahunan merupakan konsekuensi dari sistem penanggalan Gregorian atau Masehi.

"Tidak ada dampak apa pun secara astronomis karena ini fenomena pengulangan biasa," ungkapnya.



Sumber : http://www.apakabardunia.com/2014/01...-sama-ini.html
emoticon-Matabelo sama percis

Spoiler for PER:
jadi begitu ya emoticon-Embarrassment
akhirnya aa penjelasan yang masuk akal..nice share
semoga kejadian di tahun '97 tidak terulang di
tahun 2014
gua pikir yang buat kalender sekarang seorang plagiat gan emoticon-Cape d... (S)
trus emang kalo sama kenapa sih emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By mtneo
semoga kejadian di tahun '97 tidak terulang di
tahun 2014


semoga terulang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By chocobreeze
trus emang kalo sama kenapa sih emoticon-Cape deeehh


kalo sama ente harus cebokin ane emoticon-Big Grin

emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
hmmmm nice inpoh gan emoticon-Big Grin
ini pengetahuan baru nih
Oooh gitu gan.. ane baru tau nih.. Soalnya dah rame Broadcast di BBM gitu gan.. ane juga g ngerti penjelasannya.. Tq gan.. inpohnya muantaaab
Quote:Original Posted By mtneo
semoga kejadian di tahun '97 tidak terulang di
tahun 2014


emang ada apa di 1997 gan ? Kris Mon ?
udah ini sekarang... emoticon-Big Grin
waww... emoticon-Matabelo
Wah emang bener2 mirip yah emoticon-Matabelo
Cuman libur nya aja yg beda emoticon-Embarrassment
wew ane lahir 97 gan sampe sekarang blon tau hari apa ane lahir sekarang ane tau gan karna kesamaan kalender 2014 sama kalender 97 emoticon-Matabelo
ya karena semua kalender itu berputar2 y gan
wow...

ISTIMEWA emoticon-Matabelo
ohh gitu baru tau ane...nice info gan
kok 6-11-11-6??? kirain 6-11-6-5... 6-11-6-5... apa di antara 6 dan 5 ada nyang kena kabisat??? berarti 6-11-11...