alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d8cc22fdca173a208b4673/hot-penjelasan-mengenai-bahaya-aspartam
Peringatan! 
HOT! Penjelasan Mengenai Bahaya Aspartam
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)



HOT! Penjelasan Mengenai Bahaya Aspartam
Banyak yang khawatir akan bahaya Aspartam.

Salah satunya melalui berita broadcast BBM (BlackBerry Messenger), artikel di internet dan media massa. Kekhawatiran tersebut diperparah dengan berbagai macam penyakit yang ditimbulan akibat mengkonsumsi Aspartam mulai dari penyakit diabetes, kanker, bayi yang dilahirkan cacat, epilepsi, sakit kepala, migrain, vertigo, masalah perilaku (Behavioral Problems), sesak Nafas, ganggual seksual, alergi, dan masih banyak lagi.

Gosip-gosip tidak benar mengenai bahaya Aspartam kian menjamur di masyarakat. Apakah benar aspartam adalah zat kimia beracun yg mematikan? Kalau benar, penjelasannya apa? Kalau tidak bagaimana asal muasal mitos ini? Padahal di seluruh dunia saat ini, lebih dari 150 juta orang mengkonsumsi aspartam setiap harinya, yg ada pada lebih dari 6.000 produk makanan.

Karena kita hidup di jaman yang serba modern dan dengan kemudahan mendapatkan informasi ini kita sangat mudah sekali terjerumus dalam gosip yang tidak benar. Dan sekali lagi, manusia merupakan makhluk yang mudah sekali di kompor-kompori emoticon-Peace

Daripada agan hidup dalam kekhawatiran akibat gosip bahaya Aspartam tersebut, disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai bahaya Aspartam



Quote:Belakangan ini muncul isu-isu mengenai aspartame, seperti aspartame dapat mengakibatkan efek samping mulai dari pusing, tumor, atau limpoma, dimana isu tersebut merupakan hoax.

Aspartam merupakan salah satu pemanis, yang merupakan golongan protein (asam amino fenilalanin & asam aspartat). Asam amino ini secara alami juga terdapat dalam makanan yang mengandung protein, seperti daging, ikan, ayam, biji bijian dan produk susu. Aspartam aman dan telah banyak dibuktikan melalui lebih dari 200 studi ilmiah. Penggunaan aspartame pada produk pangan pun telah disetujui oleh Regulatory Authorities di lebih dari 100 negara di dunia termasuk Indonesia (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), FDA, The Center For Disease Control, The European Commision’s scientific Committee on Foods dan ahli-ahli dari United Nation of Food and Agriculture Organization dan WHO.

Aspartame telah beberapa kali dijadikan issue oleh inidvidu yang tidak bertanggung jawab, dengan membawa nama Badan dan organisasi. Adapun issue ini sudah diklarifikasi dan dinyatakan aman oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).



Quote:Apakah itu Aspartam?

Aspartam merupakan pemanis sintetis non-karbohidrat, aspartyl-phenylalanine-1-methyl ester, atau merupakan bentuk metil ester dari dipeptida dua asam amino yaitu asam amino asam aspartat dan asam amino essensial fenilalanina.

Aspartam dijual dengan nama dagang komersial seperti Equal, Nutrasweet dan Canderel dan telah digunakan di hampir 6.000 produk makanan dan minuman di seluruh dunia. Terutama digunakan di minuman soda dan permen.


Nama kimia: N-(L-α-Aspartyl)-L-phenylalanine, 1-methyl ester
Nama lain: NutraSweet, Canderel, Equal
Rumus Kimia: C14H18N2O5
Massa Molekul: 294.301 g/mol
CAS number: [22839-47-0]
Titik Lebur: 246-247 °C
Titik didih: Terurai



HOT! Penjelasan Mengenai Bahaya Aspartam
HOT! Penjelasan Mengenai Bahaya Aspartam
HOT! Penjelasan Mengenai Bahaya Aspartam
HOT! Penjelasan Mengenai Bahaya Aspartam



Quote:Sejarah penemuan

Ditemukan pada tahun 1965 oleh James Schslatte pada tahun 1965 sebagai hasil percobaan yang gagal. Aspartam merupakan dipeptida yang dibuat dari hasil penggabungan asam aspartat dan fenilalanina. Khusus asam aspartat, ia juga merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penghantar atau neurotransmitter yang memacu eksitasi pada ujung sinaps saraf otak.



Quote:Sertifikasi kelayakan

Tahun 1981 aspartam mendapat persetujuan dari FDA untuk digunakan pada beberapa jenis makanan. Untuk mendapat persetujuan ini, tentu banyak penelitian ilmiah yang harus ditinjau terlebih dahulu. Setelah dinyatakan aman untuk dikonsumsi, barulah FDA mau menyetujuinya. FDA telah melakukan evaluasi terhadap pemakaian aspartam dalam makanan dan minuman sebanyak 26 kali sejak pertama kali menyetujui penggunaannya. Dan dari bukti-bukti ilmiah yang ada, maka sejak tahun 1996 FDA menyetujui penggunaan aspartam sebagai pemanis buatan yang dapat digunakan dalam semua makanan dan minuman.

Saat ini aspartam telah ada dalam berbagai bentuk, seperti cair, granular, enkapsulasi dan juga tepung. Dengan demikian, aspartam dapat digunakan dalam berbagai bentuk dan jenis makanan maupun minuman. Bentuk enkapsulasi bersifat tahan panas sehingga dapat digunakan untuk produk-produk yang memerlukan suhu tinggi dalam pembuatannya.

Setelah persetujuan diperoleh, bukan berarti tidak ada lagi penelitian lain yang dilakukan. Lebih dari 100 penelitian telah dilakukan sejak tahun 1981, dan sampai saat ini, FDA tidak mengubah pendapatnya. Aspartam kini telah disetujui penggunaannya di lebih dari 100 negara termasuk Indonesia.



Quote:Sifat dan kegunaan

Kepala Laboratorium Biokimia Pangan dan Gizi IPB Prof.Dr.ir. Made Astawan MS mengatakan aspartam merupakan pemanis rendah kalori dengan kemanisan 200 kali kemanisan gula (sukrosa), sehingga untuk mencapai titik kemanisan yang sama diperlukan aspartam kurang dari satu persen sukrosa. Seperti banyak peptida lainnya, kandungan energi aspartam sangat rendah yaitu sekitar 4 kCal (17 kJ) per gram untuk menghasilkan rasa manis sehingga kontribusi kalorinya bisa diabaikan sehingga menyebabkan aspartam sangat populer untuk menghindari kalori dari gula.


Keunggulan aspartam yaitu mempunyai energi yang sangat rendah, mempunyai cita rasa manis mirip gula, tanpa rasa pahit, tidak merusak gigi, menguatkan cita rasa buah-buahan pada makanan dan minuman, dapat digunakan sebagai pemanis pada makanan atau minuman pada penderita diabetes.


Quote:Metabolisme

Di antara semua pemanis tidak berkalori, hanya aspartam yang mengalami metabolisme. Tetapi proses pencernaan aspartam juga seperti proses pencernaan protein lain. Aspartam akan dipecah menjadi komponen dasar, dan baik aspartam maupun komponen dasarnya tidak akan terakumulasi dalam tubuh.

Dalam keadaan normal, fenilalanina diubah menjadi tirosina dan dibuang dari tubuh. Gangguan dalam proses ini (penyakitnya disebut fenilketonuria atau fenilalaninemia atau fenilpiruvat oligofrenia, disingkat PKU) menyebabkan fenilalanina tertimbun dalam darah dan dapat meracuni otak serta menyebabkan keterbelakangan mental. Penyakit ini diwariskan secara genetik, tubuh tidak mampu menghasilkan enzim pengolah asam amino fenilalanina, sehingga menyebabkan kadar fenilalanina yang tinggi di dalam darah, yang berbahaya bagi tubuh.

Kedua jenis asam amino ini secara alamiah terkandung dalam berbagai makanan berprotein seperti daging, biji-bijian dan juga produk-produk susu. Namun aspartam dapat dibuat secara sintetis di laboratorium.



Quote:Keamanan

Aspartam telah dinyatakan aman digunakan baik untuk penderita kencing manis, wanita hamil, wanita menyusui bahkan anak-anak. Pengecualiannya hanya satu, penderita fenilketonuria. Menurut US Food and Drug Administration (FDA), The Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA), Americam Medical association (AMA), The American Council On Sience and Health (ACSH) aspartam merupakan bahan makanan yang aman bagi kesehatan, hanya berpengaruh pada rasa manis.

Penelitian yang menggunakan aspartam secara bolus sebesar 34 mg/kg berat badan memperlihatkan bahwa walaupun hasil metabolisme aspartam dapat melewati sawar darah plasenta, jumlahnya tidak bermakna untuk sampai dapat menimbulkan gangguan saraf pada janin. Penelitian besar yang dilakukan terhadap manusia, bukan hewan tikus menjelaskan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa minuman soda yang mengandung pemanis aspartam dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Aspartam dapat diurai oleh tubuh menjadi kedua asam amino tersebut dan termasuk pemanis nutritif. Hanya, aspartam tidak tahan suhu tinggi, karena pada suhu tinggi aspartam terurai menjadi senyawa yang disebut diketopiperazin yang meskipun tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi tidak lagi manis. Karena itu, aspartam tidak dipakai dalam produk pembuat kue dan dipakai hanya untuk minuman, es krim, dan yoghurt. Jika dicerna secara normal oleh tubuh, aspartam akan menghasilkan asam aspartat dan fenilalanina. Dengan demikian, aman untuk dikonsumsi.

Fenilketonuria adalah penyakit di mana penderita tidak dapat memetabolisme fenilalanina secara baik karena tubuh tidak mempunyai enzim yang mengoksida fenilalanina menjadi tirosina dan bisa terjadi kerusakan pada otak anak. Dan karena itu perlu untuk mengontrol asupan fenilalanina yang didapatnya. Penyakit ini tidak pernah ditemukan di Indonesia, tetapi pada orang kulit putih, itupun kejadiannya hanya satu per 15.000 orang. Bukan hanya aspartam, tapi juga segala macam makanan yang mengandung fenilalanina termasuk nasi, daging dan produk susu. Karena itu, pada setiap produk yang mengandung aspartam ada tanda peringatan untuk penderita fenilketonuria bahwa produk yang dikonsumsi tersebut mengandung fenilalanina.

Untuk meningkatkan faktor keamanan dalam penggunaannya, FDA pun memberikan batas-batas pemakaian yang dianjurkan. Istilah yang dipakai adalah Acceptable Daily Intake (ADI) yang berarti asupan harian yang diperbolehkan. Ukuran yang dipergunakan adalah jumlah pemanis per kilogram berat badan per hari yang dapat dikonsumsi secara aman sepanjang hidupnya tanpa menimbulkan risiko. ADI adalah tingkat yang konservatif, yang umumnya menggambarkan jumlah 100 kali lebih kecil dibandingkan tingkat maksimal yang tidak memperlihatkan efek samping dalam penelitian binatang. ADI untuk aspartam adalah 40 mg/kg berat badan.


Quote:Ember





Quote:PRESS RELEASE
BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA
TENTANG
BANTAHAN ATAS BERITA TERKAIT DENGAN KEAMANAN ASPARTAM
Nomor: KH.00.01.1.0800
Jakarta, 12 Februari 2010


Sehubungan dengan maraknya berita terkait dengan bahaya penggunaan Aspartam, Badan POM memandang perlu memberi penjelasan sebagai berikut:

1. Sehubungan dengan adanya berita yang menyebar melalui pesan singkat/sms (short message service) mengenai bahaya penggunaan Aspartam yang disebutkan bersumber dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan ini diberitahukan bahwa sesuai dengan informasi dari Sekretaris Eksekutif � IDI bahwa IDI tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang hal tersebut.
2. Aspartam dikategorikan aman berdasarkan Keputusan Codex stan 192-1995 Rev. 10 Tahun 2009. Codex Alimentarius Commision (CAC) adalah Lembaga Internasional yang ditetapkan FAO/WHO untuk melindungi kesehatan konsumen dan menjamin terjadinya perdagangan yang jujur.
3. Dalam pengaturan Codex disebutkan bahwa Aspartam dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman antara lain minuman berbasis susu, permen, makanan dan minuman ringan.
4. Penggunaan Aspartam dalam makanan dan minuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dapat digunakan dengan batas maksimum penggunaannya masing-masing.
5. Dihimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau email ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau Layanan Informasi Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.


Demikian penjelasan ini kami sampaikan untuk dapat diketahui sebagaimana mestinya.

Quote:Ember


IARC juga memasukkan Aspartam dalam golongan zat non karsinogenik, aman dalam dosis terukur gan. Prinsipnya jangan terlalu banyak mengkonsumsi. Menurut FDA, asupan harian yang aman untuk Aspartam sampai 50mg/ kg berat badan/hari. Untuk orang dengan berat 75kg itu setara dengan 20 kaleng diet-coke!. Memang benar kita perlu waspada minuman diet terutama yang bersoda, sodanya lah yang perlu perhatian lebih besar ketimbang aspartamnya. Kuncinya adalah pada dosis, air pun kalau diminum 8 liter/ hari bisa mengakibatkan kematian.


Nah, gimana gan setelah baca penjelasan tentang Aspartam? Semoga ini bisa mengurangi rasa khawatir agan mengenai produk yang bernama Aspartam.


So, sudah tercerahkan dan tercerdaskan berkat trit ane? Jangan main kabur aja tapi emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Blue Guy Cendol (L) dulu dong emoticon-Malu




Best comments
Quote:Quote:Original Posted By Koedoes
setuju gan...sekarang banyak hoax yang tersebar ngomong soal aspartam...selama asupannya sesuai aturan dan tidak melebihi dosis pakai aspartam aman dikonsumsi..
Pertamaxxx ane amankan dari junker, penjual obat peninggi badan, penjual jersey emoticon-Malu (S)
walaupun aman asal ga berlebihan

imho
Quote:Original Posted By Vandisk
walaupun aman asal ga berlebihan

imho


ga dibaca ya gan artikel ane? emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By cyberief


ga dibaca ya gan artikel ane? emoticon-Malu (S)


lah emang aman kok
makan nasi aja kalo berlebihan ga baik
ediit edit kalo berlebihan baru berbahaya ya? emoticon-Bingung (S)
menurut ane tetap ga baik gan klo kebanyakan... emoticon-Ngakak
kirain nama obat gan..... ane baca dolo gan sambil nguras sumur...
Quote:Original Posted By Vandisk


lah emang aman kok
makan nasi aja kalo berlebihan ga baik


iya gan. kan sudah saya jelaskan tadi emoticon-Big Grin
jangankan makan nasi, minum air putih kebanyakan aja bisa mati emoticon-Berduka (S)
Wow .. Ane nyomak aja gan.. Gak tau menau..
Quote:Original Posted By scorpinoxx
menurut ane tetap ga baik gan klo kebanyakan... emoticon-Ngakak


Quote:Menurut FDA, asupan harian yang aman untuk Aspartam sampai 50mg/ kg berat badan/hari. Untuk orang dengan berat 75kg itu setara dengan 20 kaleng diet-coke!.

agan kuat kagak minum diet coke 20 kaleng per hari? itu masih termasuk dalam kategori aman loh emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By adeoctln01
ediit edit kalo berlebihan baru berbahaya ya? emoticon-Bingung (S)


segala sesuatu yg berlebihan ga bagus sis emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By geil17
Wow .. Ane nyomak aja gan.. Gak tau menau..


membaca gan, agar tahu menahu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Vandisk
walaupun aman asal ga berlebihan

imho


setuju 'gan..
segala sesuatu yang berlebihan 'ga baik ujungnya..emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By modex.cs


setuju 'gan..
segala sesuatu yang berlebihan 'ga baik ujungnya..emoticon-Malu (S)


pastinya emoticon-Sundul Gan (S)
setuju gan...sekarang banyak hoax yang tersebar ngomong soal aspartam...selama asupannya sesuai aturan dan tidak melebihi dosis pakai aspartam aman dikonsumsi..
Quote:Original Posted By Koedoes
setuju gan...sekarang banyak hoax yang tersebar ngomong soal aspartam...selama asupannya sesuai aturan dan tidak melebihi dosis pakai aspartam aman dikonsumsi..


komen terbaik sejauh ini emoticon-thumbsup
Buatan manusia memang gak sempurna!
semua yang berlebihan memang membahayakan,bahkan untuk hal2 yang aman sekalipun
Quote:Original Posted By tewienka
semua yang berlebihan memang membahayakan,bahkan untuk hal2 yang aman sekalipun


perlu digaris bawahi kalimat: bahkan untuk hal2 yang aman sekalipun emoticon-Big Grin