alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d754ce0d8b4684278b478c/9-manfaat-berpuasa-sekali-dalam-seminggu
9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu
Permisi Juragan...
Newbie numpak belajar bikin lapak nih
mudah-mudahan ga emoticon-Blue Repost
kalo ada yang kurang berkenan / salah-2 mohon bimbingannya ya gan
emoticon-Salaman emoticon-Shakehand2

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Kebanyakan orang di seluruh dunia melakukan puasa sebagai salah satu kewajiban mereka terhadap keyakinan yang mereka anut. Di lain sisi, ada juga yang berpuasa untuk menurunkan berat badan. Namun jarang sekali orang yang mengetahui bahwa puasa juga bisa menyehatkan tubuh mereka.

Ada banyak manfaat kesehatan yang didapatkan oleh seseorang dengan melakukan puasa setidaknya sekali dalam seminggu. Berikut adalah beberapa manfaat dari berpuasa yang bisa dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Menghilangkan racun dalam tubuh

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Setiap kali berpuasa, tubuh akan menggelontor racun yang ada dalam tubuh untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jika Anda memiliki kegemaran mengonsumsi makanan olahan atau junk food, berpuasa adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir racun dalam makanan-makanan tersebut agar keluar dari tubuh Anda.

2. Membongkar lemak

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Ketika berpuasa, tubuh tak mendapat tambahan makanan yang diperlukan untuk memproduksi energi. Karena itu, tubuh kemudian akan membakar glukosa yang masih tersisa di dalam untuk menghasilkan energi. Tak hanya glukosa, tubuh juga akan membakar lemak yang tersimpan dalam jaringan otot. Jika Anda termasuk orang yang kelebihan berat badan, berpuasa bisa sangat bermanfaat dan menguntungkan karena proses ini akan menghilangkan lemak tak sehat dalam tubuh.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Salah satu manfaat kesehatan berpuasa sekali seminggu adalah kuatnya sistem kekebalan. Satu hal lagi yang bisa membuat kekebalan tubuh semakin kuat adalah berbuka puasa dengan buah. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah bisa dikonsumsi oleh tubuh untuk memperkuat sistem imun saat berbuka puasa.

4. Mengontrol gula darah

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Berpuasa sekali seminggu juga membantu Anda mengontrol tingkat gula dalam darah. Berpuasa akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk memproses glukosa dan memproduksi energi. Hasilnya, jumlah insulin yang diproduksi tubuh akan berkurang dan menurunkan tingkat gula dalam darah.


5. Menurunkan tekanan darah


9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Jika Anda termasuk orang yang memiliki hipertensi, berpuasa seminggu sekali bisa membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah. Ini adalah salah satu manfaat berpuasa, yaitu membuat tubuh menurunkan produksi hormon seperti adrenaline yang? menyebabkan lonjakan tekanan darah.

6. Menenangkan sistem pencernaan

Bicara tentang puasa, tentunya berkaitan dengan sistem pencernaan. Meski berpuasa membuat lapar, namun ternyata berpuasa memberikan efek yang positif pada sistem pencernaan. Ketika berpuasa, organ yang berfungsi untuk mencerna bisa beristirahat dan mengurangi produksi cairan yang digunakan untuk memecah makanan. Setelah setiap hari digunakan untuk mencerna makanan, tentunya organ pencernaan perlu sesekali beristirahat.

7. Memperbaiki kebiasaan makan

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Dengan berpuasa secara teratur, orang bisa mengontrol makanan apa yang mereka konsumsi. Hasilnya, kebiasaan makan mereka akan semakin baik dan mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan. Namun tentunya Anda harus memastikan mengonsumsi makanan yang juga sehat saat berbuka puasa.

8. Menahan nafsu makan

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Kebanyakan orang menjadi kelebihan berat badan karena tak bisa mengontrol nafsu makan mereka. Jika Anda termasuk orang yang mudah tergoda untuk memakan junk food, makanan olahan, serta makan camilan yang tak sehat, puasa adalah salah satu jalan keluar yang bisa Anda lakukan. Dengan berpuasa, Anda akan belajar untuk mengontrol nafsu makan, terutama untuk makanan yang tak sehat.

9. Mempercepat proses penyembuhan

9 Manfaat berpuasa sekali dalam seminggu

Salah satu manfaat besar yang akan Anda dapatkan dengan berpuasa adalah proses penyembuhan yang lebih cepat. Ketika berpuasa tubuh bekerja lebih efektif untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan mencegah pertumbuhan tumor yang tak diinginkan. Dengan begitu, berpuasa bisa membantu tubuh untuk sembuh lebih cepat dari penyakit.

Itulah beberapa manfaat berpuasa sekali seminggu untuk kesehatan. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir untuk mulai berpuasa setidaknya sekali seminggu. Namun jika Anda memiliki beberapa penyakit atau keadaan kesehatan yang serius, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai berpuasa.

semoga bermanfaat gan emoticon-Kiss
kalo berkenan boleh minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan
tapi jangan di sambit emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan
jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star ya gan
terima kasih banyak
emoticon-I Love Indonesia
pertamax di amankan seaman2nya gan,....

tambah 1 lagi gan, bisa hemat uang jajan/rokok gan...... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wachid01
pertamax di amankan seaman2nya gan,....

tambah 1 lagi gan, bisa hemat uang jajan/rokok gan...... emoticon-Ngakak


betul banget gan...jadi hemat emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Mantab gan infonya...
Ane mau coba susah gan emoticon-Frown
Gak kuat nahan yang seger2 emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By fun27
Mantab gan infonya...
Ane mau coba susah gan emoticon-Frown
Gak kuat nahan yang seger2 emoticon-Hammer


iya itu godaan gan harus ditahan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
nice thread masgan
emoticon-Salaman
bener gan... setuju dah..
saran ane klo yg muslim skalian aja sein-kamis gan..lebih banyak manfaat nya
Quote:Original Posted By dee.eel
bener gan... setuju dah..
saran ane klo yg muslim skalian aja sein-kamis gan..lebih banyak manfaat nya


iya bener gan...selain badan sehat yang muslim dapet pahala besar juga gan
emoticon-Angel
Nice trit & info gan . . . emoticon-Jempol

Alhamdulillah ane juga udah biasain puasa senin & kamis tiap minggu-nya . . .
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Walaupun emang kadang lemes banget rasanya, tapi bisa bikin fresh . . .
nice info gan emoticon-2 Jempol
emng gan bermanfaat banget puasa sunah kalo dalem islam gan,sering dnger artikel juga ttng puasa banyak manfaatnya
Quote:Original Posted By jrmania
Nice trit & info gan . . . emoticon-Jempol

Alhamdulillah ane juga udah biasain puasa senin & kamis tiap minggu-nya . . .
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Walaupun emang kadang lemes banget rasanya, tapi bisa bikin fresh . . .

iya gan...badan lemes tapi semangat harus tetap ada emoticon-Peluk
Quote:Original Posted By gufranraditya
emng gan bermanfaat banget puasa sunah kalo dalem islam gan,sering dnger artikel juga ttng puasa banyak manfaatnya

iya gan...ternyata banyak banget manfaatnya berpuasa emoticon-Peluk
nice info gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By .bandung.
nice info gan emoticon-Matabelo

thanks a lot masgan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Nice inpoh gan... emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By mrbrightsid3
Nice inpoh gan... emoticon-2 Jempol

makasih gan emoticon-Toast
mantab gan
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
kebetulan ane juga lg terapin.. kolesterol udh naik.. selain itu dari sisi daleman bisa buat jaga hawa nafsu
Selain sehat juga ngirit, apalagi untuk anak kost..
puasa juga bisa mencegah banyak penyakit, salah satunya diabetes
BIsa juga buat nurunin berat badan
Alhamdulillah masih bisa konsekuen puasa senin kamis sampai sekarang, kecuali kalau kondisi lagi ngedrop alias sakit