alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d6afe441cb1791648b4985/nanya-soal-donor-sum-sum-tulang-belakang
==>Nanya soal donor sum-sum tulang belakang<==
Gan, sis, ane mau nanya nih, sebelumnya curhat dikit boleh ya.

Ibu ane kan udah 5 bulan ini selalu nambah darah melulu, posisi ibu ada di jogja, awalnya ane kira cuma kurang darah tp kok malah tiap bulan pasti nambah, padahal waktu masih di jambi malah sering darah tinggi.

tensi darahnya sih normal tp kata dokter sel darah merahnya yang kurang, kata dokter kadar sel darah merah dalam tubuh itu 13 apa gitu ane lupa tp kadar sel darah merah ibu ane turun sampe 3 (ini yg paling rendah selama 5 bulan ini), minum vitamin udah, buah buahan, obat herbal, sayuran yang banyak mengandung zat besi juga udah tp tetep aja ga bisa nambah selain harus nambah darah.

hasil googling sama nanya2 ke temen sih bisa sembuh kalo anaknya donorkan sum-sum tulang buat merangasang sum-sum tulang ibu ane agar bisa memproduksi sel darah merah lagi, itupun belum tentu berhasil, nah ane kan jauh dari rumah kerja di riau trus ane nyuruh adek buat nanya ke dokter katanya memang bisa donor sum-sum tulang belakang, tp tuh dokter ga mau ngasih tau dampak dari pendonor sama yang didonor gan.

disini ane mau nanya ada ga cara lain buat nyembuhin ibu ane gan?? atau kasih tau lah dampaknya setelah proses donor, ane udah ga kuat lihat kondisi ibu ane yang makin lama makin kurus.

segitu aja gan, mohon jawaban dari sesepuh disini, maaf kalo thread nya berantakan, lewat hp soalnya, makasih.
ga ada yg tau ya
Sblmnya mo ngoreksi dulu gan...itu yg katanya kadar sel darah merah turun smp 3 mgkn mksdnya kadar Hemoglobin (Hb) dlm darah, bukan kadar sel darah merah.
Kalo Hb rendah/di bawah nilai normal itu disebut menderita Anemia. Nah penyebab anemia itu bermacam2 gan. Itu yg hrs dicari tau dokter di jogja. Ga serta merta hrs donor sumsum tulang. Itu biasanya sdh kasus yg berat.

Ane rasa utk setingkat Jogja pasti banyak dokter2 spesialis yg ahli di bidangnya. Sebaiknya ibu agan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam (internis), jgn ke dokter umum. Biasanya akan dicek lengkap darahnya & fungsi2 tubuh yg lain terkait gejala anemianya. Baru bs disimpulkan penyebab anemianya & terapinya apa.

Begitu gan..Mgkn bs sdkt membantu meluruskan kebingungan agan & smoga ibunya cepet sembuh..emoticon-Shakehand2

Mgkn agan2 di bawah ane ada yg bs nambahin / koreksi kalo ane salah..emoticon-cystg
Quote:Original Posted By mindful
Sblmnya mo ngoreksi dulu gan...itu yg katanya kadar sel darah merah turun smp 3 mgkn mksdnya kadar Hemoglobin (Hb) dlm darah, bukan kadar sel darah merah.
Kalo Hb rendah/di bawah nilai normal itu disebut menderita Anemia. Nah penyebab anemia itu bermacam2 gan. Itu yg hrs dicari tau dokter di jogja. Ga serta merta hrs donor sumsum tulang. Itu biasanya sdh kasus yg berat.

Ane rasa utk setingkat Jogja pasti banyak dokter2 spesialis yg ahli di bidangnya. Sebaiknya ibu agan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam (internis), jgn ke dokter umum. Biasanya akan dicek lengkap darahnya & fungsi2 tubuh yg lain terkait gejala anemianya. Baru bs disimpulkan penyebab anemianya & terapinya apa.

Begitu gan..Mgkn bs sdkt membantu meluruskan kebingungan agan & smoga ibunya cepet sembuh..emoticon-Shakehand2

Mgkn agan2 di bawah ane ada yg bs nambahin / koreksi kalo ane salah..emoticon-cystg


Baru ketahuan nih gan kata dokter kena melodyplastic/preleukimia, itu apa ya gan ane cari gi google kok semacam kanker darah gitu?