alexa-tracking

Potret Mengejutkan Pabrik Babi Kloning di China

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d6815820cb17ca708b460e/potret-mengejutkan-pabrik-babi-kloning-di-china
Potret Mengejutkan Pabrik Babi Kloning di China
gan ane baru belajar bikin Thread nih gan, maaf ya nggak rapih. Semoga bermanfaat.

Spoiler for Gambar:


KOMPAS.com — Telepon seluler, mainan anak-anak, pakaian imitasi, hingga baut pada kendaraan, semua diproduksi massal di China. Kini, bukan hanya barang yang dihasilkan negara itu, melainkan juga babi kloning secara massal.

Massifnya produksi babi kloning di China tergambar dalam laporan BBC, Selasa (14/1/2014), tentang sebuah firma genetik di Shzenchen, bernama "BGI".

Jurnalis sains BBC, David Shukman, mengunjungi dan berbincang dengan pimpinan firma genetik yang kini menjadi yang terbesar di dunia, mengalahkan firma genetik Eropa dan Amerika Serikat.

Dalam laporannya, Shukman menyatakan bahwa firma genetik itu sebenarnya menggunakan teknologi kloning yang sudah dikenal. Namun, seperti yang umumnya diketahui publik tentang China, aplikasi massal dari teknologi kloning itu luar biasa.

Sebuah kandang di fasilitas kloning pada perusahaan yang sebelumnya disebut Beijing Genetics Institute itu berisi 90 babi. Semua babi membawa embrio hasil kloning. Bahkan, beberapa induk babi itu sudah merupakan hasil kloning.

Babi kloning yang dihasilkan oleh firma genetik ini terbilang mengejutkan. Setiap tahun, ada 500 babi kloning yang diproduksi. Sains benar-benar menjadi industri di China.

Seperti yang juga dilakukan China pada produk elektronik serta barang lain, produksi babi kloning juga dilakukan dengan cara serta fasilitas relatif sederhana dan melibatkan sumber daya manusia yang banyak.

Di sebelah kandang berisi induk babi, seperti dilaporkan Shukman, terdapat ruang operasi, tempat induk babi berbaring dalam kondisi sudah dibius. Tabung oksigen dipasang di moncong induk babi itu, sementara plastik biru menutupi bagian kakinya.

Seorang teknisi dijumpai tengah melakukan prosedur implantasi embrio. Ia memegang perlengkapan serat optik untuk mengetahui lokasi kandungan induk babi. Ada bakal bayi di dalam tabung yang selanjutnya akan melalui proses implantasi.

Bakal bayi itu ada pada fase blastosis, merupakan fase lebih lanjut setelah zigot atau persatuan sperma dan sel telur berkembang. Semula, bakal bayi itu disimpan di kulkas.

Jangan bayangkan ruang operasi itu bersih dan steril. Ruangan itu bahkan tak berpendingin. Lalat beterbangan hingga di atas kepala induk babi yang tengah dioperasi.

Berdasarkan laporan BBC, firma itu melakukan dua kali implantasi dalam sehari dengan tingkat kesuksesan sebesar 70-80 persen.

Di ruangan lain, babi hasil kloning berada di dekat induknya. Ada lampu yang menjaga ruangan tetap hangat. Ada bayi dari induk yang juga merupakan hasil kloning. Banyak dari bayi babi yang sudah merupakan hasil rekayasa genetika.

Tujuan menghasilkan banyak babi kloning itu adalah mendukung riset kedokteran. Babi punya kedekatan genetik dengan manusia sehingga bisa dijadikan "model". Babi bisa dimodifikasi untuk membantu riset.

Beberapa babi, misalnya, gen pertumbuhannya telah dihilangkan sehingga berhenti tumbuh pada usia setahun. Babi lain telah dimodifikasi sehingga rentan pada Alzheimer.

Di laboratorium firma itu, banyak teknisi berderet duduk dengan mikroskop di depannya. BGI mengganti mesin dengan manusia, membuat kloning di firma itu disebut "handmade cloning".

Dr Yotao Du, ilmuwan yang sedang bertugas, mengatakan, "Kami bisa melakukan kloning dalam skala besar. Sebanyak 30-50 orang melakukan kloning sehingga kami bisa membuat pabrik kloning di sini."

Dengan kapasitas BGI, firma itu menjadi pabrik kloning babi terbesar di dunia. Di dalamnya, mesin gene sequencer bekerja 24 jam untuk mengurai kode kehidupan.

Sebagai gambaran betapa besarnya BGI, Wellcome Trust Sanger yang berada di Cambridge memiliki 30 mesin gene sequencer. Sementara itu, BGI memiliki 156 mesin.

Proyek kloning babi sendiri bukan satu-satunya pekerjaan BGI. Firma itu juga mengurai gen sejumlah makhluk hidup, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga manusia.

Saat ini, Inggris punya ambisi untuk mengurai genom dari 1.000 manusia. Sementara itu, BGI berambisi untuk mengurai genom jutaan manusia.

Wang Jun, Chief Executive dari BGI, mengatakan bahwa upaya perusahaannya sejalan dengan kebutuhan kesehatan dan makanan yang lebih enak.

Di kantin perusahaan itu, beragam produk hasil lab diujicobakan, mulai dari kerapu yang ukurannya dua kali di atas normal, babi, hingga yoghurt.

Apa saja spesies yang diurai secara genetik oleh BGI? Jawabannya mengejutkan. Jun mengatakan, "Kalau rasanya enak, maka Anda harus mengurai gennya. Anda harus tahu, gen apa yang ada pada spesies itu."

Kategori kedua spesies yang harus diurai secara genetik adalah punya prospek secara industri, misalnya spesies itu bermanfaat bagi kesehatan.

"Kategori ketiga, jika spesies itu lucu. Semua yang lucu, seperti panda, beruang kutub, penguin, harus Anda urai. Ini seperti mendigitalisasi semua spesies yang mengagumkan," ujar Jun.

Jun membantah bahwa upayanya ini sudah melawan alam. Menurutnya, apa yang diupayakan BGI hanyalah mencoba memenuhi kebutuhan manusia saat ini, seperti suplai protein dan kesehatan.

BGI menggambarkan sisi lain China yang sedang tumbuh dan ambisius dalam teknologi. China sekarang punya robot di Bulan, punya superkomputer paling cepat di dunia, dan kini punya firma bioteknologi yang luar biasa.
Spoiler for Sumur:
no picture = HOAX

emoticon-Mad
jangankan babai, telor ayam aja ada KW-annya emoticon-Busa emoticon-Najis (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Yang penting pekiwan gan
Quote:

Cepat nih si agan,emoticon-Ngakak,gambarnya cuma gitu doang gan
image-url-apps
buset, ampe babi aja di kloning, kenapa juga ngga di ternakin aja gitu... perkembangannya cina gila banget
ijin pejwan emoticon-Ngacir2
image-url-apps
Bntar lagi manusia dkloning gan emoticon-Takut
image-url-apps
apa?? bayi di china di kloning?
image-url-apps
Kloningnya banyak amat sampe 500 emoticon-Matabelo
udah kayak manusia aja digituain
image-url-apps
Ckckck... parah bener, dah
Ampe 500 babi yang di kloning dan ga steril pula ruang operasinya emoticon-Takut
Quote:



iya gan, takutnya presiden juga kloningan gan emoticon-Ngakak
Kirain tuti aja yg punya klonengan, babi juga punya toh.. emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
busettt, china apa aja d bnyakin yah emoticon-Matabelo
image-url-apps
cikal bakal kloning manusia nihhhh,,,
image-url-apps
poto pabriknya mana gann? emoticon-Bingung
image-url-apps
china ambisius nyaingi eropa ang usa
doh negeri china mah gak ada abisnya 'berinovasi'

emoticon-Hammer
kalo dimakan jadi nya gmn tuh
×