alexa-tracking

.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52d65245f7ca171e2f8b4716/10-hewan-prasejarah-yang-sangat-unik
Cool 
.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.
SELAMAT SORE AGAN/SIST SEMUA

CUMA MAU SHARING PENGETAHUAN SEMOGA BERMANFAAT


Sebelum nya maaf kalau thread ane berantakan gan soalnya masih newbieemoticon-Malu (S)


Bukti No Repost gan emoticon-Blue Repost

Spoiler for No Repost:



10 HEWAN UNIK PADA JAMAN PRASEJARAH


1. Deinocheirus


Spoiler for Deinocheirus:



Satu-satunya fosil yang ditemukan dari Dinosaurus ini hanyalah sepasang lengan dan beberapa bagian tulang belakang. Kemungkinan Deinocheirus merupakan kerabat dari Ornithomimosaur, setidaknya itulah anggapan para ahli paleontologi.
Ia merupakan genus dari Dinosaurus Theropoda besar yang hidup pada periode Cretaceous akhir dan populasinya tersebar di selatan Mongolia. Lengannya mungkin terlalu panjang untuk tubuhnya dan cakar tangannya itu semakin mengindikasikan bahwa dirinya merupakan salah satu Dinosaurus yang mematikan.

Namun sebenarnya, kegunaan “senjata” tersebut masih banyak diperdebatkan. Beberapa peneliti mengatakan cakar itu digunakan sebagai alat utama untuk berburu.

Beberapa lainnya mengatakan cakar terlalu tumpul, sehingga hanya digunakan sebagai senjata defensif. Bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa Deinocheirus menggunakan lengannya yang besar untuk memanjat pohon, meskipun hipotesis ini secara luas diabaikan.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


2. Moropus


Spoiler for Moropus:



Ketika para ilmuwan menemukan fosil Moropus untuk pertama kalinya, mereka seakan sulit mempercayai bentuk morfologi dari makhluk yang satu ini. Hewan purba dengan bentuk kepala menyerupai kepala kuda ini benar-benar memiliki bentuk tubuh yang aneh.
Para Ilmuwan mendeskripsikannya sebagai “campuran” dari tiga binatang, yaitu Kuda, Jerapah kerdil, dan Beruang. Kepalanya yang mirip kuda serta badannya yang menyerupai badan seekor beruang dihubungkan oleh leher yang lumayan panjang bak leher jerapah kerdil.

Dengan kuku-kukunya yang panjang nan tajam, serta kemampuan berlari dengan baik tentunya ia memiliki pertahanan diri yang baik untuk menghindari ancaman para predator. Moropus hidup di wilayah Asia selatan dan barat sekitar 12.000 tahun lalu.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


3. Ambulocetus


Spoiler for Ambulocetus:



Inilah salah satu makhluk purba yang banyak diklaim para penganut Neo-Darwinisme sebagai bukti kuat periode transisi spesies makhluk laut ke darat. Ambulocetus, hewan purba dengan perawakan mirip campuran nenek moyang paus dan berang-berang hidup di wilayah yang kini disebut sebagai Pakistan modern sekitar 50 juta tahun lalu.
Panjang tubuh seekor Ambulotecetus dewasa diperkirakan sekitar 12 kaki. Bentuk kepalanya besar dengan rahang yang panjang. Gigi-gigi tajamnya didesain untuk menangkap dan mencengkram mangsanya. Didalam air, ia dapat bergerak dengan gesit berkat bantuan ekornya yang digunakan sebagai “motor” bagi tubuhnya.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


4. Lystrosaurus


Spoiler for Lystrosaurus:



Sebelum kemunculan Dinosaurus, kehidupan makhluk di Bumi pernah diramaikan oleh beberapa hewan aneh yang menyerupai reptil. Salah satunya ialah Lystrosaurus.Hewan purba yang cukup menarik karena bentuk tubuhnya yang aneh ini hidup di habitat berawa-rawa, namun ia juga tidak masalah jika harus terpaksa mendiami tempat-tempat yang tergolong kering. Lystrosaurus diperkirakan mendiami bumi sekitar 230 juta tahun yang lalu.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


5. Phorusrhacos


Spoiler for Phorusrhacos:



Sekitar 20 juta tahun yang lalu, Amerika selatan merupakan daratan yang memiliki begitu banyak variasi spesies burung dan mamalia. Salah satunya yang cukup terkenal ialah spesies burung karnivora bernama Phorusrhacos.
Ia adalah spesies burung yang tidak dapat terbang. Tinggi badannya bisa mencapai 10 kaki (3 meter). Meskipun tidak dapat terbang, mereka adalah pelari-pelari cepat. Ini menjadikan Phorusrhacos dapat dengan mudah untuk menangkap mangsanya.

Spesies Phorusrhacos diperkirakan eksis hingga 3 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan memperkirakan kepunahan Phorusrhacos disebabkan oleh munculnya beberapa predator lain yang bermigrasi dari Amrika Utara ke Selatan setelah keduanya dihubungkan oleh daratan Amerika tengah yang muncul ke daratan.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


6. Therizinosauridae


Spoiler for Therizinosauridae:



Therizinosauridae merupakan Dinosaurus dari keluarga Theropoda yang hidup pada akhir periode Cretaceous (99.6 – 65.5 juta tahun silam). Tidak seperti kebanyakan Theropoda yang merupakan karnivora, Therizinosauridae adalah herbivora (walaupun beberapa diantaranya diketahui sebagai omnivora).
Perlu digaris bawahi, Therizinosauridae merupakan nama dari suatu familia dalam klasifikasi ilmiah. Nama ini pertama kali digunakan oleh Evgeny Maleev pada tahun 1954 untuk memasukkan Therizinosaurus cheloniformis (Jenis Theropoda yang masih memiliki banyak teka-teki) kedalam suatu familia bersama dengan Segnosaurus dan Nothronychus.

Keluarga Therizinosauridae memiliki bentuk fisik yang eksentrik. Pada umumnya mereka berleher panjang dan memiliki bulu. Selain itu cakar-cakar mereka juga cukup besar, mungkin ada yang lebih dari satu meter panjangnya.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


7. Epidexipteryx


Spoiler for Epidexipteryx:



Epidexipteryx adalah genus Dinosaurus maniraptorian kecil. Hewan prasejarah yang hidup di wilayah China sekitar 152 – 168 juta tahun silam ini merupakan salah satu Dinosaurus terkecil yang pernah ada.
Ukuran dewasanya hanya mencapai 10 inci (kurang lebih seukuran burung merpati). Salah satu daya tarik dari Epidexipteryx adalah empat bulu panjang yang tumbuh di bagian ekornya.

Tidak seperti bulu yang biasa kita temui pada hewan-hewan kelas aves, struktur bulu pada Epidexipteryx ini layaknya seperti satu lembaran pita yang berdiri tegak memanjang ke atas. Namun karena kurangnya remiges (bulu sayap) membuat hewan ini tidak dapat terbang.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


8. Longisquama insignis


Spoiler for Longisquama insignis:


Hidup pada pertengahan hingga akhir periode Triassic (230 – 225 juta tahun silam), Longisquama insignis merupakan kadal purba yang begitu menarik karena ia memiliki serangkaian “bulu” panjang yang berdiri tegak disepanjang punggungnya.

Struktur “bulu” tersebut hingga kini masih menjadi bahan perdebatan dikalangan para peneliti. Beberapa peneliti meyakini bahwa struktur panjang yang tumbuh di punggung Longisquama bukanlah sejenis bulu, melainkan sisik yang umumnya dapat kita temukan pada reptil seperti Iguana.
Bedanya sisik pada Lingisquama lebih panjang dan berbentuk sedikit janggal. Namun menurut pendapat ahli paleontologi, N. Frasher didalam bukunya Dawn of The Dinosaurs: Life in the Triassic, struktur memanjang tersebut bukanlah bagian dari tubuhnya.

Struktur ini kemungkinan hanyalah sejenis tumbuhan pakis yang ikut menjadi fosil bersamanya lalu kemudian disalahtafsirkan. Pendapat Frasher mungkin diperkuat oleh fakta struktur fosil yang ditemukan pada beberapa hewan memang sering tidak ada kaitannya dengan fosil hewan tersebut.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


9. Sharovipteryx


Spoiler for Sharovipteryx:


Sharovipteryx merupakan reptil yang hidup sejaman dengan Longisquama, yakni pada pertengahan hingga akhir Triassic. Makhluk purba yang memiliki panjang tubuh sekitar delapan inci dengan berat 7,5 gram ini sangat unik karena ia memiliki ukuran kaki belakang yang sangat lebar dibanding kaki depannya.

Kaki belakang yang begitu lebar, ditambah dengan adanya membran yang tumbuh diantaranya membuat ia seolah-olah memiliki sayap yang dapat digunakan untuk terbang. Walaupun pada kenyataannya hewan ini memang tidak dapat terbang layaknya burung, namun bukan berarti bentangan selaput sayap pada kakinya itu menjadi tidak berguna.
Penelitian terbaru menyebutkan berkat selaput sayap ini, Sharovipteryx dapat lebih gesit pada saat meluncur dari suatu tempat ke tempat lainnya dikarenakan mekanisme kerjanya yang sangat mirip dengan delta wing pada pesawat tempur modern.
Beberapa peneliti menganggap hewan ini mungkin memiliki hubungan yang erat dengan pterosaurus mengingat meraka sama-sama memiliki membran penerbangan yang tumbuh diantara kedua kakinya, walaupun hal ini masih sangat kontroversial.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


10. Microraptor


Spoiler for Microraptor:


Genus Microraptor merupakan salah satu jajaran Dinosaurus kecil. Mereka hidup sekitar 120 juta tahun yang lalu dan populasinya tersebar di beberapa wilayah China. Jenis ini umumnya memiliki empat buah sayap dengan satu ekor yang memanjang.

Kendati memiliki dua pasang sayap, Microraptor tidak dapat terbang. Sebaliknya, ia mungkin hanya meluncur dari suatu tempat ke tempat lainnya seperti seekor tupai terbang.
Sebagian kalangan evolusionis menganggap hewan ini merupakan makluk peralihan dinosaurus ke burung, dimana dengan kemampuan meluncurnya itu dapat berkembang menjadi sistem penerbangan.

Beberapa peneliti berpendapat, hewan ini kemungkinan banyak menghabiskan hidupnya di pepohonan, merujuk fakta bahwa sayap Microraptor menghalangi kemampuan mereka untuk berjalan di atas tanah.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.


Quote:


Quote:


emoticon-Shakehand2Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komeng yang membangunemoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


emoticon-Kaskus Bangetemoticon-Kaskus Bangetemoticon-Kaskus Banget
nice share gan - foto tak nampak gan


Spoiler for "JURUS PERTAMAX":
tampilin gambarnya dimarilah ganemoticon-Cape d...


Spoiler for mampir ke trit bermutu ane:


mana gambarnya ??
apa kompi ane yang error ?? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Quote:


sabar gan emoticon-Sorry ane pemula maklum ga muncul ni lagi belajar emoticon-Sorry

Epidexipteryx

ooo ni ya gan nenek moyangnya burung
Moropos mirip tapir gan emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo

Nitip lapak gan emoticon-Big Grin
Quote:
Quote:


iya gan emoticon-Malu (S)
keren ne gan emoticon-2 Jempol

Quote:


Itu udah keluar gan emoticon-Malu (S)
ada kesalahn teknis td gan, maklum newbie emoticon-Malu (S)
itu hewan beneran ada ga sih gan.. ?
keren2 gan....
ciptaan Tuhan emang gk ada tandingannya

Spoiler for hewan purba yg masih ada di jaman sekarang:
Quote:


kalau sekarang mah udah ngak ada gan emoticon-Ngakak
kalau jaman prasejarah ada gan emoticon-Matabelo
Quote:


Bener gan emoticon-Matabelo

kebanyakan silent reader nya emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
namanya juga hewan prasejarah, yaa pasti aneh lah gan emoticon-Nohope
Quote:


Bukan aneh gan emoticon-Cape d... (S)
tapi UNIK emoticon-Bingung (S)
ya unik-unik banget, tapi masa prasejarah ndak ada yang tau kebenarannya emoticon-Bingung (S)
.:: 10 HEWAN PRASEJARAH YANG SANGAT UNIK ::.

Kaya tikus gan.. geli liat bulunya emoticon-Ngakak
yg nomer 1 keren emoticon-Matabelo
cakarnya itu loh kalo tu binatang sekarang masih ada ane mau pelihara emoticon-Ngakak